Kekeliruan Pengiriman Kartu Kredit BRI jenis “PAPERCARD” yang Berujung Nestapa

Selamat pagi para pembaca setia Media Konsumen. Pada kesempatan kali ini, izinkan saya membagikan pengalaman membekas yang menguras emosi dan pulsa, atas pelayanan customer service Bank BRI dalam menangani komplain nasabahnya.

Selasa, 09 Januari 2024, saya mengajukan kartu kredit jenis Universe-Card melalui website paper.id, setelah sebelumnya, terundang dan diinformasikan secara detail promo dan keunggulan kartu tersebut oleh RM (Relationship Manager) paper.id melalui pesan pribadi WhatsApp.

Tepat seminggu berselang, yakni pada tanggal 16 Januari 2024, kartu kredit PAPERCARD tersebut pun disetujui, terkirim ke alamat dan diterima oleh orang tua saya. Pada hari itu juga saya mengaktifkan kartu tersebut, lalu mendapati tampilan virtual kartu Universe-Card langsung muncul pada website paper.id, di menu “Pembayaran Digital”.

Pada tanggal 19 Januari 2024, saya menerima pesan WhatsApp dari Bapak Vi***** (RM Paper.id), yang berisikan ucapan selamat karena telah disetujuinya kartu Universe-Card saya dan disertai ajakan untuk bertransaksi menggunakan kartu tersebut untuk mendapatkan program welcome bonus. Tanpa berpikir panjang, saya pun langsung berniat untuk melakukan transaksi yang disyaratkan.

Namun betapa kagetnya ketika saya melihat perbedaan warna antara kartu fisik (berwarna putih) dan kartu virtual di layar (berwarna hijau). Pada saat itulah saya mengetahui bahwa kartu kredit tersebut BUKAN kartu kredit yang saya ajukan pada laman website.

Berniat mencari bantuan, saya menghubungi Contact Center BRI 24 jam melalui telepon selular dan kemudian tersambung dengan CS yang bertugas. Yang membuat saya gundah disini adalah petugas yang minim pengetahuan akan produk dan waktu tunggu yang sangat lama (mencapai 64 menit) untuk membuat satu nomor laporan saja (nomor 50144433). Itu pun saya diminta menelepon contact center BRI kembali untuk mengetahui informasi lanjutannya. Bisa dikalkulasikan berapa banyak biaya yang saya habiskan untuk pulsa kala itu.

Terlampir rangkuman telepon berkala ke contact center BRI (setelah nomor laporan yang saya paparkan pada paragraf sebelumnya) sebagai usaha untuk mendapatkan solusi:

  • Tanggal 23 Januari 2024, tersambung selama 78 menit, dengan nomor laporan: 50167518. Kesimpulannya: Petugas Contact Center BRI menjanjikan kepada saya untuk dikirimkan kartu Universe-Card dengan limit yang disesuaikan dengan jenis kartu tersebut; dimulai dari angka Rp100 juta rupiah hingga Rp999 juta rupiah; tergantung kebijakan dari pihak analis. Karena saya merasa telah dirugikan atas adanya kekeliruan pengiriman kartu ini, saya meminta tanggung jawab dan kejelasan mengapa hal ini bisa terjadi. Maka dibuatlah juga nomor laporan 50157537, untuk konfirmasi ke divisi terkait.
  • Tanggal 31 Januari 2024, tersambung selama 56 menit, dengan nomor laporan: 50236893, 50238509, dan 50238650. Kesimpulannya: Petugas menyampaikan adanya kesalahan dan atau mis komunikasi dari pihak Bank BRI, sehingga kartu yang dikirimkan berbeda dengan yang diajukan. Namun, saat kartu baru tersebut tiba, janji limit kartu akan disesuaikan tidak terealisasi. Sehingga saya tidak mendapati adanya bentuk tanggung jawab dari pihak BRI atas kekeliruan yang ditimbulkan.
  • Tanggal 13 Februari 2024, tersambung selama 37 menit dan kemudian 7 menit. Kesimpulannya: Follow-up akan nomor laporan yang dibuat sebelumnya belum membuahkan hasil dan saya diminta mendatangi kantor cabang BRI saat pembukaan rekening jika berkenan dicarikan solusi.
  • Tanggal 23 Februari 2024, tersambung selama 43 menit. Kesimpulannya: Solusi belum juga tersedia, petugas contact center BRI bersikukuh meminta agar saya mendatangi kantor cabang BRI saat pembukaan rekening jika menghendaki adanya penjelasan. Berulang kali menyatakan “Hubungi saja PBO Ibu” atau “Bisa lewat fitur layanan terbaru WhatsApp chat Sabrina”.
  • Tanggal 29 Februari 2024, tersambung selama 68 menit dan kemudian 11 menit, dengan nomor laporan: 50840121. Kesimpulannya: Meminta banding penghapusan iuran tahunan kartu kredit dengan jenis BRI Platinum. Tidak bisa dibebaskan, karena ada sejumlah nominal yang mesti dibelanjakan dalam setahun terakhir yang tidak diinformasikan kepada nasabah. Lebih dari 5 (lima) tahun saya memiliki kartu kredit tersebut, tapi baru kali ini iuran tahunan menjadi suatu permasalahan yang berat.

Hingga terakhir saya menghubungi BRI Contact Center pada tanggal 04 Maret 2024 selama 23 menit, keseluruhan nomor laporan saya diabaikan. Saya selalu diminta menunggu konfirmasi yang tidak kunjung tiba.

Yang membingungkan di sini, mengapa nasabah diharuskan mendatangi kantor cabang pembukaan rekening jika ingin mendapatkan solusi? Berulang kali saya menghabiskan biaya pulsa, pikiran dan waktu untuk mencari kejelasan atas kejadian yang saya alami. Itulah mengapa, saya menuliskan permasalahan ini, karena sudah hampir 2 (dua) bulan saya dibuat nestapa.

Saya berharap adanya tanggapan dan solusi dari pihak Bank BRI atas nomor laporan tersebut di atas. Terlebih, saya sudah menjadi nasabah BRI sejak lama dan mendapati pada tahun 2024 ini saya mencapai rekor menelepon terlama seumur hidup saya, yakni menelepon ke Contact Center BRI. Dengan rekor tersebut pun, solusi belum jua ada hilalnya.

Salam hormat,

Meylani
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kekeliruan Pengiriman Kartu Kredit BRI jenis “PAPERCARD” yang Berujung Nestapa”

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu Parlina...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Kekeliruan Pengiriman Kartu Kredit BRI jenis “PAPERCARD” yang Berujung Nestapa

  • 17 Maret 2024 - (15:45 WIB)
    Permalink

    Waaah saya sebagai pemilik kartu kredit salah satunya bri enggak pernah Mbak mengalami yg kayak gini. Saya punya OVO U Card, bri touch, sama 1 jenis kartu kredit bri lainnya, Kartu yang diterima sesuai dan menurut saya termasuk cepat sampenya walaupun berdomisili di pulau sumatera. pernah juga dulu nelpon cs bri lewat telepon dibantu dengan baik, alhamdulilah sih. Semoga cepat selesai kendalanya ya Mbak

    1
    1
    • 18 Maret 2024 - (15:24 WIB)
      Permalink

      Terima Kasih atas komentarnya Pak Tommy. Tentu pengalaman pribadi Bapak Tommy mengenai kelancaran tersebut adalah harapan seluruh pengguna kartu kredit BRI. Namun hal yang Saya ceritakan diatas sungguh membuat Saya Nestapa , Pak. Setiap ditelepon, selalu diminta menunggu sangat lama. Sedih rasanya. Semoga pengalaman Saya tidak dialami oleh orang lain ya.

  • 17 Maret 2024 - (20:47 WIB)
    Permalink

    mungkin kontak selanjutnya bisa menggunakan aplikasi brimo apabila ada .sebab menggunakan data saja, jadi bebas pulsa.

    dan untuk jenis universe kalau tidak ada salah membutuhkan AUM 250jt di bri, apakah yang dimaksud mengurus hal tersebut ke cabang tempat pembukaan rekening?atau memang selama ini sudah memiliki dana tersebut.

    • 18 Maret 2024 - (15:54 WIB)
      Permalink

      Terima Kasih atas masukannya Pak/Ibu Flxmedia.

      Concern Saya disini adalah mengenai penanganan komplain yang tidak ada penyelesaian Pak/Ibu. Saya dibiarkan menelepon berulang kali tanpa adanya solusi ataupun jawaban yang dibutuhkan. Tentunya setiap pribadi memiliki alasan tersendiri dalam melakukan komplain. Untuk Saya pribadi cenderung berminat dengan percakapan langsung dengan contact center BRI lewat sambungan telepon.
      Toh, dilakukan lewat aplikasi pun, jika prosedur penanganan komplainnya tidak terstruktur, tentu saja berdampak yang sama.

      Menutup balasan komentar Bapak/Ibu Flexmedia, Saya tidak pernah merasa mengajukan kartu kredit BRI featuring paper.id dengan jenis lain, selain kartu universe-card. Persyaratan dan kriteria yang dibutuhkan, tentu sudah Saya penuhi dan pahami sebelum akhirnya ada notifikasi DISETUJUI.

  • 18 Maret 2024 - (01:05 WIB)
    Permalink

    Paper Univ syarat utama: Wajib BRI Prio dan AUM bisa dibicarakan dengan minim 250 yang harusnya 500, jika prio dilepas paper univ pun akan didowngrade.

    Pulsa? kenapa gak Tlp Bri Prioritas gratis seluruh telpon provider melalui HP atau telpon rumah, mau internet? ya pakai brimo.

    Yang dimaksud kecabang mngkn akan diarahkan buat buka tabungan BRI Prio buat syarat utam

    • 18 Maret 2024 - (16:14 WIB)
      Permalink

      Terima Kasih atas tanggapannya Yth. Bapak Erwin.

      Penjelasan yang Bapak suarakan tentu sudah diinfokan Relationship Manager (RM) paper.id kepada Saya. Jika belum dipenuhi, pastinya akses dan link pengajuan kartu kredit dengan jenis universe-card tersebut, TIDAK BISA DIBUKA.

      Kartu Saya jenis Universe-Card sudah disetujui, prosedur penanganan masalah dan pengiriman kartu setelahnya, yang tidak teratasi. Itu adalah dua hal yang berbeda.

      Ya. Bapak Erwin tidak salah membaca tulisan Saya. Saya diminta oleh contact center BRI datang ke cabang pembukaan rekening tabungan awal jika mengharapkan adanya solusi atas nomor laporan Saya diatas. Kata “mungkin” yang Bapak Erwin sematkan dalam kalimat yang berbunyi “mungkin akan diarahkan buat buka tabungan BRI Prio buat syarat utama” bisa Saya pastikan adalah bukan demikian.

  • 18 Maret 2024 - (06:56 WIB)
    Permalink

    giliran begini nongol neh buzzer2 dari kolam, pas komplenan debet asu-ransi pada ngumpet lo pada..

    • 18 Maret 2024 - (16:36 WIB)
      Permalink

      Terima Kasih atas waktu yang Bapak Jack Robert berikan pada laman media konsumen sesi kegundahan Saya terhadap penanganan komplain pihak contact center BRI ini.

      Sungguh Saya mendoakan para pembaca setia disini tidak mengalami kejadian serupa dengan Saya. Tidak sampai disitu saja, kartu kredit Bank BRI Saya jenis lainnya ikut dipersulit ketika menemui permasalahan ketika melakukan pengaduan melalui contact center BRI. Sampai kapankah kejadian seperti ini akan terjadi? Mohon bantuannya.

  • 18 Maret 2024 - (17:23 WIB)
    Permalink

    KERUGIAN NYA BRP MBK?? ATAU CUMA DAPTAR KARTU CARD DOANG ??? KLO YG NAMANYA DI TIPU ITU AGAK SUSAH MENGEMBALIKAN NYA MAU KOAR SANA SNI SAMPE POLISI PUN TETEP KLO SALDO UDH DI TANGAN PENIPU UDH DI PAKE SULIT!!!! HONESTLY SY JGA PERNAH DI TIPU DAN UDH USAHA SNA SNI UJUNG2 NYA TETEP NIHIL!!! PEMBELAJARAN HIDUP BIARKAN UANG YG DI MAKSUD PENIPU ITU UANG KOTORAN ” UANG HARAM” DOA KAN AJA PENIPUNYA CEPET MATI, DI JAUHKAN REZEKI NYA DAN DI SULIT KAN DUNIA DAN AKHIRAT ” AMIN” 🤲🤲🤲🙏🙏 ” INGAT “[ ALLAH TIDAK PERNAH TIDUR DAN ALLAH MAHA MEMBALAS ]

    • 18 Maret 2024 - (17:48 WIB)
      Permalink

      Terima Kasih Bapak/Ibu pemilik akun Suhu,

      Kerugian Saya meliputi biaya pulsa Pak dan mencurahkan pikiran serta waktu Saya sungguh tidak bisa dihitung dengan materi.

      Semoga pengalaman kurang menyenangkan dengan contact center BRI ini, tidak Bapak/Ibu pemilik akun Suhu alami, ya.

  • 18 Maret 2024 - (17:27 WIB)
    Permalink

    KLO DAFTAR KARTU MINIMAL HARUS TAU ITU BENER ATAU NGGAK KLO SALAH ITU UDH KESALAHAN SENDIRI TANGGUNG SENDIRI!!!!

    • 18 Maret 2024 - (17:52 WIB)
      Permalink

      Dear Bapak/Ibu Pemilik akun Suhu,

      Semoga surat pembaca yang Saya kirimkan berguna bagi nasabah kartu kredit BRI lainnya yang mengalami nasib serupa ya.

      Semoga isi surat pembaca Saya, dapat dipahami Bapak/Ibu pemilik akun Suhu.

  • 21 Maret 2024 - (09:19 WIB)
    Permalink

    bu Meylani, Hub Bri jangan pake pulsa , itu rugi , pake brimo Gratis , kalo saya biasa pake VC di gerai BRI lewat Fasilitas yang sudah di sedikan oleh BRI , biasaya CAbang pembantu yang besar ,sekarang di mudahkan kok untuk hub cust service , Bri lebih selangkah maju dari pada bank lain yang masih pake Berbayar kalo telp ke CS nya

    • 25 Maret 2024 - (15:55 WIB)
      Permalink

      Dear Bapak / Ibu pemilik akun LineUp,

      Terima Kasih atas alternatif dan informasinya. Pada case ini, Saya mencari solusi yang tidak kunjung ada. Saya diberi nada tunggu dengan lebih dari 30 (tiga puluh) menit untuk pada akhirnya dijanjikan akan selesai, namun tidak juga.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Kekeliruan Pengiriman Kartu Kredit BRI jenis “PAPERCARD” yang …

oleh Meylani dibaca dalam: 3 menit
14