Surat Pembaca

Penipuan dengan Mengatasnamakan Akulaku

Dear team media Konsumen,

Dengan hormat,

Pada Hari Selasa, tanggal 12 Januari 2021 saya mendapatkan telepon yang mengaku dari pihak internal Akulaku sekitar pukul 23.30 WIB. saya menanggapi telepon tersebut dikarenakan saya memiliki itikad baik untuk menyelesaikan masalah saya.

Masalah saya bermula dari sekitar bulan September 2020, akun Akulaku saya tidak bisa saya akses dikarenakan dilakukan perubahan data yang saya tidak tahu dilakukan oleh siapa. Saya sudah menghubungi pihak Akulaku agar dapat dikembalikan akun saya, tapi dari pihak Akulaku hanya mengatakan hanya saya yang bisa mengubah nomor handphone dengan menjawab beberapa pertanyaan. Sudah saya coba berkali-kali, tapi pada saat verifikasi selalu gagal.

Lalu tiba-tiba saja, ada pihak yang mengaku dari Akulaku dan menagih ke saya. 2 hari berturut-turut saya ditagih, dan saya menyanggupi untuk membayar secara cicil, dikarenakan kondisi saya sedang tidak bekerja. Saya melakukan pembayaran sebesar Rp 1.000.000 ke nomor virtual account yang diberikan seseorang atas nama Akulaku. Setelah saya proses membayar, saya cek melalui CS Dan tidak Ada pembayaran yang masuk ke Akun Akulaku saya.

Saya percaya mereka dari pihak Akulaku, karena mereka tahu semua data saya yang ada di dalam akun saya. Cicilan saya, pinjaman saya dan terakhir kapan saya bisa mengakses akun saya. Mohon agar ditindaklanjuti Akulaku, karena saya sudah membayar sejumlah cicilan untuk mengurangi tagihan saya. Saya dihubungi oleh telepon dengan nomor hp: +62878-7381-1203.

Bagaimana sistem keamanan Akulaku hingga data debitur bisa diakses oleh orang lain atau memang ada pihak dalam yang mencari keuntungan? Mohon ditindaklanjuti untuk kejadian diatas, karena saya merasa dirugikan atas itikad baik saya. Akun saya berubah untuk nomor HP yang didaftarkan menjadi nomor hp yang saya tidak kenal.

Yanty
0818078352**
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • [Saya melakukan pembayaran sebesar Rp 1.000.000 ke nomor virtual account yang diberikan seseorang atas nama Akulaku]

    Anda pasti tergiur dengan modus, bayar 1 juta dianggap Lunas. Atau bayar 1 juta langsung naik Limit.

    Pasti tidak jauh jauh dari modus itu.

    Apakah uang anda masih banyak.?

    Anda saat itu terlalu kaya hingga membayari virtual akun orang tak jelas.

    • Saya sudah melaporkan PT akulaku ke ojk karena akun akulaku kena heck /penyalahgunaan oleh oknum tak bertanggung jawab dan saya sudah bikin BAB krpolisian sektor domisili saya tapi tanggapan cs kurang efesien dan di tutup tanpa konfirmasi ke saya dan melepas tangan begitu saja

      • Saya juga sudah menelpon ke CS untuk minta ditindaklanjuti, jawaban dari CS hanya disuruh Saya rubah sendiri dari aplikasi. Tp, data yang Saya isikan kemungkinan sudah Ada yang rubah. Krn selalu gagal verifikasi dibilangnya..

        • iya sy juga bingung knpa penipu itu tau nik KTP sy dan limit saya,,gak mungkin klo data kita aman bsa bocor kemna-mana,,,sy br saja kena tipu dngan tagihan 600rb dngan transaksi pulsa.

      • Ayok mas Nino kita lapor ke ojknya dimana ya yg di cikarang? ,ayok kita lapor rame-rame.

        • Mohon maaf, saya baru saja di telvon oleh si penipu.Tp, saya sudah lama tidak membuka aplikasi akulaku. Bahkan sudah tidak saya download lagi sampai tadi di telvon. Apakah saya sudah jadi korban atau bagaimanah

          • Kalau aku lain lagi masalahnya... Limit aku diakulaku masih ada 1.800.000 tapi kok ketika aku mau gunakan untuk cicilan barang malah jadi gak bisa... Lalu saya menghubungi 2 WA CS namun kok malah ribet CS yg satu nyuruh saya topup 150rb katanya utk mengaktifkan kembali limitnya saya udh transfer 150rb...tapi kok malah minta lagi 50rb dgn alasan bahwa sistem menolak karena stok yg 150 gak ada, yang ada stock 200rb jdi saya disuruh nambah lgi 50, taoi saya gak lakukan lalu saya WA lgi CS akukaku yg lain... Nah yg ini aneh saya malah disuruh download dulu aplikasi pinjaman online dan disuruh masukan data setelah itu ajukan pinjaman... Kalau pinjaman nya di acc jadinya gimana tuh, masa saya gak nerima duitnya, harus bayar pinjol juga

        • Yaaa allahh... saya jg baru kena penipuan dr akulaku.. sya bukan org yg bnyak uang sya di tipu 2juta lebih... sya hidup masih ngontrak ya allah sya harus gmnaa ini... lapor nya kmna klo ke akulaku di abaikan

          • Lapor ke appk ojk saja agar ojk jg tau kalo bnyak yang merasa dirugikan krn akulaku...saya jg sudah lapor ke appk krn merasa di rugikan akulaku

          • Saya barusan juga kena tipu dengan iming iming dapet undian sebesar 2 juta.saya kena tagihan 530.000 dan suami saya 1.750.000 ?ya allah gimana ini kak.saya tidak tau itu uang dimana yang menggunakan siapa? Mohon saranya kak gimana biar bisa menyelesaikan agar kita tidak dirugikan

      • Pak Nino, mau tanya.
        Setelah laporan ke OJK bagaimana tanggapan dari OJK nya?

        Apakah akun yg di hack dan check out belanja tetap membayar tagihan nya?

    • Saya tidak dijanjikan Lunas atau Naik limit..itu Saya lakukan karena saya masih Ada itikad baik untuk membayar..orang tersebut bisa tau detail transaksi Dan data pribadi saya yang Ada di aplikasi akulaku, Saya anggap benar karyawan AKULAKU. Kenapa Anda bisa berbicara begitu? Apakah ANDA salah satu pelaku seperti yg terjadi dengan Saya?

        • Dari kemarin aq mau lapor ke ojk, cuma kok agak ribet isi data laporannya.. jadi, aq belum sempat buat detail utk laporannya..cara penagihannya menyalahi aturan..Masa iya nagih sampai jam 12 malam..sedangkan kalau dari BI/OJK, batas waktu penagihan sampai jam 5 sore, sesuai jam kerja kantoran..

    • Saya jg korban penipuan yang mengatas namakan akulaku sehingga tiap hari di kejar2 untk membyar tagihan yang mana tagihan tersebut bukan saya yang melakukan transaksinya...tpi akulaku terus menutup mata walaupun sudah saya konfirmasi dan malah mengancam mau menyebarkan data digital saya

    • Caranya gimana bang nino ? Saya juga koban limit akulaku saya bures dipake si penipu ?? mohon pencerahanya

    • Kalo mau lapor ke ojk alamat emailnya apa ya.. terus itu tagihan yg enggak pernah saya pinjam baiknya tetep dilunasi atau enggak ya..
      Saya juga habis kena hack tiba2 akun saya memiliki tagihan 2jt lebih malah hampir 3jt padahal saya sama sekali tidak melakukan transaksi pinjaman apapun..

      • Sama kak saya dan suami kena tagihan kurleb 3juta.itu trus gimana ya kak apakah harus di lunasi atau bagaimana? Mohon saranya kak

  • Fix memang penipuan, Dan orangnya masih berani menghubungi Saya sampai sekarang. Kantor Mana yg bekerja 24 jam? Saya sudah konfirmasi langsung ke kantor akulaku, dan pihak akulaku mengatakan, untuk bagian collection jam kantor hanya sampai jam 21.00 win Dan untuk pembayaran bisa langsung menghubungi bagian terkait. Pihak akulaku tidak bisa memberikan solusi apapun, Dan seakan-akan lepas tangan. Data pribadi bisa bocor, pasti pelaku orang dalam akulaku sendiri, yang mencari keuntungan.

    • Kalo dari keluhan2 sebelumnya memang banyak yg curiga itu ulah orang dalam akulaku sendiri mbak. Jadi serem pakai jasa begituan kan. Akun dibobol, data penting bocor, ditagih dc atas dana yang tidak pernah kita pakai, kenalan diterror, dll...

  • Ternyata sudah banyak korbannya y, dan saya telat membaca artikel ini. Setelah kena tipu baru saya baca2. Say juga mengalami hal yg dan limit saya langsung ludes, dengan tagihan 12 bulan dibebankan ke saya. Awal saya curiga dengan no yg menghubungi saya, setalah pelaku menyebut data saya, kecurigaan saya hilang begitu saja. Karna dari sms dan email yg saya terima benar dari akulaku langsung. Kesimpulannya jangan memeberikan kode otp kesiapapun. Walaupun pelaku bertanya..

  • Sya jga sma mnjdi korban penipuan mengatasnamakan akulaku dngan nominal 4jt lbih. Sya sdah menghubungi pihak akulaku berharap ada solusi dri ini krna 4jt dimasa skrng itu sangat susah tou nyatanya respon cs akulaku sma skali tdk memberikan solusi atau kemudahan untuk sya dlam masalah ini. Uang 4jt lebih bkan sya yg pakai dan bukan sya yg makan dan skrang sya hrus menanggung smua itu. Sya harap akulaku menindaklanjuti ini. Trmksh.

    • Maaf trus tindakan anda.bgm?krn syapun skrg terkena tipu dn hrs membayar tagihan yg tinggi

  • Saya juga mengalami hal yang sama, tgl 1 april dapet telfon yang mengatas namakan akulaku dan yang membuat saya percaya adalah orang yg menelfon itu tau semua data pribadi saya di akulaku. Alhasil akun saya di bobol 4 jt lebih dan PIHAK AKULAKU ANGKAT TANGAN DIA BILANG SAYA YG TIDAK HATI HATI PADAHAL SISTEM KEAMANAN DI AKULAKU KO BISA DI BOBOL SEPERTI ITU. saya sudah lapor ke polisi dan tlfn sana sini tapi hasilnya nihil. Sekarang saya minta nonaktifkan akun aku laku saya dan harus menanggung pembayaran yg bukan kewajiban saya seharusnya. Saya harap pihak akulaku membaca ini dan lebih meningkatkan sistem keamanan akulaku agar tidak ada lagi korban penipuan seperti ini.

    • Yaallah sam saya. Jg baru d tipu berarti emng kita harus yg tanggung ya ga bisa d apa2in

      • Saya jG baru kena tipU kemarin,Udah nghubingin pihak akulaku tapi tetap nihil dan lepas tangn

  • Jadi yg terkena tipu ada solusiny g utk bisa terbebas dr tagihan yg disebabkan oleh s penipu?

    • Solusinya hanya 1.
      Minta di blacklist.
      Tapi ga semudah itu akulaku nurut.
      Rugilah kalau kita di blaclist ....mending sewa DC luar buat nagih kita ......gimana pun caranya yg penting uang mereka kembali....
      Coba kaya fitur baru gopay tuh yg menjanjikan jaminan perlindungan uang kembali seperti di iklan. Nyesel saya daftar di aplikasi akulaku.

  • Aku juga baru kena tipu, baru tgl 28/6/2021 udah bayar, dikata belum bayar,baru tgl 3/8/21 pihak akulaku yang, astaga jahat nya ni, pihak akulaku pun lepas tangan ngga pernah tanggung jawab

  • Sya jg baru saja kena tipu pihak yg ngaku nya akulaku... limit kredit sya habis di pake sama penipu ituuu trus bagai mna solisi nya ini klo lapor ke akulaku di abaikan.. yaa allahh... ??

    • Lapor ojk.....makin banyak pelaporan..ojka pasti akan bergerak....mudah2 an masalah ini bisa selesai dan jangan ada hubungan lagi dengan akulaku. Tapi kurang ajarnya...masa kita ga bisa tutup akun permanen....kocak emang cs akulaku itu

  • Klo akulaju seperti ini terus dlm melayani konsumen pasti lama2 akan kabur semua konsumen nya.. jelas gk mau byar krna bukan kita yg pake malah kita yg harus bayar.

    • Betul lah....buat apa kita bayar transaksi yg bukan kita yang pakai....atau top up saldo yg bukan ke no rekening kita. Enak banget ......pihak akulaku.