Surat Pembaca

Shopee Kurang Menghargai Waktu Pembeli

Saya sudah lama install aplikasi Shopee. Namun memang untuk belanja rutin menggunakan marketplace T*k*pedia. Baru-baru ini saya mencoba belanja melalui Shopee. Namun sungguh di luar dugaan, waktu proses di Shopee sangat lama, penjual diberikan waktu proses kirim pesanan hingga 5 hari kalender.

Pada tanggal 02 Januari 2022, saya belanja karpet bulu dengan nomor pesanan 220102Q8F7Y46V. Saya butuh barang tersebut segera, tapi penjual sangat lambat merespons pesanan saya. Saya cek berkala hingga tanggal 5 Januari 2022, tetap juga belum dikirim. Padahal sudah ada nomor resi muncul, tapi penjual belum juga menyerahkan pesanan ke pihak kurir.

Karena merasa cukup lama pesanan tidak dikirim, maka saya berinisiatif menghubungi CS Shopee. CS Shopee hanya menyarankan saya menunggu hingga estimasi akhir tanggal 7 Januari 2022, jika tidak dikirim maka transaksi batal otomatis. Akhirnya setelah saya hubungi berulang penjual melalui chat Shopee, pesanan saya dibatalkan. Saya harus order ulang dan menunggu estimasi proses dari awal kembali.

Pada 09 Januari 2022, saya kembali bertransaksi dengan nomor pesanan : 220109CKQ78WYA. Lagi-lagi kendala serupa terulang kembali. Saya pantau pesanan saya dari tanggal 09 Januari 2022 hingga 13 Januari 2022 statusnya masih dikemas. Saya chat penjual tidak direspon, padahal sedang online.

Karena tidak direspon penjual, saya menghubungi CS Shopee (terhubung dengan CS Deo). Saya berharap dapat solusi atas kendala pesanan yang tidak kunjung dikirim atau setidaknya CS bisa bantu hubungi penjual untuk respon chat Saya. CS Deo justru hanya menginfokan jika transaksi akan batal otomatis hari ini, jika penjual tidak juga mengirimkan pesanannya. CS Deo menutup tiket pelaporan saya secara sepihak, padahal chat saya dengan dia masih berjalan.

Saya lapor CS Shopee tidak mendapat solusi, transaksi saya tetap batal dan saya harus ulang proses pesanan. Sungguh mengecewakan, sudah menunggu 5 hari transaksi juga batal, mau ulang transaksi kembali kalau ujung-ujungnya menunggu lagi 5 hari lagi dan batal lagi, hal tersebut hanya membuang-buang waktu saja.

Terus terang ini pengalaman buruk bertransaksi online. Sebelumnya di marketplace lain tidak pernah mengalami hal semacam ini. CS pun tidak ada effort lebih untuk membantu kendala pengguna, menutup komplain sebelum pengguna selesai mengutarakan kendalanya.

Semoga surat pembaca ini bisa dibaca oleh pihak yang bersangkutan dan bisa dijadikan bahan evaluasi. Sementara saya pakai Shopee hanya untuk pesan makanan saja (ShopeeFood), untuk transaksi beli barang, sorry to say sudah kapok. Terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah memuat surat pembaca ini.

Salam.

Wahyudi
Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sabarlah, antri packing, untuk produk best seller biasanya banyak yg beli, orderan menumpuk, di Shopee tunggu paling lambat waktu batas pengemasan 3 hari untuk dikirim, jika lewat akan dibatalkan otomatis, kecuali saat event tanggal kembar masa pengemasan lebih lama tambah 1 hari, saran kalau pingin cepat cari seller pengiriman satu provinsi, di filter kan ada pencarian produk berdasarkan lokasi, gak relevan kalau menyalahkan Shopee nya,

  • Saya selama ini belanja di Shopee tidak ada kendala. Cari yang Star Seller saja atau Official Store kak. Sama cek last online.
    Waktu penyiapan barang ini dari seller yang menentukan sepertinya. Apalagi kalo ada logo Preorder bisa 7 hari atau 14 hari.

  • Shopee hanya perantara dan punya sistem sendiri, jangan shopee yg di judge tapi penjualnyanya, dan disini pembelinya pun salah uda jelas pertama dibatalkan dan penjualnya tidak respons masih mau belanja lagi, dan membuat CERPEN seperti ini dengan title ada Shopee nya. Dari pertama saya pakai shopee sampai sekarang semua berjalan lancar dan jaya.

  • Pastikan jika ingin belanja, pesanan kamu tidak pre-order. Karna untuk pre-order atau barang yg custom memang butuh waktu pengemasan lebih lama. Dan mohon untuk cek review di toko penjual, kadang penjual juga banyak yg pesan di tokonya, perlu packing supaya barang di kemas dengan baik dan sebisa mungkin tidak ada komplain dari pembeli. Terimakasih:)

  • saya pembeli juga sekaligus penjual di shopee sebenernya yang lama itu kurir yang ngambil pesenan apalagi kalau j&t kalau pesanan hari jum at diatas jam 12 maka baru di ambil besoknya tapi hari sabtu - minggu kurir jemput nya libur jadi harus nunggu sampai senin itu pun kalau ngak banyak yang harus di ambil apalagi dikota2 besar dan banyaknya yang harus di angkut jadi solusinya biasanya kuarahkan pembeli untuk ke jasa kurir lain

  • Itu tergantung kesediaan dan kerja orang masing", anda harus bisa memahami keadaan bila mana belum dikirim mungkin saja sedang ada kendala dari suatu pihak yang bersangkutan..!

    Sabar kalo belanja online,, mau cepet tinggal cari dikota terdekat.!