Pesawat Batal Berangkat, Traveloka Tidak Profesional

ID booking 112346777.

Seharusnya flight pukul 13:10 WIB. Sampai di Cengkareng untuk check in cukup lama. Akhirnya KTP saya dibawa oleh petugas ke sebuah ruangan. Akhirnya saya diberitahu bahwa pesawat tersebut under maintenance sehingga tidak diberangkatkan.

Saya telepon CS Traveloka (Angga dan Rian) hanya disuruh nunggu dan nunggu. Setelah komplain via telepon, email, facebook dan twitter, dua jam tak kunjung direspon atau ada itikad baik Traveloka. Kenapa tidak ada info kalau (penerbangan) ada kendala? Miscom sama maskapai? Heiii setidaknya info ke konsumen. Waktu saya jadi terbuang percuma.

Novandi Loloallo
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:1    Rata-Rata: 3/5]
Tanggapan Traveloka untuk Bapak Andy

Redaksi Yth., Menanggapi keluhan Bapak Andy Chang di Mediakonsumen.com (24/12) berjudul “Pesawat Batal Berangkat, Traveloka Tidak Profesional”, melalui surat pembaca...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Pesawat Batal Berangkat, Traveloka Tidak Profesional

  • 25 Desember 2016 - (04:00 WIB)
    Permalink

    Saya mau kasih pendapat saja mas sebagai orang yang juga bekerja di perusahaan yang kira kira sama. Cancellation or Schedule change is beyond travel agency controls. Toh juga anda diberitahu bahwa pesawat under maintance saat anda berada di bandara. Bukan sepanjang anda membeli tiket sampai di Bandara.

    of course travel agent bakal bilang tunggu. karna mereka juga butuh obtain informasi dari pihak maskapai. mengapa anda tidak tanya langsung ke pihak maskapai apa yang terjadi. dan kalaupun under maintanance itu sudah tanggung jawab konsumen minta ganti jadwal ke pesawat.

    Akan beda cerita mungkin kalau airline blg “kami sudah kasih tau traveloka” begitu loh mas.

  • 9 Februari 2017 - (00:12 WIB)
    Permalink

    Saya beberapa kali menggunakan jasa Traveloka, dan setidaknya pernah mengalami 2 kali pengalaman kurang menyenangkan.

    Yang pertama, terjadi perubahan jadwal oleh maskapai yang tidak tersampaikan kepada saya. Hal ini benar-benar terjadi & saya ada bukti-buktinya, bahkan termasuk e-mail komplain saya kepada Traveloka. Syukurlah tidak terjadi hal yang fatal. Dari pengalaman saya ketika booking langsung ke maskapai yang bersangkutan, segala perubahan pasti disampaikan via e-mail (saya akui, maskapai ini cukup sering mengganti schedule). Sayangnya ketika Traveloka “mem-booking-kan” customer, Traveloka mendaftarkan ke maskapai alamat e-mail milik Traveloka, bukan alamat e-mail milik konsumen. Sehingga segala e-mail dari maskapai akan terkirim ke Traveloka terlebih dahulu, & baru kemudian tugas/tanggung jawab Traveloka untuk memberi kabar kepada konsumen. Mengapa tidak langsung menggunakan e-mail konsumen saja yang didaftarkan ke maskapai, saya tidak tahu. Mungkin memang begitu peraturannya, entahlah. Tapi yang jelas prosedur semacam ini menyebabkan adanya resiko error di sistem forwarding e-mail atau apa pun juga (whatever) yang berakibat pengalaman saya tersebut di atas.

    Yang kedua, saya menerima e-mail pemberitahuan perubahan schedule dari Traveloka untuk flight yang BUKAN milik saya (saya tidak memesan flight tersebut). Kembali, ini kemungkinan ada error di sistem forwarding e-mail Traveloka (secara pastinya, saya tidak tahu, karena saya bukan praktisi travel agent). Tapi bisa jadi e-mail yang salah kirim ini menyebabkan pengguna sebenarnya dari flight itu tidak menerima informasi perubahan tersebut.

    Pelajaran yang saya petik adalah:
    1. Masih ada lubang-lubang yang perlu dibenahi di sistem Traveloka.
    2. Secara umum, booking langsung ke maskapai pasti lebih aman & terjamin. Cuma memang kadang ada kondisi-kondisi tertentu yang membuat konsumen perlu booking via travel agent.

    • 25 Juli 2018 - (16:17 WIB)
      Permalink

      setuju.. klo beli di portal2 agent online, email nya yg di daftarin bukan email kita, pdhl kita sudah masukkan data email kita pas beli. Kadang klo kita mau beli seat, konfirmasi nya dikirim di email terdaftar which is email travel agent nya, kita harus kontak dulu utk di forward kan.. saya juga komplain ke mrk, percuma dong kita disuruh input data email tp yg terdaftar malah email anda sendiri. sebel!

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pesawat Batal Berangkat, Traveloka Tidak Profesional

oleh Andy Chang dibaca dalam: <1 min
3