Pengalaman Buruk Bertransaksi di Kafilah Gadget

Mungkin ini adalah tulisan ke sekian dari sekian banyak konsumen yang merasa dirugikan oleh toko jual beli hp daring bernama Kafilah Gadget atau Kafilah Store. Tulisan saya buat untuk memberi pembelajaran konsumen lain sebelum memutuskan untuk membeli barang di toko ini. Tulisan saya buat berdasarkan fakta yang saya alami dan saya akan bertanggungjawab apabila ada konten tulisan saya yang tidak sesuai fakta.

Tidak jujur, tidak transparan, tidak memberi informasi yang jelas, tidak komitmen dengan janji. Setidaknya itu adalah beberapa kalimat yang sekarang muncul di benak saya mengenai Kafilah Gadget. Saya mengalami pengalaman buruk dengan toko ini ketika membeli handphone berjenis iPhone. Tergiur dengan iklan yang disampaikan dalam beberapa media sosialnya, saya akhirnya membeli iPhone kondisi bekas dari toko ini dengan kondisi pre-order.

Saat melakukan transaksi Kafilah Gadget langsung menjanjikan bahwa paling lambat 14 hari (hari minggu tidak dihitung) barang yang sudah dilunasi akan sampai di tangan kita. Kafilah Gadget juga menjanjikan full refund apabila tidak ada kejelasan mengenai barang dan resi pengiriman.

Lebih dari seminggu, barang yang saya beli tidak ada kejelasan, lantas saya bertanya apa ada barang lain yang sudah ready karena saya benar-benar butuh handphone pada saat itu. Permintaan saya direspon oleh salah satu akun cabang dari Kafilah Gadget bernama Kafilah Store, dengan menawarkan barang yang sudah ready berstatus BNIB.

Toko ini juga memberikan foto mengenai barang yang ‘klaim’nya sudah ready ini untuk meyakinkan saya agar melakukan upgrade beli barang tersebut. Akhirnya saya sepakat untuk mengambil tawaran itu dengan menambahkan sejumlah uang pada hari itu juga. Toko ini berjanji langsung memprosesnya karena barang diklaim sudah ready.

Satu hari lewat setelah pelunasan barang yang katanya ready itu, saya belum kunjung mendapatkan resi. Karena tidak ada kejelasan, lalu saya kembali menanyakan. Toko ini kemudian menjawab bahwa barang ini ternyata masih membutuhkan proses 3-4 hari sebelum dapat dikirim. Lantas muncul pertanyaan besar benarkah barang ini benar-benar ready seperti yang dijanjikan. Secara logika tidak. Sebuah tindakan TIDAK TRANSPARAN dari toko ini.

Satu hari kemudian saya kembali menanyakan dan meminta refund apabila barang masih belum ready. Kafilah Gadget merespon dengan menjawab bahwa barang tersebut sudah ready dan siap diambil oleh ekspedisi pada hari itu juga. Namun satu hari lebih toko ini tidak mengirimkan resi dan parahnya satu hari lebih juga TIDAK DAPAT DIHUBUNGI. Beberapa cabang toko ini saya kontak, tapi sama saja tidak ada respon. Waktu itu saya curiga saya sudah menjadi korban penipuan oleh toko ini.

Hari berikutnya saya baru mendapat resi, pun resi itu ternyata baru digarap dua hari setelahnya. Setelah saya cek ternyata barang dikirim dari Batam, bukan dari tokonya. Saya kira semua sudah tahu Batam itu apa dan kalau katanya barang ready, logikanya barang ini dikirim dari toko mereka. Terjawab sudah ketidakjujuran toko ini.

Satu lagi yang janggal, ternyata alamat tujuan resi itu adalah Margonda, Depok yang merupakan lokasi toko mereka berada. Saya konfirmasi kenapa tidak langsung dikirim ke alamat saya yang kebetulan di wilayah Timur Indonesia, mereka menjawab bahwa ada human error dari tim. Jawaban kedua, mereka berdalih barang BNIB tersebut butuh dicek lagi oleh toko. Jawaban ketiga, pengiriman sengaja mampir dulu ke Depok untuk meminimalisir ongkir. Padahal setelah saya cek ke ekspedisi yang mereka gunakan, tarif tarif pengiriman Batam-Depok dan Batam-lokasi saya tidak jauh beda. Beberapa buah jawaban yang TIDAK KONSISTEN yang menggambarkan TIDAK PROFESIONALNYA Kafilah Gadget.

Karena sudah hilang kepercayaan, saya berulang kali meminta refund. Namun toko ini menolak dengan berbagai alasan yang mbulet. Padahal di kesepakatan awal mereka sudah menjanjikan akan memberi refund jika tidak ada kejelasan. Bahkan saya menawarkan tidak masalah uang refund saya terpotong untuk operasional mereka (saya memberi kompensasi), namun juga tidak ditanggapi.

Saya pribadi membeli hp dari toko ini karena alasan kebutuhan. Saya pribadi bekerja di sektor pelayanan masyarakat, jauh di ujung Timur Indonesia. Alasan saya mengajukan refund adalah agar saya dapat segera mendapat hp dari pihak lain karena saya memang sedang sangat butuh. Artinya bukan hanya saya yang dirugikan oleh toko ini, melainkan juga orang-orang bersentuhan dengan pekerjaan saya. Hingga tulisan ini dibuat, belum ada resi pengiriman ke alamat saya, dari barang yang sudah menjadi hak saya dari toko ini.

Semoga tulisan ini menjadi viral sehingga dapat diambil pelajaran orang-orang lain. Semoga juga tulisan ini dibaca oleh lembaga yang fokus membela konsumen karena banyak substansi UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang dilanggar toko ini. Hemat saya, masih banyak toko yang lebih baik dari toko ini dan lebih baik lagi apabila kita membeli hp dari toko yang merupakan agen resmi. Sekian.

Fariz Rahmat
Timika, Papua

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kafilah Gadget:
[Total:8    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Pengalaman Buruk Bertransaksi di Kafilah Gadget

  • 13 November 2020 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Mending beli dari e-commerce terpercaya daripada beli dari sistem tf langsung ke rekening penjual kaya gitu
    Rawan kena tipunya

 Apa Komentar Anda mengenai Kafilah Gadget?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Pengalaman Buruk Bertransaksi di Kafilah Gadget

oleh Fariz dibaca dalam: 3 min
1