Ditagih Iuran Tahunan Kartu Kredit ANZ Tak Sesuai dengan Janji Sebelumnya

Saya adalah pemegang kartu kredit (cc) ANZ dengan nomor 4374 50** **** 1715 (nomor lengkap ada pada redaksi).

Sekitar bulan November 2017, saya ditawarkan untuk mengajukan aplikasi cc ANZ saat saya sedang berada di bandara Juanda Surabaya. Saat itu sales person kartu kredit tersebut membujuk saya dengan kata-kata: “Bapak apply saja dulu, nanti kalau sudah jadi kartunya terserah apakah Bapak ingin mengaktifkan atau tidak”.

Akhirnya karena saya saya merasa kasihan terhadap sales person tersebut, saya mengajukan aplikasi pembuatan cc ANZ tanpa berniat mengaktifkannya.

Masalah mulai datang saat aplikasi saya telah disetujui dan ANZ mengirimkan kartu kepada saya. Tanggal 22 November 2017 saya menerima sms bahwa dalam 14 hari kerja kartu akan dikirimkan ke alamat kantor saya (referensi 011711160209).

Akan tetapi, sampai tanggal 12 Desember 2017 saya belum menerima kartu tersebut dan saya menelepon layanan pelanggan ANZ. Dari situ saya mendapat info bahwa kartu telah sampai di kantor saya. Sampai tanggal 18 Desember karena saya masih belum menerima kartu, saya kembali menghubungi ANZ untuk membatalkan kartu yang telah dikirim dan meminta agar dikirim kartu yang baru.

Tanggal 8 Januari, saya menerima e-mail tagihan cc ANZ, akan tetapi tidak dapat saya buka karena untuk membukanya saya harus mengetahui nomor cc baru saya yang saat itu belum diterima. Cc baru saya terima di tangan saya sekitar tanggal 16 Januari 2017. Karena kesibukan, saya baru ingat membuka tagihan CC saya pada tanggal 24 Januari dan kagetlah saya karena telah ditagihkan iuran tahunan padahal saya belum mengaktifkan cc saya!

Saya segera kembali menghubungi layanan pelanggan ANZ untuk mengkonfirmasi hal tersebut, dan saya mendapat informasi bahwa cc saya telah diaktifkan secara otomatis karena saya telah menerima kartu saya.

Ini adalah hal yang konyol karena info ini belum pernah saya terima dan mengingat pada tanggal 8 Januari kartu baru saya masih dalam proses pengiriman. Luar biasa sekali sistem di ANZ ini dalam menjebak nasabahnya!

Selanjutnya petugas layanan pelanggan menginfokan pada saya, bahwa terdapat promo gratis iuran tahunan dan tagihan saya akan dihapuskan di lembar penagihan selanjutnya jika melakukan transaksi satu kali saja dengan cc ANZ sampai tanggal 31 Januari 2018. Saya pun mengikuti saran tersebut dan melakukan transaksi pada 30 Januari 2018.

Akan tetapi sekali lagi saya dibohongi oleh ANZ karena pada lembar penagihan 9 Februari tagihan tersebut masih saja muncul. Ketika saya menghubungi ANZ, petugas layanan pelanggan dengan seenaknya mengatakan bahwa saat itu tidak ada promo gratis iuran tahunan (!) karena sedang ada proses pemindahan dari ANZ menjadi DBS.

Wow, saya merasa terus menerus dibohongi dan dirugikan oleh ANZ sejak dari pembuatan kartu sampai saat ini. Begitu tidak professional pelayanan yang diberikan oleh ANZ yang tidak pernah saya alami sebelumnya dengan bank-bank penerbit kartu kredit yang lain.

Mohon tanggapan dari ANZ/DBS atas kasus ini.

Iskandar Romadhani
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank ANZ:
Tanggapan Bank DBS Indonesia atas Surat Pembaca Bapak Iskandar Romadhani

Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang telah diberikan Mediakonsumen.com kepada PT Bank DBS Indonesia...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Ditagih Iuran Tahunan Kartu Kredit ANZ Tak Sesuai dengan Janji Sebelumnya

  • 10 Februari 2018 - (21:23 WIB)
    Nampaknya baik sales maupun bagian KK ANZ sama-sama berusaha memanfaatkan detik-detik penghabisannya untuk mendapatkan nasabah sebanyak mungkin (dengan menghalalkan segala cara, mungkin)…

    Mungkin bisa menunggu s.d. 12 Februari & kemudian mengkontak CS DBS Indonesia. DBS adalah bank terbesar di Singapura, seharusnya servisnya juga cukup bertanggung-jawab.
    Untuk KK ANZ, saya pemegang KK tersebut & menurut saya salah satu keunggulan KK ANZ adalah internet banking-nya yang sangat banyak fiturnya bagi nasabah KK. Umumnya bank memberikan fitur seadanya saja di internet banking bagi nasabah yang hanya memiliki KK saja, fitur internet banking yang lebih lengkap diperuntukkan bagi nasabah yang juga memiliki tabungan di bank tersebut. Tapi tidak demikian untuk nasabah KK ANZ.
    Dan DBS telah menjanjikan bahwa fitur internet banking-nya (bagi eks nasabah ANZ) akan menyerupai fitur-fitur yang dimiliki internet banking ANZ.

  • 24 Februari 2018 - (14:11 WIB)
    Saya juga mengalami hal yang sama, ketika apply KK ANZ, saya diinfo free annual fee selama kartu saya aktif. Kartu saya cukup aktif dan saya sudah info ke call centre DBS saya tidak mau bayar annual fee yg ditagihkan DBS. Bagaimana ini saya merasa dirugikan!

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank ANZ?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Ditagih Iuran Tahunan Kartu Kredit ANZ Tak Sesuai dengan Janji Sebelum…

oleh Iskandar Romadhani dibaca dalam: 2 min
3