JD.ID Pelayanan yang Sangat Mengecewakan

Melalui surat pembaca mediakonsumen.com, saya ingin menyampaikan keluhan saya sebagai konsumen kepada JD.ID. Sengaja saya posting di sini supaya jadi pembelajaran bagi pihak JD.ID untuk lebih baik lagi dalam pelayanan ke depannya, dan sebagai pembelajaran bagi Anda yang ingin belanja di JD.ID.

Pada tanggal 9 November 2018 saya membeli sebuah produk smartphone HP Xiaomi tipe Redmi Note 5 6/64 dari luar negeri di JD.ID (JD Global) dengan nomor pesanan 241061953. Pada hari yang sama juga saya lunasi pembayaran Rp3.214.200 dengan menggunakan Proses transfer Bank via ATM. Setelah pembayaran, saya cek status pesanan, status pesanan saya masih menunggu proses pembayaran,, lalu saya hubungi pihak JD.ID melalui live chat, barulah berubah update by system bahwa pesanan saya menunggu pengiriman. Saya aware bahwa pengiriman dari luar negeri membutuhkan waktu lebih lama.

3 hari kemudian saya cek status, masih dalam proses *PESANAN ANDA MENUNGGU PROSES PENGIRIMAN*. Saat itu juga saya tanyakan ke CS JD.ID melalui live chat, dan menerima balasan bahwa pesanan dari luar negeri membutuhkan waktu lebih lama dengan estimasi 15-30 hari. Saat itu saya percaya karena mungkin proses pengemasan lebih lama.

Saya menerima balasan via email pada tanggal 27/11/2018 dengan estimasi barang sampai adalah pada tanggal 21/12/2018, saya mulai percaya, namun selang beberapa hari tepat nya pada tanggal 07/12/2018 estimasi barang sampai berubah menjadi tanggal 26/12/2018, saya mulai merasa kecewa karena harus menunggu lebih lama lagi.

Namun yang membuat saya sangat kecewa adalah pada tanggal 15 Desember 2018, status pemesanan saya menjadi “LOCKED”. Saat itu juga saya langsung email kembali ke cs@jd.id, dan baru mendapatkan jawaban sore harinya bahwa pesanan saya dibatalkan karena produk yang saya pesan sudah lewat melewati masa penyediaan barang, dan harap menunggu 1-3 hari kerja untuk proses refund.

Yang membuat saya heran bagaimana mungkin bisa e-commerce sekelas JD.ID baru bisa konfirmasi bahwa produk tidak tersedia setelah 14 hari berlalu? Itu kan sama saja dengan pembohongan kepada konsumen. Saya coba kontak by phone ke CS jd.id namun sangat sulit dihubungi.

Belanja offline di warung saja butuh setidaknya 1-5 menit untuk mengetahui barang yang kita beli tersedia atau tidak. Seharusnya Dengan warehouse besar, database server yang mumpuni baru bisa menyatakan produk tidak tersedia setelah 14 hari? Itupun karena saya terus menanyakannya. Pelayanan macam apa yang saya dapatkan dari sebuah e-commerce besar? Sementara setiap saya komplain ke CS jd.id selalu dan hanya mendapat jawaban “MOHON MAAF UNTUK KETIDAKNYAMANANNYA”. Saya yakin JD.ID tidak serius menanggapi keluhan saya.

Saya sebagai konsumen membayar, 2 minggu kemudian dinyatakan produk tidak tersedia, 3 minggu kemudian proses refund. Jadi kesimpulan yang bisa diambil, hak sebagai konsumen hanya membayar kurang lebih 1 bulan adalah sebuah kesia-siaan.

Hingga surat pembaca ini saya sampaikan tepat tanggal 16 Desember 2018, saya belum memberikan keputusan untuk proses refund.

Terima kasih JD.ID untuk pengalaman mencicipi pelayanan super JD Global. Tolong hargai kami sebagai konsumen.

Terima kasih kepada mediakonsumen.com untuk bisa memuat keluhan saya ini.

Kurniawan
Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:14    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Wawan

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Wawan pada 17 Desember 2018 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “JD.ID Pelayanan yang Sangat Mengecewakan

  • 20 Desember 2018 - (15:56 WIB)
    Permalink

    pelayanan paling buruk chat CS tidak pernah ditanggapi,email ga dibalas, pengiriman paling lelet.kapok belanja di JD.ID mulai sekarang.masih baru tapi sudah paling payah.tiru dong kaya t*ped dan bu*lapak.saya tidak pernah kecewa belanja di dua itu.

  • 27 Desember 2018 - (06:23 WIB)
    Permalink

    Memang betul, pelayanan jd.id sangat mengecewakan dibanding e-commerce lain, bahkan bisa dibilang “Terburuk”.

    Pelayanan via Live Chat parah,
    Saya bolak balik dilempar ke CS yg berbeda setiap idle beberapa menit, pada akhirnya saya harus menjelaskan kronologisnya dari awal setiap ada CS baru yg menanggapi. Yg saya jelaskan Itupun belum selesai sampai poin yg ingin saya sampaikan, eh udah dilempar lagi ke cs lain.

  • 30 Desember 2018 - (02:08 WIB)
    Permalink

    Betul gan
    Jd.id sy nobatkan sebagai pelayanan pelanggan terburuk sepanjang sy jadi.customer. sy belum pernah mengalami cs seburuk jd.id

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

JD.ID Pelayanan yang Sangat Mengecewakan

oleh Wawan Wawan dibaca dalam: 2 menit
3