Surat Pembaca

Shopee Menyatakan Barang Hilang oleh Ekspedisi, Seller Dirugikan karena Hanya Diganti Senilai 10 Kali Ongkir

Saya adalah salah satu penjual di Shopee. Pada tanggal 31 Juli 2021 saya menerima orderan di Shopee senilai Rp2.363.500, dengan nomor pesanan Shopee: 210731BASQ01NM dan ekspedisi pilihan pembeli JNE Trucking, yang dikirim ke alamat di Kota Bogor. Orderan tersebut langsung diproses hari itu juga. Barang tersebut dibungkus kami bungkus dengan dus besar dan dikirim ke JNE dengan nomor resi: JT56522334327.

Pada tanggal 02 Agustus 2021 status pesanan di Shopee menyatakan: DELIVERED TO [POS JAGA RUMAH | 02-08-2021 22:18 | BOGOR ]. Namun pada tanggal 04 Agustus 2021 pembeli melakukan komplain di Shopee menyatakan belum menerima barang. Saya langsung mengirimkan bukti tracking resi karena sudah jelas saya sudah kirim barang yang diorder pembeli.

Pada tanggal 05 Agustus 2021 admin Shopee menyatakan sedang follow up ke ekspedisi JNE. Namun ujung-ujungnya dengan keputusan akhir yang sangat mengecewakan buat penjual. Pada tanggal 10 Agustus 2021, info admin Shopee berdasarkan investigasi JNE: Barang dinyatakan hilang oleh ekspedisi dan melakukan pengembalian dana penuh ke pembeli dan komplain pengaduan di Shopee ditutup.

Lalu bagaimana garansi saya sebagai penjual apa? Karena sudah jelas saya telah mengirimkan semua barang sesuai orderan dan pembeli juga tidak menyertakan asuransi untuk pembelian barangnya (Shopee juga tidak menyediakan pilihan asuransi seperti marketplace lain). Admin Shopee hanya meminta penjual untuk menunggu 1-5 hari kerja untuk proses klaim.

Dan benar saja pada tanggal 12 Agustus 2021 ada penyesuaian dana masuk dari Shopee senilai Rp475.000, dengan catatan penggantian barang hilang, yang berarti hanya diganti 10x ongkir.

Saya kecewa sekali dengan Shopee yang tidak bisa menjamin barang kiriman penjual. Jadi kalau jualan di Shopee seperti berjudi, kalau barang hilang di ekspedisi tidak akan ada penggantian yang sepadan dan Shopee main lepas tangan begitu saja. Sementara Shopee sangat tidak transaparan mengenai asuransi pengiriman. Permasalahannya di Shopee tidak menyediakan opsi asuransi seperti marketplace sebelah dan kalaupun saya mau asuransikan sendiri dengan JNE Cashless itu tidak bisa, karena sekarang pakai cashless.

Lalu untuk selisih nominal Rp1.888.5000 (Rp2.363.500 – Rp475.000) bagaimana pertanggungjawaban Shopee kepada saya, selaku penjual yang telah mengirimkan semua barang pesanan? Saya sudah menghubungi CS Shopee, tapi hanya disuruh menunggu dan menunggu, tanpa ada kepastian dan follow up lebih lanjut.

Jelvia Tjandra
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Musuh terbesar seller adalah KURIR MALING
    Dan Pendukung kurir jadi maling adalah marketplace Sh0p33..
    Selama Sh0p33 tidak memperbaiki Agreement dan memberi perlindungan kepada penjual maka akan selalu ada KURIR" MALING bergentayangan mencari celah..

    1. Shop33 Expre55 mencari celah dengan fake order COD dan pick up..
    - Jadi kalau pick up minta scan sekalian ditempat kalau ga barang kalian bakal diembat 100% diembat.. dan kayak ga berdosa besok bilang belum dipick plus pura" goblok..
    - Fake order - 1 paket pick itu Rp. 250 dan kurir" nakal ini selalu modal akun bodong buat bikin order COD demi mengejar intensif tersebut..
    - Dan saran saya kalau anda DROP sendiri ke DOP minta FORM berwarna PINK sebagai bukti anda telah menyerahkan barang dengan total yang sesuai..

    2. J8T.. hehe.. bukan cerita baru kalau yang satu ini mereka bermain dengan akun abal COD demi mengincar barang returnan.. dan J8T jarang mau PICK UP karena kalau pick barang return mereka juga harus mau mengantarnya.. justru yang drop ke DOP / Agen inilah yang akan dimangsa oleh mereka terkhusus order COD.. dan kalau Drop saran saya MINTA RESINYA minimal untuk mempersempit ruang mereka MALING..

    3. JN3.. hehe.. ini mainnya simple.. barang mahal akan dibuat HILANG.. karena yang diganti senilai 10x ongkir saja kawan.. disinilah mereka para maling bermain.. dan kalau anda DROP saran saya MINTA resinya minimal untuk mempersempit ruang mereka maling

    4. Ant3r 4J4.. haha.. udah tau dong.. barang return akan selalu berkurang ISINYA.. maling mereka ini mengurangi Quantitas barang yang dikirim seller.. misal 10 saat return cuma 6 atau 7.. dan mereka berani bermain di TOKOPEDIA.. meskipun sering kena claim tapi ga kapok para malingers ini..

    Jadi simiskin akan tetap miskin.. karena mindsetnya cuma jadi maling.. mboh pie corone aku isoh maling.. begitulah isi 0tak mereka setiap harinya hehe...