Barang Diterima Tidak Sesuai Pesanan Belanja di Tokopedia

Tanggal 31 Oktober 2017, saya belanja di Tokopedia dengan no resi INV/20171031/XVII/X/112977356. Saya membeli sebuah radio recorder dengan merek Asatron R1051USB (4 band) dengan harga Rp150.000 dan ongkos kirim Rp10.000, total bayar Rp160.000.

Pada tanggal 2 November 2017, kiriman barang datang, tapi barang yang dikirim adalah radio dengan merek Mitsuyama. Sekilas, radio Mitsuyama ini mirip dengan radio Asatron yang saya pesan, tapi kalau diperhatikan seksama jelas sangat berbeda. Saya komplain ke Tokopedia, yang memberi solusi agar saya menghubungi penjualnya langsung. Terus terang saya agak kecewa dengan solusi ini, seolah Tokopedia melempar tanggung jawab. Tapi, saya ikuti saran itu dan menghubungi penjualnya langsung melalui aplikasi Tokopedia.

Saya katakan kepada penjual bahwa barang yang dikirimkan tidak sesuai, dan harga barang itu bila dilihat di lapak lain harganya bisa sekitar 30% lebih murah. Saya minta kepada penjual agar mengirimkan barang sesuai pesanan. Tapi, solusi awal dari penjual adalah mengembalikan sebagian dana yang sudah saya bayarkan. Saya tetap meminta agar dikirimkan barang sesuai pesanan, atau kalau memang barang tidak ada saya minta pengembalian keseluruhan dana dan saya akan meretur setelah ongkos kirimnya juga dibayarkan.

Ketika saya sampaikan solusi itu ke Tokopedia, petugasnya menjawab bahwa dananya belum diserahkan ke penjual. Tentu saya senang karena dana saya masih di Tokopedia, karena itu saya minta saldo saya dikembalikan segera karena saya pikir itu tak sulit dilakukan Tokopedia. Namun yang mengherankan adalah, saya harus meretur barang terlebih dahulu baru dana itu dikembalikan ke saldo saya, dan saya diultimatum bila tidak mengembalikan sampai tanggal 8 November, maka saya dianggap telah membeli. Sementara biaya untuk meretur barang tidak yang harusnya menurut akal sehat menjadi tanggung jawab penjual (karena kesalahan penjual) Tokopedia seperti lepas tangan.

Jika saya lakukan itu, tentu saya rugi uang meski jumlahnya kecil, tapi jelas saya sangat rugi waktu dan tenaga dengan kerepotan transaksi ini. Kemudahan dan pelayanan yang prima yang harusnya menjadi daya tarik Tokopedia, justru kerepotan dan buang energi sia-sia yang saya rasakan dengan belanja di sini.

Dan lagi, saya hanya minta perlakuan yang sama, ketika kita ingin menerima barang saya sudah harus membayar harga barang dan ongkos kirim, kenapa untuk meretur barang yang salah kirim (kesalahan penjual) saya harus menanggung ongkos returnya? Kesalahan penjual dibebankan ke pembeli???

Satu hal lagi, saya berharap pengiriman barang yang salah ini bukan upaya penipuan, tapi tak bisa dipungkiri saya merasa ada unsur kesengajaan. Indikasinya, pertama, tidak ada penjelasan kenapa salah “merek”. Kedua, tidak ada permintaan maaf dari penjual. Ketiga, penjual malah menawarkan refund selisih harga dari barang yang saya pesan.

Dengan semua pengalaman itu, pembeli yang diultimatum oleh Tokopedia? Sungguh pengalaman belanja yang sangat mengecewakan.

Rudy
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Belanja di Tokopedia:
[Total:25    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Barang Diterima Tidak Sesuai Pesanan Belanja di Tokopedia

  • 9 November 2017 - (11:48 WIB)
    Permalink

    Saya juga belanja kopi olt town white coffe 2 bungkus pada tgn 20 Okt 2017 dgn kode INV/20171020/XVII/X/111192049 sampai skr 9 Nov 2017 barang gak kunjung tiba. di hubungi katanya masih di urus sampai skr ????

  • 13 Juni 2018 - (16:09 WIB)
    Permalink

    Saya membeli barang di blibli. Com barang dengan merek samsung baru dan sudah melihat data samsung sesuai produk samsung asli tapi pas saya terima samsung bukan asli samsung melainkan docomo dan sudah lecet berat saya lalu melakukan pemngembalian produk karna tidak sesuai dan pihak blibli juga sudah menerima complainan saya dan menganjurkan untuk mengisi data pengembalian barang… Dan setelah saya lakukan apakah saya bisa mendapatkan uang saya lagi dan bagai mana lewat apa saya mendapatkan uang saya kembali karna saya pas beli produk lewat alfamard…?? Kalo ada yg pernah ngalamin kasih tau apakah uang bisa kembali dan dari pihak mana uang saya dpt kan??

  • 8 Oktober 2018 - (23:30 WIB)
    Permalink

    Kejadian hampir sama seperti saya tapi kalau saya penjual mengirim lg barang yg salah td dan tidak meminta barang tidak usah di return dan memberikan kepada saya sebagai rasa bersalah

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja di Tokopedia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Barang Diterima Tidak Sesuai Pesanan Belanja di Tokopedia

oleh rudykonsumen dibaca dalam: 2 menit
3