BukaLapak, Berikan Perlindungan dan Kenyamanan Bertransaksi bagi Pembeli.

Kepada Yth Manajemen BukaLapak,

Saya adalah salah satu pemilik akun di market online BukaLapak. Saya hanya aktif sebagai PEMBELI di sana. Akhir-akhir ini sering sekali saya mengalami ketidaknyamanan pada saat bertransaksi di BukaLapak. Yang saya alami, beberapa kali penjual secara sepihak mengganti kurir pilihan pada saat mengirim paket. Tanpa ada diskusi dan komunikasi terlebih dahulu.

Pembeli, berhak menentukan dan memilih kurir mana yang tersedia dan dijangkau oleh penjual, sebagai pihak yang mengantarkan barang. Adalah HAK PEMBELI secara mutlak karena jasa kurir ini DIBAYAR OLEH PEMBELI, bukan penjual. Penggantian kurir secara arogan oleh penjual, merupakan pelanggaran hak dasar oleh penjual kepada pembeli. Dan selama ini, BukaLapak hanya diam saja tanpa ada perlindungan apa apa. Ini bukan sekedar uang, yang tidak seberapa dibandingkan kenyamanan pembeli dan pengebirian hak.

Setiap kali saya mengalami hal ini, selain kerugian waktu dan ketidaknyamanan transaksi, adalah pembeli yang menjadi korban. Kenapa? Karena PEMBELI yang seharusnya menikmati HAK nya justeru menjadi korban atas HAK itu sendiri. Setiap kali komplain, pembeli harus repot dimintai data dari CS BukaLapak, yang hanya secara normatif menyampaikan maaf dan hanya mengurus selisih ongkos kirim tidak seberapa dengan meminta tanda bukti resi, dan sebagainya. PEMBELI yang harus repot dan pro aktif meminta HAK nya.

Mana kenyamanan dan perlindungan bagi pembeli? Saya sudah sering sampaikan kepada CS melalui email mengenai hal ini, tapi sama saja, tidak ada perubahan! Ini bukan saja sekedar selisih uang ongkos kirim, yang jikalau ada tidak seberapa, tapi ini menyoal HAK dan KEWAJIBAN, menyoal komitmen dan kenyamanan.

Pelanggaran seperti ini sudah beberapa kali saya alami. Belum lagi kerepotan tambahan jika pihak kurir tidak atau lupa memberikan copy resi, atau bahkan tidak ada copy resi yang mungkin terjadi pada jasa kurir tertentu. Apakah kemudian pembeli ibarat jatuh tertimpa tangga? Sudah menerima ketidaknyamanan, mengalami kerepotan dan masih lagi ditambahi KEWAJIBAN yang diterapkan oleh BukaLapak tanpa mengindahkan HAK dasar PEMBELI? Kesalahan yang disengaja oleh penjual selalu mengorbankan sisi pembeli! Belum lagi jika terjadi hal hal yang diluar dugaan, seperti barang hilang, rusak atau yang lain. Apa solusinya jika terjadi seperti itu?

Sudah saatnya BukaLapak menambahkan fungsi yang melindungi HAK PEMBELI. Penjual tidak bisa seenaknya mengganti tanpa ada persetujuan dari pihak pembeli, sebagai pihak yang membayar jasa kurir pilihan mereka. Berikan perlindungan tambahan kepada pembeli! Berikan fitur penggantian jasa kurir tidak bisa sepihak, juga memberikan efek jera dengan menunda dan memberikan lebih lama dana ditahan agar penjual tidak bisa sepihak mengganti jasa kurir yang dibayar oleh pembeli.

Arogansi seperti itu bukan sekali dua saya alami, hingga saya harus menuliskan surat pembaca dan komplain ini secara publik agar pihak BukaLapak bisa mengerti dan memperbaiki sistem penjualan online-nya. Saya tahu, percuma komplain melalui CS yang bekerja sesuai template saja, mirip robot yang memberikan respon otomatis setiap kali ada permintaan bantuan. Terlalu normatif tanpa bisa mengerti apa yang menjadi keinginan saya sebagai pihak yang dirugikan.

Pihak BukaLapak bisa melihat beberapa komplain saya melalui CS, yang terakhir tiket #2444641. Anda bisa melihat histori komplain saya dari situ jika membutuhkan informasi lebih banyak dan detil. Saya sudah mendekati ketidaknyamanan yang akut tiap melakukan transaksi di BukaLapak. Berharap ada perubahan yang lebih baik agar pembeli bisa nyaman dan dilindungi hak hak nya. Terima kasih.

Hormat saya,

Tejo Wandhiro
Karanganyar, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:2    Rata-Rata: 4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

BukaLapak, Berikan Perlindungan dan Kenyamanan Bertransaksi bagi Pembe…

oleh Tejo Wandhiro dibaca dalam: 2 min
0