Pulsa Hilang Padahal Belum Digunakan Sama Sekali

Perkenalkan saya Anwar, pengguna nomor XL: 08776249**14. Saya mau menyampaikan unek-unek saya. Saya merasa kecewa banget kepada layanan XL. Saya baru beli kartu perdana XL hari ini dan baru saya isi pulsa Rp5 ribu. Belum digunakan sama sekali, kenapa pulsa saya hilang? Belum ada 5 menit loh dari saya isi, udah ilang gitu aja. Padahal pulsa itu mau aku beliin paket.

Kecewa banget sih sama layanannya, baru beli kartu XL pertama kali, lagi mau nyobain tapi malah kayak gini. Ada SMS yang infoin kalau pulsa saya terpotong karena akses internet! Mana bisa kaya gitu? Lah wong sinyal kalian aja gak muncul? Kenapa bisa kepotong karena internet? Sinyal gak ada kok kepotong buat internet? Hal yang sangat aneh menurut saya. Gak kaya operator lain. Xl. sukanya main potong pulsa gak jelas gini.

Kalau udah gini siapa yang dirugiin? Ujung-ujungnya pelanggan juga kan? Pulsa sudah hilang, sudah gak bisa buat beli paket lagi. Padahal tadinya beli kartu ini rencananya mau buat ganti kartu operator lain yang hangus. Tahu gini jadi pikir-pikir lagi deh mau pakenya. Mungkin ke depannya saya bakal gunain operator lain saja.

Saya benar-benar kecewa dan saya harap sih tidak ada pengguna lain yang mengalami hal yang sama dengan saya. Mungkin bagi sebagian orang pulsa 5 ribu hal yang sepele, tapi bagi saya pulsa segitu sangat berharga. Saya harap ada perbaikan layanan dari pihak XL.

Ahmat Annuwar
Magelang, Jawa Tengah


Catatan redaksi (diperbarui 13/11/2023): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan XL Axiata perihal “Pulsa Hilang Padahal Belum Digunakan Sama Sekali”

Jakarta, 15 November 2023 Ref.CM/CU/E/007/1123/IL Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Ahmat Annuwar melalui...
Baca Selengkapnya

31 komentar untuk “Pulsa Hilang Padahal Belum Digunakan Sama Sekali

  • 6 November 2023 - (14:13 WIB)
    Permalink

    Wkwkkw okelah. Pertaamax. Pas masukkan kartu, status data pada Smartphone sudah dinonaktifkan? Hayo jujur.

    Kalau sudah dinonaktifkan namun hilang, nah biar di jawab bawah komentar ini. Kalau belum dinonaktifkan saat ganti kartu, biar yang bawah komentar ini yang jawab.

    • 6 November 2023 - (20:20 WIB)
      Permalink

      Komplen cuma 5rb sampai masuk ke MK.padahal kemungkinan besar ini kesalahan sendiri karena data posisi aktif wajar kesedot.

      • 7 November 2023 - (06:14 WIB)
        Permalink

        Memang rata rata operator di Indonesia memang jika tidak ada paket maka internet tetap jalan. Kecuali kartu Tri, jangan liat nominalnya tapi memang regulasi yang perlu diperbaiki. Jangan hanya 5000 komplain coba jika dikalikan ratusan ribu user berapa M tu uang masuk ke operator

        • 7 November 2023 - (07:22 WIB)
          Permalink

          Saya bingung. Jangankan begitu, telkomsel yang hanya kita setting jaringan saja tanpa kita menggunakan telkomsel sebagai data, pulsa bisa jadi 0 rupiah akibat sms spam mereka. Padahal karena kita menggunakan jaringan 4G telkomsel. Wkwkwkw

    • 7 November 2023 - (02:05 WIB)
      Permalink

      @hallo Anwar
      pake Indosat IM3 itu ada fitur pulsa safe nya, meskipun quota habis posisi data seluler off pulsa tidak akan terpotong, kalo untuk pengguna baru provider XL ya wajar lah, harus diseting di menu kontrol pulsa, supaya pulsa tidak tersedot..

      • 7 November 2023 - (12:23 WIB)
        Permalink

        Iya, sama saya juga gitu makanya sampai skrg saya ngak pernah isi pulsa xl, ada vampir pulsa, yg ngomong hanya 5rb dst mungkin hanya 5rb tapi harusnya ngak gini, harusnya dari pabrik sdh disetingg ngk akan makan pulsa kalau paket data tidak ada. Mana mau hubungi operator bayar 300. Kalau isi pulsa di dana, ovo dsb minimal 25rb kalau kayak gini kan bisa hilang

  • 6 November 2023 - (18:42 WIB)
    Permalink

    Koneksi data dalam posisi aktif setelah pengisian pulsa, alhasil tersedot untuk Sync dan proses aplikasi di background. Buktinya, di tangkapan layar nomor 2 bagian status bar sebelah kanan tampil ikon koneksi data (panah atas bawah dengan huruf G).

    Untuk mencegah pulsa terpakai sebelum kuota internet aktif, biasakan matikan dulu koneksi data. Selain itu install aplikasi myXL kemudian aktifkan kontrol pulsa. Di bagian Profile, pilih “Kontrol Pulsa” dan centang setidaknya pilihan “Data” dan “SMS Berlangganan”.

    • 6 November 2023 - (20:49 WIB)
      Permalink

      “Tahu gini jadi pikir-pikir lagi deh mau pakenya. Mungkin ke depannya saya bakal gunain operator lain saja.”

      Gak usah nunggu “ke depannya” mas. Langsung ganti operator aja. Bebas koq pilih operator. Paling gak lama juga bakal hangus lagi nomernya 😅

    • 7 November 2023 - (15:05 WIB)
      Permalink

      @madman wkwkw
      install aplikasi bagaimana internet aja belum ada,.
      itu isi pulsa 5k untuk beli paket internet belum daftar paket pulsanya dah abis, download install aplikasi paket data dari mana

  • 6 November 2023 - (20:56 WIB)
    Permalink

    Ganti operator lain jg bakal sama kasusnya kl kartu ga ada kuota & pulsa 0, tp aktifin Data Seluler di HPnya. Harusnya matikan dl Data Selulernya, baru masukin kartu. Beli paketnya via SMS. Krn kl Data Seluler aktif maka pulsa / kuota bakal langsung tersedot aplikasi HP yg berjalan, wlpun ga dibuka aplikasinya (macam WA, FB, Insta dll).

  • 6 November 2023 - (22:47 WIB)
    Permalink

    Pakai KONTrOL pulsa, data dimatikan, cukup? Banyak kasus kadang belum cukup, kartunya diseting ke 3g atau 2g ya, lupa saya 😀 jadi ini kartu bukan untuk orang awam. Katakanlah semua diatas sudah oke, masih saja nanti tiba2 ada sms premium, habislah itu pulsa. Seumur hidup belum pernah coba pakai xl, amit2, tapi sering di curhati pemakai xl dengan kasus pulsa habis dengan sendirinya.

  • 7 November 2023 - (07:00 WIB)
    Permalink

    Kalau di Indosat sih confirmed bnyk maling internal. Dulu saya udah pastikan no terdaftar paket aneh2. Padahal hp butut pribadi khisus buat sms an doang.

    • 7 November 2023 - (16:42 WIB)
      Permalink

      Serius nanya.. Itu klo pulsa ud kepotong ga bs paketin data.. Trs kok bs ngadu ke MK yg hrs pake kuota.. Hayoo… Minjem wifi siapa 😂

  • 7 November 2023 - (07:18 WIB)
    Permalink

    Saya juga biasa gitu dengan kartu XL.. kalau yang lain sih kagak.. cuma biasalah yang komen diatas suka sok nyalahin TS..
    Bedanya saya dulu bertahap 150 rupiah sekali tarik, pas dicek dibilang untuk SMS padahal gak ada saya kirim SMS.. setelah itu belakangan kagak saya cek lagi…ini juga baru habis 2k.. saya biarin

    • 7 November 2023 - (16:52 WIB)
      Permalink

      Saya justru aman di XL, di IM3 patah dicolongin padahal cuman hp butut khus buat sms an aja, boro2 ngaktifin langganan sesuatu

  • 7 November 2023 - (08:22 WIB)
    Permalink

    Saya jadi pengin ketawa lihat komplain yg begitu, dimuat di media yang model begini, tapi nggak jadi lah…
    Sekedar berbagi pengalaman saja, saya juga pernah mengalami pemotongan pulsa secara sepihak oleh operator XL, padahal fitur kontrol pulsa aktif, pengaturan data seluler juga non aktif. Tak ada langganan SMS premium atau apa. Jadi utk pulsa nominal kecil saya rasa belajar lah utk meng-ikhlaskannya. Karena kalau kita capek-capek komplain nanti kita malah akan keluar duit juga utk komplainnya.

  • 7 November 2023 - (08:42 WIB)
    Permalink

    Dulu belum jamannya HP android, pulsa saya sering hilang di kartu simpati per hari rp. 10.000. Dalam dua hari habis rp. 20.000
    Begitu terus sampai akhirnya saya komplain, yang oleh dijawab bahwa saya mendaftar salah satu paket
    Padahal saya gak pernah mendaftar dan manfaatnya sama sekali juga ada. Kalau kita beli pisang goreng dapat manfaat kita kenyang. Ini paket gak sama sekali.gak.bermanfaat. CS hanya hanya menyarankan supaya melakukan UNREG. Setelah dilakukan UNREG muncul lagi paket lain yang motong pulsa. Ternyata simpati.kerja sama dengan perusahaan lain melakukan pemotongan pulsa. Dan direktur perusahaan lain ini akhirnya ditangkap karena meresahkan masyarakat.

  • 7 November 2023 - (09:04 WIB)
    Permalink

    Emang parah ini si xl , dulu pulsa gue jg kepotong trs hampir tiap hari rp 1000, meskipun paket data dimatikan dan gue cuma pake jaringan wifi….

    Alasannya selama jaringan 4g nya ga diganti menjadi 2g atau 3g tetap akan bakal ada pulsa yg terpotong..

    Jadi solusinya ganti jaringan ke 2g aja

  • 7 November 2023 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Saya pakai XL sampai 2 kartu, Telkomsel, Indosat, alkhamdulillah aman aman saja, XL saya udah 15 th lebih.
    Kalau kita pakai myXL disitu udah lengkap untuk keamanan pulsa kita.
    My Telkomsel jga ada jogo pulsa.
    Mungkin pulsa hilang karena ada konten SMS kga bisa. Atau data anda on. Ya 5 detik pulsa 5 rb. ya amblas. Jangankan 5 rb
    Saya top up 50 rb aja (waktu blum ada kontrol pulsa) ndak sampai 10 menit ludes.. Wkwkwk.
    Karena rata2 tarip normal internet 1000/10mb.

  • 7 November 2023 - (10:04 WIB)
    Permalink

    Gao ada sinyal kok bisa terima pemberitahuan ada sms kepotong karena internet
    Aneh
    Itu katena pajet data hidup, 1 menitpun 5rb ya ludes

  • 7 November 2023 - (13:29 WIB)
    Permalink

    kalo XL bs diseting di myXL, pulsa ga bs kecurian lg. Belum cobain indos**. Rajanya maling pulsa. Ga ada settingnya biar pulsa aman. Ga ada paket data, pulsa brppun jg amblas.

    • 8 November 2023 - (18:55 WIB)
      Permalink

      Hahaha 😆 apa data km aktif atau dinonaktifkan? Kalau aktif ya pasti kesedot lah pulsa km. Saya pengguna setia XL Axiata jadi saya udah paham XL kayak gitu. Hihihi 😁

  • 8 November 2023 - (20:27 WIB)
    Permalink

    Kasian kena hujat, sepertinya anda baru pertama main smart phone…
    Makanya kalo mau isi Pulsa paket data di matikan dulu

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Pulsa Hilang Padahal Belum Digunakan Sama Sekali

oleh Ahmat Annuwar dibaca dalam: 1 menit
31