Surat Pembaca

Paket Tokopedia Terbuka dan Pecah dalam Pengiriman oleh SiCepat, Lalu Menolak Klaim Penggantian

Saya seller Apotek YL di Cianjur, menerima pesanan nomor INV/20211202/MPL/1816863142 dari Tokopedia, pada tanggal 2 Desember 2021, berupa 11 botol syrup vitamin anak. Resi pengiriman SiCepat: 002772129216.

Sebagai seller yang sudah berdagang online lebih dari 5 tahun, saya mem-packing memakai bubble wrap di masing-masing botol dan dus coklat tebal dan ditempel stiker FRAGILE.

Beberapa hari kemudian ada telepon dari CS SiCepat pusat, yang mengatakan bahwa orderan saya tersebut rusak dan tidak akan ada penggantian. Saya bingung karena belum ada pembeli yang klaim kerusakan.

Pada tanggal 12 Desember 2021, pembeli mengajukan klaim ke Tokopedia, karena paket tidak kunjung datang dan meminta investigasi pengiriman. Pada tanggal 17 Desember 2021, paket dikembalikan oleh SiCepat dalam keadaan terbungkus plastik dan dus paket sudah terbuka dengan isi berantakan dan hancur. Berikut link video unboxingnya https://youtube.com/watch?v=Cas2kK-tZy0&feature=share

paket returan dibungkus plastik dus dalam terbuka

Kasus sampai saat ini masih berjalan tanpa solusi karena menurut pihak Tokopedia, sicepat menolak mengganti paket yang rusak. Bagaimana mungkin paket yang belum pernah dikirim ke pihak pembeli, jelas-jelas rusak di perjalanan, sampai isi terbuka dan hancur dan SiCepat menolak mengganti kerusakan?

Yaya Liliana
Cianjur, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 31/12/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Yaya Liliana

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Yaya Liliana pada tanggal 31 Desember 2021 yang berjudul https://mediakonsumen.com/2021/12/31/surat-pembaca/terima-kasih-sicepat-tokopedia-surat-paket-tokopedia-terbuka-dan-pecah-dalam-pengiriman-oleh-sicepat-lalu-menolak-klaim-penggantian-sudah-tercapai-titik-damai kami menyampaikan terima kasih...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Buat pembeli yang tak tahu nama dan alamatnya: untung sicepat gak kirim ke alamat lu. Karena kepelitan si penjual, barang rusak di jalan, dan sicepat balikin deh tuh barang. Jadi lu pembeli aman.

    seandainya sicepat tetap kirim ke pembeli, pasti pembeli komplain dan ditolak sama penjual, dengan alasan : MOHON ATC BUBLE WRAP, JIKA TIDAK ATC MAKA RESIKO DITANGGUNG PEMBELI

    wkwkwkwk.... MAMP0S LU SELLER PELIT

  • Menurut saya sih, sebaiknya harga produknya diperhitungkan kembali, agar pembeli tidak perlu beli packing tambahan.
    Banyak seller takut kalah saing karena kemahalan sehingga pakai trik "bubble wrap" dan "dus" tambahan.
    Malah saya pernah dibully komentar seperti ini di grup komunitas seller. Ya saya sebagai pembeli juga akan malas beli di toko yang deskripsi produknya ada embel-embel bubble wrap dan dus tambahan, mending cari toko yang harganya udah termasuk packing. Masa mau beli produk ga termasuk packing? Itu sama kayak beli nasi padang ga pake bungkus nasinya. Ambyar dong. ?

  • Yang nama nya jualan si online...mengemas barang dengan safe termasuk service loh...ga usah ragu kasih harga lebih mahal sedikit tp service packingan nya bagus ga asal...jangan malas dan jgn pelit itu kumci sukses jualan di online....kalo malas packing dan pelit bublewrap...mending jualan di pasar malam aja...gkgkgk

  • Menurut saya itu Peking udah bagus ? dan seharusnya kurir nya lebih hati hati bawa barang nya apalagi ada tulisanfragile nya berarti itu barang mudah pecah atau rusak ??

  • Inimah pelajaran buat sellernya lah, saya juga seller hardware material besi kalo paket kita dempetan ya paket sampeyan ancur ??

  • Setau saya tanpa garansi barang memang tdk bisa di klaim, itu sudah resiko penjual... walaupun sudah jualan selama 10 thn sekalipun itu tdk menjamin, seharusnya ada chat komunikasi dgn pembeli sebelum dikirim, kalo rusak sebelum dikirim berarti ada masalah pada packing dari seller dan penanganan kurir.. jadi kalo tdk ada perjanjian garansi ya penjual tdk bisa mengklaim sepihak juga.... Kalo liat di video menurut saya itu packing yg tdk aman... Jangan pelit memggunakan bubble wrap luar dan dalam... Kalo pembeli tdk membayar biaya packing, itu resiko penjual karna tdk meng edukasi dan chat pembelinya.

  • Harusnya apabila tidak mau pakai bubble dan extra kardus. Setidaknya penjual harus melabeli packing dengan isolasi Fragile dan wrapping supaya kuat kardus packingannya.