Bertransaksi atau Berjualan di Bukalapak, Bukabantuan Tidak Dapat Menyelesaikan Jika Ada Masalah

Sebagai pelapak sejak tahun 2016, semakin hari, saya merasa kualitas sistem bukalapak semakin menurun dan kinerja customer service sangat mengecewakan. Banyaknya akun penipu dengan foto logo bukalapak yang bebas berkeliaran, memberikan link untuk mengalihkan ke luar website bukalapak dan banyak modus penipuan lainnya.
Sekarang sistem bukalapak, sudah update dengan banyak fitur baru. Kali ini, update tersebut tidak berjalan dengan baik dan merugikan kami sebagai pelapak. Diantaranya adalah:

Upload barang dengan jenis barang sama, berbeda merek, isi, kualitas dan harga dihapus oleh sistem, dikarenakan sudah pernah jual barang sejenis. Jadi kita harus jual dengan item barang yang sudah di-upload, walaupun berbeda merek, jenis, isi dan harga.

CS buka bantuan, diemail masalah sejak tanggal 07 April sampai sekarang tidak ada respon. Semua barang dijual, diatur dengan pengaturan awal akan dikirim dalam 1 jam kerja di aplikasi, padahal di seller centre, waktu kiriman reguler. Hal ini menyebabkan order-order dibatalkan sepihak, dan mendapat 3 feedback negatif.

Kasus lainnya, order sudah diproses dan sudah mendapatkan nomor resi. Sudah telpon ke CS bukalapak, tetapi tidak bisa menyelesaikan dengan bahasa harus diajukan ke bagian terkait, disarankan untuk menghubungi lewat email pada Bukabantuan yang kami sudah tahu kinerja dan kualitasnya.

Surat ini saya buat agar masyarakat dapat mengetahui, kinerja Bukabantuan dan sistem baru yang memang belum mumpuni, walaupun banyak fitur baru, alangkah baiknya apabila sebelum diupdate baru, dipastikan aman dan tidak merugikan pelapak maupun pembeli.

Saran saya:
Untuk penjual/seller online, lebih baik fokus pada marketplace lain dengan sistem dan customer service yang lebih kompeten, karena bukalapak semakin hari fitur yang diberikan semakin banyak yang belum mumpuni untuk memberikan kemudahan atau memajukan pelapak. Promoted push juga tidak memberikan efek yang berarti dibandingkan dengan to**.

Untuk pembeli, berhati-hati dalam bertransaksi, karena apabila terjadi masalah, cs Bukabantuan akan sangat sulit menyelesaikan masalah yang ada. Contohnya masalah yang saya alami, yang berhubungan dengan sistem mereka sendiri saja tidak bisa diselesaikan dengan baik, apalagi melibatkan pihak lain.

Terima kasih.

Tjoe William
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:8    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Tjoe William

Jakarta, 26 April 2020 Kepada Yth: Pengelola Rubrik Surat Pembaca Mediakonsumen.com Perihal: Kendala Bapak Tjoe William Dengan Hormat, Terima kasih...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Bertransaksi atau Berjualan di Bukalapak, Bukabantuan Tidak Dapat Menyelesaikan Jika Ada Masalah

  • 26 April 2020 - (20:34 WIB)
    Permalink

    setuju banget beralih ke market place lain,selain komisi di kenakan pelapak besar sekali,semua feature ada sebagian yg harus berbayar juga,sistem juga ngak beraturan,masuk kebuka bantuan tanpa ada proses yang jelas,sistem keamanan account tidak terjamin,saldo bisa kena hack dengan mudah,lalu account kita sebagai pelapak di blok walau sudah mengajukan sesuai syarat yang di tentukan,uninstall bukalapak……..masih banyak marketplace lain yang masih membuat barang kita laku

  • 26 April 2020 - (21:29 WIB)
    Permalink

    Ya, saya setelah post surat ini sudah tutup lapak. komisi super seller 3% utk bukalapak sbenernya memberatkan, tetapi apabila untuk memajukan bukalapak dan pelapak masih bisa saya maklumi. Kenyataan sebaliknya, komisi 3%, penjualan minim, Sistem error dan tidak bisa diselesaikan, customer service payah. Untuk menyelesaikan masalah yg timbul karena sistem sendiri saja ga bsa. Mau bersaing dengan banyak fitur, ternyata “zonk”. Dan kami cenderung akan fokus ke hijau dan orange saja. Percuma buang-buang waktu di BL. Kerjaan sama, hasil minim, banyak trouble. Biar bukalapak dipenuhi akun hacker, phising dan pemain CB saja. Pelapak yg jualan benernya uda kapok.

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Bertransaksi atau Berjualan di Bukalapak, Bukabantuan Tidak Dapat Meny…

oleh tjoe william dibaca dalam: 1 menit
2