Baru Sebulan, Lampu Indikator Engine Yamaha All New NMAX 155 Menyala Terus

Saya membeli motor Yamaha All New NMAX 155 warna hijau, pada tanggal 15 September 2023. Pada saat motor datang, saya terima dalam keadaan baik dan siap pakai (menyala). Namun pada tanggal 13 Oktober 2023, lampu indikator engine menyala, dan motor mati gak bisa menyala (gak bisa distarter).

Karena tidak ada waktu untuk membawa motor ke bengkel dealer Yamaha, dan untuk jasa home service pun tidak ada yang bisa (dikarenakan saya bekerja), akhirnya pada tanggal 18/19 Oktober 2023 (saya lupa pastinya) saya bawa motor ke bengkel dealer Yamaha A terdekat di daerah Cibubur untuk dicek.

Setelah dicek, katanya kerusakan ada pada kabelnya dan harus diganti. Selama kurang lebih seminggu, motor berada di bengkel tersebut sampai proses klaim spare part selesai. Pada tanggal 27 Oktober 2023, motor sudah selesai mendapatkan penanganan dan bisa dibawa pulang.

Namun pada tanggal 28 Oktober 2023, saat dalam perjalanan pulang kerja, lampu engine menyala kembali. Gak lama kemudian lampu utama mati, dan disusul lampu sein juga mati. Hanya lampu rem saja yang menyala, dan gak lama kemudian motor kembali mati total.

Esok harinya akhirnya saya inisiatif untuk bawa motor saya ke bengkel dealer Yamaha A kembali untuk dicek. Namun bengkel dealernya tutup, entah karena hari Minggu memang tutup atau mungkin ada alasan lain makanya tutup.

Berhubung hari itu saya mau ada keperluan penting, dan motor mau saya pakai, saya langsung inisiatif kembali mencari bengkel dealer Yamaha yang buka. Ketemulah saya dengan bengkel dealer Yamaha B yang berada di daerah AURI. Di sana saya ceritakan kronologinya, dari awal motor pertama kali mati, proses klaim, hingga sampai mati/rusak kembali seperti saat ini.

Saat pengecekan oleh bengkel dealer Yamaha B, ditemukan kabel terbakar. Namun bengkel tersebut gak mau melakukan pengecekan lebih lanjut, dan mengusulkan untuk membawa motor saya kembali ke bengkel dealer Yamaha yang awal, yaitu bengkel dealer Yamaha A yang berada di daerah Cibubur. Mau gak mau hari itu motor terpaksa kembali ke rumah dengan keadaan yang sama.

Dikarenakan hari itu bengkel dealer Yamaha A tutup, hari berikutnya saya langsung konfirmasi dengan bengkel dealer Yamaha tersebut. Saya menceritakan kembali kronologi matinya kembali motor pasca penggantian kabel beberapa hari lalu di bengkel tersebut.

Setelah menceritakan kronologi semuanya, ternyata bengkel dealer Yamaha A sudah tidak mau menangani kembali motor saya, dengan alasan motor saya sudah dibongkar/dibuka di bengkel dealer lain. Mereka malah memberi saran ke saya untuk membawa motor saya kembali ke bengkel dealer Yamaha B, karena sudah dibongkar di sana. Dengan amat terpaksa lagi motor saya kembali dengan keadaan yang sama.

Jujur saya bingung, harus gimana caranya untuk benerin motor saya ini? Mereka seolah main lempar ke sana dan kemari, sedangkan waktu saya untuk wara-wiri cari bengkel tersendat waktu dan jam kerja saya. Masalahnya ini motor baru sebulanan, harga juga gak murah, dan belum saya pakai jalan jauh, hanya muter sebentar untuk sekedar manasin aja, karena plat motor juga belum ada.

Saat plat motor datang, motor malah rusak. Sekalinya pakai jarak agak jauh ya saat dipakai kerja pada tanggal 28 Oktober 2023 itu, pasca penggantian kabel, dan setelah itu, motor diam di rumah sampai sekarang. Mohon tanggapan dan solusinya.🙏🏻

Arman
Jakarta Timur


Update (16 November 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Dealer Yamaha Deta Cibubur sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Baru Sebulan, Lampu Indikator Engine Yamaha All New NMAX 155 Menyala Terus

    • 11 November 2023 - (13:28 WIB)
      Permalink

      Produk gagal itu kl sebagian besar mengalami masalah spt itu, itu menurut utek saya 😀 kl baru 1 yg komplain bisa jdi itu produk cacat produksi.

    • 15 November 2023 - (13:02 WIB)
      Permalink

      Error seperti itu karena kesalahan pemakaian seperti motor saya dan solusinya reset sendiri langsung beres atau bawa ke dealer.
      alatnya banyak dijual online dengan harga tidak sampai 100.000.

    • 12 November 2023 - (17:59 WIB)
      Permalink

      Tag yamaha indo, syukur2 situ kenalan dengan wartawan masuk berita lgs kelabakan pasti yamaha, apalagi viral di medsos, dulu sy punya custumer motor maticnya baru, tp mesinnya bermasalah dia ke dealer bawa sodara yg wartawan lgs gercep. Pokoknya tag ajah Yamaha indo di medsosnya…

  • 11 November 2023 - (16:38 WIB)
    Permalink

    Kan garansi mesin dan kelistrikan, itu hanya akal2an dealer saja, minta ganti rugi sekalian ongkos bawa motor anda kesana kemari

  • 12 November 2023 - (04:58 WIB)
    Permalink

    ini yg mengurungkan niat beli produk yahaha meski suka model aerox juga sering terjadi kasus seperti ini

  • 12 November 2023 - (06:38 WIB)
    Permalink

    Kenapa gak sekalian aja kembalikan, masa beli motor baru udh rusak rusak gtu seperti beli second. Produk gagal itu Bang, jangan ragu klo saran saya.

  • 12 November 2023 - (07:43 WIB)
    Permalink

    Kalau saya mending minta tukar unit saja, itu kemungkinan cacat pabrik, jadi jgn sampai customer kecewa beli kendaraan baru tapi terasa beli kendaraan second…..

  • 12 November 2023 - (11:54 WIB)
    Permalink

    product gagal mas, minta ganti aja dari pada nnti malah masalah terus , cape hati dan tenaga , serius deh

  • 13 November 2023 - (00:08 WIB)
    Permalink

    Kasus seperti ini d Yamaha udah banyak sebenernya,
    Bhkan kode angker pun bisa tiba tiba muncul dan mesin mati total..

  • 13 November 2023 - (07:30 WIB)
    Permalink

    Viralkan di X dan medsos lainnya, supaya viral, paling mereka langsung buru-buru kasih unit pengganti baru 🤣

  • 16 November 2023 - (13:32 WIB)
    Permalink

    Kami infokan bahwa kami telah dihubungi melalui telepon oleh pihak Bengkel Yamaha Deta Cibubur tepatnya pada tanggal 13-11-2023. Dan pada hari itu juga motor kami dijemput oleh pihak Yamaha Deta Cibubur kerumah menggunakan mobil dan dibawa ke bengkel Dealer Yamaha Deta Cibubur.
    Pada tanggal 15-11-2023 kami diinfokan melalui telpon bahwa motor tersebut sudah selesai diperbaiki dan sudah bisa kami ambil ke bengkel.
    Untuk itu kami ingin mengucapkan terima kasih kepada media konsumen yang telah memuat surat pembaca ini dan terima kasih kepada Yamaha Deta Cibubur Jaktim atas responnya dan yang telah menyelesaikan problem di motor NMAX kami.

    Salam

 Apa Komentar Anda mengenai Yamaha All New NMAX 155?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Baru Sebulan, Lampu Indikator Engine Yamaha All New NMAX 155 Menyala T…

oleh bgkl dibaca dalam: 2 menit
15