Surat Pembaca

Penipuan dengan Modus Phishing di Tokopedia, Dana Refund Raib Dibajak

Pada tanggal 26 September 2020 saya order mesin jahit dengan kode promo seharga Rp1.452.990 di Tokopedia, pembayaran lewat Indomaret (bukti pembayaran terlampir). Pada tanggal 28 September 2020 saya ditelepon oleh nomor 083135040034 dengan instruksi “Akan ada wa masuk, tolong diklik, karena barang yang mbak order kode promo, supaya barang bisa keluar dari gudang”.

Tapi pas saya klik ada laporan “FAILED“. Kemudian tanggal 29 September 2020, Saya tanya ke Tokopedia soal orderan saya (lewat Tokopedia Care) dan katanya akan dicek. Kemudian ada jawaban bahwa pembelian saya dibatalkan dan dana refund saya sejumlah Rp1.450.000 digunakan untuk pembelian pulsa:

  • 085230399186 seharga Rp300.000
  • 085230399186 seharga Rp150.000
  • 087764719163 seharga Rp900.000

Saya langsung syok. Saya komplain lagi lewat Tokopedia Care dan lewat pusat bantuan Tokopedia, dijawab lagi akan dilakukan pengecekan. Selain itu saya juga komplain lewat Facebook karena akun Tokopedia saya dinonaktifkan (kata Tokopedia untuk alasan keamanan).

Setelah sekian lama menunggu akhirnya keluar jawaban dari Tokopedia yang intinya bahwa dana saya sudah hilang dan disarankan untuk lapor pihak kepolisian. Saya memang sudah pesimis kalau dana saya akan kembali, karena menurut saya jawaban dari Tokopedia terkesan standar (jawabannya seperti sudah diprogram dan ujung-ujungnya saya yang disalahkan.

Melalui Media Konsumen saya ingin berbagi pengalaman supaya para pembaca lebih berhati-hati bertransaksi lewat online. Para hacker mengintai, kalau bisa pilih yang bisa COD, apalagi kalau ada kata promo jangan tergiur. Jangan percaya slogan “Belanja dengan aman dan nyaman”, nyatanya tidak aman. Pembelian saya dibatalkan 28 September, langsung dibelikan pulsa pada hari yang sama, cepat sekali.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang sudah memuat artikel saya.

Dwi Sutanti
Kota Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Untuk kasus yang satu ini kalau menurut pendapat saya pribadi, ini murni kesalahan konsumen, bukan kesalahan marketplace nya seperti Tokopedia, anda kok semudah itu manut diminta sama nomor telepon yang ngga dikenal untuk tekan ini itu kalo ada pesan WhatsApp yang masuk? Tindakan Tokopedia yang membekukan sementara akun anda itu sudah benar yaitu untuk mencegah kemungkinan yang lebih buruk terjadi pada akun anda.

    Jadikan pengalaman dan bahan introspeksi diri sendiri aja, marketplace itu ruang geraknya terbatas, mereka ngga mungkin berani mengirimkan pesan WhatsApp kepada anda tanpa persetujuan anda sendiri.

  • Kalo saya disini justru lebih mempertanyakan kinerja Kominfo, katanya sekarang simcard hape wajib didaftarkan menggunakan NIK dan nomor KK si pengguna, kenapa setiap kali ada penipuan yang menggunakan nomor hape polisi masih aja ngga mampu menelusuri dan menangkap pelaku? Ini adalah buah dari kinerja asbun di negeri kita ini, yang baik tidak diperhatikan hak dan kewajiban nya, yang bejad dibiarkan bebas berkeliaran dengan berbagai alasan. ?

  • Nomor ini 0852303991** masih merajalela, saya mengalami hal yang sama beberapa hari yang lalu. pelakunya di bernama wa Efendi nomor 0838-7291-73**