Rekening Tabungan Jenius BTPN Rawan Dibobol Tanpa OTP!

Saya nasabah prioritas Sinaya BTPN, nomor rekening ******1510 a.n. Steve. Tanggal 16 Oktober 2021 sekitar pukul 13-an, saya mendapat SMS dari BTPN berupa OTP, atas transaksi di Aliexpress.com (tertulis pukul 4.58 di SMS). Saat itu saya sedang sibuk kerja dan berasumsi, ada transaksi ilegal, tapi selama saya tidak memberikan OTP tersebut, akun saya di BTPN akan aman.

Setelah waktu senggang, saya cek rekening Jenius saya di aplikasi, ternyata ada 3x pendebetan dana sejumlah sekian $ yang di-convert ke rupiah. Tertulis ada 2 transaksi, yaitu Aliexpress Luxemburg dan 1 Aliexpress London, dengan jarak 1 menit.

Kemudian saya laporkan pembobolan ini ke RM saya, dan katanya akan dilaporkan ke tim Jenius. Saya juga disarankan untuk melapor ke CS BTPN melalui premium call 1500365. Saat itu pulsa HP saya tidak mencukupi, karena saya tahu bila telepon ke premium call akan diulur-ulur waktunya baru bisa terhubung dengan CS.

Setelah top up pulsa, saya hubungi premium call dengan melewati beberapa menit pilihan yang tidak berguna dan akhirnya terhubung dengan CS untuk melaporkan pembobolan rekening saya. CS cuma bisa memberi saran untuk blokir permanen kartu ATM, bayar kartu baru, kirim email berisi bukti transaksi masuk dan keluar, foto KTP dan kartu ATM dan membuat surat pernyataan tidak pernah melakukan transaksi, disertai tanda tangan.

Kemudian ada beberapa kali SMS dari BTPN yang berisi kasus ****, kasus **** telah diterima dan diselesaikan tanggal 16 Oktober 2021 jam *** info BTPN Care. Saya bingung, kasus apa yang sudah diselesaikan? Rekening tabungan masih status didebet dan tidak ada satupun tim BTPN yang menghubungi (sampai saat ini).

Perlu diketahui, kartu ATM tersebut HANYA (dan terakhir kali) saya gunakan 2 tahun lalu di Jepang secara OFFLINE. sampai saat ini kartu tersebut masih disimpan aman di kotak aman di rumah.

Dari kasus ini bisa diambil kesimpulan:

  • Rekening tabungan Jenius di BTPN rawan dibobol.
  • Hacker ini bisa melakukan transaksi dengan kartu ATM TANPA MEMASUKAN OTP DAN CVC.
  • Hacker sudah bisa mendapatkan data rekening dan nomor telepon nasabah BTPN.
  • Pihak BTPN tidak proaktif setelah ada laporan pembobolan rekening. Harus dibuktikan dulu adanya bukti-bukti lengkap pembobolan baru mereka mau tindak lanjuti.
  • Kerawanan sistem keamanan rekening di BTPN malah mengharuskan nasabah menderita kerugian materi dan non materi, seperti membayar pembuatan kartu ATM, membuat laporan dan bukti tertulis, foto-foto dokumen yang merepotkan nasabah.
  • Bahaya sekali kalau kejadian ini terjadi saat saya sedang di luar negeri dan tidak bisa menghubungi CS premium call.

Sampai saat ini saya tulis, belum ada kejelasan dan pertanggungjawaban serta itikad baik dari BTPN untuk mengatasi buruknya sistem keamanan rekening nasabah. Saya merasa TIDAK AMAN menjadi nasabah di BTPN, dimana bisa saja setiap saat rekening saya habis dibobol hacker.

Saya memiliki banyak rekening dari berbagai bank, tapi hanya BTPN yang berhasil dibobol. Padahal rekening BTPN Jenius saya hanya sebagian besar digunakan untuk top up online wallet.

Semoga para nasabah lain bisa berhati2 jika menaruh uang di BTPN .

Steve Rahardja P.
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank BTPN atas Surat Pembaca a.n. Steve Rahardja Putra

Dengan hormat, Menanggapi surat pembaca dari Bapak Steve Rahardja Putra berjudul “Rekening Tabungan Jenius BTPN Rawan Dibobol Tanpa OTP!” yang...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Sbar mba...hacker mmg lbh kejam dri pd pmbunuhan...smga cepat diatasi pihal BTPN

  • BTPN tidak mempunyai nomor langsung buat nasabah prioritas? Bank sebelah ada loh. Begitu telp, gak pake nada tunggu.

    Tutup aja, masih banyak bank2 yang mau menampung nasabah prioritas macam anda.

    • Saya sudah lama menggunakan Jenius BTPN, saya menyimpan uang cukup banyak dibank ini, demi keamana saya berinisiatif untuk mnyimpan uang di Flexy Saver salah satu fasilitas yg disediakan jenius btpn dan saya hanya menaruh uang setidaknya sekitar 100rb-200rb di saldo aktif. Karena sebelumnya saya bertanya bahwa Flexy Saver tidak bisa digunakan untuk transaksi menggunakan kartu, jadi saya rasa fasilitas Flexy Saver lebih aman untuk menyimpan uang di jenius btpn dari pada di saldo aktif yang dimana saldo aktif ini bisa bertransaksi menggunakan kartu. Saat mau bertransaksi biasanya saya memindahkan saldo dari Flexy Saver ke Saldo aktif sesuai jumlah yang saya butuhkan, ini cukup berguna untuk jaga jaga jika suatu saat kartu saya diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, Kecuali akun bank saya yang diretas.

    • Saya pengguna jenius sejak tahun 2018 dan pd tahun 2020 Alhamdulillah saya sudah tidak menggunakannya lagi

  • Saran saya mungkin ini sedikit berguna. Pastikan keyboard smarphone anda menggunakan Keyboard terpercaya disarankan Gunakan keyboard bawaan smarphone anda dan jangan menggunakan keyboard pihak ketiga atau aplikasi jenius sendiri sudah menyediakan keyboard untuk anda dan itu bisa diaktifkan dipengaturan. Karena kebanyakan peretas mengambil data anda melalui keyboard hingga masuk ke SMS tanpa anda ketahui.

  • jika mengandalkan smartphone untuk melakukan pembayaran, lebih baik jangan sembarangan menginstal aplikasi. usahakan gunakan aplikasi yg di sediakan oleh AppStore atau play store. jangan sembarangan klik link yg tak jelas.

  • Hp nya banyak aplikasi gak sih , entah itu keyboard atau theme atau yg mempercantik layar hp, itu ngaruh Lo,

  • Menurutku pelayanan Jenius justru menurun setelah gencar2 nya cr nasabah dg beragam keunggulan, skrg kena biaya feesible per bulan tapi justru jarang bikin promo2.. Kyak bank konvens biasa bukan jenius.

  • Di sarankan sih ganti kartu atm karna keknya
    Klo VISA kartunya keknya CCV udah bocor mending ganti baru

  • Bilamana kita melakukan transaksi daring di website atau aplikasi luar negri memang kita tidak akan diminta OTP karena transaksi tersebut tidak melalui 2nd Factor Authentication (Secured by Visa/Mastercard). Jadi cukup nomor kartu, tanggal, dan cvv kartu bisa digunakan. Contohnya untuk belanja di Steam, Playstore.

    Makanya kartu debit Bank yang mewajibkan transaksi melalui secured by mastercard/visa tidak bisa digunakan seperti di Playstore.

    Saran saya blokir kartu yang datanya bocor, ajukan sanggahan atas transaksi. Semoga bisa di reverse transaksinya.

    • Hati2 kalau install aplikasi ke hape. Gak semua aplikasi aman walau dari playstore. Bisa saja di aplikasi itu melakukan pencurian data atau sebagai keylogger. Install aplikasi yg perlu2 saja. Hati2 dengan aplikasi mining dll