Tanggapan Shopee atas Surat Saya

Melanjuti surat saya sebelumnya di Media Konsumen yang berjudul “Shopee Seenaknya Menghubungi yang Bukan Kontak Darurat”, pada hari ini 28 Februari 2022 pihak Shopee bernama Patra sudah menghubungi saya via telepon.

Beliau meminta saya menceritakan kronologi permasalahan. Sesudah mendengar cerita saya beliau memberitahu bahwa tim penagihan berasal dari pihak ketiga, dimana mereka memiliki SOP sendiri dalam bertindak. Pihak Shopee juga mengatakan akan memberi feedback kepada tim penagihannya soal komplain saya.

Semoga ada perubahan baik dari kejadian ini karena Shopee adalah sarana yang mudah untuk berbelanja. Terima kasih atas respons baik dari Shopee. Semoga ke depannya tidak mengalami kejadian yang sama.

Yuniwati
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Halo mbak. Sekedar kepo, itu si DC bisa tau nomer selain nomer darurat darimana ya?
    Kalau shopee di aplikasinya bisa akses telepon. Berarti iti ada penyadapan dan pencurian data privasi pemilik nomor.

    • Saya juga ga tau. Klopun saya mengijinkan Shopee mengakses kontak tlp tapi baru tau juga klo Shopee melimpahkan ke pihak ketiga buat dipake.

      • Semua kontak yang dihubungi pasti pernah dibeliin pulsa atau dikirim paket ya ?
        Sama dengan Akulaku juga gitu, yang dihubungi pertama kali ya yang pernah dibeliin. Kalau ga ada ya random ambil dari kontak. Dan jangan percaya itu penagihan pihak ketiga, itu Shopee sendiri yang nagih. Kalau pihak ketiga biasanya kalau udah gagal bayar lama diatas 3 bulan.
        Saya dulu main pinjol jadi paham lah sistemnya macam apa.

    • kan memang diijinkan oleh pengguna nya sendiri saat install aplikasi shopee

      secara hukum ya ketika kita sudah allow access ya kita sudah secara sadar dan paham memberikan data kita, tidak ada penyadapan/pencurian data

      • Dari aplikasinya. Kan ada di pengaturan izinkan kontak.. Nah itu di matiin aja. Trs sama nomer2 yg sering di isiin pulsa, nanti di hubungin

    • Saya baca tanggapan pemirsa hanya bisa menyalahkan
      Tidak punya empati...

      Poinnya ada pihak shoppe MMG "brutal" kalo nagih
      Gbpunya etika.

      Itu yang perlu diperbaik dari shoppe

      Saran bukan pengguna
      Spray later itu bisa plus minus.

      Temponya lebih panjang ketimbang toko pedia.
      Buat ente2 yang biasa usaha, dpt barang Tempo tanpa bunga
      Itu sesuatu banget...
      Kecuali

      Yang penting jangan sampai telat bayarnya

      Satu dendanya amit amit
      Yang kedua ga punya etika nagihnya

  • Kalo begitu artinya lebih parah lagi dong, data kontak telepon kita dibagikan Shopee kepada pihak ketiga (penagihan) tanpa persetujuan. Siapa yang menjamin data-data tersebut gak akan disalahgunakan? 👿

    • Uda dibayarkan. Dan tolong diperhatikan point permasalahan saya adalah cara penagihan ke kontak diluar kontak darurat. Klo Shopee nagihnya sesuai sih saya juga ga komplain.

  • Saya juga pernah ngalamin mba/mas. Padahal sudah terbayar, tapi masih ditlp aja. Itu yg pertama, alasannya katanya sdg dalam pengecekan.
    yg kedua, saya tidak mngklik izin akses kontak di HP. Tapi baru telat bbrpa jam pembayaran, shopee tlp ke nomor adik saya berkali2. Kemudian ibu saya.
    Setelah dikomplen. Jawabannya sama kaya sekarang, nyari kambing hitam. Tapi bulan berikutnya masih begitu.
    Ngeri sih, krn data2 kita bisa bocor gitu. Padahal katanya mereka dibawah OJK, tapi brutal.