Shopee Seenaknya Menghubungi yang Bukan Kontak Darurat

Yth. Shopee,

Saya menulis surat ini, karena pihak Shopee tidak menyelesaikan komplain saya, yaitu soal Tim Penagihan yang seenaknya mengakses data kontak saya untuk dihubungi. Padahal kontak-kontak tersebut tidak saya cantumkan di aplikasi Shopee.

Cerita bermula, saat saya telat beberapa hari dalam membayar tagihan Shopee SPayLater bulan Januari 2022, yang jatuh temponya pada bulan Februari 2022. Dikarenakan keuangan saya kolaps, ditambah saya harus kontrol mingguan ke dokter yang cukup menguras kantong. Namun saya mencoba mencicil beberapa kali sampai akhirnya lunas kemarin.

Saya heran sekelas Shopee kenapa sampai seenaknya menelepon orang lain di kontak saya, contohnya mertua dan teman saya. Dari pukul 7 pagi sampai pukul 7 malam pula! Mengganggu sekali. Ketika saya protes, tim penagihan bilang bahwa nomor tersebut otomatis ada di sistem mereka.

Halo Shopee! Sudah mirip pinjol ilegal nih ngambil kontak konsumen. Padahal di pengaturan aplikasi, saya sudah mengatur untuk tidak mengizinkan Shopee mengakses kontak.

Komplain saya yang kedua yaitu, saya sudah lunasi tagihan eh malah Shopee SPayLater saya tidak bisa dipakai! Saya ini konsumen lama, dan baru telat juga berapa hari, tapi sudah sebegitunya Shopee membekukan akun saya.

Saya minta Shopee merespons dengan benar permasalahan saya ini, karena via CS-nya tidak menyelesaikan masalah. Komentar di aplikasi disuruh kirim via DM Twitter. Sudah dilakukan via Twitter, cuma direspons ala kadarnya.

Yuniwati
Bandung, Jawa Barat


Update (1 Maret 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa pihak Shopee telah memberikan penjelasan sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Paylater adalah istilah lain dari pinjolkan?
      Pinjam dari pinjol resiko seperti itu.
      Kalau dibawah bendera shopee berarti dilegalkan oleh shopee.

      Masalahnya apakah shopee memang mau ikut gaya penagihan pinjol atau lebih sopan karena peminjam meminjal untuk belanja ( membesarkan shopee ).

    • Saya udah make shopee lama banget dan belanja di sini karena ada barang yg mau di cari tapi barangnya susah dicari atw klo harganya di shopee jauh lebih murah di banding di toko offline.Klo saya sama sekali gak tertarik make spaylatter.Prinsip saya klo gak ada duit ngapain dipaksain buat beli.Mending gak usah. Beli aja mana yg penting.Dan jangan biasakan ngutang.Dan selama pake shopee gak pernah bermasalah.Ingat, jangan biasakan ngutang.

    • Resiko punya hutang..dan spaylater tidak bisa dipakai lagi mungkin karena komplain anda juga.

  • Mungkin bulan depan penulis akan nulis lagi disini dgn masalah yg sama, yaitu seputar pinjol.

  • Biarin aja mereka nelpon sepuasnya.. emangnya pulsanya ibu yang kesedot..Habis pulsa berhenti sendiri

  • curhat ke 2 soal dc di pinjol yg berbeda..bulan depan kira2 curhat lagi ga ya?wkwkwkwk ngutang kok hobi

    • Wah ada yg merhatiin. Mgkn next time komen lagi di lapak saya ya bro. Wkwkwk nyinyir kok hobi.

      • kaum ngutanger mmg kocak..selalu merasa terzolimi..padahal sendirinya yg zolim gak melaksanakan kewajibannya..malu woii...

  • Makasih lho semua yg uda ngejudge saya. Ga tau detail hidup saya maen komen aja ngata-ngatain. Klo saya ga terpuruk juga saya bisa bayar ga kan minjem atau make paylater!
    Lagian uda saya bayarin juga spaylater saya ini.

    • Wkwkwkwkwk, kasian bgt.
      Niatnya mau complain tentang Shopee, malah dinyinyirin.

    • Saya juga pernah ngalamin yg sama di telepon kesana sini yg bukan kontak darurat... Sempat telat bayar karena ada musibah,, sampai ada pihak shopee langsung nge wa saya kalo tidak dibayarkan maksimal per tanggal sekian maka saya masuk blacklist OJK. Akhirnya saya bisa membayar yg lewat jatuh tempo sebelum tgl yang mereka tetapkan. Tapi tetap saja akun spaylater bahkan s pinjam saya jd tidak bisa dipakai.

    • Lha kalau ekonomi baru terpuruk ya .. bersabar dan puasa untuk beli barang2 online... dan kalau baru gak punya uang tidak perlu buka aplikasi2 belanja.. itu adalah goadaan yg sangat besar..

      • Dear Penulis,

        Kalo saya sih bkn jelekin shopee cuma emang shopee itu gabisa di percaya appsnya, saya pernah kena duplikat akun, jadi akun saya bener2 di duplikat orang kayaknya emang ada sistemnya, tujuannya rumah saya di spam paket, sehari sampe 6 paket, saya rasa sih emang konsep semacam gb rating toko sih, isi paketnya ya sampah, 1 lembar sarung tangan plastik, permen 1 biji, cuma ya saya ga ambil pusing karna orang kecil kek kita gmn cara laporin & minta ganti ruginya, karna akun saya keduplikat bener2.

        Fyi, kondisi akun saya blm verifikasi ktp, aktifin paylater, dll, cuma daftar, notelp, alamat, gitu2 doang

        Disini gabisa attach file, ada nih sebenernya screenshot & barang yg dikirim