Pengalaman Buruk dengan ISP Winet Media

Berawal dari berakhirnya ISP Indosat GIG yang sudah bertahun-tahun saya gunakan, akhirnya saya memutuskan menggunakan ISP Winet Media. Karena di tempat tinggal saya hanya ada sedikit pilihan ISP dari pengelola tempat tinggal saya.

Dulu saya menggunakan Indosat GIG dengan speed 20 Mbps, kualitas jaringan sangat stabil jarang sekali bermasalah dan kendala biasanya 1-2 hari sudah normal. Jadi kali ini saya mengambil ISP Winet Media paket 50 Mbps dengan harapan speed-nya yang bisa diandalkan, setidaknya sama/lebih baik dari Indosat GIG.

2 bulan awal pemakaian speed-nya sangat baik sesuai paket dan tidak ada masalah. Namun bulan ke 3 tiba-tiba speed-nya drop dari 50 Mbps menjadi 1-5 Mbps. Akhirnya saya melaporkan ke CS. Namun sudah lebih dari 1 minggu lebih ternyata speed-nya tetap 1-5 Mbps. Jelas ini berbeda jauh dengan 50Mbps yang dijanjikan.

Jelas ini mengganggu kegiatan sehari-hari, hanya sekedar browsing Youtube/cek email/mengelola marketplace menjadi terhambat. Kebetulan saya juga seller di berbagai marketplace, hanya untuk print orderan saja kadang bukanya sangat lama.

Singkat cerita saya tanyain kembali CS-nya. CS-nya malah mengatakan karena router Wi-Fi dari WINET di-jumper ke Wi-Fi TENDA (milik saya). Jelas ini mengada-ada, karena tidak ada aturan tidak boleh Wi-Fi router disambung router lain.

Saya memasang router milik sendiri via LAN, karena router Wi-Fi bawaan Winet Media frekuensi N (2.4 Ghz), sedang HP saya semua pakai 5 GHz. Bahkan pemasangan sambungan router to router oleh teknisi Winet Media sendiri waktu pertama pasang. Padahal kita bukan mencuri jaringan Wi-Fi orang lain, tetapi membagi jaringan Wi-Fi sendiri. Saya mencoba HP koneksi ke Wi-Fi bawaan Winet Media, hasilnya sama saja dibatasi speed-nya.

CS respons menjawab bisa-bisa berhari-hari dan banyak tidak membalas apa-apa kembali. Terakhir selalu suruh tes pakai Speedtest.

Akhirnya saya curiga trik Winet Media adalah membuka speed normal kalau kita mengakses Speedtest. Namun bila kita mengakses yang lain langsung dibatasi. Saya mencoba test dengan tool lain seperti fast.com, buka Youtube, install speed monitor, mencoba download file dari website umum, memang speed-nya hanya mentok di 1-5 Mbps. Sedangkan kalo saya tes Speedtest, memang mencapai 50 Mbps. Trik kotor WINET ini saya sudah dokumentasikan secara live.

Silakan lihat tes speed Winet Media 2022 (via kabel LAN supaya stabil):

Di sini memang terlihat Winet Media sengaja membatasi speed pelanggan, bahkan CS-nya sampai hari tidak menjawab pertanyaan dan memberikan solusi. Seolah-olah lepas tanggung jawab. Padahal kita membayar ratusan ribu bukan uang yang sedikit, apalagi di jaman susah seperti ini. Hal ini membuat kerjaan terganggu, sehingga saya harus menggunakan provider dari HP.

Saya harap pengalaman saya bisa menjadi pelajaran buat yang lain. Untungnya saya tidak tergiur membayar 1 tahun/beberapa bulan sekaligus. Tidak ada itikad baik untuk penyelesaian dari Winet Media. Cukup sudah menggunakan ISP buruk ini.

Ester Septiani
ID Pelanggan WINET: 0010-0800
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Winet Media:
[Total:6    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Winet Media?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Pengalaman Buruk dengan ISP Winet Media

oleh Ester dibaca dalam: 2 menit
0