Tagihan IndiHome Naik Secara Gaib

Sejak pertama saya berlangganan IndiHome dari bulan April 2020, saya selalu bayar di angka Rp289.000, tapi bulan ini naik menjadi Rp312.400. Jika dilihat, memang selisih sedikit, HANYA Rp23.400. Akan tetapi bukan itu yang saya permasalahkan, kejujuran IndiHome lah yang saya permasalahkan. Apa sebabnya selisih tagihan bulan Juli 2021 dengan tagihan sebelum sebelumnya?

Saya sudah lapor melalui aplikasi, tapi karena saya sadar cara itu butuh waktu, maka saya putuskan untuk telepon call center. Mau tahu jawaban mereka? Jawaban pertama: “Kenaikan karena penggunaan telepon lokal”. Apa iya? Faktanya kuota telepon gratis saya 300 menit setiap bulannya dan saya tidak pernah menggunakan sampai 300 menit alias 5 jam itu. Saya pakai telepon ini hanya ke call center perbankan yang nomornya selalu 021.

Mau tahu respon mereka apa setelah saya jelaskan itu semua? Jawabannya: “Mungkin yang saudara atau keluarga bapak yang pakai”. Apa benar? Yang pakai itu telepon selalu saya, tidak pernah ada orang yang pakai. Itu pun saya pakai hanya telepon call center perbankan yang nomornya diawali 021. Mau dicek pun pasti benar, hanya suara saya yang ada di situ sama suara operator call center. Selebihnya pelanggan saya yang telepon ke nomor fixed line saya ini.

Mau tahu respon mereka setelah tuduhan kedua saya jawab? Baik kalau begitu akan saya buatkan laporan kepada tim billing tagihan. Saya tidak peduli mau dilaporkan ke Presiden Indonesia kek, bahkan ke Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa kek, saya gak peduli. Yang saya pedulikan hanya satu, yaitu revisi dan balikkan lagi tagihan saya seperti biasanya.

Saya menolak membayar selisih meskipun hanya Rp23.400. Mau bilang saya medit? Bodo amat. Kalau kalian dibiasakan dengan cara menaikkan tagihan begini, lama-lama kalian pasti ngelunjak. Sebelum kalian lebih lanjut, lebih baik dilawan sedini mungkin.

Ocky Dharma Budiwan
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:638    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Telkom untuk Bapak Ocky Dharma Budiwan

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Ocky Dharma Budiwan pada tanggal...
Baca Selengkapnya

Loading...

53 komentar untuk “Tagihan IndiHome Naik Secara Gaib

  • 3 Juli 2021 - (12:24 WIB)
    Permalink

    Itu kn pakai my indihome, lha di cek pemakaiannya apa saja kan bisa. Dan yg mencatat biling kan mesin bukan manusia, jd kemungkinan salah kecil. Kecuali ada tambahan layanan dll itu pasti ulah manusia, bisa manusia telkom bisa manusia penggunanya.

    18
    10
    • 3 Juli 2021 - (13:11 WIB)
      Permalink

      Tidak usah langsung menghakimi jika todak paham kondisi. Sebelum saya komplin tentu saya sudah cek penggunaan telp gratis saya 300 menit. Diapalikasi jelas kuota telp yang saya pakai sisa 200 menit lebih. Kalau telp melampaui 300 menit akan dikenai tarif normal. Tidak ada sama sekali penambahan layanan. Dan memang masalahnya di telp, bukan dilainnya. Kalau kuota saya saja sisa 200 menit lebih, tentu tidak ada dikenai biaya tambahan.

      20
      1
      • 3 Juli 2021 - (14:25 WIB)
        Permalink

        Lha saya jelas paham wong jg menggunakn indihome. Kl telp masalahnya bs jd digunakan untuk telp ke nomer hp. Kl anda berdalih itu telp hanya anda yg gunakan, siapapun dilarang menyetuh itu telp, tdk seorangpun bisa pakai itu telp, maka kemungkinan yg menggunakan adalah ‘dhemit’ ๐Ÿ˜€

        Nah nanti semua jd clear kl telkom mencetak penggunaan telp anda. Atau anda cetak sendiri di kantor telkom.

        9
        11
        • 3 Juli 2021 - (15:39 WIB)
          Permalink

          Owh hebat sekali anda mengatakan saya demit. Anda kenal saya? Anda hidup 24 jam selama 1 bulan lalu dengan saya? Saya yang punya, saya yang pakai, saya yang tahu dipakai untuk siapa saja, bagaimana anda bisa mengatakan saya demit? Atas dasar apa anda bicara begitu? Anda melampaui wewenang anda dalam menilai. Anda terlalu offside. Indihome saja tidak mengatakan saya dhemit. Apakah anda pemilik Indihome serba tahu masalah saya dan Indihome? Saya dan Indihome yang bermasalah saja tidak menuhduh saya dhemit.

          21
          6
          • 3 Juli 2021 - (16:38 WIB)
            Permalink

            Parah.

            4
            12
        • 3 Juli 2021 - (23:52 WIB)
          Permalink

          Saya juga pemakai indihone,dari awal promonya 285rb.tapi perbulan byr 311000.ternyata 285rb pertama aktivasi ktnya buat jaminan.nnti klo sdh berjaln beberapa bulan akan di bayarkan k tagihan.tapi sdh setahun ttp aja per bln byr 311.trs yg 285rb di tilep ap gmn.trs pernah di tlp d srh naikan kcpatan dan saya tolak,ktnya hars d naikan kcepatanya.ktnya yg awsl sdh tidak ada lagi.ya saya jwab klo emang harus di naikan.ya sdh putus saja.
          Untuk tmn2.klo ada tlp dari operator usahakan ngomong SEBELUMNYA MOHON MAAF YA?klo kita kita meng iyakan berarti kita setuju karena mereka merekam percakapan kita.klo sdh maaf si operator tdk akan melanjutkan ocehanya.

          • 4 Juli 2021 - (20:29 WIB)
            Permalink

            285 itu kan blum ppn…klo setelah ppn 10% ya emang sgtu 311…

            3
            1
          • 5 Juli 2021 - (14:10 WIB)
            Permalink

            Sy dl dr 315 skrg jd 360 tiap bulan sdh 3 tahun lebih.gak tau harus komplain ke siapa…hehehe

        • 4 Juli 2021 - (13:54 WIB)
          Permalink

          Sy setuju dengan pernyataan nya. Krna saya juga baru kejadian hal yg sama. Saya menggunakan Indihome sebelum adanya CoVid 19. Dan dari awal tagihan saya sebesar 286.000 sudah serta pajak. Dan entah kenapa utk bulan juli ini tagihan indihome saya naik menjadi 328.000 emg betul hanya naik sedikit sprti keluhan mas ini. Tp apa mungkin tanpa ada sebab nya sy harus bayar. Yaa tak mau lah. Smpi akhirnya pihak call center menghubungi sy agar sy melakukan pembayaran. Lalu sy bilang mengapa tagihan sy NAIK…? Trus mereka bilang mungkin ibu ada flow up kecepatan. Sy jwb tidak ada. Trus meraka bilang mungkin keluarga ibu, suami atau anak gitu. Trus sy jawab. Sy tinggal bertiga dirumah anak sy masih 4 thn suami sy tugas diluar kota. Utk masalah dirumah sy yg pegang. Trus mereka ngotot agar sy melakukan pembayaran. Sy tak mau lah. Trus mereka bilang agar sy datang kekantor utk mendengarkan rekaman bahwa sy perna melakukan flow up. Trus sy bilang. Ohh maaf saat ini sy tdk mau keluar rumah krna Corona. (Krna sy tdk merasa melakukan flow up) beberapa minggu kemudian sy cek aplikasi indihome. Eh ternyata tagihan indihome sy sudah di kembalikan seperti semula. ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚ sy setuju dengan pernyataan mas ini ….

      • 3 Juli 2021 - (19:16 WIB)
        Permalink

        Saya juga telat bayar Indihome bulan Juni rencana bayar tgl 2 eh setelah mau bayar tagihan sudah di akumulasi sampe bulan Juli jadi saya harus bayar 2 bulan padahal ketentuan Indihome tagihan bulan berikutnya harusnya di tanggal 10 paling cepat tanggal 5 tapi setelah telp call center katanya emang biasa begitu di beberapa konsumen berarati Indihome ngga standard dong layanannya karena setiap konsumen kok beda beda

        10
        1
          • 5 Juli 2021 - (06:53 WIB)
            Permalink

            Fyi, Telkom sudah lama terapkan denda jika bayar telat lebih dari mulai tgl 21 setiap bulannya Semua pelanggan telkom pasti tahu dari Telepon hingga ke internet Speedy sampaikan indihome sekarang, memang kebijakannya seperti itu, ada denda jika bayar telat. Fyi.

      • 4 Juli 2021 - (09:00 WIB)
        Permalink

        Saya juga mengalami hal seperti itu, kadang tiba2 naik tanpa pemberitahuan lagi, dan ketika saya tlp ke 147, dalih nya sama dengan yang kk bilang. Dan tambahan nya mereka bilang, pemakaian kita udh 1 thn lebih, jadi masa promo sdh habis. Perlu di ketahui dengan speed 20 mbps, biaya bulanan dari di bawah 400, sekarang harus saya bayar 450 an tiap bulan. Daripada repot gak jelas jawaban dari mereka. Mending gw pasang baru lagi, dengan speed yg sama, biaya nya cuma 260. Tp kata mereka itu selama promo 1 tahun. Ya kalo pembayaran membengkak lg, pasang baru lagi aja dah. Paling no nya berubah2 lagi.

      • 4 Juli 2021 - (10:41 WIB)
        Permalink

        Saya setuju, saya pakai indihome ada 8 tahun,10mb, tagihan sering berubah,dari awal pasang sekitar 350 rb,makin kesini pernah 400 ribu lebih, akhir nya sy berhenti. Karena di tempat tinggal saya di bekasi timur ada provieder baru comet, saya pindah ke comet dengan kecepatan 75mb dengan harga sekitar 350 rb perbulan. Kualitas nya comet? Download sama upload hampir sama, mendekati kualitas jaringan dedicated. 6 tahun yg lalu saya pasang indihome di rumah direktur saya, 50 mbps harganya 1.650.000 perbulan, sampai sekarang pun tetap seperti itu harga nya. Tapi tahu gak harga 50 mbps indihome sekarang? Sekitar 500 rb. Jadi telkom tidak ada kebijakan menyesuaikan harga supaya turun mengikuti harga sekarang. Yang penting telkom bisa untung sebanyak2nya tanpa memikirkan bagaimana menjalankan bisnis secara fair. Saya sudah tidak menggunakan indihome lagi. Pendapat saya tentang indihome? Indihome sangat sangat sangat brengsek.

        17
    • 4 Juli 2021 - (17:50 WIB)
      Permalink

      Fyi, setiap 1 tahun, biaya internet naik, tidak hanya Indihome saja tapi sebagian provider internet lainnya juga. Di tambah dengan pajak baru yaitu Pajak pertambahan nilai (PPN) atas penjualan produk dan layanan digital sebesar 10%. Ada Selisih Rp. 23.400 itu mungkin penambahan dari PPN 10% itu. Minta perincian biaya internet dan minta di print out untuk biaya telepon ke kantor telkom. Jadi tahu, apakah ada telepon lokal / international yang dipakai atau tidaknya.

    • 4 Juli 2021 - (20:25 WIB)
      Permalink

      coba cek om…skrg ini kan ada tawaran upgrade speed ke 20mbps…hanya dgn nambah skitar 13rban/bln..mungkin om sudah setuju untuk upgrade speed ny…jd coba minta cek dl baik2…jgn lsng koment yg tidak baik…tks

      1
      2
      • 5 Juli 2021 - (06:43 WIB)
        Permalink

        Fyi, untuk tawaran upgrade speed ke 20mbps karena di wilayah tsb mungkin sudah tidak support paket 10 mbps lagi. Hal ini, Tanyakan langsung kepada CS di kantor Telkom, kenapa di tawarkan upgrade speed ke 20 mbps ?, kalau menolak untuk upgrade speed, apakah masih bisa gunakan paket 10mbps atau tidaknya. FYI, Sya hanya berikan informasi dan berikan solusinya dan tidak menulis koment hal yang tidak baik.

  • 3 Juli 2021 - (15:35 WIB)
    Permalink

    Langkah Anda untuk segera komplain sangat benar. Jika tidak kenaikan akan terjadi terus-menerus di kasus saya tagihan diatas 500rb hingga akhirnya saya memutuskan tidak berlangganan lagi

    20
    • 3 Juli 2021 - (16:35 WIB)
      Permalink

      Anda punya anak dan jika anda sekalian berlangganan tv kemungkinan ada chanel tv yh diaktifkan oleh anak anda.

      3
      17
      • 4 Juli 2021 - (09:18 WIB)
        Permalink

        Saya juga pernah, tagihan biasanya 468000 tiba2 naik menjadi 700 ribuan. Untuk print out detail harus bayar lunas dulu. Ok bayar. Ternyata ada pemakaian ke “call center PT KAI”, dimana saya sejak pandemi tidak pernah naik kereta. Sanggahan saya dicatat. Bulan depannya ada koreksi tagihan dr Telkom sehingga cuma perlu bayar selisihnya (100 ribuan). Happy ending.

  • 3 Juli 2021 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Maaf sebelumnya saya bantu jawab, untuk kuota sebesar 300 menit itu berlaku untuk ke sesama SLJJ (nomor rumah telkom) jika di gunakan ke customer care bank bisa jadi nomor yang di gunakan pihak bank di luar nomor telkom (karena nomor dengan awalan 021 itu bukan hanya telkom, indosat dan provider lain pun sama memiliki nomor dengan awalan 021) bisa jadi tagihan naik karena penggunanaan telpon di luar kuota yang gratis itu kak. Alangkah lebih baiknya jika kakak silahkan datang ke plasa telkom terdekat minta penjelasan ke petugas plasa sekalian minta print out penggunaan telpon di rumah kakak.

    13
    1
    • 3 Juli 2021 - (16:20 WIB)
      Permalink

      Saya juga pelanggan indihome, biasanya kalau tagihan dengan pemakaian tidak sesuai, saya langsung datang ke Telkom terdekat untuk minta di print kan track record pemakaian telepon. Semoga dapat membantu ya pak

  • 3 Juli 2021 - (16:42 WIB)
    Permalink

    Saya oelanggan indhihome ,
    Pembayaran mengalami kenaikan dari 380 menjadi 420. Pemakaian hanya internet saja pasilitas telpon tidak pernah dipakai karna bukan kantor,
    Naik tanpa sebab, sudah jaringannya lemot, terpaksa jika mau cepat transaksi beli paket data seluler

    • 3 Juli 2021 - (18:14 WIB)
      Permalink

      Maaf sebelumnya, saya hanya membantu menjawab saja. Kebetulan saya juga pengguna indihome.
      Untuk kenaikan harga yang saya tahu di sebabkan oleh naiknya kecepatan internet, dulu awal memasang kecepatan hanya 10 mbps, sekarang kecepatan tersebut sudah dihilangkan dan dinaikan menjadi 20 mbps untuk kecepatan minimalnya. Coba silahkan dicek kecepatan internet anda di my indihome aplikasi.. tapi kalau saya memang si telpon terlebih dahulu oleh pihak telkomsel terkait dengan perubahan kecepatan dan biaya tambahannya..
      Kecepatan naik 10 mbps, yang tadinya 10 mbps sekarang menjadi 20 mbps
      Ada biasa tambahan sebesar 20 rbu perbulannya. Kemudian ditambah pajaknya 10 %
      Mudah2an info ini bisa membantu
      Terima kasih..

      5
      3
      • 3 Juli 2021 - (20:29 WIB)
        Permalink

        Saya dari awal pasang sudah menggunakan 20 mpbs. Tanpa tv .
        Agar bisa internetan lebih cepat dan besar kuotanya. Malah sering pakai jaringan seluler agar penggunaan internet lebih cepat
        Mengenai biaya tambahan lain2 gk tau kalau ada

      • 3 Juli 2021 - (22:46 WIB)
        Permalink

        Complain itu saya rasa wajar2 aja sih…
        Pihak IndiHome harus tau pasti knpa bisa demikian jgn jawabnya “MUNGKIN….”
        Ini akan jadi PR juga buat IndiHome nya itu sendiri biar gak ditinggal pelanggan…
        Maaf klo ada salah2 kata dalam pengetikan.

  • 3 Juli 2021 - (16:50 WIB)
    Permalink

    ane naik 20rb biasa sja…soalna,dipastikan ad kluarga yg makai telpun..ntah siapa…
    selesaiii..

    3
    5
  • 3 Juli 2021 - (17:34 WIB)
    Permalink

    Semoga lekas mendapat kejelasan yg sejelas2nya dr pihak Telkom perihal kenaikan biaya bulanan Indihome. Secanggih2nya sistem, yg bikin manusia jg, pasti ada errornya jg dan sistem jg tergantung orang2 yg ada di balik itu. Semoga ada kejelasan dan penyelesaian.

  • 3 Juli 2021 - (18:36 WIB)
    Permalink

    Kalo saran saya sih pak, kalo ada provider lain lebih baik pindah. Ada First Media, MNC, dll. Apalagi sekarang ada yang lebih murah dari PLN. Semoga ada hikmahnya

  • 3 Juli 2021 - (18:52 WIB)
    Permalink

    Tinggal di Jakarta, cuma naik 23 ribu aja bikin geger seluruh dunia, kali gak suka tinggal minta putus berlangganan saja, kalo gak suka dgn biaya hidup tinggal aja sana di dalam hutan sendirian..

    1
    17
    • 3 Juli 2021 - (19:36 WIB)
      Permalink

      Maaf ya komplin tagihan tidak ada hubungannya sama kemampuan biaya hidup. Acuan tagihan berdasarkan data, bukan kemampuan biaya hidup. Belajar lagi arti transparansi sebelum anda memvonis orang lain apalagi bawa bawa kemampuan biaya hidup di Ibukota.

      21
      1
      • 4 Juli 2021 - (15:01 WIB)
        Permalink

        betul mba saya jg kecewa banget sama indihome.. masa saya dan beberapa orang lainnya kena tipu sama orang indihome.. kerugian saya aja smp ratusan juta.. setelah dia nya masuk penjara usut di usut dia bukan karyawan indihome.. tapi kenapa dia bisa menggunakan kewenangan nfasilitas dan atribut indihome .perusahaan macam apa ini.. korbannya samapi 30 an orang tapi pihak indihome diam saja

  • 3 Juli 2021 - (20:45 WIB)
    Permalink

    Tagihan saya awalnya 345.000,, kemudian naik menjadi 485.000,,dan sekarang naik lagi menjadi 588.000,, gak masalah.. Yg penting saya puas… Klo Mau transparan datang ke kantor telkom.. Minta klarifikasi,, tapi postingan ini menurut saya gak masalah,, supaya menjadikan telkom semakin baik terus. Apalagi sekarang banyak persaingan, termasuk PLN juga ikut-ikutan.. Akan semakin KERAS persaingan….

  • 3 Juli 2021 - (21:19 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama dengan indihome.tagihannya bisa naik sendiri.sebenarnya sy dari awal sudah mau putuskan ini indihome, tapi suami saya bilang sudah bayar saja.sy sih biar 100rupiah bakal sy ributin karena berdasarkan data dan fakta di awal.kalo langganan awal 289ribu yah harus tetap segitu bukan suka suka naikin.tidak ada kaitan dengan tinggal di hutan ataupun kemampuan hidup di bawah rata rata.semua harus berdasarkan data dan fakta.Tapi dengar2 bila tidak suka paling cuma putus saja, kita sebagai pelanggan tidak bisa bikin apa-apa..apakah ada yang sependapat dengan saya?terima kasih.

  • 3 Juli 2021 - (21:38 WIB)
    Permalink

    Gratis 300 menit KE SESAMA TELKOM setahu saya.
    Sama2 021 apakah pasti Telkom semua?
    Ada baiknya cari tahu dulu dan menghindari komentar2 yg bisa mengarah ke penghinaa.
    Meskipun bagi provider, sudah risiko sih utk dikritik2 kalau servisnya kurang sip.
    Benang merah ktitikan dan hinaan.

    Tp sepertinya TS sudah yakin dirinya benar dan paling tahu. Jadi ya silahkan saja dijalani ๐Ÿ™‚

  • 3 Juli 2021 - (22:42 WIB)
    Permalink

    sy dukung komplain ya. soalnya sy jg pernah ditagih lebih sekitar 20rban dulu (sy lupa tepatnya kapan) alasannya biaya sewa modem dan akan ditagih tiap bulan. lah ajegile waktu pasang gak dikasi tau ada sewa modem.. modem beli cm 200rb aja udh dpt tuh pake seumur idup ampe rusak. lah ini bayar sewa modem terus selama pake indihome. sy komplain akhir di balikin sih dgn cara dipotong di billing berikutnya. cm ya gt mesti berkuat2 imat dlm berdebat jg

  • 3 Juli 2021 - (22:45 WIB)
    Permalink

    Dulu, pernah pakai indihome, kenaikannya karena pemakaian internet melebihi FUP. Setau saya unlimited di indihome tetap kena fup.
    Selain itu saya juga kena masalah lain di nomor telpon satunya..
    Nomor itu awalnya hanya berlangganan gratis 1000 menit ke sesama telpon rumah dg biaya 55rb/bln. Stlh bbrp tahun saya ditawarin internet gratis 50GB /bulan dg hanya menambah biaya 35rb. Singkatnya saya coba bbrp bulan, dan karena tidak puas, saya ajukan permohonan utk berhenti internet melalui 147. Pihak telkomsel ternyata mempersulit dg mengatakan bahwa kalau internet dicabut, tagihan perbulan akan berubah jd hampir 300ribuan krn itu skema yg baru.. selang bbrp hari ada berita mengenai sulitnya pengajuan berhenti indihome.. lalu saya telpon 147 lagi utk mengajukan permohonan berhenti. Saat itu saya diberitahuoleh cs yg lain bahwa tagihan tetap seperti semula 55rb.. lalu saya putuskan utk berhenti langganan internet. Bulan berikutnya, tagihan telpon membengkat sampai 200rb lebih… Ternyata paket gratis 1000 menit ikut dicabut dan saya tdk bisa dapat paket itu lagi. Akhirnya saya ajukan pencabutan no telpon nya sekalian.

  • 4 Juli 2021 - (01:18 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami kejadian serupa seperti ini juga. Saat itu papa saya yg daftar Indihome dan datang sendiri karena kami request hanya untuk internet. Sehingga tagihan bulanannya berbeda. 2th berlalu tagihannya naik. Ketauannya lewat CC Krn biasanya kami tidak mempermasalahkan. Tapi saat tlp CS jawabannya data billing yg bisa dibuka hanya 1th kebelakang. Dan itu tagihannya sudah tagihan saat ini. Mereka keukeuh bilang yaitu tarifnya. Pdhl kami konsumen ingat betul ga segitu waktu awal pembukaan. Tapi Krn papa saya tidak mau memperpanjang ini. Ya sudah. Tapi sy dukung kritikan bapak disini. Semoga ada balasan dari Indihome yg buat sy penasaran juga

  • 4 Juli 2021 - (01:59 WIB)
    Permalink

    saya juga ada kenaikan bayar. rumah kosong biasanya hanya biaya langganan sebesar 38 ribu…lakok jadi 72 ribu di Juli ini. Demit rumah ndak ada lo padahal…Tolong telkom Indihome bisa jelaskan ini.

  • 4 Juli 2021 - (04:38 WIB)
    Permalink

    sering sekali aku dengan tagihan melonjak lah tiba2. internet lelet.
    kalo tagihan melonjak itu pasti disebabkan pemakaian berlebihan. kita ambil contoh aja Hp yg kita gunakan menggunakan provider A. untuk internet an dan telponan kita pilih paket yg ada di provider A itu, ketika habisa paketnya pulsa kita kemakan atau rnggak ????. indihome tidak akan menaikkan sebarangan, consumernya aja yg mau murah. coba deh kita pikir, berpa harga kabel yg gede dan yg kecil mereka sediakan buat kita. apakah menitupi dengan pembayaran setiap bulannya . apalagi aku liat banyak berita kabel telkom di curi, berapa kerugian mereka, gak mumgkin kayak consumer ini yg puluhan tibu. pasti ratusan juta. bijak lah sebagai consumer. indihome produk dari telkom, telkom milik negara kita.

  • 4 Juli 2021 - (11:45 WIB)
    Permalink

    Kepada penulis,
    Saya cuma mau membantu, tlp gratis 300 menit dari telkom indihome itu cuma untuk telepon rumah ke telepon rumah, anda mengatakan hanya menelepon ke costumer service 021, bebas pulsa tidak, tlp CS itu kena biaya, telepon ke HP kena biaya.
    Dan satu lagi, harga anda daftar indihome itu adalah harga untuk 1 tahun, setelah itu akan ada perubahan harga.
    Karena saya juga menggunakan indihome

  • 4 Juli 2021 - (12:46 WIB)
    Permalink

    Tagihan gue tiba2 naik 180 ribu bawa santuy aja
    Biasanya 203rb tiba2 jadi 381rb tuh, di protes katanya salah masukin paket ke yg baru pdhal saya pelanggan lama
    Diprotes, solusinya mau dibalikin si duitnya

  • 4 Juli 2021 - (14:55 WIB)
    Permalink

    saya jg sangat2 kecewa dengan indihome diluar permasalahan biaya yg naik n biaya keterlamabtan yg d akumulasikan k bulan berikutnya. pihak indihome bersekongkol dengan penipu untuk mencari pelanggan baru.. orang yg bukan pegawai indihome tapi dapat menggunakan fasilitas n atribut indihome untuk menipu semua pelanggannya.perusahaan macam apa ini????

    • 4 Juli 2021 - (22:57 WIB)
      Permalink

      Bosan saya konflik dgn Indihome. Tidak profesional. Begitu Biznet Home masuk kompleks rumah, langsung pindah tanpa mikir panjang. 75 Mbps hanya 325.000 sebelum PPn. Netflix bahkan dalam format 4K lancar.

  • 5 Juli 2021 - (01:47 WIB)
    Permalink

    Sepengalaman saya dulu, kita bisa cetak history telpon rumah nelpon/ditelpon ke nomor apa saja.

    Lucu juga, demi duit 20rb’an, dulu saya cetak itu karena selisih tagihan sampai 100rb.

    Mungkin efek COVID-19, duit 1 rupiah pun jadi mahal, apalagi 20rb, bisa buat makan itu sih.

    Nah kerepotan untuk dapat kejelasan soal selisih tagihan mungkin bakalan lebih dari 20rb biayanya, baik materil maupun mental.

  • 5 Juli 2021 - (05:09 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami hal serupa.
    Nah, saya menggunakan aplikasi MyIndihome, kemudian suatu waktu tiba-tiba tagihan naik. Ternyata ada orang lain yang mendaftarkan wifi.id di akun indihome saya.
    Setelah saya trace IPnya, ternyata dia ada fi pulau Sumatera, sementara itu nomor langganan saya di pulau Jawa. Ternyata orang ini berhasil mengganti nomor kontak HP di akun MyIndihome saya
    Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana orang ini bisa login ke dalam akun MyIndihome saya dengan kondisi harus menggunakan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor HP saya. Padahal setelah saya cek tidak ada percobaan login selain daripada yang saya lakukan. Artinya ya orang itu bisa mengganti data akun saya melalui sistem di dalam MyIndihome.
    Nah, ketika saya tanyakan hal diatas melalui CS, dijawab dengan alasan ada maintenance data pelanggan dan “mungkin” datanya tertukar. Saya sebagai orang yang bekerja sangat erat dengan dunia IT terutama pemrograman sangat tidak bisa menerima alasan tersebut, ya karena tidak masuk akal.
    Saya sudah pernah menulis surat pembaca disini, tapi tidak di respon.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 53 komentar sampai saat ini..

Tagihan IndiHome Naik Secara Gaib

oleh Ocky Dharma Budiwan dibaca dalam: 1 menit
53