Surat Pembaca

Modus Penipuan dengan Membajak Akun Shopee

Dear All, terutama Shopee
Salam hangat,

Sebelumnya perkenalkan saya Anita, yang merupakan salah seorang pengguna Shopee, sudah kurang lebih 4 tahun dengan username: anitasari0508.

Jadi, pada tanggal 29 Agustus 2020 yang lalu, akun Shopee saya dibajak dan salah satu faktornya karena kecerobohan saya sendiri. Saya dikirimi link oleh pelaku, kemudian pelaku menelepon dan begitu cepat proses pembajakan tersebut. Menyadari hal itu, saya langsung membuat laporan ke CS Shopee, dan tak lama kemudian akun saya telah diblokir.

Beberapa saat kemudian, saya membuat laporan dari akun kantor, tentu berharap mendapat PENGEMBALIAN DANA, dengan cara Shopee membatalkan pesanan pulsa yang statusnya: “Sedang diproses” pada transaksi pulsa, sekaligus melaporkan kronologi apa yang menimpa saya.

Kemudian 30 Agustus 2020, saya mendapat notifikasi bahwa akun Shopee saya telah dipulihkan. Saya menambahkan secara berkala laporan dari akun saya berupa bukti-bukti screenshot tambahan kalau akun saya dibajak, seperti nomor telepon pelaku, link yang diberikan, foto WA yang mengatasnamakan Shopee, penarikan dari Shopee Pay sebanyak 2 kali untuk tujuan pulsa, 2 nomor tujuan alokasi pulsa. Namun saya hanya diminta CS Shopee untuk menunggu 3 hari kerja.

Esoknya, ada notifikasi pesanan telah selesai. Padahal ini yang saya harap dibatalkan oleh Shopee. Bukankah pesanan bisa dibatalkan tim Shopee? Dari pesanan yang dibuat si orang jahat hingga saya melaporkan pembajakan akun, selang waktunya kurang dari 2 jam, dan saya telah meminta pengembalian dana juga setelahnya.

Untuk selanjutnya demi kenyamanan pengguna, saya bertanya kembali perihal tindak lanjut laporan saya, apakah ada pengusutan dll dari bukti-bukti nomor yang dipakai dan alokasi nomor-nomor tujuan pulsa? Namun seperti biasa diminta untuk menunggu karena sudah diteruskan ke Tim Shopee.

Empat hari berselang, belum ada keputusan dari tim Shopee. Padahal menurut informasi yang saya peroleh, permasalahan diselesaikan tim Shopee dalam 3 hari kerja. Saya pun menunggu hingga 11 hari, tapi belum ada konfirmasi tentang tindak lanjut Permintaan Pengembalian Dana saya.

Walaupun dari awal saya mengakui kecerobohan saya, suksesnya transaksi ini tentu bisa dicegah dengan keputusan yang tepat dari Tim Shopee dan pelacakan nomor-nomor tersebut. Satu Juta Rupiah mungkin tidak seberapa untuk Shopee. Namun bagi saya, di tengah kesulitan pandemi yang seperti tiada akhir, jumlah ini sangat berarti. Apalagi saya tidak berpenghasilan tetap. Saya berharap Shopee memahami kesulitan saya dan memberikan penyelesaian yang terbaik dalam pengembalian dana saya.

Dan saya juga menyarankan Shopee untuk menyempurnakan proses blokir-memblokir dan keamanan data user dari nomor telepon, password dan lain-lain kedepan.

Terima kasih. Salam hangat.

Anita Sari
Magelang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Hmmm.. Ini modus lama yg udah sering terjadi di BL, dan sekarang di Shopee. Ada satu kesamaan, yaitu dana hasil fraud dilarikan ke pulsa XL supaya gak bisa dicancel dan dilacak. ?

    • Dari kasus yang sudah2 Lalu biasanya pertanggungjawabannya dari pihak BL atau shopee gimana kak?

      • Kok masih marak sih penipuan dengan menggunakan nomor HP... padahal mengaktifkan nomor hp saja sudah harus menggunakan nomor NIK dan Nomor KK... tapi kok bisa aman penipunya...ini penipunya yang kelewat hebat atau penegak hukumnya yang kelewat bodoh

        • Nach itu kak.. yg patut diusut.. pertanggungjawaban dr pihak shopee yg sy tunggu, sy kan menyertakan bukti2 no pelaku, tujuan pulsa dialokasikan. Tapi masih disuruh tunggu

        • Yg jadi permasalahan adalah, kita bisa dengan mudah mendapatkan NIK & Nomer KK. Karena biasanya KK dijadikan persyaratan untuk mengajukan pinjaman di koperasi maupun Bank. Kalau Bank mungkin terjamin keamanan datanya... Nah... Kalau Koperasi Simpan Pinjam apakah datanya aman??? BAGAIMANA KALAU KITA USULKAN KE PEMERINTAH DAN PIHAK TERKAIT AGAR HARGA KARTU PERDANA DINAIKKAN SEPERTI SAAT PERTAMA KALI HP MULAI ADA, YG WAKTU ITU HARGANYA MENCAPAI 500RB. MISAL HARGA KARTU PERDANA 100RBAN AJA, PASTI PARA PENIPU AKAN KELUAR MODAL BANYAK UNTUK BELI KARTU PERDANA!

      • Coba aja search di MK ini Mbak. Awalnya BL masih gantiin yg kena fraud gini, tapi karena masih banyak yg kena jg, akhirnya mereka lepas tangan. Bisa dilihat kan skrg BL skrg dah turun pamornya, ya mungkin karena mereka gak bisa memerangi fraud yg memanfaatkan celah di sistem mereka. Nah skrg fraudster udah mulai merambah ke Shopee, semoga aja mereka cepat menambal celah di sistemnya, minimal membatasi pembelian produk2 digital seperti pulsa n voucher game, yg biasanya dipake buat sarana mencuci uang hasil fraud.

        BTW itu gimana ceritanya Mbak bisa dikirimi link terus ditelepon sama penipu? Mereka dapat datanya dari mana? Terus saldo Shopee Pay Mbak sudah terisi jutaan sebelumnya atau gimana? ?

        • Ya mas ditlp mengatasnamakan tim shopee, WA jg DP shopee, sy jg bingung mereka dapat no hp dari mana. Dikirimi Link mo dapat cashback poin shopee, cerobohnya sy sdg gagal fokus memasukan OTP. Shopeepay memang baru isi mas krn sy dagang offline, isi 1.800.000, 800 ribu q belikan dagangan iqro yg 1juta juga baru mo buat bayar dagangan lagi malah dihack. Sdh berkali kali hub shopee dlm penanganan, terakhir diemail dana tidak dapat dikembalikan. Maksudnya sy apa tdk ada belas kasih dr shopee, itu semua kan bukan kemauan sy, bbrp jam sy pun lgsung lapor. Jawab dari shopee hanya suruh nunggu. Padahal mayoritas tuk memenuhi dagangan sy ambil dr shopee dah pakai hampir 4-5thn.?

          • Waduh.. Anehnya si penipu itu bisa tau akun yang ada saldo Shopee Pay nya lumayan yah, apakah ada info dari orang dalam jg? ?

            Btw link yg dikasih si penipu diinfo di sini aja Mbak, supaya yg lain bisa waspada. Syukur2 Shopee mau menindaklanjutinya. Kalo dia pake domain n hosting berbayar sih harusnya bisa dilacak. Kecuali kalo link phishingnya pake yg gratisan, ya wassalam..

  • Pihak shopee punya kewenangan utk membatalkan transaksi jika salah satu pihak mengajukan pembatalan. Namanya pembeli bisa aja salah dalam melakukan transaksi. Apalagi cancel membutuhkan waktu, tidak bisa instan.

  • Hmmm sepertinya mbaknya kurang fokus. Magelang di Jawa Tengah Mba, bukan Jawa Barat. Minum aq*a dulu?

    • Memang Magelang, Jawa Tengah kk.. itu kan tambahan dari MKnya, ketika sy isi daerah juga sdh Isi Jateng, mungkin data error?

  • Transaksi yang dilakukan pembelian pulsa yang tidak membutuhkan proses yang lama, dan kalau pulsa sudah terkirim, tidak mungkin ditarik kembali.

    Dijadikan pembelajaran saja supaya tidak terulang kembali.

    • Karena akun di hack jadi seperti itu kak.. yg sy heran bgmn perlindungan shopee terhadap shopeepay kita.. sy kan lgsung mbuat laporan setelah itu, tapi hanya diminta tuk menunggu. Padahal bukankah ini sdh pelanggaran hukum? Knp tidak ada tindak lanjut pengusutan nomor2 tersebut ya

  • dana yg udah kepake buat pembelian pulsa meski itu hasli dihack tetap ga akan balik lagi krn proses pembelian pulsa sangat cepat
    seharusnya shopee tidak memperbolehkan pembelian pulsa telepon melalui shopee
    sy juga pernah mau ditipu spt itu ada yg ngaku2 dr shopee dan kirim2 link hadiah tapi gak saya tanggapi malah pas ditelpon saya bilang saya gapunya shopee pay krn selalu cod

    yg saya tau sih, para penipu mengetahui nama dan no hp kita dari paket2 belanjaan online yg kita beli. krn di bungkusnya kan ada nama, alamat dan no hp
    nah dari situlah mrk tau soal nama dan hp kita
    makanya kalo kita buang bungkus paket, pastikan stiker yg ada nama dan alamat serta no hp kita udah kita sobek/bakar

    tetap waspada

    • BETUL!!! Mungkin ada beberapa pelanggan yg ceroboh memberikan ulasan/penilaian dg memfoto paket yg disitu tertera jelas nama, alamat dan nomer HP. WASPADALAH!!!

  • BAGAIMANA KALAU KITA USULKAN KE PEMERINTAH DAN PIHAK TERKAIT AGAR HARGA KARTU PERDANA DINAIKKAN SEPERTI SAAT PERTAMA KALI HP MULAI ADA, YG WAKTU ITU HARGANYA MENCAPAI 500RB. MISAL HARGA KARTU PERDANA 100RBAN AJA, PASTI PARA PENIPU AKAN KELUAR MODAL BANYAK UNTUK BELI KARTU PERDANA! KARENA PARA PENIPU KAN SUKA GONTA-GANTI NOMER. KARENA KALAU HANYA DISURUH MENGGUNAKAN NIK & NOMER KK, PENIPU BISA MENDAPATKAN DIMANA AJA, MISAL DARI SEKOLAHAN ATAU KOPERASI!

    • Ini sebetulnya ide yang bagus sih, menyulitkan orang2 untuk gonta ganti nomor HP, karena toh cukup banyak juga orang yang nulis surat di sini terkait ganti nomor, entah kesulitan meng-update ganti nomor di app fintech ataupun ganti nomor kemudian gak meng-update data di bank sehingga kemudian OTP datang ke nomor yang lama.
      Di samping tentunya juga menyulitkan tukang tipu.
      Selain itu, sebagai pelanggan pascabayar saya juga gak pernah gonta ganti nomor hehehe.

      Tapi ya harus pemerintah yang kasih harga minimum, karena kalau diserahkan operator, pasti gak bakalan gol, karena prinsip ekonomi bagi operator, kalau dijual harga murah aja sudah untung, ngapain lagi dimahalin sehingga malah mengurangi kuantitas penjualan.

      Selain itu juga harus dibarengi dengan peraturan yang mengharuskan operator untuk memudahkan aktivasi kembali nomor yang sudah kelewat masa tenggang. Selama ini kan dipersulit dari operatornya, sehingga daripada ribet yah konsumen beli nomor baru lagi.

      Sebetulnya semua itu bisa diatur/diharuskan dari pemerintahnya. Cuma yah kemungkinan besar ada lobi2 dll, makanya 100% dibebaskan ke mekanisme pasar.

  • Di shopee chat sudah ada pemberitahuannya, Jangan melakukan transaksi diluar aplikasi shopee untuk menghindari penipuan !!!! Titik. Terus kenapa mengikuti petunjuk di WA yg mengatasnamakan shopee, bisa jadi oknum yg mengetahui saldo anda dari transaksi masuk, ( toko yg menjual pulsa ).

  • Hm untuk teman2 semua pembelian utk pulsa tidak bisa dibatalkan krn akan langsung masuk pulsanya ke nomor tujuan.
    Inilah kenapa pembajak2 akun biasanya beli pulsa dibanding beli2 barang2 yg membutuhkan waktu dan kemudian bisa dibatalkan oleh pihak shopee.

    Saran saja. Seperti yg sudah2 kalau mau lapor, mending lapor ke xl utk pemblokiran nomer (nik dan kk penipu pasti hasil nyuri juga.
    Btw mereka bisa bobol akun pakai kode OTP kamu kan?

  • 21 Maret kemarin saya juga mengalami musibah penipuan modus cashback shopee 1 juta melalui tlp WA. Saya dapet tf 9.900.000+1.237.500, sama pelaku saya dsruh tf kembali 8.900.000+1.200.000 dan sisanya adalah cashback yg saya dapet. Saya baru sadar setelah nya bahwa uang itu dicairkan dari limit spinjam saya sebesar Rp11.250.000? Shopee ga bisa bantu untuk apa yg sudah terjadi jadi aku ttep harus bayar tagihan 2.7××.××× /bulan selama 6 bulan.? Mana aku baru resign kerja dan buka usaha dirumah. ? Doanya ya