Surat Pembaca

Akun Shopee Paylater Diretas, Kenapa Pihak Konsumen yang Harus Membayar Tagihan???

Saya adalah pemilik akun Shopee arleen_04. Pada tanggal 09 Juli 2020 saya mendapatkan telpon yang mengatasnamakan Shopee. Awalnya saya curiga, akan tetapi pihak penelpon bisa mengetahui data saya di akun Shopee mulai nama, alamat pengiriman dan transaksi saya. Pihak penelpon mengatakan bahwa saya Berhak menerima bonus Shopeepay dengan syarat harus top up Shopeepay saya dulu, dan akhirnya saya lakukan.

Memang salah saya telah memberikan kode OTP untuk masuk akun saya, tapi saya tidak pernah memberikan password untuk Shopeepay saya apalagi Shopeepay saya menggunakan keamanan sidik jari untuk melanjutkan transaksi. Anehnya kenapa hacker bisa menguras saldo Shopeepay saya sebesar 1,9jt dan tidak disisakan 1 rupiah pun.

Pada saat itu saya langsung melaporkan peretasan tersebut kepada pihak Shopee, dan pihak Shopee menyuruh saya untuk menunggu untuk tidak lanjutnya. Dan pada saat itu si hacker melakukan transaksi pembelian perdana kuota dengan menggunakan metode pembayaran Shopeepay later, secara otomatis saya membatalkan transaksi tersebut karena merasa bukan transaksi saya. Akan tetapi hacker tersebut kembali melanjutkan transaksi tersebut dan saya tidak bisa membatalkan transaksi tersebut karena ada notifikasi dari Shopee bahwa saya tidak dapat membatalkan transaksi karena saya sudah sekali melakukan pembatalan.

Pada saat itu saya berinisiatif untuk chat penjualnya dan memohon untuk membatalkan transaksi tersebut, akan tetapi belum terselesaikan percakapan dengan si penjual akun saya dibekukan oleh pihak Shopee sebagai tindak lanjut pelaporan saya. Saya merasa agak lega karena kemungkinan besar pihak Shopee juga akan membekukan transaksi karena akun sedang diretas. Tapi setelah akun saya dipulihkan setelah 3 hari saya melihat transaksi tersebut masih dilanjutkan oleh pihak Shopee dan berstatus dalam pengiriman.

Pada saat itu juga saya sangat kecewa dan langsung menghapus akun saya. Pada bulan Agustus awal saya mendapatkan pemberitahuan untuk tagihan Shopeepay later tersebut, saya langsung mengirimkan email ke pihak Shopee tentang peretasan akun saya, dan memohon kebijaksanaan pihak Shopee karena tagihan dari transaksi tersebut bukan transaksi saya. Dan kagetnya pihak Shopee tetap membebankan tagihan tersebut kepada saya, yang memang tidak besar tapi saya merasa dirugikan karena saya merasa bukan kewajiban saya di saat pihak Shopee bisa menghentikan transaksi tersebut untuk kebaikan konsumen tapi pihak Shopee melakukan hal sebaliknya.

Di sini saya berpikiran bahwa Shopee HANYA MEMIKIRKAN KEUNTUNGAN MEREKA SENDIRI TANPA MEMIKIRKAN KONSUMEN!!! Saya tetap bertahan tidak mau membayar karena bukan kewajiban saya.

Kini setiap hari saya ditelpon debt collector Shopee. Berkali-kali juga saya menjelaskan kejadiannya dan memohon untuk kebijaksanaan akan tetapi tidak pernah ada solusi. Sampai sekarang saya masih mendapatkan sms tagihan Shopeepay later tersebut dan ancaman akan disomasi apabila tidak melunasi tagihan tersebut.

Disini terlihat jelas bahwa pihak Shopee hanya mengambil kebijakan yang menguntungkan bagi mereka tanpa memikirkan kerugian konsumen!!!!

Tolong untuk pihak Shopee, itu bukan tagihan saya kenapa harus ditagihkan ke saya???!!!

Arlina Dyah Anggraini
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kak share solusi kelanjutannya dong
    Apakah ganti nomer dan tutup akun shopee akan tetap ditagih?

  • Uninstall syopi dgn catatan ada bukti mba kena tipu .polisi kan ada tempat mengadu. Cepat atau lambat ketahuan tuh org dalamnya syopi yg jadi penipunya...

  • Kalau emang gk ngerasa minjem,
    Udahlah ngapain dipikirin,gk akan dosa ini,gk akan dipenjara juga.

    • Kak saya awal bulan ini juga penipuan ini, tbtb ada tagihan yang harus dibayar bulan depan besok.
      Jadi kelanjutan kasus kakak gimana? Tetep bayar apa gimana. Terimakasih sebelumnya

  • Saya juga sedang mengalami sekarang shopeeylater di akun saya 9 juta lebih di ambil orang waktu ditlfon pikiran kaya kosong saya jawab iya2 aja padahal saya lagi di tipu tapi gak sadar saya lapor ke pihak shopee kaya lepas tangan aja gak membantu sama sekali, saya cape stress bgt ada penagihan dari shopeeylater

    • Hai kak arlin, gimana kasus kaka sekarang? Apa kaka tetap bayar tagihan terdebut walau bukan salah kaka.

      Soalnya saya baru mengalami hal tersebut sebanyak 12jt kak, aku bingung dan pusing.. padahal sebelum kejadian ini, dulu aku pernah kejadian diakun pertama ku, untungnya dlu aku belum spaylater. Pihak shopee sllu nelfon nagih kesaya dg atas nama identitas org lain. Saya yahh gak nanggapi krn akun shopee saya yg sblumnya dihack org dan dia hanya mnggunakan nama akun saya.. lahh begonya diriku knp kmarin tanggal 30 juli ada chat WA mangatasnamakan shopee mlh saya bls, awalanya saya bls hanya iseng krn apa?? Krn saya ingin tau apa yg diinginkan si penipu apalagi saya trauma pass kejadian di 2thn yg lalu,, dan saya juga ingat klu saya harus hati" krn dishopee skrng lgi mnggunakan identitas saya.. entah knp pass ditelfon sama penipu saya koq hawanya beda,, yg awalnya saya ingin menjawab gak tertarik dg voucher dan saya ingin skedar menipu juga dg jawaban iya iya gtuh.. ehh mlh saya dibegoin kak.. serasa diriku habis dihipnotis gtuh kak.. setelah transaksi slsai dan telfon mati mlh saya lngsung sadar.. yg bikin kaget saya kak, habis itu saya chat ke si penipu tsb mlh centang 1 dan udh gak aktif lgi, slain itu baru saya mou SS percakapan saya dg penipu mau buat bukti ke polisi dan CS Shopee mlh hp saya ngeblank dan kembali kepengaturan awal,, setelah hp saya hidup smua APK dan data" penting saya hilang, kemudian saya lngsung buka shopee mlh hrus daftar lgi, mlh msih nunggu beberapa menit gtuh. Saya tunggu sambil khawatir bangett, setelah bisa log in, saya lngsung liat Shopeepay dan SpayLater dan saya kagett knp lngsung ada tagihan 12jt gtuh kak.. spaylaterku tinggal 0 rupiah,, saya nangis dan bingung harus gnb kak.. jdi saya lngsung laporan ke CS Shopee tapi pihak shopee tidak bisa membantu dan tagihannya harus tetap ditangguhkan ke pihak pengguna.. jdi hari ini saya msih bingung kakk.. menurut suami, harus ttp bayar walaupun gk pake uangnya, demi nama baik dan biar gk ditagih pihak debtcollector gtuh.. tpy klu bayar aku eman donk kak,, yg pake bukan aku, trus uangnya itu bukan uang sedikit bukan 1jt 2jt tpy 12jt, cari uang susah kak. Trus saya tkutnya suatu saat ada kejadian lgi.. jdi saya beinisiatif tidak utk membayarnya, biar nama saya dibalcklist diOJK yg penting saya gk akan ambil bank gtuh ajh kak....

      • Mantap kak pemikiran dewasa,? jgn pernah membyarnya nanti rugi 2x. Biar orang mau berkata apa,
        Ingat moto ini "lebih baik malu sesaat daripada hancur selamanya".

      • YaAllah... beda 10 hari doank sama aku ka... ?
        Sama total 12juta jg... sampe skrg masih nangisin aja kebodohan aku kmrn.
        Kaka aku jg blng gak usah dibayar, n td jg udh lapor ke polsek. 12juta kan bunyaaakkk bgt ??

        • aku juga kena retas juga tgl 3 Juli 2022 kmren, aku kena 4,5 sekarang aku juga disuruh bayar, ya Allah gak ikut pakai uangnya tapi suruh bayar, bingung mau gmn? minta tolong informasi lengkapnya dong mbag dan mas yg senasib ?

        • Buanyaaakkk bgt kak, apalgi yg kerja hanya suami ajh ksian.. Jng kan 12jt, 1jt ajh rasanya nyesekk bgt kk??.. Knp kejadiannya stlah limit jdi 11jt gk waktu pass msih 2jt - 3jt.an gtuh kak.
          .
          .
          Dan utk pembayaran alhamdulillah udh bayar cicilan pertama 4jt 250rb kak, stlh bayar pikiran jdi enteng, hati jdi tenang kak. Awal nya gak ikhlas, knp? Krn bukan saya yg pake uang nya.. Tpi saya percaya sama Allah, Allah gk tidur Dan pasti Allah tau siapa pelaku sebenarnya jdi saya pasrahkan semua kpd Allah, biar Allah yg bls. Gk ada blsan didunia, suatu saat diakhirat lbih kejam balasannya kak.. klu kita ikhlas pasti Allah Akan menggantinya 2x lipat..
          Saya selalu berdoa agar rezeky suami saya sllu dilancarkan Dan dimudahkan sgala urusannya..
          Emg ini kebodohan saya kurang hati", tpi meskipun kita udh ber hati" klu sebelumnya Allah udh merencanakannya kita harus apa? Yahh kita harus ikhlas, kita harus percaya bhwa kita msih Ada Allah.. Sama Halnya sperti org yg Jln hati" tpi nyatanya msih ditimpa kecelakaan kk.. Mungkin ini Jln Allah memberi ujian kpd kita, apa mungkin kita kurang sedekah. Aku ikhlasin smua nya kak anggap ajh sedekah,, Dan yg terpenting kita msih diberi kesehatan.. Amiinnn ???..
          Allah pasti Akan menggantinya 2x lipat...

          • Saya juga baru mengalami hal yang sama shopee spaylater terkuras habis sampai 18juta. Apakah ada solusi.. Saya sesak napas melihat ada spaylater ny akan ditagih bulan depan.. Ya Allah ,, minta saran nya..

      • Skrg gmn ka ga diteror²sama dc taau di datengin kerumah,karna saya baru kmrn ngalamin sama persis sprti kaka gasadar sma sekali nurut aja sm si penipu,smpe diarahin ke kredit pintar juga?

  • Sayapun terkena hal yg sama pada 2 Agustus 2022 di saat itu juga saya telfon CS Shopee, memohon agar transaksi itu dibatalkan tapi setelah satu bulan muncul tagihan.

    Apakah ada saran bagaimana ya.?

    • Saya juga baru mengalami hal serupa.. Spaylater 18 juta terkuras habis.. Apa ada saran untuk masalah ini

  • @Nining
    Jdi gimn kak? Apakah ttp Kaka bayar seluruh ny?
    Ada no wa/email kah buat sharing
    Sya juga kena tipu.

  • Huuuuaaaa ternyata saya ga sendiri ??? saya mengalami pada bulan Oktober ini ??? saya di telfon, orang rumah juga, di WA berkali" Sampek nomer HP aku nonaktifkan ?
    Ketarketir takut pihak Shopee dateng kerumah.
    Kakak-kakak yg kenak hack gini bayar ga?? Terus solusinya di datengin sama DC gak? Klo aku di Blacklist sama OJK ga masalah kak,

  • @ismi: bisa bantu email atau sosmed yg bisa di hubungi? saya mau sharing hal ini, karna saya juga mengalami hal yg sama?

  • @Arlina Dyah Anggraini

    kelanjutannya bagaimana kak, apakah kaka tetap bayar atau tidak..?
    saya juga mengalami hal yang sama.

    • @Arlina, kak mohon bantuannya kak.. saya juga baru saja mengalami hal yg sama paylater saya bertambah jadi 4jutaan dan spinjam sama jadi 2jutaan, apa yg harus saya lakukan kak? Saya tidak mau membayar tagihan itu karna bukan saya yg memakainya. Tapi saya juga tidak mau di kejar2 trus oleh pihak shopee. Apa yg harus saya lakukan?? Adakah teman2 disini yg pernah mengalami kasus yg sama dan punya solusinya. Saya mohon siapa pun balas saya. Terima kasih