Kantong Plastik Berbayar Hanya Memperkaya Pengusaha

Kepada Bapak Sandiaga Uno, Cawapres 2019,

Saya hanya ingin memberikan opini yang sekaligus komplain untuk pemerintahan Indonesia. Kenapa selalu rakyat yang dibebankan mengatasnamakan lingkungan, alangkah bodohnya Rakyat Indonesia yang selalu mengaminkan peraturan pemerintah dan sejenisnya tanpa menelaah terlebih dahulu. Apakah dengan plastik berbayar, konsumen jadi tidak menggunakan plastik? Saya perhatikan konsumen di Alfamart dekat rumah saya sama sekali tidak keberatan dengan plastik berbayar, mereka tetap menggunakan plastik dari Alfa dan tidak menggunakan kantong belanjaan sendiri dari rumah.

Yang saya heran lagi,kenapa solusi untuk kepentingan lingkungan kenapa lagi-lagi rakyat yang dibebankan? Kenapa pemerintah ataupun pengusaha tidak memproduksi kantong belanja yang ramah lingkungan sehingga tidak dibebankan ke konsumen? Malah membuat solusi yang menguntungkan untuk pemerintah dan pengusaha, dengan membebankan biaya penggunaan plastik ke konsumen dan dalam hal ini rakyat Indonesia. Siapapun yang memilih, tapi kalau sumber daya manusia kita masih bobrok seperti ini, tidak akan pernah maju, rakyat selalu dibodohi dan dibebankan karena ulah pemerintah dan pengusaha sendiri.

Saya bisa ilustrasikan keuntungan salah satu pengusaha Alfamart dengan penjualan plastik berbayar Rp200, contoh:

Rp200 Alfamart
Rp100 Harga produksi
Rp200 harga jual
Rp100 keuntungan dari penjualan 1 kantong plastik
200 pembeli pengguna plastik 1 unit Alfamart
Total keuntungan dari 200 unit Alfamart per hari =
200 x 100 x 200 = Rp4.000.000 sehari keuntungan dari 200 unit Alfamart

Dari ilustrasi di atas,bukannya lingkungan menjadi lebih baik karena plastik berbayar yang diberlakukan Alfamart,tapi memperkaya pemerintah dan pengusaha. Dan lagi-lagi membebani rakyat akibat ulah pemerintah dan pengusaha itu sendiri.

Tolong, tolong buka mata kalian sebagai konsumen dan rakyat Indonesia, jangan mau lagi dibodohi pemerintah dan pengusaha kita sendiri. Harapan saya jika pak Sandiaga Uno terpilih sebagai Wapres 2019, mohon dibenahi moral bobrok sumber daya manusia kita. Terima kasih.

Nia
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 5]

3 komentar untuk “Kantong Plastik Berbayar Hanya Memperkaya Pengusaha

 Apa Komentar Anda?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!

Kantong Plastik Berbayar Hanya Memperkaya Pengusaha

niania 1 menit
3