Surat Pembaca

Masalah Top Up Saldo DANA Menggunakan PayPal

Kepada Yth.
Redaksi Media Konsumen.
Di Tempat

Perihal: Top Up Saldo Yang Belum Diterima Sejak 6 Januari 2022, Uang Tidak Diterima atau Dikembalikan

Pada tanggal 6 Januari 2022, tepatnya pukul 18.03.00 WIB, saya melakukan transaksi isi saldo ke nomor Virtual Account (VA) PT. Bank Permata TBK yang disediakan oleh aplikasi DANA melalui akun PayPal saya (*********.*****ial@gmail.com) dengan nominal Rp11.409.677 IDR atau setara dengan $821,35 USD, akan tetapi tidak masuk sama sekali ataupun dikembalikan.

Nominal yang ditransfer tersebut bukan nominal kecil, sehingga keprofesionalitasan dari pihak DANA semestinya dapat dipertanggungjawabkan, bukan sebaliknya.

Adapun nomor VA punya saya berakhiran 1984. Segala bukti transfer sudah saya serahkan kepada pihak DANA melalui e-mail. Namun hingga saat ini, uang tersebut belum masuk ke akun DANA saya ataupun dikembalikan ke akun PayPal saya.

Saya sudah berkali-kali menghubungi pihak DANA melalui fitur aplikasi Resolution Center sejak 10 Januari 2022, pukul 10.33 WIB. Bahkan melampirkan segala bentuk bukti transfer dan transaksi. Tapi tetap saja belum ada tindak lanjut dari pihak DANA.

Saya sudah memberitahukan pihak PayPal terkait perihal saya belum menerima uang ke VA PT. Bank Permata yang disediakan oleh DANA. Bahkan dari pihak PayPal telah memberitahu bahwa uang tersebut telah berhasil ditransfer ke nomor VA PT. Bank Permata TBK yang disediakan dalam aplikasi DANA dengan akhiran nomor VA 1984.

Pihak PayPal juga memberitahu saya bahwa jika terjadi kegagalan atau kesalahan dan tidak menerima uang ke VA PT. Bank Permata TBK yang disediakan oleh DANA tersebut, semestinya uang tersebut dikembalikan ke dalam saldo Paypal. Akan tetapi hingga saat ini tidak ada sedikit pun uang yang kembali ke saldo PayPal. Hingga saat ini pihak Paypal juga menunggu kebijakan dan informasi dari DANA.

Saya telah bertanya kepada pihak PT. Bank Permata TBK. Kemudian pihak PT. Bank Permata TBK memberitahukan bahwa terkait hal ini, saya harus menghubungi penyedia VA tersebut, yakni pihak DANA. Saya bahkan berkali-kali menghubungi pihak Bank Permata, mereka selalu bilang bahwa hal itu harus diselesaikan sendiri oleh DANA. Saya juga sangat kecewa dengan pelayanan Bank Permata, kenapa Bank besar seperti itu tidak profesional dan membantu dalam penyelesaian perkara seperti ini?

Saya sangat meminta tolong akan pertanggung jawaban dari pihak DANA. Saya kecewa karena pihak DANA terlalu mengulur waktu mengatasi keluhan yang disampaikan oleh saya selaku konsumen.

Mohon segera atasi keluhan saya yang terlampir dalam e-mail (*********.*****ial@gmail.com) dengan ID Tiket Pelaporan: 12257661. Saya menunggu kebijakan dan itikad baik dari pihak DANA. Saya sangat meminta tolong untuk menyelesaikan perkara ini.

Ahmad Yani
Selakau, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Bapak Yani

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Yani di Media Konsumen, “Masalah Top Up Saldo...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Lagian tarik dananya bukan ke Bank malah ke Ewallet. Melebihi limit lagi. Bakal ruwet permasalahannya.

  • saya juga pernah mengalami hal yg sama
    buktinya masih ada
    transfer 1.6 jt.an dari peyekpal ke be.c.a
    yg akhirnya cman saling lempar omongan antara peyekpal yg mengklaim sudah kirim. dan be.c.a yg mengklaim belum terima transferan.
    lalu lempar lagi ke o.j.ka yg mengklaim ga pnya solusi...wkwkwk
    yg akhirnya ga ad refund...
    ntah kemana tu duit...
    akhir kata...wow amaaaazzzjjjiiiiiing.....

    • Salah elunya bro ,kenapa gak ke rekening bank aja,udah tau nominal gede , Konsekuensi nya kalo narik jumlah gede ke E-wallet repot kalo ada masalah transaksi,

  • Hmm, ini gak bakalan masuk ke dana sih, karena ewallet dana balance maximal itu 10 juta, pernah nih kejadian di MK juga. Kenapa gak ke rekening aja sih? Kan ewallet itu ada batasan saldo balancenya. Kalau gini siapa yang disalahkan coba? Btw kalau mau berurusan sama CS Dana siap²in aja kesabaran ya pak. Karena yang balas pasti robot bukan real cs? telpon cs pun bakal sulit

  • Mencurigakan, harusnya dari pp wd ke bank dulu baru top up ke dana. Modus baru fraudster nih tarik ke ewallet supaya ngga kedetect, lewat bank kycnya jelas soalnya

  • Bagi yang mungkin tidak dapat memberikan saran atau tidak tahu menahu mengenai kasus ini, mungkin cukup simak dan tidak spekulasi itu ini.

    Yang jelas semua bukti transaksi, chat antara pihak Paypal, DANA, maupun Permata Bank, semuanya sudah saya amankan.

    Saya memindahkan uang dari Paypal ke E-Wallet DANA karena ada kepentingan bisnis, karena saya yang baru pertama kali menggunakan DANA, jadi tidak mengetahui pasti terkait rincian batas maksimal isi saldo DANA. Saya pengguna DANA Premium, namun di situ tertera keterangan "Kamu masih bisa menambah saldo hingga Rp 20.000.000 bulan ini".

    Jelas di situ keterangannya berarti saya masih dapat menambahkan saldo, sekalipun sebesar sebelas jutaan.

    Saat ini kasus saya sudah dikategorikan pihak DANA kepersoalan "Exceed Balance Limit" dan lagi proses pengembalian uang dari pihak DANA ke rekening saya. Pihak DANA menginformasikan bahwa prosesnya butuh waktu 7 hari sejak tanggal 15 Januari 2022. Jadi saya masih menunggu proses tersebut. Semoga saja pihak DANA dapat segera menyelesaikan perkara ini. Jika tidak, maka dengan berat hati saya bawa kasus ini ke ranah hukum secara langsung menuju lokasi kantor DANA. Sekian informasi lanjutan dari saya. Semoga yang mengalami hal ini juga, bisa mengatasinya dengan pihak DANA secara baik dan benar, meski saat ini saya masih menunggu kelanjutan pihak DANA.

    • Syukur lah kalo udah beres urusan nya om!. Soal saldo 20jt itu perbulan om, jadi setor tarik berkali-kali hingga akumulasi uang yang masuk maksimal 20jt PERBULAN. Jadi bukan berarti bisa diisi saldo 20jt dalam satu waktu. Tetep saja saldo MAKSIMAL setiap saatnya adalah 10jt.

      • Baik terima kasih atas masukannya. Saya baru pertama kali melakukan pekerjaan bisnis dengan DANA. Tapi semuanya sudah diatasi oleh CS Dana. Uang sudah saya terima sesuai dengan nominal yang ada. Terima kasih.

  • Saya ingin menginformasikan bahwa kasus ini sudah selesai, pihak DANA sudah mengembalikan uang sesuai nominal terkait ke rekening saya dengan aman dan terkendala.

    Terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu, termasuk kepada Media Konsumen.

    Sekian Informasi dari saya, terima kasih DANA dan MEDIA KONSUMEN.

    • Halo bang, persis sama kaya yg saya alami, saya menarik saldo Paypal di hari Minggu kemarin tgl 1 jam 1 dini hari, tapi hari Senin tgl 2 belum masuk rekening dana saya, padahal status Paypal sudah sukses mentransfer ke permata yg di sediakan dana. Saya sudah beberapa kali bahkan lebih dari 4x WD dari Paypal ke dana, biasa lakukan WD hari Minggu, Senin jam 10 Paagi paling lama sudah landing dananya. Tapi kali ini belum, btw itu berapa lama kemarin nyelesain nya bang ? Makasih

  • mau ngetawain tp kasian ?...

    ada yg mudah di transfer ke rekening bank Lokal, ngapain juga nyari yg ribet ke Virtual akun E-wallet...

    kalau takut kena admin bulanan buka ajah rekenin
    g di Bank Digital, banyak kok yang bebas biaya Admin bulanan ????

    • Makanye baca dlu semua komenan kenape si TS milih transfer ke e-wallet dana dri pada ke rekening pribadi,. jgn tiba2 nimbrung kyk orang oon sok tau.. ?

      • karena baca komenan jadi kasian ?*****...

        apalagi mikir maksimal transaksi Dana 20 jt/ bln = maksimal Saldo...

        gw cmn nggk hbis pikir duit sebanyak itu kenapa kepikiran masukin ke E-wallet dulu... ngeribetin diri sendiri

        toh ujung ujungnya kalau mau tarik tunai harus d tf ke rekening pribadi

  • Bang Ahmad, ini saya jg sedang mengalaminya.. kira2 cara abang bilang ke Dana Care nya gimana ya supaya bisa dijadikan kepersoalan “Exceed Balance Limit” ?
    bisa tolong bantuan nya bang?