Jebakan Bebas Biaya Transfer Bank OCBC NISP

Saya adalah salah seorang dari nasabah Bank OCBC NISP. Pada awalnya saya tertarik membuka tabungan Tanda 360 di Bank OCBC NISP, karena menurut promo dari bank bersangkutan akan memberikan gratis biaya transfer sebanyak 10x per bulan, apabila saldo rata-rata bulan sebelumnya melebihi 1 juta rupiah. Namun alangkah kagetnya saya, ketika saya melakukan transaksi online pada tanggal 1 Januari 2021, saya dikenakan biaya transfer sebesar Rp6.500. Padahal saldo rata-rata harian saya di bulan Desember 2020 telah melebihi 1 juta rupiah.

Kemudian saya melakukan pengaduan ke Customer Service Bank OCBC NISP di 1500999 dengan nomor pengaduan: 202101010027 dan estimasi penyelesaian 1-10 hari kerja. Namun pada hari ini, tanggal 12 Januari 2021, dengan nomor +622126506300 CS Bank OCBC NISP menghubungi saya, dan alangkah kecewanya saya ketika diberitahu bahwa menurut sistem, Bank OCBC NISP menghitung rata-rata saldo bulanan ini dengan cara menghitung saldo rata-rata harian dari tanggal 2 bulan sebelumnya (berarti tanggal 2 Desember 2020) sampai tanggal 1 Januari 2021 (saya masih simpan rekaman percakapan saya dan CS OCBC NISP). Yang berarti ketika saya melakukan transaksi tanggal 1 Januari 2021 maka dikenakan biaya transfer Rp6.500 karena saldo rata-rata saya di bulan November 2020 dibawah 1 juta rupiah.

Selama saya hidup dan menjadi nasabah di lebih dari 10 bank yang ada di Indonesia dan bahkan bank di luar negeri, baru pertama kali ini saya menemukan sebuah bank yang melakukan perhitungan saldo rata-rata bulanan bukan dari tanggal 1-31 dari bulan sebelumnya. Menurut saya akan sangat konyol, tidak logis, dan tidak masuk akal jika saldo tanggal 1 bulan ini diperhitungkan untuk menghitung saldo rata-rata bulan sebelumnya.

Saya paham bahwa bank sangat membutuhkan uang dari nasabahnya, tetapi menurut saya cara ini tidak etis, demi mengambil uang 6500 rupiah dari rekening saya bank tsb seperti menghalalkan segala cara dan membatalkan janji gratis biaya transfernya, menurut saya harga dari kepercayaan Bank OCBC NISP cuma seharga 6500 saja.

Bukan perkara uangnya yang saya permasalahkan, mungkin Bank OCBC NISP menganggap uang Rp6.500 itu sangat receh, tapi menurut saya yang lebih besar adalah Bank OCBC NISP kehilangan kepercayaan dari saya. Setelah kejadian ini saya tidak akan menempatkan sepeser pun dana saya di Bank OCBC NISP.

Sebaiknya rekan-rekan Media Konsumen juga menghindari berurusan dengan Bank OCBC NISP karena sistem mereka tidak wajar, menghalalkan segala cara, berusaha menghindar dari kewajiban, tidak memberikan hak sesuai yang dijanjikan sehingga tidak layak untuk mendapatkan kepercayaan dari nasabahnya.

Antonia Suwandi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank OCBC NISP:
[Total:5    Rata-Rata: 1.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

3 komentar untuk “Jebakan Bebas Biaya Transfer Bank OCBC NISP

  • 13 Januari 2021 - (11:07 WIB)
    Permalink

    Maaf apakah setelah transaksi saldo dibawah 1 juta? Karena ketentuannya saldo setelah transaksi harus lebih dari 1 juta baru bebas biaya.

    Untuk Nasabah dengan saldo setelah transaksi sama dengan atau lebih dari Rp 1.000.000,- :

    1. Bebas tarik tunai di ATM non OCBC NISP maksimal 30 kali setiap bulan

    2. Bebas transfer antar bank maksimal 30 kali setiap bulan melalui , Mobile & Internet Banking (LLG & Online)

  • 13 Januari 2021 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Maaf ralat : sama dengan atau lebih dari 1 juta.

    Saya juga baru buka tabungan Tanda 360 Plus (bukan yg digital) dapat penjelasan bahwa rata-rata saldo per bulan harus diatas 10 juta DAN sisa saldo setelah transaksi harus sama dengan atau diatas 10 juta baru bebas biaya transaksi.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank OCBC NISP?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Jebakan Bebas Biaya Transfer Bank OCBC NISP

oleh hwa-sang-yong dibaca dalam: 1 min
3