Refund Transaksi di Bukalapak via DANA Bermasalah

Saya melakukan transaksi pembelian speaker portable via aplikasi BUKALAPAK pada tanggal 15 Juni 2020. Pembayaran transaksi tersebut menggunakan kartu debit Bank Mandiri via aplikasi DANA, pembayaran telah dinyatakan sukses oleh sistem dan diterima pada tanggal 15 Jun 2020, 18:25 WIB (bukti tagihan terlampir).

bukti pembayaran bukalapak
Bukti pembayaran sukses.

Saya sudah kontak seller agar mengirimkan barangnya pada keesokan harinya dan seller menyanggupi untuk mengirim barang pada pagi hari.

Keesokan harinya, transaksi saya dibatalkan otomatis oleh sistem BUKALAPAK dengan alasan Ditolak karena: Tidak bisa mengirim barang dalam 4 jam kerja. Kemudian ada catatan bahwa uang saya sudah di refund

“Dana dikembalikan pada Selasa, 16 Juni 2020 pukul 13:08 WIB”.

Tetapi seller mengabarkan bahwa dia sudah mengirim barangnya pada pukul 14.58 dan dia mengirimkan bukti resi pengirimannya, dikarenakan transaksi sudah ter”cancel”, seller meminta saya untuk transaksi ulang tetapi saya menolak karena uang refund dari BUKALAPAK belum saya terima.

Bukti pengiriman yang dikirim oleh seller dan setelah dicek memang benar barang sudah dalam perjalanan.
bukti kirim

Setelah saya cek, di rekening Bank Mandiri saya maupun di saldo Dana dan juga Bukadompet tidak ada penambahan saldo refund, tetapi anehnya di history transaksi di aplikasi DANA saya, uang telah sukses di refund ke rekening.

Saya sudah berusaha membuka halaman komplain di BUKALAPAK, tetapi jawaban yang saya terima normatif, template dari bot. Sedangkan komunikasi via customer service DANA juga sudah saya lakukan dan hasilnya saya diperintahkan untuk cek secara berkala rekening saya menunggu dengan estimasi 2-4 minggu terhitung sejak tanggal 16 Juni 2020. Jelas hal tersebut sangat mengecewakan, kenapa transaksi refund yang menurut saya seharusnya mudah menjadi merepotkan seperti ini.

Akibat kejadian ini, uang saya tertahan entah dimana, BUKALAPAK sepertinya lepas tangan begitu saja sedangkan DANA juga memberikan jawaban yang kurang memuaskan tentang kemana raibnya uang saya. Ini sangat merugikan saya sebagai buyer dan seller yang sudah terlanjur mengirimkan barangnya.

Hingga tulisan ini ditulis, belum ada dana refund yang masuk, sedangkan barang yang dikirim oleh seller kemungkinan pada tanggal 22 Juni 2020 sudah saya terima akan tetapi saya tidak bisa menyelesaikan/mentransfer uang kepada seller karena uang pembelian yang masih tertahan entah di mana.

Gerry Permana
Tulungagung, Jawa Timur 66281

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:2    Rata-Rata: 3/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Gerry Permana

Jakarta, 22 Juni 2020 Kepada Yth: Pengelola Rubrik Surat Pembaca Mediakonsumen.com Perihal: Tanggapan Surat Pembaca tanggal 22 Juni 2020 yang...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Refund Transaksi di Bukalapak via DANA Bermasalah

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Refund Transaksi di Bukalapak via DANA Bermasalah

oleh Gerry Permana dibaca dalam: 1 menit
1