DANA Tidak Memberikan Cashback Tanpa Alasan yang Jelas

Kejadian bermula ketika saya mengunjungi salah satu outlet ShareTea yang menawarkan promo cashback sebesar 30% max 15.000 (terlampir) pada tanggal 22 Nov 2019. Sebelum bertransaksi saya sempat menanyakan pula ke kasir terkait promo DANA dan dijawab sesuai dengan banner yang terpampang di depan dan juga di etalase. Merasa yakin, saya bertransaksi menggunakan DANA dan ternyata TIDAK mendapatkan cashback seperti yang dijanjikan.

Dalam hati ini pasti bermasalah, maka saya menulis email ke help@dana.id untuk meminta penjelasan. Tak lama berselang datang balasan dari CS yang menyatakan bahwa: transaksi saya tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan memberikan link https://www.dana.id/promo/detail/479/dana-cashback-40

Ketika link tsb saya klik ternyata merujuk pada ketentuan Cashback 40% max 10.000 yang mana salah satu poinnya menyatakan bahwa “Promo hanya berlaku untuk 1x/pengguna/minggu untuk seluruh merchant yang bekerjasama dengan DANA”, dimana sebelumnya saya memang bertransaksi menggunakan promo 40% tsb, sehingga by system saya dinyatakan tidak berhak mendapatkan cashback lagi.

Artinya, secara sistem di outlet tsb menerapkan cashback 40% max 10.000, sedangkan pada kenyataanya di outlet tertulis 30% max 15.000 dan inilah yang konsumen ketahui. Dalam 1 hari yang sama, istri saya juga tidak mendapatkan cashback di outlet lainnya. Pada tanggal 22 November 2019, istri saya melakukan transaksi di salah satu outlet Kopi Janji Jiwa dengan promo 40% max 20.000 (terlampir). Namun seperti pengalaman saya di outlet ShareTea, istri saya juga tidak/belum mendapatkan cashback dengan alasan dari CS adalah “saat ini promo tersebut sedang di-pause untuk waktu yang belum bisa ditentukan…“.

Wah saya pikir apa lagi ini, dalam 1 hari 2 transaksi yang berbeda tidak mendapat cashback, sungguh mengecewakan kami sebagai pengguna setia DANA sebelumnya. Kasus ini saya angkat karena agak berbeda dengan kejadian di ShareTea karena outlet Kopi Janji Jiwa tidak ada alam daftar outlet yang berpartisipasi dalam cashback 40% max 10.000 (link yang sama saya sertakan: https://www.dana.id/promo/detail/479/dana-cashback-40). Maka secara sistem artinya ada 2 promo yang berbeda, yaitu: cashback 40% max 20.000 dan cashback 40% max 10.000.

Sampai surat ini saya tulis, pihak DANA belum bisa memberikan penjelasan apa yang dimaksud dengan istilah “…di-pause untuk waktu yang belum bisa ditentukan…

Memang dalam 2 transaksi tsb nominal cashbacknya tidak seberapa, tapi yang saya permasalahkan adalah hak konsumen untuk menerima informasi akurat terkait penawaran suatu produk atau jasa sebelum konsumen memutuskan untuk membeli/menggunakan jasa tsb, sehingga konsumen dapat memutuskan mana penawaran yang terbaik. Akan tetapi dengan pencantuman syarat dan ketentuan dari provider yang menyatakan bahwa “Syarat dan ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya”, maka hak konsumen menjadi diabaikan dan akhirnya konsumen dirugikan.

Dengan 2 kejadian dalam waktu 1 hari ini kami sudah mulai kehilangan kepercayaan terhadap DANA, dan saya sarankan konsumen lainnya harap berhati-hati agar jangan hanya tergiur oleh cashback besar namun tidak pasti. Mending pilih provider lain yang menawarkan cashback lebih kecil tapi konsisten antara yang tertulis dengan yang di sistem dan didukung oleh CS yang akurat dalam menjawab permasalahan dan memberikan solusi terbaik untuk nasabahnya.

Saya sarankan konsumen agar berhati-2 dalam menggunakan fasilitas cashback DANA karena walaupun sudah meminta konfirmasi kepada kasir, dan didukung oleh banner/gimmick promosi di outlet, DANA dapat dengan seenaknya mengganti promo tanpa pemberitahuan sebelumnya. Lantas hak konsumen utk mendapatkan informasi yang benar tentang penawaran atau promo terbaik bisa hilang begitu saja (bahkan dirugikan). Padahal di saat yang bersamaan ada provider lain yang menawarkan cashback serupa, walaupun dengan persentase dan/atau nominal yang lebih kecil.

Di dalam bisnis yang terpenting adalah kepercayaan dan konsistensi. Menurut saya lebih baik percaya kepada provider yang konsisten daripada yang menawarkan sesuatu yang lebih besar tapi bisa berubah sewaktu-waktu, yang pada akhirnya merugikan konsumen.

The Min Shiong
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:4    Rata-Rata: 3.5/5]
Tanggapan DANA atas Surat Bapak Theodore Michael

Menanggapi surat pembaca yang ditujukan kepada kami oleh Bapak Theodore Michael yang dimuat di mediakonsumen.com, pihak DANA telah menghubungi konsumen...
Baca Selengkapnya

Loading...

4 komentar untuk “DANA Tidak Memberikan Cashback Tanpa Alasan yang Jelas

  • 29 November 2019 - (04:26 WIB)
    Permalink

    DANA tidak memberikan cashback seperti yang di promosikannya.

    Saya adalah pengguna Dana Premium.

    Pada tgl 25 November 2019 saya ada menggunakan 3 transaksi dengan Dana pada transaksi yang berbeda beda.

    Singkatnya transaksi tersebut secara beurutan adalah sbb :
    1. Belanja di merchant kwetiau goreng 17 Medan senilai Rp. 25 ribu dengan cashback 20% dan saya sukses menerima cashback senilai Rp 5.000.
    2. Belanja di Fresh Mart senilai Rp. 43.500 dengan promo cashback 40% atau max Rp 10.000. Untuk transaksi ini saya tidak menerima cashback sama sekali.
    3. Belanja di Toko Lian senilai Rp. 24.720 dengan promo cashback 50% atau max Rp. 10.000. Untuk transaksi ini saya menerima cashback Rp. 10.000.

    Kemudian saya menanyakan perihal hak saya yang tidak saya terima atas transaksi pada keterangan nomor 2 diatas melalui email ke customer care Dana pada tanggal 25 november 2019.
    Jawaban-jawaban email dari pihak Dana sangatlah tidak masuk akal, dan hingga tanggal 28 November 2019 email-email yang saya kirim dan dijawab oleh Dana tetap saja tidak masuk akal. Sudah berulang saya jelaskan ketidak masuk akalan jawaban dari pihak Dana tetapi mereka tetap menjawab hal yang sama yaitu intinya adalah : bahwa Pengguna/ saya sudah menikmati promo cashback 20% pada transaksi seperti nomor 1 diatas, sehingga saya tidak lagi berhak mendapatkan promo cashback 40%. Dan mereka menyatakan bahwa promo cashback 20% ataupun 40% hanya berhak dinikmati oleh Pengguna Dana sebanyak maksimal 1x/ Pengguna/ perangkat elektronik/ minggu. Dan dalam jawabannya mereka melampirkan link syarat ketentuan promo 20% dan juga link syarat promo 40%.

    Padahal, tidak ada butir syarat ketentuan yang menyatakan bahwa Pengguna hanya diperbolehkan menikmati HANYA 1x promo cashback BAIK 20% atau 40% ( yang mana lebih dahulu dinikmati ).

    Untuk link syarat ketentuan promo cashback masing2 promonya memang ada salah satu butirnya adalah :
    “Promo hanya berlaku untuk 1x/pengguna/minggu untuk seluruh merchant yang bekerjasama dengan DANA”
    Ini butir yang digunakan oleh Dana sebagai alasan dari komplen saya tersebut.
    Butir ini ada disetiap promo cashback berapapun. Tapi butir ini secara logika hanya sebagai persyaratan dari Program Promo Cashback yang termaksud dan tercantum. ( Terbukti setelah transaksi nomor 2 tersebut, saya ada melakukan transaksi nomor 3 dan mendapatkan cashbacknya sebesar 50% atau Rp. 10ribu )

    Dan tidak ada butir atau kalimat pun yang menyiratkan bahwa program cashback berapa pun nilainya maka Pengguna hanya diperbolehkan menikmati HANYA salah Satu alias 1x saja perminggu.
    Betapa bodohnya jawaban2 dari Dana, karena mereka tidak bisa menjelaskan sejelas2 nya kepada saya tentang permasalahan ini. Dan hanya selalu mengulang jawaban yang sama. Menyertakan alasan dan link syarat ketentuan akan tetapi justru link yang dikirimkan malah terkesan membenarkan hak saya seharusnya didapat.
    Hal dan nilai kecil ini saja saya sudah merasa tertipu. Bagaimana bisa merasa AMAN dengan DANA? Rp. 10.000 memang tidak seberapa, tapi berapa banyak konsumen yang megalami hal sama? Jika 100 konsumen dalam sehari sudah berapa? Dalam 1.000 transaksi perhari ? Sebulan?

    Berhati-hatilah terhadap Dana. Cashback saja bisa gak dapat, apalagi saldo kita nantinya?

    Note : bukti-bukti dari keluhan ini ada di email saya dan history trasaksi dari aplikasi Dana saya.
    Maaf tidak disertakan karena akan panjang sekali redaksinya.

    From,
    Vera
    Pengguna Dana Premium
    0895 3841 1****

    • 3 Desember 2019 - (18:05 WIB)
      Permalink

      Benar sekali bu, kesimpulannya ada 2:
      1. CS Dana kurang kompeten dalam menangani permasalahan konsumen dan tidak memahami persoalan dan terkesan asal jawab email saja.
      2. Mulai berhati-2 menggunakan DANA bahkan saya sdh agak jarang pakai krn kelihatannya sdh kehabisan napas, promonya tambah kecil dan tdk berarti lagi krn berlaku 1x/minggu utk semua merchant

  • 29 November 2019 - (05:40 WIB)
    Permalink

    Persaingan pelaku usaha dompet digital semakin ketat, jika tidak kuat bakar uang umbar promo cashback, pengguna bakal beralih ke dompet lain yang bertabur
    hadiah dan promo. Memang berat untuk bertahan dalam persaingan yang tanpa begitu ketat tanpa promo.

    Disisi pengguna, loyalitas hanya sebatas pada promo, bukan pada manfaat yang lebih luas. Terkadang seringkali terjebak dengan iming-iming promo, yang pada akhirnya tertipu oleh promo yang tidak seberapa.

    Membaca keluhan diatas, jawaban CS DANA terkesan bukan menyelesaikan masalah, justru mencari alasan untuk menghindari klaim yang atas promo yang menjadi hak pelanggan. Menyampaikan komplain kepada CS DANA hanya buang-buang waktu dan habiskan energi, tidak ada solusi apapun.

    Beberapa waktu yang lalu saya mau ganti nomor akun DANA PREMIUM, sampai sekarang tidak berhasil, sudah bosan berkirim email ke CS DANA, jawabannya berputar-putar pada template tanpa penyelesaian. Akhirnya saya uninstall DANA. Pengguna memiliki pilihan, banyak pilihan, dan tidak lama lagi akan hadir dompet dari raksasa e-commerce luar negeri. Siapa yang akan menang?

    • 3 Desember 2019 - (18:01 WIB)
      Permalink

      Betul Pak, CS Dana yang nulis email kayak robot, seolah kagak baca email-2 sebelumnya shg tdk memahami permasalahan konsumen. Bahkan ketika saya membalas email terkait promo di Janji Jiwa malah ditanyakan lagi detail transaksi dll alias mengulang dari awal…. bahkan saya perhatikan nomor tiketnya sudah ganti dari #2367875 (saya kirim via gmail) menjadi #2419830 (saya terima respon via yahoo)…..

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

DANA Tidak Memberikan Cashback Tanpa Alasan yang Jelas

oleh Theodore Michael dibaca dalam: 2 min
4