Pelayanan Bank BCA Klaten Kurang Ramah Terhadap Penyandang Tuna Netra

Pada hari Selasa tanggal 28 Desember 2021, saya datang ke Bank BCA Klaten dengan tujuan untuk melakukan pembukaan rekening (redaksi menerima foto penulis saat di BCA Klaten -red). Saya pergi ke Bank BCA diantar oleh ibu. Alhamdulillah, sesampainya di Bank BCA Klaten saya disambut dengan ramah oleh satpam BCA.

Setelah beberapa saat menunggu, akhirnya saya dibawa menghadap ke pimpinan BCA. Kemudian saya sampaikan ke beliau tujuan saya ke Bank BCA untuk melakukan pembukaan rekening. Lalu beliau minta saya menunjukkan KTP. Setelah itu saya disuruh tandatangan. Semua sudah beres, kemudian beliau mengatakan akan menyiapkan formulir terlebih dahulu.

Setelah beberapa saat, beliau berkata dikarenakan saya seorang penyandang disabilitas masalah penglihatan, maka untuk pembukaan rekening ada petugas khusus yang menangani. Kebetulan petugasnya lagi tidak ada di tempat.

Kemudian keesokan harinya saya pun dihubungi oleh pihak dari Bank BCA Klaten. Namun dari pihak Bank BCA mengatakan bahwa saya belum bisa melakukan pembukaan rekening. Dikarenakan pejabatnya belum pulang dan ruangan khususnya masih dikunci.

Pada hari Kamis saya dihubungi kembali. Lagi-lagi saya belum bisa melakukan pembuatan rekening. Akan dilakukan uji coba terlebih dahulu katanya.

Baru hari Jumat saya dihubungi, disuruh datang pukul 09.00 untuk melakukan pembukaan rekening. Kemudian saya pun bertemu dengan pimpinan BCA inisial HN dan disuruh menunggu terlebih dahulu. Setelah agak lama menunggu, saya pun dipanggil ke ruangan pimpinan. Di sana ada 2 orang petugas yang menangani saya. Kemudian saya dibacakan pernyataan untuk pembukaan rekening.

Alangkah terkejutnya saya, karena saya tidak diberi pilihan produk tabungan rekening. Dari Bank BCA seenaknya sendiri memilihkan produk Tahapan BCA. Padahal yang saya inginkan ialah produk Tahapan Xpresi.

Setelah saya tanyakan, dari pihak BCA Klaten mengatakan bahwa atas rekomendasi pusat untuk penyandang disabilitas penglihatan direkomendasikan ke produk Tahapan BCA. Jika ingin melakukan pembukaan tabungan Tahapan Xpresi harus koordinasi lagi ke pusat. Dikarenakan saya udah males, akhirnya saya memilih mengalah.

Saya membuka rekening jenis Tahapan BCA, dengan harapan setelah rekening jadi langsung bisa menggunakan BCA mobile-nya. Eh lagi-lagi masih dipersulit juga. Rekening sudah jadi, tapi kartu ATM belum ada. Harus menunggu 7-14 hari kerja dan itu harus dikoordinasikan ke pusat, apakah saya boleh menggunakan mobile banking atau tidak.

Proses pembuatan rekening total memakan waktu 3 hari. Itu pun kartu belum jadi. Saya berpesan kepada BCA Klaten janganlah mempersulit kami para disabilitas tunanetra untuk melakukan pembukaan rekening. Perlakukanlah kami seperti nasabah pada umumnya. Kami tidak minta duit ke kalian. Malahan kami yang ngasih duit ke kalian setiap bulan seperti nasabah pada umumnya. Berikan kami kesempatan untuk menggunakan semua fasilitas yang BCA miliki termasuk BCA mobile.

Harapan saya setelah kartu ATM BCA saya terima, saya langsung bisa menggunakan BCA mobile. Tidak dipersulit lagi. Semoga surat ini bisa sampai kepada BCA cabang Klaten.

Much Aji Suseno
Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah


Update (5 Januari 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas penyelesaian masalah oleh pihak Bank BCA sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Total:61    Rata-Rata: 3.4/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Bapak Much Aji Suseno

Menanggapi keluhan Bapak Much Aji Suseno di Redaksi Media Konsumen tanggal 02 Januari 2022 dengan judul “Pelayanan Bank BCA Klaten...
Baca Selengkapnya

18 komentar untuk “Pelayanan Bank BCA Klaten Kurang Ramah Terhadap Penyandang Tuna Netra

  • 2 Januari 2022 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Menurt saya itu sudah cukup ramah. Anda belum bisa buka rekening saja dihubungi langsung oleh bca. Dan mungkin bank cukup berhati2 agar tidak jadi masalah di kemudian hari. Misal kartu atm dan bca mobile anda disalahgunakan orang lain, dll. Mungkin untuk perbandingan anda buka rekening di bank lain.

    17
    7
    • 3 Januari 2022 - (08:01 WIB)
      Permalink

      Kalau untuk rekening bank lain saya udah punya. Dari bank digital jago dan jenius. Bahkan itu rekening atas nama saya sendiri.
      Ketika saya melakukan pembuatan rekening pada 2 bank diatas mereka tidak mempersulit. Bahkan mereka memperlakukan saya seperti nasabah pada umumnya.
      Dan sampai sekarang rekening saya masih baik-baik aja. Belum ada permasalahan. Untuk data rekening seperti pin, sandi ya hanya aku sendiri yang tau

      7
      4
      • 3 Januari 2022 - (12:03 WIB)
        Permalink

        repot juga, maaf ya, tapi kadang saya bingung menghadapi penyandang disabilitas

        sebagai penyandang disabilitas itu, apakah hendak nya diperlakukan spesial, atau hendak diperlakukan sebagai orang normal?

        kadang serba salah juga, kalau diperlakukan spesial kesannya merendahkan dan menganggap “beda kelas” dengan orang normal

        kalau diperlakukan sebagai orang normal, kesannya menggampangkan kondisi si penyandang disabilitas

        3
        5
        • 3 Januari 2022 - (19:40 WIB)
          Permalink

          Kalau menurut saya ya bang. Ini saya berbicara dari sudut pandang disabilitas. Perlakukanlah penyandang disabilitas layaknya orang pada umumnya. Biar lebih bisa mandiri tidak bergantung kepada orang lain.
          Jangan terlalu dispesialkan. Tidak menyespesialkan bukan berarti menggampangkan disabilitas. Kalau terlalu dispesialkan entar tidak bisa mandiri dan suka merendahkan orang lain. Baik merendahkan sesama disabilitas ataupun non disabilitas.
          Terus kalau si disabilitas benar-benar membutuhkan bantuan dari non disabilitas bagaimana? Kalau anda bisa dan mau silakan di bantu. Usahakan ikhlas kalau ingin membantu penyandang disabilitas. Jangan hanya karena kasihan belaka.
          Saya berpesan kepada pembaca mediakonsumen.com jika kalian bertemu penyandang disabel yang berprofesi sebagai pengemis jangan dikasih. Agar tidak menjadi pemalas

  • 2 Januari 2022 - (10:13 WIB)
    Permalink

    Maaf banget ya bang kalau dari ceritanya itu pihak bank sudah sangat ramah sekali banget malah. Maaf bukan meremehkan Abang tapi hanya demi satu nasabah mereka rela berlarut buat pengurusan yg lebih ribet dari biasanya. Soal tidak bisa pilih tahapannexpresi mungkin dikarenakan tahapan expresi full digital Tampa ada buku tabungan takutnya terjadi masalah dikemudian hari. Soal ATM yg belum bisa langsung jadi mingkin saja ATM nya memang khusus dan kebetulan pihak cabang belum ada stock

    12
    2
    • 3 Januari 2022 - (08:07 WIB)
      Permalink

      Lha saya itu untuk menglola rekening mudah lewat mobile banking j bang. Soalnya yang nglola saya langsung dari handphone. Kalau buku tabungan kan yang nglola orang lain. Apa malah tidak beresiko lebih tinggi untuk kebocoran data saya?

    • 2 Januari 2022 - (18:34 WIB)
      Permalink

      Maaf Mas, kalau anda katakan kurang ramah, berarti prosedur pelayanan yang anda terima berbeda dengan Bank lain, kenapa tidak diceritakan sebagai pembanding?
      Karena menurut saya tiap Bank punya SOP masing-masing untuk kasus kasus khusus, dan melihat prosedur yang dijalankan sudah sangat baik dan lebih mempertimbangkan kemudahan dan sudah preventif menghindari kemungkinan kendala di kemudian hari mengingat kondisi yang berbeda.
      Ini saja yang ingin saya katakan: pilihan bank anda sudah tepat, seperti saya mempercayai bank ini.
      Terimakasih

      7
      2
  • 2 Januari 2022 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Maaf ya,sependek pengetahuan saya sih Mobile Banking masih ditujukan untuk orang berpenglihatan normal…..bisa jadi pihak BCA takut mobile banking anda itu disalahgunakan orang lain yang bisa menjatuhkan reputasi BCA…..intinya BCA harus memastikan safety (keamanan) rekening anda selaku penyandang disabilitas netra

    • 3 Januari 2022 - (08:29 WIB)
      Permalink

      Kata siapa? Kok anda bisa berkomentar seperti ini.
      Untuk tunanetra sendiri udah bisa menggunakan mobile banking dengan bantuan pembaca layar yang terdapat di menu aksesibilitas di handphone Android. Dan itu malah lebih aman. Karena untuk data rekening hanya nasabah yang bersangkutan dan pihak bank yang mengetahuinya.
      Mengenai kebijakan pembukaan rekening bca untuk disabilitas sebenarnya dari bca pusat udah memperbolehkan.
      Kalau anda tidak percaya dan kalau Anda mau bisa mencari informasi tersebut ke twitter bca atau brosing ke Google

      5
      2
      • 3 Januari 2022 - (08:37 WIB)
        Permalink

        Saya tahu kok sekarang ada software pembaca suaranya….Masalahnya apakah SAFETY (KEAMANAN) PASTI TERJAMIN ???? Gak segampang itu Mas….makanya saya yakin BCA itu harus sangat EKSTRA HATI-HATI

  • 3 Januari 2022 - (00:25 WIB)
    Permalink

    Untuk BCA ini harus dijadikan learning point di mana ke depannya customer experience terutama bagi penyandang disabilitas bisa diperbaiki. Semoga ke depannya semua bank di Indonesia bisa memberikan tingkat layanan yang setara bagi semua tipe konsumen mau mereka memiliki disabilitas atau tidak.

    It’s 2022, about time that Indonesia starts to really pay better attention on accessibility.

    • 3 Januari 2022 - (08:32 WIB)
      Permalink

      Aamiin bank. Ini baru komentar yang bijak. Tidak menggurui tanpa dasar yang jelas

      3
      1
    • 9 Januari 2022 - (15:42 WIB)
      Permalink

      Halo Pak Aji, ini sepengetahuan saya ya, mengapa Bapak menunggu sampai semingu atau lebih untuk kartu itu karena Bapak akan di cetak kan kartu konven, atau kartu yang ada nama nya timbul di kartu bukan kartu instan yang sudah ada di stok cabang, dan mengenal mobile BCA sudah pasti ada ketentuannya Pak, terkait tindakan preventif saja karena Bapak adalah nasabah special. Oh iya kenapa Bapak di buatkan Tahapan karena Xpresi setau saja kartu nya belum ada yang timbul nama nya (atau biasa di sebut kartu konvensional) ini supaya Bapak bisa dengan mudah mengetahui kartu Bapak melalui cetakan nama yang timbul Pak.

      • 14 Januari 2022 - (07:30 WIB)
        Permalink

        Silakan anda baca klarifikasi yg saya muat di media konsumen pada tanggal 5 Januari kemarin.
        Alhamdulillah dari /pihak BCA Klaten akhirnya memperbolehkan saya memiliki rekening tabungan jenis tahapan xpresi

  • 3 Januari 2022 - (02:56 WIB)
    Permalink

    Ini sih komentar bakal gak dibaca dan dibalas sama penulis. Jadi sia sia aja deh komentar.

    2
    2

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Bank BCA Klaten Kurang Ramah Terhadap Penyandang Tuna Netra…

oleh much aji suseno dibaca dalam: 2 menit
18