Refund Halodoc Tidak Kunjung Masuk

Pada hari Rabu, 13 Oktober 2021 sekitar pukul 20.30 malam, saya yang sedang sakit membuka aplikasi Halodoc untuk menggunakan fitur chat berbayar dengan dokter umum. Sayangnya setelah melakukan transfer, tiba-tiba ada pesan di aplikasi yang mengatakan bahwa orderan saya dibatalkan, karena dokternya sibuk (tidak bisa menerima konsultasi lagi).

Saat itu saya bingung, orderan dibatalkan, tetapi uangnya tidak masuk ke saldo di aplikasi Halodoc, tidak masuk ke GoPay saya yang tersambung dengan aplikasi Halodoc, dan juga tidak masuk ke nomor rekening saya.

Memang sih nominalnya tidak seberapa, tapi sangat disayangkan karena uang itu tidak jelas larinya ke mana. Kalau memang dokter yang satu sibuk, kenapa tidak diberikan kemudahan untuk pasien berkonsultasi dengan dokter yang lain? Toh uangnya sudah diterima oleh Halodoc.

Kemudian ada SMS yang masuk dengan isi sebagai berikut :

“Order X4Z5QK-4767 telah dibatalkan. Dana akan dikembalikan ke rekening bank kamu dalam 24 jam. Silakan cek rekening bank kamu terlebih dahulu untuk proses refund melalui tautan berikut: https://www.halodoc.com/profile/bank-account-info****”

Namun anehnya ketika link tersebut diklik, tidak ada tombol submit atau save untuk menyimpan informasi nomor rekening. Dengan kata lain isi berulang kali pun melalui HP atau laptop, tidak bisa input data.

Saat link diklik, tidak ada tombol submit atau save untuk menyimpan nomor rekening.

Saya sudah mengirimkan email mengenai masalah ini ke help@halodoc.com dan juga sudah menginfokan agar Halodoc me-refund uang tersebut ke GoPay saya atau nomor rekening yang saya kirimkan melalui email. Namun sampai hari ini, Sabtu 16 Oktober 2021 saya tidak menerima uang refund tersebut, tidak masuk ke GoPay maupun ke rekening saya.

Setiap saya bertanya melalui email, jawabannya selalu seperti ini :

“Terkait dengan pengajuan pengembalian dana Ibu Cindy untuk nomor pemesanan X4Z5QK-4767, saat ini masih sedang dalam proses lebih lanjut oleh tim terkait kami untuk proses pengembalian dana. Dimohon kesediaannya untuk menunggu konfirmasi selanjutnya dari tim terkait kami melalui email kembali.”

Padahal melalui SMS saat pembatalan, pihak Halodoc sendiri yang menjanjikan bahwa proses refund 24 jam.

Sungguh mengecewakan, Halodoc berbeda sekali dengan marketplace hijau ataupun oranye, yang jika ada pembatalan uang langsung masuk tanpa harus menunggu lama. Apalagi ini pembatalan dilakukan oleh pihak Halodoc sendiri, bukan pihak pengguna.

Entah kapan uangnya kembali, entah akan kembali atau tidak. Sungguh kejadian ini sangat disayangkan dan saya merasa kecewa.

Cindy Venisia
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Halodoc atas Surat Pembaca Ibu Cindy Venisia

Yth. Redaksi Media Konsumen di tempat Menanggapi surat pembaca yang disampaikan Ibu Cindy Venisia pada tanggal 19 Oktober 2021 di...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Refund Halodoc Tidak Kunjung Masuk

  • 20 Oktober 2021 - (06:43 WIB)
    Permalink

    Puji Tuhan masalahnya udah selesai..
    Tp klo bole nanya, biaya konsul di halodoc brp ya kak? Pgn tau jg buat nambah2 pengetahuan, soalnya so far blm pernah pake fitur konsul online, paling pake halodoc cuma buat cek2 efek&harga obat doang…

    *beneran nanya*

 Apa Komentar Anda mengenai Halodoc?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Refund Halodoc Tidak Kunjung Masuk

oleh Cindy dibaca dalam: 2 menit
3