Cashback OCBC NISP Tidak Kunjung Masuk

Pada tanggal 19 April 2021 lalu, saya mencari tabungan ke-2 saya, untuk beralih dari tabungan Jenius. Dari beberapa bank berbasis online yang saya cek, kebetulan ada tawaran menarik berupa cashback hingga Rp580.000 dari OCBC, maka saya putuskan untuk membuka akun OCBC NISP.

Skema cashback dibagi menjadi 3 bagian utama, yang pertama diberi judul FinanciallyFit #1 dengan cashback sebesar Rp280.000, FinanciallyFit #2 sebesar Rp100.000, FinanciallyFit #3 sebesar Rp200.000. Masing-masing cashback didapatkan setelah melewati tahapan sebelumnya. Karena saya belum berniat membuka tabungan TAKA, saya memutuskan untuk mencoba hingga FinanciallyFit #1. Keterangan terkait cashback dapat di-cek di sini: https://www.ocbcnisp.com/en/promo80/2021/04/01/OCBCNISP80

Berikut cara mendapatkan cashback pertama, sesuai yang tertera di website:

  1. Pada aplikasi ONe Mobile, pilih “Buat Rekening OCBC NISP”
  2. Pilih “Layanan NYALA” kemudian “Buat Akun”
  3. Pastikan kamu memasukkan kode promo OCBCNISP80 dengan benar
  4. Ikuti langkah-langkah pembukaan rekening baru di ONe Mobile & segera lakukan verifikasi melalui video call
  5. Melakukan penempatan saldo awal minimal Rp1 juta dalam 14 hari sejak pembukaan rekening
  6. Menjaga penempatan dana Rp1 juta selama minimum 30 hari sejak pembukaan rekening
  7. Cashback akan dikreditkan selambatnya di tanggal 30 atau 31 bulan berikutnya setelah pembukaan rekening

Tahap 1-6 sudah saya ikuti dengan baik, dan setelah akun Nyala saya jadi, saya melakukan penempatan saldo awal sebesar Rp1 juta pada tanggal 19 April 2021. Saya kemudian menggunakan akun ini untuk berbagai transaksi, tanpa pernah membiarkan saldo di bawah Rp1 juta.

Akhir bulan April saya menghubungi pihak OCBC karena cashback tidak kunjung masuk walaupun seluruh syarat sudah saya lakukan. Menurut CS yang saya hubungi, saya harus menunggu 1 bulan lagi dan kembali cek cashback pada tanggal 30 atau 31 di bulan Mei.

Pada tanggal 2 Juni 2021, saya kembali mencoba menghubungi OCBC. Layanan WhatsApp tidak bisa membantu apa-apa, maka saya menghubungi call center. Saya cukup kecewa terhadap OCBC dan respon CS bernama Indra yang melayani saya.

Berikut alasan kenapa cashback saya tidak diberikan:

  1. Cashback hanya untuk tabungan Nyala Individu dengan saldo gabungan Rp25 juta.
  2. Saya harus mengundang teman untuk membuka tabungan Nyala.

Saya katakan jelas-jelas bahwa di website yang saya buka, tidak ada syarat tabungan saldo gabungan Rp25 juta seperti yang ia sampaikan, serta untuk mengundang teman untuk membuka tabungan, adalah syarat untuk mendapatkan cashback tambahan. Bukan syarat cashback pertama sebesar Rp280,000.

CS Indra kemudian berargumen bahwa ia hanya menyampaikan syarat-syarat cashback yang ia punya. CS juga tidak bisa menunjukkan ke saya bagaimana saya sebagai calon nasabah, di bulan April lalu, dapat melihat syarat-syarat tersembunyi ini. Setelah lelah karena CS berulang-ulang menjelaskan hal yang sama, saya memutuskan untuk menutup telepon setelah 14 menit.

Sebetulnya saya tidak ada masalah dengan ada atau tidaknya cashback. Toh saya memang mencari tabungan online alternatif. Tapi dengan perihal cashback palsu ini, tentu saya berhak ragu untuk mempercayakan dana yang lebih besar di bank ini. Setelah mencoba selama dua bulan dan layanan CS via WhatsApp yang tidak begitu berguna, akses internet banking yang bolak-balik tidak bisa diakses, dan tentunya setelah cashback palsu ini, saya memutuskan saya akan menarik seluruh dana saya dan move on ke bank lain.

Dari kejadian ini saya belajar untuk lebih berhati-hati, dan semoga berguna juga bagi pembaca lain supaya tidak tertipu promo-promo OCBC NISP lainnya.

Billy Gerrardus Santo
Kota Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank OCBC NISP:
[Total:6    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan Bank OCBC NISP atas Surat Pembaca Bapak Billy Gerrardus Santo

Dengan hormat, Terima kasih Redaksi Mediakonsumen.com telah menayangkan surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Billy Gerrardus Santo pada Kamis, 3...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Cashback OCBC NISP Tidak Kunjung Masuk

  • 3 Juni 2021 - (12:37 WIB)
    Permalink

    apa mungkin ada hubungan dengan periode promo nya? tanggal nya adalah mei hingga juni, sementara anda buka pada bulan april, di website juga ada ilustrasi untuk program yang fit#3, itu ilustrasi dimulai dari pembukaan rekening paling awal 1 Mei.

    tapi kalau itu pun penyebabnya, customer servicenya b arti memang salah sih penjelasannya

      • 7 Juni 2021 - (10:27 WIB)
        Permalink

        Halo, mas Billy. Saya punya case yg serupa dg yg anda alami. Saya OA layanan Nyala tgl 28/04 dg kode yg sama, melakukan trx, menyetor dan menahan dananya selama 1 bln; persis dg yg anda lakukan. Tapi hingga tgl 31/05 reward blm jg masuk, sekira tgl 01/06 saya lakukan complain via call dan dibuatkan laporan, akhirnya reward pun masuk tgl 04/06. Saran saya ada baiknya anda teruskan complain dan langsung req utk buka laporan, yang saya tangkap CSO saat itu tdk mengerti mekanismenya sehingga penjelasannya cenderung asal-asalan, padahal dari kronologi menurut saya sudah sesuai dg TnC. Sekian, semoga membantu.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank OCBC NISP?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Cashback OCBC NISP Tidak Kunjung Masuk

oleh Billy Gerrardus Santo dibaca dalam: 2 min
3