Pengembalian Dana Klaim Asuransi Tokopedia yang Berbelit-belit

Kepada Yth. Bpk/Ibu Pimpinan Tokopedia,

Ini nomor invoice saya yang belum selesai pengembalian dana klaim asuransinya: INV/20210710/MPL/1398014910. Pelayanan CS yang super lambat dan tidak konsisten sangat mengecewakan.

Kronologinya, permasalahan ini sudah lama, pembelian barang dari tanggal 10 Juli 2021. Barang yang dibeli yaitu 1 set garnish lampu depan mobil HRV barang diterima pada tanggal 15 Juli 2021. Ternyata barang datang bermasalah, yaitu terdapat retak di salah satu bagian garnish tersebut dan saya meminta barang tersebut dengan solusi ditukar saja yang baru.

Penjual pun menyetujui solusi tersebut dan barang tersebut saya kirim balik ke penjual pada tanggal 21 Juli 2021. Penjual menerima barang tersebut pada tanggal 23 Juli 2021.

Penjual mengirim returan barang yang baru pada tanggal 26 Juli 2021. Barang saya terima pada tanggal 28 Juli 2021. Anehnya pakai JTR kok bisa sampai cuma 2 hari saja?? Ternyata barang tersebut masih bermasalah dan retaknya pun pada bagian yang sama, yaitu bagian sebelah kanan. Penjual ini benar ada ditukar apa tidak ya barang tersebut??? Aneh aja, kenapa masih retak dibagian yang sama?? Menurutku penjual yang nakal karena biaya ongkir yang dia kirim tidak sesuai berat barang sesungguhnya!!

Akhirnya saya memutuskan untuk pengembalian uang saja bersama semua ongkir yang saya keluarkan dari pertama saya beli barang sampai kembalikan barang tersebut kepada penjual. Admin Tokopedia menyetujui solusi tersebut dan saya disuruh mengisi formulir klaim asuransi ongkos tersebut dan barang yang bermasalah dikirim balik ke penjual (motobit) garnish tersebut!!

Total biaya kirim yang saya sudah dikeluarkan adalah sebesar Rp76 ribu + Rp100 ribu harga garnish tersebut, total semua adalah Rp176 ribu. Setelah itu pengembalian dana harga barang tersebut dicairkan pada tanggal 12 Agustus 2021 sebesar Rp100 ribu, lumayan lama banget ya.

Lalu saya ke pusat bantuan lagi menanyakan kenapa biaya ongkirnya tidak dikembalikan sekaligus?? CS tersebut bilang masih mengecek masalah tersebut, tapi sampai sekarang belum ada kepastian dari CS Tokopedia.

Saya sudah mengecek biaya klaim asuransi tersebut di aplikasi Tokopedia, sudah cair sebesar Rp229.000 dan sudah dikirim ke saldo Tokopedia. Akan tetapi saya mengecek ke saldo Tokopedia saya belum dikirim sama sekali, cuma dikirim 21 ribu saja, sisanya kemana??

Saya harap Bapak/Ibu pemimpin atau CS segera menindaklanjuti masalah ini!! Jangan sekali dihubungi ke CS Toped alasannya masih dalam pengecekan terus. Padahal masalah komplain ini sudah lama banget, mau masuk 2bulan!!

Saya sangat kecewa akan pelayanan Tokopedia yang semakin buruk tidak segera menindaklanjuti masalah customer dengan baik. Saya harap dengan ditulisnya masalah ini segera cepat ditindaklanjuti, terima kasih.

Terima kasih juga kepada Media Konsumen yang menyediakan wadah ini untuk keluhan para konsumen.

Siska Mei
Pontianak, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:7    Rata-Rata: 3.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Pengembalian Dana Klaim Asuransi Tokopedia yang Berbelit-belit

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Dana Klaim Asuransi Tokopedia yang Berbelit-belit

oleh Siska Mei dibaca dalam: 2 menit
2