Surat Pembaca

Salah Transfer VA Kredivo, Apakah Bisa Kembali?

Pada tanggal 6 Januari 2024, saya membayar tagihan Kredivo melalui Aplikasi Livin` by Mandiri ke virtual account Mandiri Kredivo, dengan nominal Rp1.018.950. Namun saat saya transfer ke virtual account saya (dengan nomor 8830 8920 21** 5028), ternyata ada salah satu digit angka, menjadi 8830 8920 21** 5025.

Otomatis saya malah bayar tagihan akun orang lain. Saya hanya memperhatikan nominal pembayaran, saya akui itu memang kelalaian saya. Saya baru sadar setelah saya cek tagihan saya, ternyata statusnya masih menunggu pembayaran. Saat itulah saya tahu kalau saya salah bayar setelah uangnya sudah ditransfer.

Saya sudah menghubungi CS Kredivo melalui chat aplikasi Kredivo dan telepon, dengan jawaban menunggu itikad baik dari pengguna akun Kredivo penerima. Pihak CS Kredivo tidak ada solusi yang menjanjikan uang tersebut kembali. Perusahaan sebesar Kredivo harusnya bisa membantu dengan pasti. Masa harus menunggu dari itikad baik akun penerima? Kalau misalnya akun penerima gak ada itikad baik, Kredivo lepas tangan dong?

Menurut informasi yang saya dapat dari pihak Kredivo, bahwa Kredivo tidak dapat menarik dana yang telah terverifikasi dan yang dapat pihak Kredivo lakukan hanya menginformasikan kendala yang terjadi kepada pihak penerima dana. Namun tidak menjanjikan dananya pasti kembali, karena hal tersebut berdasarkan itikad baik penerima dana tersebut.

Menanggapi hal tersebut, menurut pribadi saya virtual account dibuat oleh Kredivo kepada si peminjam. Jadi yang menerima pembayaran dana adalah pihak Kredivo. Seharusnya pihak kredivo memiliki kewenangan penuh terhadap virtual account tersebut dan berhak membatalkan pembayaran tagihan atas kesalahan yang sudah dilakukan. Berdasarkan pengaduan yang sudah disampaikan dan dilengkapi dengan bukti bayar yang dapat disesuaikan dengan data akun saya di Kredivo.

Mohon agar pihak Kredivo dapat membantu penyelesaian kesalahan pembayaran melalui virtual account Kredivo ini. Untuk saya itu uang yang sangat besar.

Marliana
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal “Salah Transfer VA Kredivo, Apakah Bisa Kembali?”

Sebelumnya kami sampaikan permohonan maaf atas pengalaman tidak menyenangkan yang telah Ibu Marliana sampaikan di website Mediakonsumen.com tanggal 8 Januari...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Aturannya memang begitu. Bank dan jasa keuangan tidak bisa serta-merta menarik dana nasabah secara sepihak karena sama saja sebagai tindakan pencurian. Anda hubungi penerima dana dengan di fasilitasi Kredivo. Jika penerima menolak mengembalikan, buat aduan polisi.

  • Bukannya livin bisa masukin text hasil copy paste ya? Kalopun gak bisa/harus ketik manual,diteliti lagi no VA nya

  • Ketahuan deh klo nasabah Pinjol...wkwkwkwk.knp gak di paste VA ? Lebih aman lebih safety.Yg terima tf nyasar,kipas² dpt rezeki nomplok.

  • Harus copy paste VA tdk bakal salah, lagian bayar tagihan mesti muncul nama meskipun di acak/singkat. Buat pengalaman untuk TS agar lebih hati2.

  • Terima kasih kepada pihak Kredivo, tanggal 9 Januari 2023 uang saya yang salah nomor VA sudah dikembalikan. Sebagai pelajaran untuk saya agar lebih teliti lagi untuk melakukan transaksi. Respons Kredivo bagus sudah dikembalikan. Permasalahan di kedua belah pihak telah terselesaikan dengan baik.
    Sekali lagi terima kasih pihak Kredivo dan tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih untuk Media Konsumen yang telah menerbitkan artikel saya.
    Dan pembelajaran untuk saya juga kedepan agar lebih hati hati lagi.
    Terima kasih Kredivo dan terima kasih Media Konsumen, orang yang menerima uang saya yang punya itikad baik saya ucapkan terima kasih banyak.
    #Kredivo
    #Mediakonsumen