Beli HP di Erafone Bojonggede, Sales Tidak Menjelaskan tentang Produk Asuransi Berbayar, Tapi Langsung Dimasukkan ke Pesanan Tanpa Meminta Persetujuan

Kemarin, tanggal 23 Agustus 2023, saya membeli HP Infinix Hot 30i di Erafone Bojonggede melalui Akulaku. Saat pengajuan, sales tidak mengatakan apa-apa selain cicilan yang harus saya bayar sebesar Rp354.000 per bulan selama 6 bulan.

Setelah transaksi selesai, sales memberikan kartu ProClassic sambil menjelaskan manfaatnya, tetapi tidak pernah menyebutkan bahwa itu adalah produk berbayar!! Saya mengira itu adalah semacam kartu garansi.

Pada hari berikutnya, saya menerima e-receipt melalui email yang menunjukkan bahwa kartu asuransi berbayar senilai Rp305.000 telah dimasukkan ke dalam pesanan saya. Saya mendatangi gerai tersebut dan berbicara dengan sales-nya.

Saya meminta pengembalian dana karena merasa dirugikan. Bagi saya, Rp305.000 adalah jumlah yang besar, dan jika saya diberi pilihan, saya lebih suka menggunakannya untuk membeli HP dengan spesifikasi yang lebih baik daripada membayar asuransi.

Devi Sarah
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Ibu Devi Telah Menerima Penjelasan dari Erajaya

Sehubungan dengan dimuatnya surat pembaca dari Ibu Devi dari Kabupaten Bogor, pada mediakonsumen.com tertanggal 25 Agustus 2023 berjudul “Beli HP...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Beli HP di Erafone Bojonggede, Sales Tidak Menjelaskan tentang Produk Asuransi Berbayar, Tapi Langsung Dimasukkan ke Pesanan Tanpa Meminta Persetujuan

  • 25 Agustus 2023 - (15:20 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah sudah clear masalahnya. Pihak Erafone pusat dan Store terkait sdh menghubungi dan menyelesaikan dengan baik.

  • 25 Agustus 2023 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Kenapa ga pas pembayaran komplen nya , padahal kan pas pembayaran kelihatan nominal nya berapa , kalau ga wajar ya komplen

  • 25 Agustus 2023 - (21:19 WIB)
    Permalink

    salesnya cuma nunjukin totalnya kak, dan struk nya pun ga keluar hari itu, baru keluar besoknya lewat email. fyi, sebelum bikin artikel ini saya jg lgsg komplain ke gerai dan salesnya kok tp memang ga ada solusi jd langsung kesini, dan dari pusat Alhamdulillah responnya sgt baik.

  • 27 Agustus 2023 - (16:53 WIB)
    Permalink

    Ni sama kasusnya kaya saya waktu beli hp vivo, 10bln lalu, cuma bedanya saya ga perpanjang kasus itu,

  • 30 Agustus 2023 - (12:58 WIB)
    Permalink

    Wah eraphone nih ud kejadian yg kebrp kali di mk. Seenaknya menambahkan asuransi tanpa persetujuan

  • 31 Agustus 2023 - (00:12 WIB)
    Permalink

    Erafone lagi Erafone lagi….

    Saya mengalami hal yang sama tapi di Erafone Cibinong City Mall (CCM) di bulan Agustus 2023
    beli HP harga 3.9jt,
    kasir bilang : ini ada promo asuransi satu tahun sayang jika tidak diambil,
    Saya bilang : gak usah mbak
    Kasir : sayang pak jika tidak diambil, tidak akan ada tambahan biaya juga, jika nanti di invoice muncul harga yang lebih besar abaikan saja karena tidak bisa dihapus disistem kami
    Saya : ok saya ambil promonya asal tidak ada tambahan biaya.

    Setelah saya cek invoice yang dikirim ke email ada tambahan biaya sebesar 400rb an,
    Lalu saya panggil kasirnya dan tanya kenapa ini harganya jadi 4.4jt an?
    Kasir Erafone tetap bersikeras bilang abaikan saja karena tidak bisa dihapus disistem pembayaran Erafone dan tagihan bapak tetap diangka 3.9jt.

    Lalu saya panggil supervisor tokonya dan setelah berdebat akhirnya supervisor mengakui itu kesalahan salesnya tidak menjelaskan ada tambahan biaya jika kita ikut asuransi.

    Supervisor memberi solusi akan diganti dengan uang tunai,
    Sales nya bilang saya cicil saja setiap bulannya ya pak.

    Setelah berdiskusi dengan istri akhirnya kami ikhlaskan uang asuransi tsb karena kasian gaji sales nya akan berkurang dipotong.

    Sebelum pulang saya panggil hampir semua tim Erafone CCM dan sampaikan kerja yang benar, cari uang yang halal, sampaikan ke customer apa adanya jika ada tambahan biaya.

    Disini intinya saya ingin sampaikan agar kita lebih teliti dan cek invoice sebelum keluar dari Erafone jika kita telah melakukan transaksi,
    Bagi Erafone bersikaplah dengan fair dalam berbisnis, kalian menjual jasa, jika ada customer yang dikecewakan niscaya customer tsb tdk akan kembali lagi dan akan menceritakan experience nya kepada orang lain yang tentu saja akan sangat merugikan Erafone sendiri.

    Semoga kejadian tsb tdk terulang lagi,
    Terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Erafone?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Beli HP di Erafone Bojonggede, Sales Tidak Menjelaskan tentang Produk …

oleh Devi dibaca dalam: 1 menit
16