Surat Pembaca

Pulsa Hilang Padahal Belum Digunakan Sama Sekali

Perkenalkan saya Anwar, pengguna nomor XL: 08776249**14. Saya mau menyampaikan unek-unek saya. Saya merasa kecewa banget kepada layanan XL. Saya baru beli kartu perdana XL hari ini dan baru saya isi pulsa Rp5 ribu. Belum digunakan sama sekali, kenapa pulsa saya hilang? Belum ada 5 menit loh dari saya isi, udah ilang gitu aja. Padahal pulsa itu mau aku beliin paket.

Kecewa banget sih sama layanannya, baru beli kartu XL pertama kali, lagi mau nyobain tapi malah kayak gini. Ada SMS yang infoin kalau pulsa saya terpotong karena akses internet! Mana bisa kaya gitu? Lah wong sinyal kalian aja gak muncul? Kenapa bisa kepotong karena internet? Sinyal gak ada kok kepotong buat internet? Hal yang sangat aneh menurut saya. Gak kaya operator lain. Xl. sukanya main potong pulsa gak jelas gini.

Kalau udah gini siapa yang dirugiin? Ujung-ujungnya pelanggan juga kan? Pulsa sudah hilang, sudah gak bisa buat beli paket lagi. Padahal tadinya beli kartu ini rencananya mau buat ganti kartu operator lain yang hangus. Tahu gini jadi pikir-pikir lagi deh mau pakenya. Mungkin ke depannya saya bakal gunain operator lain saja.

Saya benar-benar kecewa dan saya harap sih tidak ada pengguna lain yang mengalami hal yang sama dengan saya. Mungkin bagi sebagian orang pulsa 5 ribu hal yang sepele, tapi bagi saya pulsa segitu sangat berharga. Saya harap ada perbaikan layanan dari pihak XL.

Ahmat Annuwar
Magelang, Jawa Tengah


Catatan redaksi (diperbarui 13/11/2023): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan XL Axiata perihal “Pulsa Hilang Padahal Belum Digunakan Sama Sekali”

Jakarta, 15 November 2023 Ref.CM/CU/E/007/1123/IL Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Ahmat Annuwar melalui...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Wkwkkw okelah. Pertaamax. Pas masukkan kartu, status data pada Smartphone sudah dinonaktifkan? Hayo jujur.

    Kalau sudah dinonaktifkan namun hilang, nah biar di jawab bawah komentar ini. Kalau belum dinonaktifkan saat ganti kartu, biar yang bawah komentar ini yang jawab.

    • Komplen cuma 5rb sampai masuk ke MK.padahal kemungkinan besar ini kesalahan sendiri karena data posisi aktif wajar kesedot.

      • Memang rata rata operator di Indonesia memang jika tidak ada paket maka internet tetap jalan. Kecuali kartu Tri, jangan liat nominalnya tapi memang regulasi yang perlu diperbaiki. Jangan hanya 5000 komplain coba jika dikalikan ratusan ribu user berapa M tu uang masuk ke operator

        • Saya bingung. Jangankan begitu, telkomsel yang hanya kita setting jaringan saja tanpa kita menggunakan telkomsel sebagai data, pulsa bisa jadi 0 rupiah akibat sms spam mereka. Padahal karena kita menggunakan jaringan 4G telkomsel. Wkwkwkw

    • @hallo Anwar
      pake Indosat IM3 itu ada fitur pulsa safe nya, meskipun quota habis posisi data seluler off pulsa tidak akan terpotong, kalo untuk pengguna baru provider XL ya wajar lah, harus diseting di menu kontrol pulsa, supaya pulsa tidak tersedot..

      • Iya, sama saya juga gitu makanya sampai skrg saya ngak pernah isi pulsa xl, ada vampir pulsa, yg ngomong hanya 5rb dst mungkin hanya 5rb tapi harusnya ngak gini, harusnya dari pabrik sdh disetingg ngk akan makan pulsa kalau paket data tidak ada. Mana mau hubungi operator bayar 300. Kalau isi pulsa di dana, ovo dsb minimal 25rb kalau kayak gini kan bisa hilang

  • Koneksi data dalam posisi aktif setelah pengisian pulsa, alhasil tersedot untuk Sync dan proses aplikasi di background. Buktinya, di tangkapan layar nomor 2 bagian status bar sebelah kanan tampil ikon koneksi data (panah atas bawah dengan huruf G).

    Untuk mencegah pulsa terpakai sebelum kuota internet aktif, biasakan matikan dulu koneksi data. Selain itu install aplikasi myXL kemudian aktifkan kontrol pulsa. Di bagian Profile, pilih "Kontrol Pulsa" dan centang setidaknya pilihan "Data" dan "SMS Berlangganan".

    • "Tahu gini jadi pikir-pikir lagi deh mau pakenya. Mungkin ke depannya saya bakal gunain operator lain saja."

      Gak usah nunggu "ke depannya" mas. Langsung ganti operator aja. Bebas koq pilih operator. Paling gak lama juga bakal hangus lagi nomernya 😅

    • @madman wkwkw
      install aplikasi bagaimana internet aja belum ada,.
      itu isi pulsa 5k untuk beli paket internet belum daftar paket pulsanya dah abis, download install aplikasi paket data dari mana

  • Ganti operator lain jg bakal sama kasusnya kl kartu ga ada kuota & pulsa 0, tp aktifin Data Seluler di HPnya. Harusnya matikan dl Data Selulernya, baru masukin kartu. Beli paketnya via SMS. Krn kl Data Seluler aktif maka pulsa / kuota bakal langsung tersedot aplikasi HP yg berjalan, wlpun ga dibuka aplikasinya (macam WA, FB, Insta dll).

  • Pakai KONTrOL pulsa, data dimatikan, cukup? Banyak kasus kadang belum cukup, kartunya diseting ke 3g atau 2g ya, lupa saya :D jadi ini kartu bukan untuk orang awam. Katakanlah semua diatas sudah oke, masih saja nanti tiba2 ada sms premium, habislah itu pulsa. Seumur hidup belum pernah coba pakai xl, amit2, tapi sering di curhati pemakai xl dengan kasus pulsa habis dengan sendirinya.

  • Kalau di Indosat sih confirmed bnyk maling internal. Dulu saya udah pastikan no terdaftar paket aneh2. Padahal hp butut pribadi khisus buat sms an doang.

    • Serius nanya.. Itu klo pulsa ud kepotong ga bs paketin data.. Trs kok bs ngadu ke MK yg hrs pake kuota.. Hayoo... Minjem wifi siapa 😂

  • Saya juga biasa gitu dengan kartu XL.. kalau yang lain sih kagak.. cuma biasalah yang komen diatas suka sok nyalahin TS..
    Bedanya saya dulu bertahap 150 rupiah sekali tarik, pas dicek dibilang untuk SMS padahal gak ada saya kirim SMS.. setelah itu belakangan kagak saya cek lagi...ini juga baru habis 2k.. saya biarin

    • Saya justru aman di XL, di IM3 patah dicolongin padahal cuman hp butut khus buat sms an aja, boro2 ngaktifin langganan sesuatu