Termakan Janji Manis IndiHome

Selamat Pagi,

Saya Dwi Wahyuni, pelanggan dengan nomor kontrak IndiHome dengan nomor 122217256277

Kronologis:

Pada tanggal 26 Maret saya mengajukan pindah alamat kost. Dan diinformasikan bahwa di alamat baru saya SUDAH TERPASANG jaringan IndiHome (please see screenshot). Cuma CS berkelit, saya harus tetap kirim SURAT PERYATAAN BERMATERAI dari pemilik kost. Ya sudah saya ikuti, namanya BUMN kan yaa? Pasti persyaratannya saklek.


Dikarenakan saya harus opname, dan baru pulang tanggal 30 Maret, surprisingly jawaban CS setelah 1 minggu berselang JADI TIDAK BISA diajukan pengajuannya KARENA JARINGAN TIDAK TERSEDIA.

Ya saya awalnya masih diam dan minta di-terminate saja kontraknya. Eh giliran sudah minta putus kontrak, diminta untuk bayar Rp250.000. Masih saya diemin, saya gak langsung percaya gitu aja, karena dari awal jawaban CS saja sudah plin plan. And as expected from CS yang bawa bendera BUMN berubah lagi jawabannya.


Sampai akhirnya tadi malam dibuatkan laporan dan tadi pagi dapat SMS kalau pengajuannya disetujui. Maaf seribu maaf, saya sudah malas sekali. Bahkan CS dengan angkuhnya tidak mau mengakui kesalahan sampai Pihak Teknisi yang menghubungi saya langsung via WhatsApp.

Kepada CS @IndiHomeCare yang terhormat. Saya harap, hari Senin sudah ada yang konfirmasi ke saya kalau kontrak terminationnya sudah berhasil tanpa saya harus kirim data ini itu.


Terima kasih.

Salam,

Dwi Wahyuni
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Konfirmasi dari Telkom terkait Pemberitaan “Termakan Janji Manis IndiHome”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Dwi pada tanggal 2 April...
Baca Selengkapnya

196 komentar untuk “Termakan Janji Manis IndiHome

  • 3 April 2022 - (13:16 WIB)
    Permalink

    Kalau perlu speed cuma 20 Mbps bolehlah pake indihom karna harga terjangkau kualitas sekadarnya byar pet. Kalau sanggup dan perlu speed kencang stabil mending pake biznnt. Di harga lbh mahalan dapat speed lebih kencang tp jauh lebih murah dgn speed setara dari indihom

    • 3 April 2022 - (19:34 WIB)
      Permalink

      Sudahlah….jangan pd ribut. Kalau memang customer merasa dikecewakan ya sudah. Jangan pasang di provider tsb lagi. Masih banyak provider lain yg harga kuotanya lebih murah.
      Saya jg baru2 ini mau pasang indihome, lalu dikirimi peraturan yg “jika langganan berhenti sblm masa kontrak 1 tahun selesai maka akan dikenakan denda 1 jt”.

      Gilee aja bro, drpd buat bayar bayar2 denda mending buat saya beliin dawet buat anak bojo saya luwih nggenah.

      Saya jadi mundur saja nggak jadi pasang indihome krn aturan itu sangat memberatkan customer.

      Mungkin bisa dipertimbangkan lagi aturan tsb, drpd Indihome tidak laku n bakalan bangkrut ke depannya.

      Masih banyak kok provider lain yg lbh bagus lagi.

      Thanks…..

    • 3 April 2022 - (15:10 WIB)
      Permalink

      Dan kalau menurut saya terlalu bagaimana yaa? Bahkan sampai yang tadi menghubungi saya hanya bisa bersimpati sebatas “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya” ya lalu what do I expect? ??

      • 3 April 2022 - (23:52 WIB)
        Permalink

        Memang pelayann cs indihome ini beda² jawaban. Sy jg sama minta kejelasan paket catchplay dan migrasi telp rumah harus isi saldo telp 100rb krn setiap tanya selalu dsuruh nunggu lama dan jawaban nya selalu tdk jelas.

        Yawda, dgertak pindah provider aja tar dia jg balik nelp kita dan mereka lngsung selesaikan masalah. Provider lain msh banyak kok, hehe.

        • 4 April 2022 - (06:02 WIB)
          Permalink

          Tenang aja Pak Pman… IndiHome gak akan bangkrut kehilangan Customer arogan macam saya ? Yah let’s see, harapan saya memang pindah ke penyelenggara internet punya swasta saja. Setidaknya kalau memang ada yg salah diakui, klarifikasi dan ditindak utk pembenahan.

          Company-nya arogan. Kalau dilihat dr comment2 pembaca disini sih secara gak langsung ada 2 point yg saya dapat:
          1. CS nya ganti-ganti dan “banyak” yg menyebabkan pemahaman akan SOP jadi bisa berubah2
          2. CS nya sudah ditekan dr atas. Padahal CS banking gimana gak lebih stress ya ? Tapi gak apa2, untuk saya ya wajah perusahaan akan dilihat dr pelayanannya.

    • 3 April 2022 - (19:40 WIB)
      Permalink

      Sudahlah….jangan pd ribut. Kalau memang customer merasa dikecewakan ya sudah. Jangan pasang di provider tsb lagi. Masih banyak provider lain yg harga kuotanya lebih murah.
      Saya jg baru2 ini mau pasang indihome, lalu dikirimi peraturan yg “jika langganan berhenti sblm masa kontrak 1 tahun selesai maka akan dikenakan denda 1 jt”.

      Gilee aja bro, drpd buat bayar bayar2 denda mending buat saya beliin dawet buat anak bojo saya luwih nggenah.

      Saya jadi mundur saja nggak jadi pasang indihome krn aturan itu sangat memberatkan customer.

      Mungkin bisa dipertimbangkan lagi aturan tsb, drpd Indihome tidak laku n bakalan bangkrut ke depannya.

      Masih banyak kok provider lain yg lbh bagus lagi.

      Thanks…..

    • 4 April 2022 - (14:36 WIB)
      Permalink

      Kalo pindah tinggalin aja yang lama, nanti mati zendiri . Daftar baru ditempat yang baru, Daftar Indihome lagi bisa,atau yang lain juga boleh. Jadi gak usah lapor minta pindah segala repot. Dan lain kali cari kost yang ada WiFi nya,Banyak bergaul jadi banyak informasi. Zaman sekarang indekost pasang WiFi sendiri aneh rasanya, kuper dan jadul banget.

  • 3 April 2022 - (16:57 WIB)
    Permalink

    Menurut saya sepertinya dsini ada miss komunikasi mngkin pd awal pengecekan lokasi CS itu hnya bisa cek melalui daftar area yg tercover utk jaringanya dan kemungkinan mmg di dkt area tsb sdh trcover jdi info.y ke customer blng sdh dn bisa, tapi kn mmg ada petugas lapangan yg datanya lebih akurat dn trkdng bnyak yg berubah dn mungkin pas blum update wktu awal info.y alhasil CS blng.y bisa, kemudian ada update-an trbaru saat dicek ke lokasi dri pihak lapangan dn kemungkinan mmg tmpt situ ngak trcover jdi.y di infokn kembali bhwa ngak bsa krn ngak trcover. Lgian jg CS.y sdh info bahwa mohon dtunggu dulu krn akan di cek detail dlu ke lokasi.y, please jdi customer bsa lbih bijak jg dong, CS itu cma bsa ksi info terkini klo mmg ada perubahan pasti diinfokn cma mng trkdng customer mau seenak.y aja apalgi dri awal mmg prosedur yg tlah di tetapkn, si customer malah ngerjain.y kya ogah2an, tdk akan terjalin kerja sama yg baik kalau customer.y jg ngak mau memenuhi S&K yg kta.y ribet. Dmna2 smua ribet emang tpi klo kta mau ngurus telaten dn cari jln tengah.y dgn bijak sy yakin antara CS dan customer pasti bsa win2 jg ?

  • 3 April 2022 - (17:22 WIB)
    Permalink

    Saya pernah juga jadi pelanggan internet milik negara ini namun sudah lama berhenti krn “you know lah” ?
    Tp gk sampe mencak” kaya gitu krn saya pikir ikutin aja aturannya drpd kaya gini jadi ribet.

    Yg jelas setiap apapun punya aturan sendiri jadi saling menghargai jgn ngerasa paling benar

  • 3 April 2022 - (18:16 WIB)
    Permalink

    NAH.. Anda dapat point saya yaa 🙂

    Saya ogah2an di part mana Ibu Putri? Ohh di bagian surat pernyataan bertanda tangan pemilik rumah ya? Alhamdulillah sudah sy ikuti langsung stelah saya keluar dr RS.

    Kalau terkait upload document, saya akui saya memang malas, krn mereka jawabannya berbeda-beda. Saya sampai minta Ibu saya utk bolak-balik ke rumah pemilik, lalu mereka sampaikan tidak bisa, lalu bisa lagi dgn biaya Rp250.000 dan kemudian dipatahkan lagi dgn mengatakan “tidak bisa”. Ini sbelum saya tahu terkait ketidaksetaraan knowledge di CS Twitter.

  • 4 April 2022 - (04:21 WIB)
    Permalink

    Saya juga kecewa waktu itu mau berhenti indihome terus disuruh bayar segala macam. Pertama telfon katanya suruh bayar 103k saja, pas mau bayar kok jadi 300k. Saya telfon lagi malah katanya itu untuk pembayaran pemakaian bulan sebelumnya padahal bulan sebelumnya saya sudah bayar sebelum minta pemutusan itu. Waktu sudah dibayar yang 300k muncul lagi penagihan 230k untuk biaya pemberhentian. Lah kok malah nambah biaya lagi? Saya konfirmasi via telfon lagi katanya kalau engga dibayar yang 230k pemutusan engga bisa di proses. Engga bisa di proses gimana sedangkan internet saya sudah di putus sama pihak mereka -_-

    • 4 April 2022 - (05:38 WIB)
      Permalink

      *Toss Bu* Intinya memang ada yg salah terkait pemahaman CS akan SOP yg berlaku, padahal yg tahu dan punya kemampuan itu adalah CS mereka. Sepertinya memang diakui juga ya oleh pembaca2 disini (Mungkin sy yg memang bodoh memilih penyelenggara internet ini ?). Sekarang saya tahu rootcause nya, kayaknya CS Twitter tidak “berkewajiban” mengisi riwayat interaksi di sistem mereka. Saya kaget banget tadi sudah dikirim draft kontrak utk ditandatangi ternyata Alamat KTP saya berbeda dgn yg ada di KTP. Akhirnya saya mengikuti saran Kak Buana dan Mba Jade utk hubungi langsung ke CS. Saya tanya knp alamatnya msh salah? Saya sdh complain via Twitter tgl 1 Feb, tapi kata masnya gak ada ??? Ketawain aja deh.

  • 4 April 2022 - (05:54 WIB)
    Permalink

    Ijin nambah komentar, setau saya perijinan pindah alamat, pindah kepemilikan, dan semua2 itu mesti ke plaza telkom tiap2 kota. Saya sendiri baru 2 hari yang lalu, ngurus utk pindah alamat kost ke kontrakan teman saya. Sejauh ini proses aman, dan tinggal menunggu dari petugas lapangan plaza telkom. Dan satu lagi, untuk petugas laporan dari plaza telkom dan petugas gangguan daerah itu berbeda. Juga jangan mau untuk membayar dimuka jika memang ada penambahan biaya untuk tarik kabel, pindah odp atau pindah saluran. Karena telkom sendiri yang membuat aturan tersebut, untuk pindah alamat dan pindah balik nama kemarin di berikan 2 surat penyrataan yg berbeda dan 1 x materai 10k. Biaya tambahan jika diatas 100m tarik kabel itu 250k + 10% juga buat biaya balik nama 30k + 10% semua biaya tambahan tersebut bahkan dibebankan di akhir langganan abunement dari cs di plaza kemarin. Semoga membantu, dan tambahkan kesabaran dalam menghadapi orang siapapun itu?

    • 4 April 2022 - (07:41 WIB)
      Permalink

      Terima kasih Pak Muhammad.

      Untuk teman2 Pengguna IndiHome, mungkin bisa dipertimbangkan nih sarannya.

    • 4 April 2022 - (11:20 WIB)
      Permalink

      Maaf, anda salah, coba dibaca dg teliti saya sebetule selalu membantu orang yg komplain.
      Kalau dibaca dg teliti yg saya katakan miris adalah orang yg kenal TS (anda Yuni) hanya lewat media Indonesia.
      Coba cek lagi bahasanya.
      Mohon jangan cepat emosi nggih. Coba dicek lagi itu balasan saya utk siapa? Saya balas utk buzzer ygemgatakam anda bodoh.
      Please… Be smart

  • 4 April 2022 - (08:41 WIB)
    Permalink

    Udah beberapa kali si bermasalah ama provider ini. Cuma kadang di beberapa lokasi di daerah gak ada opsi lain, selain provider plat merah ini. Dan emang mau terminate lewat CS online seribet itu. Akhirnya, berhasil terminate dengan cepat krn ke kantornya. Lama di ngantrinya doang, pelayanan gak seribet online. Sayang banget sih, kenapa yang online tidak disamakan standarnya sama yang offline. Saya jg gak masalah dengan upload2 datanya, tapi ya emang seribet itu kok, fakta itu. Untung saja lokasi rumah baru lebih kota, dan banyak opsi provider lain. Kalau ada pilihan, nggak deh pilih provider ini, udah mahal pelayanannya gak sesuai harga. #ikutcurcol

  • 4 April 2022 - (08:59 WIB)
    Permalink

    Dua dua nya punya porsi salah dan benar.
    Kronologi:
    1. Pelanggan minta perpindahan internet ke alamat baru
    2. Indihome menyanggupi tp dengan syarat membuat surat pernyataan tertulis bermaterai
    3. Pelanggan menyanggupi
    4. Indihome mengecek ketersediaan layanan didaerah baru ternyata tidak tersedia.
    5. Pelanggan naik pitam, labil, PMS

    Sebenernya sudah di jelaskan di #2, kalau syarat dan ketentuan berlaku. Bisa pindah tp dengan syarat buat pernyataan tertulis DAN KETERSEDIAAN LAYANAN DI ALAMAT BARU. Nah masalahnya si CS minta surat pernyataan duluan drpd nge cek ketersediaan layanan, disini salahnya dr pihak Indihome. Udah buat ujung ujungnya ga tersedia, ODP itu anggaplah sinyal HP, jadi di daerah tsb blm ke cover sinyal. Mw pk surat pernyataan atau engga ya ga akan bisa pindah, wong belum masuk area distribusi internet Indihome.

    Nah pelanggan juga kocak. Ga ngerti tp emosi, membabi buta. Sabar mba ga usah marah2 gt, mereka juga kerja cr uang, mengikuti aturan SOP aja.

    Ya mbaknya juga viral keliatan kekanakan, bodoh, dan pemarah. Selamat.

    Ane bukan orang Indihome, cmn lg browsing baca2, gatel komen. Coba introspeksi diri, renungkan baik-baik.

    1
    1
    • 4 April 2022 - (09:52 WIB)
      Permalink

      Nah… Makanya Mas Farid, marah2 aja baru mulai “gerak” buat laporan. Tapi satu yg jadi pertanyaan saya dan blm terjawab “Kenapa stlh dibuatkan laporan, keesokan paginya diinfo pengajuannya disetujui?”

      Kalau memang bisa, dengan persayaratan ini itu, let’s say “nambah biaya” gt, ya sok atuh dijelaskan oleh CS nya.

      • 4 April 2022 - (10:18 WIB)
        Permalink

        Ya kalau itu nanya sama CS/Teknisinya lebih lanjut, saya bukan orang Indihome.

        Ibaratnya TV rusak mbaknya nanya sama kurirnya kenapa bisa rusak? Mereka jg ga paham kan? Tanya sama yg jual / Teknisinya, apalagi jng tanya ama tukang bakso yg Lewat. Mbak ga tanya kan langsung stop diskusi jg dng teknisinya, adahal yg kita ga tau dr sisi Indihome, jd jangan judge asal.

        Yg saya pahami baca dari chat, persyaratan ttg berkas terpenuhi dan disetujui TAPI lihat lokasinya juga, area alamat baru belum aktif, kemungkinan alatnya sudah ada tp belum aktif, kemungkinan belum ada pelanggan disana, terus kenapa akhirnya Teknisinya chat? Bisa jadi setelah dilakukan Diskusi internal seputar teknikal, ternyata bisa.

        CS itu cuman pelayanan, tanya jawab ada “skrip” nya, mereka cuman ikuti SOP, yg lebih paham teknisinya. Fungsi CS menginformasikan kendala dr pelanggan ke perusahaannya, ibaratnya seperti jembatan.

        Saya dulu juga pelanggan Indihome waktu awal Indihome muncul, dlu namanya Speedy setelah FO berubah jd Indihome. Sy berhenti pakai karena memang kurang puas dengan pelayanannya karena mengalami kenaikan bahkan tdk sampai 1 tahun naik terus. Jd klo dibilang jelek, Indihome memang punya kekurangan, Mbaknya juga! jadi ga usah bertingkah sangat benar dan korban.

        Ibarat beli produk ya klo ga suka balikin jng beli lg, komplen boleh, tapi tdk usah marah2. Toh jasa internet lain masih adakan? Kalau memang merasa dirugikan ya lapor Ke Polisi.

        • 4 April 2022 - (14:48 WIB)
          Permalink

          Nah… Kan kalau gini enak. Jadi paham Saya kalau CS menjawab sesuai script, thanks Mas Farid.

  • 4 April 2022 - (09:58 WIB)
    Permalink

    Sepertinya ini bukan salah dari CSnya.

    Kalau saya pahami dengan benar, prosesnya adalah:

    1. Check apakah jaringan sudah “masuk ke area yang diinginkan. Artinya sudah ada kabel atau belum.
    2. Check apakah ada slot jaringan yang tersedia. Sepertinya berhubungan dengan kuota masing-masing point.

    Poin 1 lebih mudah dan biasanya dicek oleh CS dari pusat untuk menentukan apakah ada atau tidak.
    Tapi poin 2 memang biasanya dicek oleh teknisi langsung dilapangan.
    Dan bisa saja, di area yang sudah masuk jaringan, belum atau tidak ada slot jaringan tersedia pada saat itu. Hal ini bisa berubah kalau ada penambahan slot atau ada yang tutup penggunaan.

    Dari kronologis di atas, isaya menduga ini yang awalnya terjadi tapi penjelasannya kurang on point.
    Setelah ganti CS, mereka bilang ada jaringan, bisa saja memang situasi sudah berubah.
    Menurut saya CSnya gak salah banget.

    Saya setuju sih soal syaratnya yang ribet. Saya sendiri baru pindah alamat layanan dan memang merepotkan. Tapi karena saya sudah komit pakai Indihome, saya jalani dan hanya butuh waktu 2 hari semua sudah normal kembali. Selain itu, sampai saat ini layanan IndiHome cukup memuaskan.

    Semoga komentar saya membantu, meski sepertinya sudah selesai urusannya 🙂

    • 4 April 2022 - (10:26 WIB)
      Permalink

      Ya saya juga lihat nya gt, pelanggan nya keburu naik pitam, dijelasin Teknikal ga paham, klo emosi mw dijelasin gmn jg bakal mental ga terima.

      Klo ketemu pelanggan kaya gini sih, jawabnya cukup YA dan Tidak aja, percuma dijelasin rinci. Masukan utk Indihome klo ketemu pelanggan ky gini. Bayangin kalo kita jualan ketemu orang ky gini ?, saya suruh pulang saya pesenin ojek saya bayarin + kasih MCD, mending liat dia makan drpd marah2 ?.

  • 5 April 2022 - (04:03 WIB)
    Permalink

    Ini nih salah satu pelanggan kalau layanannya mati sibuk koar koar ke Sana kemari neleponin teknisi malem”, tapi kalau layanannya lancar” Aja diem diem bae ke kaga kenal tuh doi pake internet apaan … Makanya kalau dapat pelanggan ke gini, layanannya normal auto block

  • 5 April 2022 - (09:15 WIB)
    Permalink

    Sorry to say..
    Menurut saya Customer diawal udah gada attitude. Udah jelas harus persetujuan pemilik kontrakan.. ko ngerasa risih
    Bukan masalah benar atau salah. Ini masalah sepele. Tapi attitude perlu di utamakan
    Semoga jadi pejalaran buat kedua belah pihak ya

  • 5 April 2022 - (15:50 WIB)
    Permalink

    Mau tanya kejadian screenshoot artikel nya itu urut ya? Atau screenshoot watsap teknisi yang paling terakhir komunikasi tapi di taro di tengah artikel?

  • 5 April 2022 - (15:56 WIB)
    Permalink

    Halo kak yuni, saya tergerak untuk memberi komentar tapi sebelumnya untuk mendukung komentar saya nantinya dan tidak dinggap anonim. Perkenalkan nama saya prima yudha, saya bukan karyawan atau pihak indihome tapi saya adalah teknisi IT jaringan di perusahaan swasta nasional dengan pekerjaan itu setidaknya saya “diharuskan” memahami sedikit masalah jaringan dan juga akibatnya saya punya banyak kenalan teknisi indihome di lapangan dan sering ngobrol masalah teknisnya di indihome. Saya akan coba jelaskan mudah-mudahan dengan bahasa yang mudah dimengerti.

    Saya sudah baca berulang kali screenshot pembicaraan yang kak yuni berikan supaya saya jelas dan bisa berimbang/ tidak memihak dan akan saya coba berikan saran nanti di akhir komentar saya. Mohon maaf saya terpaksa harus mengatakan keduanya salah dalam hal ini, kenapa??

    CS/INDIHOME

    1. Sebenarnya apa yang beritahukan tidak ada yang salah, semua berkas yang diminta adalah berkas yang wajar dan biasa dalam hal pemindahan. Termasuk surat persetujuan pemilik rumah, surat ini biasanya diminta kalau konsumen yang mengajukan tidak berada di rumah sendiri dan dalam hal ini kak yuni ngekost jadi wajar kalau diminta surat ini. Bisa kak yuni bayangkan kalau misalnya anggap saja kak yuni sebagai pemilik rumah dan tidak mengetahui dan tidak menyetujui dipasang indihome?? tiba-tiba rumahnya sudah dipasang??

    2. Ini sebenarnya masalah rangkain pemberitahuanya saja. Kalau dilihat CS pertama mengatakan kalau wilayah tempat baru kak yuni sudah tercover dan tolong digarisbawahi juga dikatakan bahwa butuh pengecekan terlebih dahulu. Apakah ini mungkin?? sangat mungkin. Bahkan kalau mau saya jelaskan lebih dalam, meskipun suatu daerah tercover terkadang ada titik-titik yang tidak tercover karena banyak faktor yang tidak bisa saya jelaskan disini. Tapi dalam hal ini disebutkan karena masalah ODP. Saya akan jelaskan dibagian belakang

    3. Jadi salahnya dimana?? kenapa saya bilang salah? ya salah karena konsumen diminta terlebih dahulu diminta berkas Sebelum dipastikan terlebih dahulu apakah daerah tersebut sudah benar-benar bisang dipasang indihome!! Konsumen merasa sudah capek-memenuhi berkas yang diminta tapi ujung-ujung dikatakan tidak bisa dipasang. Mungkin beda halnya jika konsumen tidak dimninta terlebih dahulu untuk memenuhi berkas yang ada dan dikatakan tidak bisa dipasang. Ya kan kak yuni?? mudah-mudahan iya ya, hehe

    KAK YUNI/KONSUMEN

    Maaf saya coba jelaskan dengan bahasa yang lebih mudah dipahami ODP (Optical Distribution Point) adalah sejenis perangkat yang bertujuan untuk melindungi dan membagi kabel FO (Fiber optik) ke beberapa bagian atau konsumen. Yang saya tahu (maaf kalau salah, seperti saya jelaskan diawal saya bukan orang/teknisi Indihome) Indihome memakai ODP 1/8 artinya satu ODP dibagi menjadi 8 pelanggan.

    Nah ODP inilah yang sering menjadi bagi masalah pelanggan baru, terkadang orang awam sering komplain tetangga sebelah rumah bisa pasang indihome kenapa pas kita mau pasang gak bisa eh beberapa bulan kemudian tetangga sebelah pasang koq bisa lagi!!!! terus sumpah serapah keluar deeh…. alasannya tidak lain karena ODP Full !!! (saya akan kasih saran nantinya). Seperti kita tahu mungkin juga ini keuntungan indihome adalah BUMN ya, tingkat cover Indihome sangat luas bahkan saya bisa bilang terbaik, banyak provider lain tidak tercover tapi tercover oleh indihome akhirnya mengakibatkan pengguna indihome pun banyak dan walhasil ODP full.

    Kak yuni harusnya lebih sabar apalagi saya lihat kak yuni sering menggunakan kata-kata bahasa inggris yang mungkin pendidikan kak yuni pun tinggi harusnya bisa sedikit lebih sabar dan tidak mudah judge plin-plan atau semacamnya. Oleh karena itu saya baca komentar disini banyak yang menanggapi betapa arogannya kak yuni ketimbang masuk esensinya. Maaf ya kak yuni.. tapi saya tahu mungkin sudah kesal karena sudah keburu minta TTD segala yang mungkin orangnya susah ditemui. Tapi sebenarnya kalau kak yuni sedikit lebiiih bersabar sebenarnya surat ini bisa disertakan saat teknisi datang. Jadi pastikan dulu benar bisa dipasang tidaknya.

    SARAN

    1. Dunia digitalisasi memang mempermudah kita melakukan semuanya hanya dengan bermodalkan gadget saja tanpa harus keluar rumah. Tapi tidak semua instansi, perusahaan (apalagi yang baru saja mulai go digital) sarana, prasarana bahkan SDMnya siap juga go digital. Jadi lebih baik untuk pertimbangkan juga langsung menemui CSnya di kantornya atau langsung temui teknisinya dilapangan.
    2. Kalau ODP full, ini saran yang bisa dilakukan jika tetap ingin pasang indihome.
    -ajak beberapa orang yang juga ingin pasang indihome disekitar. ribet sih tapi kalau gak mau ribet bisa pakai tekomsel orbit atau kalau ada dana lebih bisa bayar biaya penarikan kabel.

  • 8 April 2022 - (18:33 WIB)
    Permalink

    Cs mana tai kondisi lapangan . Yang tau hanya teknisi mkny kalo punya indhome mnding kalo stiap ada gangguan pegang no teknisi nya.. cs nya hanya memberi pelayanan satu sisi ibu nya kurang nangkep
    Itu cs udah berusaha buat bisa untuk pindah namun terkendala nya kaga ada odp . Kotak jaringan nya ternyata di lokasi . Yaa cs yg diem di kantor mao gmna . Jangan kan cs . Teknisi sekali pun ga bsa aktipin kalo emng bener2 gada odp ( kotak jaringan) mao di colok di mana itu kabel wkwkw . Mao di poon di colok nya … Saya pengguna indhome tapi saya ngarti tentang indhome . Mnurut saya gda yg salah dr indhome . Pelayanan ok cepet juga teknisi nya ksini. Dan alhmdulillah gada kendala saya selama make indhome . Itu cuman salah paham . Satu ngmng baik baik the power ema ema marah bae heran . Copot layanan ajh jangan ribet wkwkw

  • 8 April 2022 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Dan kalo mao pindah alamat japri teknisi nya cepet tanpa ribet asli .. hari itu klaar kasih ajh uang kopi roko . Di kerjain pasti . Asal pindah nya ga ke luaar daerah. Mkst nya masih satu wilayah daerah telkom itu … Jangan apa apa nyalahin orang .. kalo ga ngerti udah mnding stop bikin pusing teknisi kasian wkwkw

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 196 komentar sampai saat ini..

Termakan Janji Manis IndiHome

oleh Yuni dibaca dalam: 1 menit
196