Penipuan dengan Mengatasnamakan Akulaku

Dear team media Konsumen,

Dengan hormat,

Pada Hari Selasa, tanggal 12 Januari 2021 saya mendapatkan telepon yang mengaku dari pihak internal Akulaku sekitar pukul 23.30 WIB. saya menanggapi telepon tersebut dikarenakan saya memiliki itikad baik untuk menyelesaikan masalah saya.

Masalah saya bermula dari sekitar bulan September 2020, akun Akulaku saya tidak bisa saya akses dikarenakan dilakukan perubahan data yang saya tidak tahu dilakukan oleh siapa. Saya sudah menghubungi pihak Akulaku agar dapat dikembalikan akun saya, tapi dari pihak Akulaku hanya mengatakan hanya saya yang bisa mengubah nomor handphone dengan menjawab beberapa pertanyaan. Sudah saya coba berkali-kali, tapi pada saat verifikasi selalu gagal.

Lalu tiba-tiba saja, ada pihak yang mengaku dari Akulaku dan menagih ke saya. 2 hari berturut-turut saya ditagih, dan saya menyanggupi untuk membayar secara cicil, dikarenakan kondisi saya sedang tidak bekerja. Saya melakukan pembayaran sebesar Rp 1.000.000 ke nomor virtual account yang diberikan seseorang atas nama Akulaku. Setelah saya proses membayar, saya cek melalui CS Dan tidak Ada pembayaran yang masuk ke Akun Akulaku saya.

Saya percaya mereka dari pihak Akulaku, karena mereka tahu semua data saya yang ada di dalam akun saya. Cicilan saya, pinjaman saya dan terakhir kapan saya bisa mengakses akun saya. Mohon agar ditindaklanjuti Akulaku, karena saya sudah membayar sejumlah cicilan untuk mengurangi tagihan saya. Saya dihubungi oleh telepon dengan nomor hp: +62878-7381-1203.

Bagaimana sistem keamanan Akulaku hingga data debitur bisa diakses oleh orang lain atau memang ada pihak dalam yang mencari keuntungan? Mohon ditindaklanjuti untuk kejadian diatas, karena saya merasa dirugikan atas itikad baik saya. Akun saya berubah untuk nomor HP yang didaftarkan menjadi nomor hp yang saya tidak kenal.

Yanty
0818078352**
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • [Saya melakukan pembayaran sebesar Rp 1.000.000 ke nomor virtual account yang diberikan seseorang atas nama Akulaku]

    Anda pasti tergiur dengan modus, bayar 1 juta dianggap Lunas. Atau bayar 1 juta langsung naik Limit.

    Pasti tidak jauh jauh dari modus itu.

    Apakah uang anda masih banyak.?

    Anda saat itu terlalu kaya hingga membayari virtual akun orang tak jelas.

    • Saya sudah melaporkan PT akulaku ke ojk karena akun akulaku kena heck /penyalahgunaan oleh oknum tak bertanggung jawab dan saya sudah bikin BAB krpolisian sektor domisili saya tapi tanggapan cs kurang efesien dan di tutup tanpa konfirmasi ke saya dan melepas tangan begitu saja

      • Saya juga sudah menelpon ke CS untuk minta ditindaklanjuti, jawaban dari CS hanya disuruh Saya rubah sendiri dari aplikasi. Tp, data yang Saya isikan kemungkinan sudah Ada yang rubah. Krn selalu gagal verifikasi dibilangnya..

    • Saya tidak dijanjikan Lunas atau Naik limit..itu Saya lakukan karena saya masih Ada itikad baik untuk membayar..orang tersebut bisa tau detail transaksi Dan data pribadi saya yang Ada di aplikasi akulaku, Saya anggap benar karyawan AKULAKU. Kenapa Anda bisa berbicara begitu? Apakah ANDA salah satu pelaku seperti yg terjadi dengan Saya?

        • Dari kemarin aq mau lapor ke ojk, cuma kok agak ribet isi data laporannya.. jadi, aq belum sempat buat detail utk laporannya..cara penagihannya menyalahi aturan..Masa iya nagih sampai jam 12 malam..sedangkan kalau dari BI/OJK, batas waktu penagihan sampai jam 5 sore, sesuai jam kerja kantoran..

  • Fix memang penipuan, Dan orangnya masih berani menghubungi Saya sampai sekarang. Kantor Mana yg bekerja 24 jam? Saya sudah konfirmasi langsung ke kantor akulaku, dan pihak akulaku mengatakan, untuk bagian collection jam kantor hanya sampai jam 21.00 win Dan untuk pembayaran bisa langsung menghubungi bagian terkait. Pihak akulaku tidak bisa memberikan solusi apapun, Dan seakan-akan lepas tangan. Data pribadi bisa bocor, pasti pelaku orang dalam akulaku sendiri, yang mencari keuntungan.

    • Kalo dari keluhan2 sebelumnya memang banyak yg curiga itu ulah orang dalam akulaku sendiri mbak. Jadi serem pakai jasa begituan kan. Akun dibobol, data penting bocor, ditagih dc atas dana yang tidak pernah kita pakai, kenalan diterror, dll...