Terganggu dengan Telepon Penagihan, Padahal Sudah Bayar Cicilan Sebelum Tanggal Cetak Tagihan

Selamat pagi Media Konsumen. Hari ini saya ingin menyampaikan keluhan saya kepada Maybank, perihal tagihan saya. Awal mulanya saya dan Maybank memang memiliki kesepakatan bayar tagihan untuk tutup kartu kredit (restrukturisasi), setiap bulannya dengan nominal Rp566.944. Yang mana kesepakatan ini sudah berlangsung dari tahun 2019 dan akan selesai tahun depan sekitar bulan Januari atau Februari 2024.

Setiap bulan saya rutin bayar dan tidak pernah lupa. Namun kesalahan dimulai ketika saya membayar bulan September kemarin, yang mana saya membayar cicilan tersebut 2x. Saya membayar tanggal 27 Juli 2023 untuk tagihan Agustus dan tanggal 10 Agustus 2023 untuk tagihan September. Sehingga bulan September saya tidak bayarkan untuk tagihan tersebut, karena saya berpikir sudah membayar tanggal 10 Agustus 2023 kemarin.

Namun tiba-tiba saya mendapat telepon dari Maybank, bahwa saya belum membayarkan tagihan tersebut. Saya sudah menjelaskan ke beberapa DC mengenai kasus saya tersebut. Kesalahan saya adalah saya membayarkan hutang untuk bulan September pada tanggal 10 Agustus 2023, yang mana tanggal cetak tagihan adalah tanggal 16 Agustus 2023. Seharusnya saya bayar lewat dari tanggal itu dan baru masuk untuk pembayaran tagihan September 2023.

Jujur saya sama sekali tidak ingat tanggal cetak kartu saya. Padahal saya masih rutin membayar setiap akhir bulan dan tidak pernah lewat dari tanggal yang saya janjikan, malahan kadang saya bayar sebelum dari tanggal yang saya janjikan. Namun setiap hari saya masih diteror oleh DC Maybank dengan pertanyaan template. Padahal setiap kali saya angkat teleponnya saya selalu bilang dengan jawaban yang sama.

Pertanyaan saya simpel, apakah jawaban saya tidak dicatat di remarks kerja kalian? Setahu saya setiap DC ketika menagih diwajibkan menulis note/catatan dari jawaban nasabah. Yang mana remarks itu dapat digunakan jika nasabah belum membayar saat tanggal yang telah dijanjikan. Namun yang saya alami justru sebaliknya, teror telepon tidak berhenti terputus. Saya bingung jadinya harus menanggapinya seperti apa, jujur saya kesal sekali.

Terima kasih atas perhatiannya.

Lusiani
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Terganggu dengan Telepon Penagihan, Padahal Sudah Bayar Cicilan Sebelum Tanggal Cetak Tagihan”

S.2023.020/MBI/PRESDIR–Corporate & Brand Communication Jakarta, 23 Oktober 2023 Kepada Yth. Penanggung Jawab Redaksi Mediakonsumen.com Perihal : Tanggapan atas pengaduan Ibu...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Terganggu dengan Telepon Penagihan, Padahal Sudah Bayar Cicilan Sebelum Tanggal Cetak Tagihan

  • 18 Oktober 2023 - (09:29 WIB)
    Permalink

    **karena saya berpikir sudah membayar tanggal 10 Agustus 2023 kemarin.**
    ==>> Ini sering yang dilakukan oleh para customer yang mengambil kesimpulan sendiri. pikiran nasabah dan pikiran bank harus sama, biar sinkron dan tidak terjadi lagi.

    Anyway, ngomong sama DC mah kayak ngomong sama tembok, mendingan telp bank nya aja.

  • 18 Oktober 2023 - (09:34 WIB)
    Permalink

    Baru punya KK kah? Pembayaran yg masuk sblm tanggal cetak TIDAK dianggap sebagai pembayaran tagihan bulan tsb, namun hanya mengurangi sisa pinjaman. Kecuali bayar sebelum tgl cetak tapi full, nah itu baru didetect system sbg pembayaran krn otomatis jumlah tagihan jadi 0.

    5
    1
    • 19 Oktober 2023 - (03:39 WIB)
      Permalink

      Harus tau tanggl cetak/tgl tagih dan tgl jatuh tempo nya.. biar mbk nya ga gagal paham🙏

  • 18 Oktober 2023 - (10:32 WIB)
    Permalink

    Haduhh, dimna2 kal9 byr sblm tgl cetak ya stlah tanggal cetak bakal tertagih lagi ( kalo tdk byr full )

  • 18 Oktober 2023 - (15:21 WIB)
    Permalink

    Komplainnya kebanyakan, merasa ditipu, merasa terganggu 😀 ini soal duit dan utangan

    2
    2
  • 19 Oktober 2023 - (08:25 WIB)
    Permalink

    Allo bank paylater juga kalau telat nagih nya telpon keluar kontak darurat kantor, telepon gak putus2 ke Kantor, bahkan marah2 sama yang Terima telepon padahal orang lain yang angkat, ngeri sekarang dc gak sesuai aturan
    Kapok dah urusan bank lagi

    1
    2
  • 22 Oktober 2023 - (02:16 WIB)
    Permalink

    Masalah saya sudah selesai dengan pihak Maybank per tanggal 18 Oktober semenjak surat ini diterbitkan di Media Konsumen. Pihak Maybank dengan sigap langsung menghubungi saya. Terima kasih byk media konsumen dan Maybank

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu kredit Maybank?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Terganggu dengan Telepon Penagihan, Padahal Sudah Bayar Cicilan Sebelu…

oleh Lusiani Lusiani dibaca dalam: 1 menit
8