Shopee Kurang Menghargai Waktu Pembeli

Saya sudah lama install aplikasi Shopee. Namun memang untuk belanja rutin menggunakan marketplace T*k*pedia. Baru-baru ini saya mencoba belanja melalui Shopee. Namun sungguh di luar dugaan, waktu proses di Shopee sangat lama, penjual diberikan waktu proses kirim pesanan hingga 5 hari kalender.

Pada tanggal 02 Januari 2022, saya belanja karpet bulu dengan nomor pesanan 220102Q8F7Y46V. Saya butuh barang tersebut segera, tapi penjual sangat lambat merespons pesanan saya. Saya cek berkala hingga tanggal 5 Januari 2022, tetap juga belum dikirim. Padahal sudah ada nomor resi muncul, tapi penjual belum juga menyerahkan pesanan ke pihak kurir.

Karena merasa cukup lama pesanan tidak dikirim, maka saya berinisiatif menghubungi CS Shopee. CS Shopee hanya menyarankan saya menunggu hingga estimasi akhir tanggal 7 Januari 2022, jika tidak dikirim maka transaksi batal otomatis. Akhirnya setelah saya hubungi berulang penjual melalui chat Shopee, pesanan saya dibatalkan. Saya harus order ulang dan menunggu estimasi proses dari awal kembali.

Pada 09 Januari 2022, saya kembali bertransaksi dengan nomor pesanan : 220109CKQ78WYA. Lagi-lagi kendala serupa terulang kembali. Saya pantau pesanan saya dari tanggal 09 Januari 2022 hingga 13 Januari 2022 statusnya masih dikemas. Saya chat penjual tidak direspon, padahal sedang online.

Karena tidak direspon penjual, saya menghubungi CS Shopee (terhubung dengan CS Deo). Saya berharap dapat solusi atas kendala pesanan yang tidak kunjung dikirim atau setidaknya CS bisa bantu hubungi penjual untuk respon chat Saya. CS Deo justru hanya menginfokan jika transaksi akan batal otomatis hari ini, jika penjual tidak juga mengirimkan pesanannya. CS Deo menutup tiket pelaporan saya secara sepihak, padahal chat saya dengan dia masih berjalan.

Saya lapor CS Shopee tidak mendapat solusi, transaksi saya tetap batal dan saya harus ulang proses pesanan. Sungguh mengecewakan, sudah menunggu 5 hari transaksi juga batal, mau ulang transaksi kembali kalau ujung-ujungnya menunggu lagi 5 hari lagi dan batal lagi, hal tersebut hanya membuang-buang waktu saja.

Terus terang ini pengalaman buruk bertransaksi online. Sebelumnya di marketplace lain tidak pernah mengalami hal semacam ini. CS pun tidak ada effort lebih untuk membantu kendala pengguna, menutup komplain sebelum pengguna selesai mengutarakan kendalanya.

Semoga surat pembaca ini bisa dibaca oleh pihak yang bersangkutan dan bisa dijadikan bahan evaluasi. Sementara saya pakai Shopee hanya untuk pesan makanan saja (ShopeeFood), untuk transaksi beli barang, sorry to say sudah kapok. Terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah memuat surat pembaca ini.

Salam.

Wahyudi
Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:93    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Shopee Kurang Menghargai Waktu Pembeli

  • 14 Januari 2022 - (12:17 WIB)
    Permalink

    kalo menurut saya itu adalah kesalahan pembeli dalam memilih sellernya. marketplace telah menetapkan sistem dimana pesanan dalam waktu berapa hari akan expired jika tidak direspon, tidak bisa seenaknya komplain CS oleh pembeli terus langsung dibatalkan begitu saja. begitu melakukan pesanan di suatu marketplace berarti menyetujui aturan.sistem yang berlaku disana. mungkin lain kali chat penjual dulu sebelum order,jika tdk ada respon jangan diorder

    41
    9
      • 17 Januari 2022 - (08:22 WIB)
        Permalink

        [Kendala ini sudah dibantu selesaikan dengan baik oleh Tim Shopee, kedepannya sebelum belanja Saya seleksi dulu pihak Tokonya.]

        sudah dikonfirmasi oleh TS bahwa beliau kurang seleksi memilih seller

  • 14 Januari 2022 - (12:28 WIB)
    Permalink

    saya sangat setuju, ada yang komen menyalahkan pembelinya salah pilih seller, yang masalah adalah policy dari shopee nya sendiri yang tidak memberi insentif yang cukup bagi seller untuk harus merespon pada pembeli

    5
    7
  • 14 Januari 2022 - (12:32 WIB)
    Permalink

    Yang batalin kan penjual, ngapain nyalahin yang beli. Chat ga direspon juga ama penjual.
    Udah pak beli di Tokped aja, kalau bisa yang sekota kalau urgent pke Gosend. Voucher Gosend habis ? Gampang kok, ketik GOSEND (huruf besar semua ya) dikolom voucher. Pembelian minimal 30ribu aja udah gratis ongkir 20rbu, seminggu dapat kuota 4-12 voucher tergantung level ya. Manual masukin vouchernya, jadi ini jarang yang tahu 🤭

    24
    4
  • 14 Januari 2022 - (16:28 WIB)
    Permalink

    Kalau mau cepat biasanya saya cari yang satu kota dan pengiriman pake gosend/grab sameday. Jadi ada batas waktu 1×24 saja dan akan otomatis batal.

    Yang begini policy shopee udah jelas. Ada masa garansi juga. Coba cari seller lain yang reviewnya bagus. Jangan hanya cari yang murah, ngasih promo tapi kurang bagus reputasinya.

    11
  • 14 Januari 2022 - (16:53 WIB)
    Permalink

    Masing2 market place ada aturannya. Di shopee memang lebih lama batas waktu pengirimannya di banding di toped. Tapi selama ini pesanan saya rata2 2 hari setelah proses pembayaran itu terkirim baik di toped maupun di shopee, walau untuk product2 mahal seperti iphone, hp, laptop dll saya lebih banyak beli di toped di banding di shopee sebab di toped pembayaran apapun tetap dapat free ongkir & cash back yg besar berupa potongan harga or gopay coin ( dlu ovo point ). Di shopee jika mau free ongkir harus bayar pakai shopepay

    Untuk pembelian banyak saya lebih sering di blibli sebab free ongkir,. Kalau di toped or shopee makin banyak beli, makin mahal free ongkir.

    Kalau barang2 besar seperti kulkas, mesin cuci, tv dll saya lebih sering beli di jd.id sebab free ongkir walau barangnya besar & berat selain kualitas di jamin orin serta pengiriman cepat ( 2 hari sampai walau barang besar & berat )

    16
  • 14 Januari 2022 - (19:22 WIB)
    Permalink

    Sudah tahu pesanan dibatalkan satu kali. kenapa diulang lagi kedua kali. Itu tandanya tidak aklif. Lihat di satus. Apakah dia online atau sudah beberapa hari tidak online/aktif. Kalau saya cari aja di seller lain yang masih banyak

  • 14 Januari 2022 - (19:57 WIB)
    Permalink

    udah enak di toped, eh malah coba2 ai sompret 😂
    saya aja pake toped aja, udah cepet, dan puas….. marketplace lain kaga instal … lgan enak toped terhubung ke paylater gojek saya dan gojek driver juga

    2
    3
  • 14 Januari 2022 - (23:50 WIB)
    Permalink

    TS baru belanja onlen apa gmn, kalo gak direspon sama seller terus batal ngapain diulang lagi tandanya seller gak mau terima order, solusinya cari seller lain yang fast response

  • 15 Januari 2022 - (00:30 WIB)
    Permalink

    Terima kasih buat teman teman yang sudah komentar di surat pembaca saya, Terima kasih juga kepada Mediakonsumen yang telah mau memuat keluhan Saya. Saya sudah dihubungi oleh Tim Shopee secara langsung dijelaskan terkait kendala yang dialami. Kendala ini sudah dibantu selesaikan dengan baik oleh Tim Shopee, kedepannya sebelum belanja Saya seleksi dulu pihak Tokonya. Sukses dan selalu semuanya 🙂

    3
    2
    • 15 Januari 2022 - (05:28 WIB)
      Permalink

      Kapok pakai shopee… Mending pake tokped
      Pernah coba order di shopee dan tokped dengan seller yg sama official store pula, dan terbukti.. dari mulai pengemasan, pengiriman lebih cepat dari tokped.

      1
      3
  • 15 Januari 2022 - (03:44 WIB)
    Permalink

    Waduh pak, sabar dulu pak, kan bapak baru pertama beli nih di Shopee. Lain kali cek tokonya, kalau toko besar wajar lama prosesnya. 1 toko besar bisa aja sehari order masuk 500++ nah semuanya sesuai antrian, apalagi itu karpet ngemasnya pasti ribet. Kalau belanja online ga sabaran mending offline aja. Beda marketplace beda aturan. Coba bapak belanja di peak season alias tanggal kembar, malah sabarnya kudu dobel, sesama kota pun bisa jadi berhati-hari masa kemasnya. Semua tergantung belinya di kang jual yang mana. Jadi lebih jeli aja pilihnya.

  • 15 Januari 2022 - (05:58 WIB)
    Permalink

    Sabarlah, antri packing, untuk produk best seller biasanya banyak yg beli, orderan menumpuk, di Shopee tunggu paling lambat waktu batas pengemasan 3 hari untuk dikirim, jika lewat akan dibatalkan otomatis, kecuali saat event tanggal kembar masa pengemasan lebih lama tambah 1 hari, saran kalau pingin cepat cari seller pengiriman satu provinsi, di filter kan ada pencarian produk berdasarkan lokasi, gak relevan kalau menyalahkan Shopee nya,

  • 15 Januari 2022 - (13:41 WIB)
    Permalink

    Saya selama ini belanja di Shopee tidak ada kendala. Cari yang Star Seller saja atau Official Store kak. Sama cek last online.
    Waktu penyiapan barang ini dari seller yang menentukan sepertinya. Apalagi kalo ada logo Preorder bisa 7 hari atau 14 hari.

    3
    1
  • 15 Januari 2022 - (15:15 WIB)
    Permalink

    Shopee hanya perantara dan punya sistem sendiri, jangan shopee yg di judge tapi penjualnyanya, dan disini pembelinya pun salah uda jelas pertama dibatalkan dan penjualnya tidak respons masih mau belanja lagi, dan membuat CERPEN seperti ini dengan title ada Shopee nya. Dari pertama saya pakai shopee sampai sekarang semua berjalan lancar dan jaya.

  • 15 Januari 2022 - (19:15 WIB)
    Permalink

    Pastikan jika ingin belanja, pesanan kamu tidak pre-order. Karna untuk pre-order atau barang yg custom memang butuh waktu pengemasan lebih lama. Dan mohon untuk cek review di toko penjual, kadang penjual juga banyak yg pesan di tokonya, perlu packing supaya barang di kemas dengan baik dan sebisa mungkin tidak ada komplain dari pembeli. Terimakasih:)

  • 17 Januari 2022 - (01:36 WIB)
    Permalink

    saya pembeli juga sekaligus penjual di shopee sebenernya yang lama itu kurir yang ngambil pesenan apalagi kalau j&t kalau pesanan hari jum at diatas jam 12 maka baru di ambil besoknya tapi hari sabtu – minggu kurir jemput nya libur jadi harus nunggu sampai senin itu pun kalau ngak banyak yang harus di ambil apalagi dikota2 besar dan banyaknya yang harus di angkut jadi solusinya biasanya kuarahkan pembeli untuk ke jasa kurir lain

  • 17 Januari 2022 - (07:48 WIB)
    Permalink

    Itu tergantung kesediaan dan kerja orang masing”, anda harus bisa memahami keadaan bila mana belum dikirim mungkin saja sedang ada kendala dari suatu pihak yang bersangkutan..!

    Sabar kalo belanja online,, mau cepet tinggal cari dikota terdekat.!

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Shopee Kurang Menghargai Waktu Pembeli

oleh wahyu29 dibaca dalam: 2 menit
19