Bunga Home Credit Indonesia (HCI) yang Memberatkan

Terima kasih buat Media Konsumen yang sudah menayangkan surat ini. Saya debitur Home Credit Indonesia (HCI) dengan nomor kontrak: 4000921659. Pada bulan Februari 2020, saya ada pencairan pinjaman multiguna sejumlah Rp44.000.000, dipotong uang admin Rp199.000, dengan cicilan per bulan Rp2.148.200 selama 42 bulan.

Saya sudah bayar cicilan 24 bulan dan selama ini gak pernah telat. Terus terang makin lama cicilannya makin memberatkan. Waktu pencairan belum pandemi. setelah pencairan mulai pandemi. Saya berusaha terus untuk membayar meski berat.

Melalui surat ini saya mohon kebijakan dari pimpinan HCI untuk dapat menghapus cicilan saya. Kalau dihitung-hitung saya sudah membayar Rp2.148.200 ร— 24 = Rp51.556.800. Sementara saya terima pencairan Rp43.800.000. Saya sudah bayar pokoknya. juga bunganya. Kalau saya harus bayar cicilan lagi, rasanya berat dengan kondisi seperti ini.

Bayangkan total cicilan yang harus saya bayar Rp2.148.200 ร— 42 = Rp90.224.400. Sedangkan yang saya terima Rp44.000.000 yang dipotong biaya admin Rp199.000. Sungguh memberatkan dengan bunga seperti ini.

Mohon kebijakan dari pimpinan HCI. Terima kasih atas pengertian dan kebijaksanaannya.

Yap Siaw Ing
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bunga Home Credit Indonesia:
[Total:283    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Yap Siaw Ing

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Yap Siaw Ing di MediaKonsumen.com pada 14 Maret 2022 di...
Baca Selengkapnya

43 komentar untuk “Bunga Home Credit Indonesia (HCI) yang Memberatkan

  • 14 Maret 2022 - (14:38 WIB)
    Permalink

    Yap Siaw Ing: pinjem uang dong
    HCI: ini, 44 juta ya, tanda tangani kontrak kalau setuju sama ketentuannya dan bunganya
    Yap Siaw Ing: siapp, pasti saya bayar sesuai dengan ketentuan beserta bunga nya
    .
    .
    24 kali cicilan kemudian
    .
    .
    Yap Siaw Ing: Berat bunga nya :'( saya tidak bisa bayar
    HCI: kan anda sendiri yang setujui?
    Yap Siaw Ing: ga mau tau itu bunga nya yang tidak masuk akal!!!
    HCI: lah

    koplak

    44
    12
    • 15 Maret 2022 - (00:17 WIB)
      Permalink

      Iya bener bro, disini mah yang salah si Peminjamnya, emang dia gak ngitung dulu apa cicilan sebulannya dengan waktu cicilannya kalo di total habis berapa. Kalau menurut gua mah dia udah tergiur aja Nerima uang 44 juta tanpa memikirkan panjang ke depannya.

      8
      6
      • 16 Maret 2022 - (12:59 WIB)
        Permalink

        Kau coba aja bro pinjam uang di hci, diawal perjanjian tidak ada nampak cicilan dan bunga. Setelah mendarat baru nampak semua . Itulah akal busuk hci. Makanya dari itu jgn asal cakap klw belum anda buktikan

      • 15 Maret 2022 - (10:43 WIB)
        Permalink

        Ya mo gimnaa lagi pak anda setuju ya terima aja lah konsekuensinya, HCI baca jg kamu yg di ketawain.

        1
        1
    • 15 Maret 2022 - (11:17 WIB)
      Permalink

      42 bulan itu lama lho, ya pasti bunganya besar
      Apalagi pinjaman online, sudah ttd ya sudah kewajiban bayar

  • 14 Maret 2022 - (14:57 WIB)
    Permalink

    Jelas tidak bisa bang karena sudah ttd kontrak di perjanjian dan itu kewajiban
    Saya dulu juga pinjaman namun alhamdulillah sudah lunas dan saya sudah kapok berurusan dengan HCI
    Coba langsung ke kantor HCI yang terdekat di domisili anda tanyak secara baik-baik bagaimana solusinya
    Semoga cepet selesai masalah nya bang๐Ÿ™๐Ÿ™

    25
    3
    • 16 Maret 2022 - (13:46 WIB)
      Permalink

      Dl awal pinjam katanya klo mau pelunasan tinggal bayar pokok cicilan dan admin 150rb. Tapi bohong sekali pas kita sudah setujui kontrak. Baru muncul itu kesepakatan kontrak. Asem. Bunga 100 persen. Capek aku.

  • 14 Maret 2022 - (15:56 WIB)
    Permalink

    kalo berat kenapa ga dari awal ditolak hadeuhhh pake alasan pandemi
    HCI emang bunganya 2X lipat bahkan sudah tertera jelas di kontraknya tapi selama nasabahnya setuju dan ttd kontrak yg dibuat ya ga ada masalah
    kalo mau ga setuju ya dari awal harusnya

    14
    4
    • 16 Maret 2022 - (13:00 WIB)
      Permalink

      Saya juga peminjam di hci dan hasilnya dh selesai. Tidak ada nilai bunga dll pada surat kontrak. Jgn menilai buruk orng , kalau belum pernah berurusan dengan hci

      2
      1
  • 14 Maret 2022 - (21:19 WIB)
    Permalink

    Udah berjalan 24 bulan baru bisa ngitung kalo bunganya gede…lha…dari awal ngapain?

    11
    3
  • 14 Maret 2022 - (21:36 WIB)
    Permalink

    Ngeri…..sy jg ada kontrak ma hci 10jt….cicilan 622xxx…x36 bln rasa ny berat sekali….blm d tambah denda bulanan,denda kwitansi…denda minta keringanan waktu awal pandemi….total 100% bunga ny….apa blh buat…bayar aja….beres…lupakan….sy mau bilang pd hci….uang bisa d cari….buat bayar angsuran….tp hati ini tak bisa melupakan apa yg telah sy alami dgn berurusan dgn hci…setiap hari setiap detik d telpon tak pernah berhenti…..dah goodbye….capek ngetik ny gk guna jg….hci gk bakalan menanggapi….tp sy yakin hukum karma itu ada untuk kalian hci dan tak bisa menghindar dr itu

    26
    • 16 Maret 2022 - (07:42 WIB)
      Permalink

      ๐—ฆ๐—ฒ๐—บ๐˜‚๐—ฎ ๐—ง๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐˜€๐—ฎ๐—ธ๐˜€๐—ถ ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—บ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ป๐˜๐˜‚๐—ธ ๐—ฝ๐—ถ๐—ป๐—ท๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐—ป ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฒ๐˜€๐—ถ๐—ธ๐—ผ ๐—ฏ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ฎ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฐ๐˜‚๐—ธ๐˜‚๐—ฝ ๐—ฏ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ ๐—ฏ๐—ฎ๐—ถ๐—ธ ๐—ผ๐—ณ๐—ณ๐—น๐—ถ๐—ป๐—ฒ ๐—บ๐—ฎ๐˜‚๐—ฝ๐˜‚๐—ป ๐—ผ๐—ป๐—น๐—ถ๐—ป๐—ฒ, ๐—ž๐—ฒ๐—ฏ๐—ถ๐—ท๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—น๐—ถ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐˜€๐—ถ ๐—ฃ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—ป๐—ท๐—ฎ๐—บ ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฒ๐—น๐˜‚๐—บ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฑ๐˜‚๐—ฎ ๐—ฏ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ฝ๐—ถ๐—ต๐—ฎ๐—ธ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฒ๐˜๐˜‚๐—ท๐˜‚๐—ถ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฏ๐—ถ๐—ท๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐˜€๐˜†๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป, ๐—š๐˜‚๐—ป๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ถ๐—ป๐—ท๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐˜‚ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ถ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐˜€๐˜‚๐—ฑ๐—ฎ๐—ต ๐—ฏ๐—ฎ๐—ถ๐—ธ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐˜.

  • 14 Maret 2022 - (21:56 WIB)
    Permalink

    saya yakin sebelum anda mencairkan uang itu pasti sudah menghitung bahkan tahu resikonya,..
    tapi untuk minta keringanan sih hal wajar, good luck semoga berhasil.
    semoga hci juga memberi keringanan dan mengerti dengan keadaan yang sekarang.

  • 14 Maret 2022 - (22:24 WIB)
    Permalink

    Duh bingung dah gw bacanya.. Saat sebelum pencairan kan pasti ada simulasi cicilan, tenor dll.. Kenapa setuju dan ttd kontrak?. Udh jelas2 total bayaran smpe 90jt loh,, ngeri2 sedap sih.. Gw juga tiap hari di ganggu di telp hci ditawarin ngutang, tapi gk pernah ku gubris karena simulasi cicilannya parah gk ngotak..

  • 14 Maret 2022 - (22:26 WIB)
    Permalink

    Kalau mau hutang smpe 40jt lebih, mending hutang ke BANK lah pak/bu.. Bunga paling cuma 8-12 persen per tahun.. Paling2 kena 1,4jt/bulan selama 48 bulan..

    • 15 Maret 2022 - (09:31 WIB)
      Permalink

      IYA BETUL BRI LBH MURAH BUNGANYA ANGSURAN KURANG 3-4 BLN DILUNASIN MALAH DPT POTONGAN 1 BLN ITU SIH YANG PERNAH SAYA LAKUKAN DIBANK BRI DI JAWA TENGAH

  • 14 Maret 2022 - (22:32 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya hci udh kalah saing saing dari pinjol yg lain.. Tinggal tunggu waktu aja hci bangkrut.. Bnyk bikin sakit hati orang.. Th 2019 pernah kredit laptop, udh lunas beres semua.. Tapi smpe skrng masih d ganggu telp tiap hari pagi siang malam ditawarin ngutang.. Auto bintang 1 di play store..

    14
    1
  • 14 Maret 2022 - (23:28 WIB)
    Permalink

    Pantes HCI ini nawarin kreditnya ga karuan, pagi siang sore di tlp berbeda2 nmr, sampe akhirnya di kerasin dan ditolak akhirnya g pernah tlp lg. Semoga cpt selesai urusan nya kak.

    • 15 Maret 2022 - (06:16 WIB)
      Permalink

      Giliran duit 44 jutanya habis baru sadar ngeluh2 bunganya tinggi banget. Dari awal kemana aja.. tabiat pengutang.

      5
      4
  • 15 Maret 2022 - (07:54 WIB)
    Permalink

    Jangan sekali kali berhubungan dgn Hci dan pinjol pinjol apapun… Pasti akan menyesal dan rugi serugi ruginya.. Percayalah!!!

  • 15 Maret 2022 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Mau pinjol mau KPR, KKB, KTA pokoknya yg berbau pinjaman legal dan ilegal hindari semua. Kebanyakan gelap mata kalau pinjaman cair tanpa hitung2an di awal. Cuma iya2 aja ttd kontrak. Yg penting dapet uang, kendaraan baru, gadget baru, rumah baru. Pas cicilan udah jalan baru deh itung2an, baru mikir bunganya besar, baru ngerasa cicilan ga lunas2, dll. Kredit itu kebanyakan sistemnya anuitas. Cicilan di awal proporsinya lebih besar bayar bunga daripada pokoknya. Jadi kalaupun minta pelunasan dipercepat pokok utangnya masih besar.

  • 15 Maret 2022 - (09:42 WIB)
    Permalink

    kadang heran juga orang2 komplein cicilan bunga pinjol edan lah bunga leasing edan lah… emang waktu mau kredit ga ngitung dulu pinjaman berapa di cicil jadi berapa??? pada saat kita setuju berarti sudah paham ,hindari kartu kredit pinjol dll hiduplah sesuai kemampuan bukan sesuai keinginan biar tenang

    • 15 Maret 2022 - (23:20 WIB)
      Permalink

      sebagai ex FC HCI saya sarankan utk ke kantor atau email untuk pelunasan dengan diskon . buat apa anda tulis disini cuma jadi bahan bully aja . karena itu memang sudah kesalahan anda

  • 15 Maret 2022 - (22:13 WIB)
    Permalink

    Kenapa gak ke Bank aja bro pake KUR, lagian sebelum deal kan bisa dibaca rincian cicilannya, tabiat pengutang, ga dibayar BI Checking,

  • 15 Maret 2022 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Ya betul HCI bunga nya doang d gedein .. Saya juga pelanggan HCI smenjak pnjaman dana tunai saya tdk lg ingin menggunakam HCI, tdk ada keringanan sama skali, dan sdah lunas malah d sruh byar denda cuma garaยฒ kwitansi .. Pdhal kwitansi sdh ada, mw d upload aja susah

  • 16 Maret 2022 - (09:19 WIB)
    Permalink

    Home credit gak lebih pinjol yg meresahkan,yg pny utang siapa,sy yg di tlpnin trus sampe detik ini,sdngkan dia ada data dan alamat orng yg pinjem duit nya,knp gak di samperin krmh nya,di blng sy hanya kwn nya,gak tau urusan soal pinjeman dia tpi msh jg di teror sampe detik..apa guna ada pny cabang di daerah klo bisa nya cmn neror dri pusat,srh anak buah anda dtngin krmh yg bersangkutan,jgn neror orng yg tidak tau urusan..

 Apa Komentar Anda mengenai Bunga Home Credit Indonesia?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

Bunga Home Credit Indonesia (HCI) yang Memberatkan

oleh Yap dibaca dalam: 1 menit
43