Shopee Seenaknya Menghubungi yang Bukan Kontak Darurat

Yth. Shopee,

Saya menulis surat ini, karena pihak Shopee tidak menyelesaikan komplain saya, yaitu soal Tim Penagihan yang seenaknya mengakses data kontak saya untuk dihubungi. Padahal kontak-kontak tersebut tidak saya cantumkan di aplikasi Shopee.

Cerita bermula, saat saya telat beberapa hari dalam membayar tagihan Shopee SPayLater bulan Januari 2022, yang jatuh temponya pada bulan Februari 2022. Dikarenakan keuangan saya kolaps, ditambah saya harus kontrol mingguan ke dokter yang cukup menguras kantong. Namun saya mencoba mencicil beberapa kali sampai akhirnya lunas kemarin.

Saya heran sekelas Shopee kenapa sampai seenaknya menelepon orang lain di kontak saya, contohnya mertua dan teman saya. Dari pukul 7 pagi sampai pukul 7 malam pula! Mengganggu sekali. Ketika saya protes, tim penagihan bilang bahwa nomor tersebut otomatis ada di sistem mereka.

Halo Shopee! Sudah mirip pinjol ilegal nih ngambil kontak konsumen. Padahal di pengaturan aplikasi, saya sudah mengatur untuk tidak mengizinkan Shopee mengakses kontak.

Komplain saya yang kedua yaitu, saya sudah lunasi tagihan eh malah Shopee SPayLater saya tidak bisa dipakai! Saya ini konsumen lama, dan baru telat juga berapa hari, tapi sudah sebegitunya Shopee membekukan akun saya.

Saya minta Shopee merespons dengan benar permasalahan saya ini, karena via CS-nya tidak menyelesaikan masalah. Komentar di aplikasi disuruh kirim via DM Twitter. Sudah dilakukan via Twitter, cuma direspons ala kadarnya.

Yuniwati
Bandung, Jawa Barat


Update (1 Maret 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa pihak Shopee telah memberikan penjelasan sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee SPayLater:
[Total:257    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

36 komentar untuk “Shopee Seenaknya Menghubungi yang Bukan Kontak Darurat

    • 28 Februari 2022 - (19:02 WIB)
      Permalink

      Paylater adalah istilah lain dari pinjolkan?
      Pinjam dari pinjol resiko seperti itu.
      Kalau dibawah bendera shopee berarti dilegalkan oleh shopee.

      Masalahnya apakah shopee memang mau ikut gaya penagihan pinjol atau lebih sopan karena peminjam meminjal untuk belanja ( membesarkan shopee ).

      12
      5
    • 1 Maret 2022 - (06:09 WIB)
      Permalink

      Saya udah make shopee lama banget dan belanja di sini karena ada barang yg mau di cari tapi barangnya susah dicari atw klo harganya di shopee jauh lebih murah di banding di toko offline.Klo saya sama sekali gak tertarik make spaylatter.Prinsip saya klo gak ada duit ngapain dipaksain buat beli.Mending gak usah. Beli aja mana yg penting.Dan jangan biasakan ngutang.Dan selama pake shopee gak pernah bermasalah.Ingat, jangan biasakan ngutang.

      40
      2
    • 1 Maret 2022 - (06:34 WIB)
      Permalink

      Resiko punya hutang..dan spaylater tidak bisa dipakai lagi mungkin karena komplain anda juga.

      13
      2
  • 28 Februari 2022 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Mungkin bulan depan penulis akan nulis lagi disini dgn masalah yg sama, yaitu seputar pinjol.

    10
    8
  • 28 Februari 2022 - (20:10 WIB)
    Permalink

    Biarin aja mereka nelpon sepuasnya.. emangnya pulsanya ibu yang kesedot..Habis pulsa berhenti sendiri

    5
    15
  • 28 Februari 2022 - (21:58 WIB)
    Permalink

    curhat ke 2 soal dc di pinjol yg berbeda..bulan depan kira2 curhat lagi ga ya?wkwkwkwk ngutang kok hobi

    11
    4
    • 3 Maret 2022 - (02:55 WIB)
      Permalink

      Wah ada yg merhatiin. Mgkn next time komen lagi di lapak saya ya bro. Wkwkwk nyinyir kok hobi.

      • 11 Maret 2022 - (00:32 WIB)
        Permalink

        kaum ngutanger mmg kocak..selalu merasa terzolimi..padahal sendirinya yg zolim gak melaksanakan kewajibannya..malu woii…

  • 1 Maret 2022 - (05:39 WIB)
    Permalink

    Makasih lho semua yg uda ngejudge saya. Ga tau detail hidup saya maen komen aja ngata-ngatain. Klo saya ga terpuruk juga saya bisa bayar ga kan minjem atau make paylater!
    Lagian uda saya bayarin juga spaylater saya ini.

    12
    15
    • 1 Maret 2022 - (06:57 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah ngalamin yg sama di telepon kesana sini yg bukan kontak darurat… Sempat telat bayar karena ada musibah,, sampai ada pihak shopee langsung nge wa saya kalo tidak dibayarkan maksimal per tanggal sekian maka saya masuk blacklist OJK. Akhirnya saya bisa membayar yg lewat jatuh tempo sebelum tgl yang mereka tetapkan. Tapi tetap saja akun spaylater bahkan s pinjam saya jd tidak bisa dipakai.

    • 1 Maret 2022 - (10:49 WIB)
      Permalink

      Lha kalau ekonomi baru terpuruk ya .. bersabar dan puasa untuk beli barang2 online… dan kalau baru gak punya uang tidak perlu buka aplikasi2 belanja.. itu adalah goadaan yg sangat besar..

      9
      2
      • 1 Maret 2022 - (13:04 WIB)
        Permalink

        Dear Penulis,

        Kalo saya sih bkn jelekin shopee cuma emang shopee itu gabisa di percaya appsnya, saya pernah kena duplikat akun, jadi akun saya bener2 di duplikat orang kayaknya emang ada sistemnya, tujuannya rumah saya di spam paket, sehari sampe 6 paket, saya rasa sih emang konsep semacam gb rating toko sih, isi paketnya ya sampah, 1 lembar sarung tangan plastik, permen 1 biji, cuma ya saya ga ambil pusing karna orang kecil kek kita gmn cara laporin & minta ganti ruginya, karna akun saya keduplikat bener2.

        Fyi, kondisi akun saya blm verifikasi ktp, aktifin paylater, dll, cuma daftar, notelp, alamat, gitu2 doang

        Disini gabisa attach file, ada nih sebenernya screenshot & barang yg dikirim

        3
        1
  • 1 Maret 2022 - (07:10 WIB)
    Permalink

    Intinya yaa tetap slah yg pinjam karna telat byar biarpun telatx cm beberapa hari doang…klo smpai di telpon oleh pihak shoppe yaaa itu udah konsekuensi dr keterlambatan qt..untuk pembekuan akun dgan metode shoppelater mnurutq ya wjar mereka menolak karna ada keterlambatan tadi jdi blaclist ya semacam kita utangin orang trus telat yaa jera deh..

    6
    2
  • 1 Maret 2022 - (07:22 WIB)
    Permalink

    Kalau tidak mau dihubungi ya dilunasi mbak, kalau takut risih dihubungi ya jangan ngutang mbak. Kalau dirasa gasanggup bayar jangan maksain belanja. Tekanan berbanding lurus dengan gaya, kalo hidup mbak banyak tekanan berarti mbak kebanyakan gaya

    23
    3
    • 3 Maret 2022 - (02:35 WIB)
      Permalink

      Oh saya ga kebanyakan gaya. Saya pake buat beli kebutuhan bayi saya & dapur saya. Bukan belanja barang ga penting.

  • 1 Maret 2022 - (09:18 WIB)
    Permalink

    Intinya adalah gak usah banyak gaya, hidup sesuai dengan kemampuan aja kalo gak mampu yaa gak usah dari pada maksain dan akhirnya nunggak, hidup kalo gak ada hutang itu hati tenang. Karena namanya DC itu profesi nya, kerjaan mereka menelpon nasabah yang ada keterlambatan pembayaran dan kenapa mereka telpon orang lain selain yang kita cantumkan? Karena mungkin sebelum nya mreka sudah konfirmasi ke semua data yang ada tapi mungkin kita gak kooperatif atau sama sekali gak merespon makanya mereka nyari referensi lain yang bisa sampaikan ke orang yang bersangkutan karena mereka menjalankan apa yang mereka kerjakan. Kalo masalah nya gak mau kemana-mana ya selesaikan sebelum jatuh tempo yang di berikan.

    8
    2
  • 1 Maret 2022 - (09:47 WIB)
    Permalink

    Telat bayar dihubungi yaa wajarlah, yang gak wajar itu kmu belum bayar hutangmu terus kamu bikin review bintang 1 laah wong masalahnya di kamu kok aplikasinya yg disalahin..

    Realistis juga kak, dimana² klo udah telat pasti susahlah dapat kepercayaan untuk dikasih lagi.. dan jangan dikomparasi dengan pembayaran tagihan sebelum²nya yang selalu tepat waktu karena itu gak nyambung..

    Hakmu dapat pinjaman, kewajibanmu membayar. Hak mereka menagih karena kewajiban memberi pinjaman sudah dilakukan.. klo gak mau ditagih jangan pake

    15
    2
    • 3 Maret 2022 - (02:48 WIB)
      Permalink

      Yang saya anggap ga wajar adalah menghub diluar kontak darurat. Apalg saya masih bisa dihub. Kan poin komplain saya itu.
      Klo dia nagihnya ke saya ya ga bakal saya komplain lah.
      Ya nyambung lah, selama jadi member shopee pembayaran bagus, trus suatu waktu telat tp perlakuannya seperti telat berkali-kali & kurang menyenangkan, saya punya hak juga buat komplain. Shopee juga manusia bisa sekali-sekali salah.

  • 1 Maret 2022 - (22:48 WIB)
    Permalink

    Heran, semakin kesini semakin banyak orang yang jelas-jelas menunggak hutang, telat pembayaran yang (katanya) cuma beberapa hari, kemudian ditagih akhirnya ngamuk nulis surat pembaca. Poinnya apa sih? Ya kalau gamau diperlakukan seperti itu, gausah hutang. Belanja lah sesuai isi dompetmu, jangan menuruti gaya. Gitu aja kok repot banget ya.

    2
    2
    • 3 Maret 2022 - (02:41 WIB)
      Permalink

      Poin saya disini adalah cara penagihan. Klo dia hub saya / kontak darurat doank sih ga kan saya komplain.
      Yang niat bayar telat juga siapa? Wkt saya oake paylater saya sudah memperhitungkan saya bakal bisa bayar. Tapi tiba” ada trouble trus jadi terhambat bayar memangnya siapa yg tau? Emangnya saya juga tiap kali selalu telat bayar? Saya pake shopee buat kebutuhan bayi& dapur saya bukan buat gaya!

  • 2 Maret 2022 - (03:19 WIB)
    Permalink

    Hahahhaha,
    Ternyata sekelas Shoope pake juga alesan * pihak ketiga*
    Udah kaya artis nih yg rumah tangga nya d ganggu Orang ketiga.
    Malu lah Shopee kalo sekelas Ente juga nyerahin masalah beginian ke pihak ketiga. Mana Ada kerjaan Pihak ke tiga yg bener, Debt Collector lagi.
    Wahai Para Debt Colector, Sekali kali lah Anda itu kerjaan nya Ngg nyakitin Orang. Rejeki Anak cucu Anda pertruhkan demi sebuah Ego,
    Puas maki2 orang. Carilah kerjaan yg bener, yg rejeki nya Toyibah buat kasih makan keluarga dan keturunan Ente, sadarlahhhh
    Masih banyak kerjaan yg baik, halal dan toyibah

    2
    2
  • 2 Maret 2022 - (07:36 WIB)
    Permalink

    Hidup berkah tanpa ngutang. Awal SPay later, y ujung-ujungnya pinjol.. Sabelas duabelas. Usahakan memiliki batang tanpa hutang. InsyaAllah hidup tenang

    2
    1
  • 17 April 2022 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Sabar teh yunie,,, ternyata banyak DC yg koment disini takut gak dapaet bonus😁😁😁

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPayLater?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Shopee Seenaknya Menghubungi yang Bukan Kontak Darurat

oleh Yunie dibaca dalam: 1 menit
36