Surat Pembaca

Tagihan IndiHome Naik Secara Gaib

Sejak pertama saya berlangganan IndiHome dari bulan April 2020, saya selalu bayar di angka Rp289.000, tapi bulan ini naik menjadi Rp312.400. Jika dilihat, memang selisih sedikit, HANYA Rp23.400. Akan tetapi bukan itu yang saya permasalahkan, kejujuran IndiHome lah yang saya permasalahkan. Apa sebabnya selisih tagihan bulan Juli 2021 dengan tagihan sebelum sebelumnya?

Saya sudah lapor melalui aplikasi, tapi karena saya sadar cara itu butuh waktu, maka saya putuskan untuk telepon call center. Mau tahu jawaban mereka? Jawaban pertama: “Kenaikan karena penggunaan telepon lokal”. Apa iya? Faktanya kuota telepon gratis saya 300 menit setiap bulannya dan saya tidak pernah menggunakan sampai 300 menit alias 5 jam itu. Saya pakai telepon ini hanya ke call center perbankan yang nomornya selalu 021.

Mau tahu respon mereka apa setelah saya jelaskan itu semua? Jawabannya: “Mungkin yang saudara atau keluarga bapak yang pakai”. Apa benar? Yang pakai itu telepon selalu saya, tidak pernah ada orang yang pakai. Itu pun saya pakai hanya telepon call center perbankan yang nomornya diawali 021. Mau dicek pun pasti benar, hanya suara saya yang ada di situ sama suara operator call center. Selebihnya pelanggan saya yang telepon ke nomor fixed line saya ini.

Mau tahu respon mereka setelah tuduhan kedua saya jawab? Baik kalau begitu akan saya buatkan laporan kepada tim billing tagihan. Saya tidak peduli mau dilaporkan ke Presiden Indonesia kek, bahkan ke Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa kek, saya gak peduli. Yang saya pedulikan hanya satu, yaitu revisi dan balikkan lagi tagihan saya seperti biasanya.

Saya menolak membayar selisih meskipun hanya Rp23.400. Mau bilang saya medit? Bodo amat. Kalau kalian dibiasakan dengan cara menaikkan tagihan begini, lama-lama kalian pasti ngelunjak. Sebelum kalian lebih lanjut, lebih baik dilawan sedini mungkin.

Ocky Dharma Budiwan
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Telkom untuk Bapak Ocky Dharma Budiwan

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Ocky Dharma Budiwan pada tanggal...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya juga mengalami hal yang sama dengan indihome.tagihannya bisa naik sendiri.sebenarnya sy dari awal sudah mau putuskan ini indihome, tapi suami saya bilang sudah bayar saja.sy sih biar 100rupiah bakal sy ributin karena berdasarkan data dan fakta di awal.kalo langganan awal 289ribu yah harus tetap segitu bukan suka suka naikin.tidak ada kaitan dengan tinggal di hutan ataupun kemampuan hidup di bawah rata rata.semua harus berdasarkan data dan fakta.Tapi dengar2 bila tidak suka paling cuma putus saja, kita sebagai pelanggan tidak bisa bikin apa-apa..apakah ada yang sependapat dengan saya?terima kasih.

  • Gratis 300 menit KE SESAMA TELKOM setahu saya.
    Sama2 021 apakah pasti Telkom semua?
    Ada baiknya cari tahu dulu dan menghindari komentar2 yg bisa mengarah ke penghinaa.
    Meskipun bagi provider, sudah risiko sih utk dikritik2 kalau servisnya kurang sip.
    Benang merah ktitikan dan hinaan.

    Tp sepertinya TS sudah yakin dirinya benar dan paling tahu. Jadi ya silahkan saja dijalani :)

  • sy dukung komplain ya. soalnya sy jg pernah ditagih lebih sekitar 20rban dulu (sy lupa tepatnya kapan) alasannya biaya sewa modem dan akan ditagih tiap bulan. lah ajegile waktu pasang gak dikasi tau ada sewa modem.. modem beli cm 200rb aja udh dpt tuh pake seumur idup ampe rusak. lah ini bayar sewa modem terus selama pake indihome. sy komplain akhir di balikin sih dgn cara dipotong di billing berikutnya. cm ya gt mesti berkuat2 imat dlm berdebat jg

  • Dulu, pernah pakai indihome, kenaikannya karena pemakaian internet melebihi FUP. Setau saya unlimited di indihome tetap kena fup.
    Selain itu saya juga kena masalah lain di nomor telpon satunya..
    Nomor itu awalnya hanya berlangganan gratis 1000 menit ke sesama telpon rumah dg biaya 55rb/bln. Stlh bbrp tahun saya ditawarin internet gratis 50GB /bulan dg hanya menambah biaya 35rb. Singkatnya saya coba bbrp bulan, dan karena tidak puas, saya ajukan permohonan utk berhenti internet melalui 147. Pihak telkomsel ternyata mempersulit dg mengatakan bahwa kalau internet dicabut, tagihan perbulan akan berubah jd hampir 300ribuan krn itu skema yg baru.. selang bbrp hari ada berita mengenai sulitnya pengajuan berhenti indihome.. lalu saya telpon 147 lagi utk mengajukan permohonan berhenti. Saat itu saya diberitahuoleh cs yg lain bahwa tagihan tetap seperti semula 55rb.. lalu saya putuskan utk berhenti langganan internet. Bulan berikutnya, tagihan telpon membengkat sampai 200rb lebih... Ternyata paket gratis 1000 menit ikut dicabut dan saya tdk bisa dapat paket itu lagi. Akhirnya saya ajukan pencabutan no telpon nya sekalian.

  • Saya mengalami kejadian serupa seperti ini juga. Saat itu papa saya yg daftar Indihome dan datang sendiri karena kami request hanya untuk internet. Sehingga tagihan bulanannya berbeda. 2th berlalu tagihannya naik. Ketauannya lewat CC Krn biasanya kami tidak mempermasalahkan. Tapi saat tlp CS jawabannya data billing yg bisa dibuka hanya 1th kebelakang. Dan itu tagihannya sudah tagihan saat ini. Mereka keukeuh bilang yaitu tarifnya. Pdhl kami konsumen ingat betul ga segitu waktu awal pembukaan. Tapi Krn papa saya tidak mau memperpanjang ini. Ya sudah. Tapi sy dukung kritikan bapak disini. Semoga ada balasan dari Indihome yg buat sy penasaran juga

  • saya juga ada kenaikan bayar. rumah kosong biasanya hanya biaya langganan sebesar 38 ribu...lakok jadi 72 ribu di Juli ini. Demit rumah ndak ada lo padahal...Tolong telkom Indihome bisa jelaskan ini.

  • sering sekali aku dengan tagihan melonjak lah tiba2. internet lelet.
    kalo tagihan melonjak itu pasti disebabkan pemakaian berlebihan. kita ambil contoh aja Hp yg kita gunakan menggunakan provider A. untuk internet an dan telponan kita pilih paket yg ada di provider A itu, ketika habisa paketnya pulsa kita kemakan atau rnggak ????. indihome tidak akan menaikkan sebarangan, consumernya aja yg mau murah. coba deh kita pikir, berpa harga kabel yg gede dan yg kecil mereka sediakan buat kita. apakah menitupi dengan pembayaran setiap bulannya . apalagi aku liat banyak berita kabel telkom di curi, berapa kerugian mereka, gak mumgkin kayak consumer ini yg puluhan tibu. pasti ratusan juta. bijak lah sebagai consumer. indihome produk dari telkom, telkom milik negara kita.

  • Kepada penulis,
    Saya cuma mau membantu, tlp gratis 300 menit dari telkom indihome itu cuma untuk telepon rumah ke telepon rumah, anda mengatakan hanya menelepon ke costumer service 021, bebas pulsa tidak, tlp CS itu kena biaya, telepon ke HP kena biaya.
    Dan satu lagi, harga anda daftar indihome itu adalah harga untuk 1 tahun, setelah itu akan ada perubahan harga.
    Karena saya juga menggunakan indihome

  • Tagihan gue tiba2 naik 180 ribu bawa santuy aja
    Biasanya 203rb tiba2 jadi 381rb tuh, di protes katanya salah masukin paket ke yg baru pdhal saya pelanggan lama
    Diprotes, solusinya mau dibalikin si duitnya