Surat Pembaca

Termakan Janji Manis IndiHome

Selamat Pagi,

Saya Dwi Wahyuni, pelanggan dengan nomor kontrak IndiHome dengan nomor 122217256277

Kronologis:

Pada tanggal 26 Maret saya mengajukan pindah alamat kost. Dan diinformasikan bahwa di alamat baru saya SUDAH TERPASANG jaringan IndiHome (please see screenshot). Cuma CS berkelit, saya harus tetap kirim SURAT PERYATAAN BERMATERAI dari pemilik kost. Ya sudah saya ikuti, namanya BUMN kan yaa? Pasti persyaratannya saklek.


Dikarenakan saya harus opname, dan baru pulang tanggal 30 Maret, surprisingly jawaban CS setelah 1 minggu berselang JADI TIDAK BISA diajukan pengajuannya KARENA JARINGAN TIDAK TERSEDIA.

Ya saya awalnya masih diam dan minta di-terminate saja kontraknya. Eh giliran sudah minta putus kontrak, diminta untuk bayar Rp250.000. Masih saya diemin, saya gak langsung percaya gitu aja, karena dari awal jawaban CS saja sudah plin plan. And as expected from CS yang bawa bendera BUMN berubah lagi jawabannya.


Sampai akhirnya tadi malam dibuatkan laporan dan tadi pagi dapat SMS kalau pengajuannya disetujui. Maaf seribu maaf, saya sudah malas sekali. Bahkan CS dengan angkuhnya tidak mau mengakui kesalahan sampai Pihak Teknisi yang menghubungi saya langsung via WhatsApp.

Kepada CS @IndiHomeCare yang terhormat. Saya harap, hari Senin sudah ada yang konfirmasi ke saya kalau kontrak terminationnya sudah berhasil tanpa saya harus kirim data ini itu.


Terima kasih.

Salam,

Dwi Wahyuni
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Konfirmasi dari Telkom terkait Pemberitaan “Termakan Janji Manis IndiHome”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Dwi pada tanggal 2 April...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Indihome tidak akan rugi kehilangan konsumen yang arogan seperti anda. Hargai setiap pelayanan yang diberikan. TERUNTUK ANDA makanya baca kontrak ketika pasang layanan indihome agar tidak koar koar di media sosial seperti ini. Anda menunjukkan diri anda seperti ini ke khalayak umum.

    • Buat fahmi ya..lu mikir boss..itu baru 1 orang digituin..kalau 1jt orang merasa digituin kira2 rugi gak IndiHome..kalau kebiasaan IndiHome melayani gtu terus,,akan banyak lagi yg kecewa dan akhirnya bangkrut itu..ingat bos dikit2 lama2 jadi bukit..kalau sikap sama customer gtu trus.. Akan banyak yg kecewa dan berhenti langganan.

      • Jangan digeneralisir boss. Ini yg masang anak kost bukan satu rumah. Makin bagus lah pelanggang indihome sedikit , jadi gak over crowded.

    • Tata cara kontrak nya aja licik dan tidak fair, ketentuan tentang penalty baru ngasih tau setelah kontrak beres di tanda tangani

  • LOL ini apa sih? ?
    Fokus ke attitude saya tanpa memahami apa yang akhirnya membuat saya jadi "meledak"

    C'mon... Ini sdh thn 2022, budaya membiasakan CS salah info jangan sering dibiasakan ah. Kasihan CS yg bekerja sesuai SOP ?

    • Sepertinya komen-komen yg nyerang anda ini orang yang berafiliasi dgn indi ya!
      Ya bisa orang dalam atw bot.

      Saya sering mengalami kejadian begitu meski bukan dgn indihome. Penilaian saya thdp indihome agak kurang bagus krn banyak baca komplein dr pelanggannya. Akhirnya saya ambil yg "swasta" punya, selain bulanannya murah speed jauh lebih baik dan stabil.

      Saran saya, klw memang ada kendala via online baiknya langsung datang aja ke front officenya. Dgn begitu semua masalah bisa langsung selesai.

      Pengalaman saya lihat orang komplein bentak-bentak langsung CS di perusahaan air minum daerah krn tidak mampu kasih jawaban memuaskan bahkan sampai minta direkturnya yg turun, jadi inspirasi buat saya minta sekalian atasan CS yg kasih solusi. Inti masalah kami hampir mirip, tagihan PDAM tidak ada volume meternya di sistem jadi mereka nembak seenaknya pemakaian konsumen.

      Ditantang begitu, tidak ada satupun yg berani (atasan) turun langsung. Konsumen bukan marah ke CS krn mereka cuma 'speaker' bukan problem solver. Tapi marahnya konsumen krn ketidakberanian atasan CS atw yg berwenang utk kasih jawaban memuaskan.

      Lagian, kasus nembak meteran siapa juga yg berani kasih jawaban. Yang ada mereka sembunyi dan CS jadi bemper. Maaf ya mba/mas CS pdam !

  • Namanya juga BUMN di indo
    SOP emang sering kagak jelas
    Terkesan bebas ,ya mau gimana
    Namanya juga Gak ad target.

    Asal absen bahkan hitungan nya.

  • Untuk Pak Fahmi yang terhormat,

    Justru karena saya sudah baca draft kontrak Pak. Atau kalau Bapak tahu, boleh Pak diinformasikan butir ketentuan yg mana? Biar saya telaah lagi menggunakan KBBI.

    Oh sebagai tambahan informasi saya juga sempat tanya sama Tim Marekting yg menghandle saya dan waktu itu dipromosikannya "Bisa kok utk pindah alamat, nanti tanya saja ke CS apakah lokasi barunya sudah tersedia jaringan?". Karena mengacu ke sana akhirnya saya contact CS.

    Terima kasih

  • kalo saya ngeliat sistem cs ny kurang bagus sih, masa setiap chat orangnya ganti", belum tentu yg chat ngeliat record percakapan sebelumnya. kesannya cs kerjanya hanya jawab pertanyaan pelanggan doang, tp ga memahami permasalahan pelanggan.

    tp ini TS nya nurut jg sama syarat indihome, kalo saya sih cm bakal nanya ke yg punya rumah, kalo diijinin ya tinggal minta kirimin ttd nya dia trus tempelin ke suratny, kalo masih ribet ya ttd sendiri aja, lagian cm butuh scan doang. sabar jg TS nya, semoga provider inet barunya lebih bagus kak

    • Hushh... Gak boleh TTD sendiri tau mas. Bisa lbh bahaya kalau sampai ketahuan ?

      Lagian yang saya heran mereka fokus sama TTD pemilik rumah, lah wong surat pernyataan bertanda tangannya saja sdh sy upload.

      Kelihatan memang... ?
      Terima kasih doanya

      • Maaf, kok sampai ribut parah gini blm ada tanggapan resmi dari Indihome?
        Saya komentar subtansi malah ikut diserang secara agama & politik padahal saya tdk bahas soal agama & politik oleh Pak Lukman.
        Pak Lukman, maaf y kalau saya salah tp saya rasa saya tdk kenal jenengan & tdk bahas soal SARA & politik tp jenengan sendiri jadi saya minta maaf.
        @indohome mana tanggapan resmi u biar hal ini tdk heboh kayak gini.
        Semua perusahaan akan cepat respon keluhan pelanggan bahkan pinjol swasta.
        Tp ini perusahaan plat merah kok diem aja seakan menikmati perdebatan vulgar di media konsumen. Please @indihome, mana suaramu.

    • Hahahah.. Kocak emang indihome.. Ribet asli makanya mending berlangganan ke sebelah aja Mbak gak pake ribet.. Btw aku liat di komenan banyak yg bilang mbak arogan pdhal aku liat biasa aja sih jawabannya justru CS indihome yg plin plan wokwok.. Yah semoga cpet selese lah urusan nya mbak dan mending pake tetangga sebelah aja mbak gak pake ribet.. Saya sudh lama berhenti pake indihome bayarannya suka naik sendiri... Semangat mbaknya huhehe

      • Permisi kak YanYan, boleh tanya provider wifi yang disarankan selain Indihome apa ya? Terima kasih ?

      • Saya punya 4 toko, dan semua pasang indihome. Tapi sekarang saya menyesal pasang indihome, karena lemot sekali ?

        • Cek di admin routernya, banyak maling wifi. Apalagi udah kena yang doyan ngegame , dijamin seret sinyal. Saya dulu juga gitu, 30mbps serasa 3G. Ternyata ada yg nyuri sinyal buat game, akhirnya saya bikin list permit access di admin routernya. Aga ribet harus masukin no mac perangkat satu2 , tapi aman karena cuma kita yang bisa pakai

          • Eh.. Apa iya begitu Pak Smin?

            Wahh terima kasih infonya Pak. Saya memang awam masalah curi mencuri begini ? Mungkin itu jg yg buat kalau malam suka ngadat2 ya.

    • Haha... Semoga penggunaan IndiHome nya lancar jaya ya Pak/ Ibu Wandi jadi gak perlu cape hati ngadepin CS plin plan nya IndiHome :)±

  • TS nya radak kurang pinter dan ngeyel, percuma juga dikasih tahu, bawaannya pengen menang sendiri

    • Siap...
      Terima kasih. Saya mau menang sendiri di bagian mana Pak? Saya memperjuangkan ini karena saya justru mengikuti ketentuan pindah alamat yg disarankan oleh Pihak Teknisi dan Marketing yang disampaikan.

  • seperti yang sudah-sudah, kalo mengkritik apapun yg plat merah, pasti ada buzzernya yg sigap membela, terlihat jelas di kolom komentar ?

  • Kalau mau menyatakan untuk mutasi alangkah baiknya jika langsung ke telkomnya supaya langsung ketemu dengan cs nya dibanding lewat online, takutnya bakal terdapat kejadian seperti yang anda alami. Seandainya ketemu langsung kan bisa segera diselesaikan permasalahannya daripada lewat online yang gak kita tau kita sedang bicara dengan siapa, siapatau dengan orang yang berbeda-beda. Sekian dari saya

    • Nah... Ini yg saya bingung. Musim pandemi gini jujur memang lebih nyaman via CS ya Pak. That's why "saya pikir" akan terjawab. Tapi yasudah lah ya... Saya jg sdh malas berurusan dgn IndiHome jadi alhamdulillah sdh dibantu. Terima kasih Pak/ Ibu Night.

      • Wah...wah... sepertinya yg komen banyak aliansi indi ya. Sabar ya mba semoga provider barunya lebih baik.

      • Halo mbak. Saya terakhirkan dulu arogannya ya mbak karena menurut saya arogannya memang cukup perlu dibahas.

        Kenalan dulu, saya Jade, biar ga dikira akun anon ?.

        Memang sebaiknya untuk permasalahan yang rumit seperti ini (bukan cuma perkara gangguan yang bisa dicek di server daerah ini emg lagi down ato engga), sebaiknya ga lewat CS sosmed sih mba ya. Sebaiknya enggak. Pengalaman saya pribadi memang lebih nyaman dan gampang kalau mau berhubungan dengan CS via call atau langsung ke kantornya. Karena kembali lagi mba, yang ngurusin sosmed itu banyak banget, dan kemungkinan informasi yang masuk itu berbeda-beda itu besar. Ini bukan cuma berlaku di Indihome, provider internet tetangga juga saya pernah mengalami hal yang sama. So-it's tie, karena CS lain pun juga sama di sosmed sepengalaman saya ?

        Ini nomer untuk call center telkom ato indihome
        (kode area)-147 atau 08001035394 (yang panjang ini bebas pulsa)
        Tentunya ber"customer service" dengan telepon juga ramah dimasa pandemi bukan?

        Yang kedua, biar ga kaget terkait kena charge 250k atau 1 juta itu, alangkah baiknya mba baca termsnya dulu. Kembali lagi mba, membuat keputusan tentunya ada konsekuensinya yang perlu dilakukan. Terlebih lagi, ini sudah ada hitam diatas putihnya (kontrak lah bilangnya).

        Yang ketiga, ini yang lebih penting sih mba. Manner. Kebetulan mbanya suka bahasa inggris, inget mba. Anger and arrogance do not solve anything. Good manner cost you nothing, Bad manner cost your reps. Yup, orang-orang ya taunya sekarang mba arogan ?. You asked it. You got the answer for it. Say thanks, appreciate it. Dont mock them in the name of "im not technician or pro in this, dont explain it with technical language."

        Lastly. Apapun provider mba, nanti kalau ada problem lagi alangkah baiknya diselesaikan dengan kepala dingin. Stop arogan. Ya? Because congratulations mba, your arrogancy surely is viral right now. Indihome sudah biasa viral, now is your arrogancy turn to viral haha ??

        -Jade

        • fun fact : informasi terkait call center itu bisa mba dapatkan di google. Jangan malas-malas googling ya ?

          • Tapi kalau ini mohon maaf bangetttt, kalau saya kurang setuju ya Mba.. Boleh ya beda pendapat.

            Kalau kita googling semua informasi tapi memang gak paham kan jatuhnya asumsi ya? ? Nanti kalau saya salah pengertian pasti akan jadi user fault ya.

        • Halo Mba Jade...

          Wahh... Penjelasannya lbh baik ketimbang CS. Thanks Mba.

          Tbh, kalau masalah kontrak, charge or penalti saya gak kaget sih krn memang sdh baca dan tahu. Dan so far gak ada masalah sm itu.

          Iya Mba... Terima kasih banyaakk banget. Ini tentunya jadi pelajaran. Tapi admit it or not, berarti memang ada ketidaksamaan knowledge di sisi internal IndiHome ya? Oke lah... Untuk kedepannya saya gak akan langsung percaya sama CS Twitter, soalnya CS social media "kakaknya" itu valid dan justru fast response.