Surat Pembaca

Korban Penipuan Mengatasnamakan CS BCA, Saldo Rekening Raib Dilarikan ke Saldo OVO

Halo para pembaca setia Media Konsumen. Nama saya Jimmy Alfred Junior. Di sini saya hanya ingin sharing/berbagi pengalaman/musibah yang menimpa saya pada tanggal 16 Februari 2022 yang lalu, yaitu persoalan tentang penipuan. Tentunya, maksud saya sharing/berbagi di sini, tidak ada sedikit pun maksud dari hati kecil saya ini untuk menjelekkan, apalagi sampai menjatuhkan nama perusahaan/brand tersebut. Berikut ini kronologinya:

Pada tanggal 16 Februari 2022 sekitar pukul 13.30 WIB, saya mendapat telepon via WA dari nomor 0811253848, yang mengatasnamakan pihak BCA. Dia menawarkan jasa atas pembukaan blokir kartu kredit yang saya miliki. Karena pada saat itu, kebetulan saya juga ada kartu kredit BCA yang terblokir.

Pada saat itu, saya sedang di kantor dan sedang sibuk. Saya pun menyuruhnya untuk menghubungi saya sore hari antara pukul 15.00-16.00 WIB, lalu ia menyetujuinya. Tidak terasa, waktu menunjukkan pukul 15.00 WIB, itu menandakan jam pulang kerja. Sesampai di rumah sekitar pukul 16.30, ia yang mengatasnamakan BCA tadi, telepon kembali untuk melanjutkan proses pembukaan blokir kartu kredit yang sempat tertunda tadi.

Karena tutur kata yang lembut dan sopan layaknya sales kartu kredit bank, saya tidak merasa curiga kalau ia punya maksud yang lain. Ia sempat menanyakan alamat email saya, nama lengkap saya dan nomor rekening saya. Kemudian saya dikasih link lagi untuk mengisi ketiga informasi tersebut, melalui link yang ia sediakan. Terus saya langsung disuruh untuk meng-copy paste SMS mobile BCA yang dikirimnya, untuk dikirim ke 69888.

Yang membuat saya mulai merasa tidak enak dan curiga, ketika ada pesan dari 69888 “Kami mendeteksi permintaan akses baru dari perangkat Anda “, dan juga “Terdapat perubahan pada perangkat BCA mobile Anda”. Kemudian dia bilang kartu kredit saya baru bisa dipakai keesokan harinya.

Langsung saat itu juga saya membuka aplikasi mobile BCA saya untuk cek saldo, tapi tidak bisa. Ada tulisan di aplikasi mobile BCA saya “Untuk sementara tidak bisa diakses”. Kepanikan saya mulai memuncak ketika saya mengecek saldo saya melalui situs KlikBCA. Benar saja, uang saya sebesar Rp2.214.000, telah raib/hilang berpindah ke nomor OVO 081282717646, milik orang lain yang saya sendiri tidak mengenalnya.

Kemudian saya melaporkannya kepada OVO dan mendapat info atas pemblokiran nomor akun OVO tersebut. Yang saya sayangkan adalah, pada tanggal 13 Maret 2022, saya menanyakan tentang kelanjutan masalah pengembalian dana terebut, pihak OVO hanya menjawab “Maaf, kami hanya pihak penerima dana, jadi tidak melayani pengembalian dana”.

Di situ saya langsung shock mendengarkan perkataan CS OVO tadi. Apakah begitu pelayanan Anda? Saya ini pengguna OVO sudah bertahun-tahun. Andaikan misalnya OVO harus mengganti uang saya hanya sebesar Rp2.214.000, tentu bukan suatu hal yang sulit buat OVO, perusahaan yang omsetnya bisa miliaran atau bahkan triliunan.

Andai saya orang yang berada, tentunya uang segitu tidak seberapa. Namun saya tergolong orang yang pas-pasan, tentunya uang segitu sangat berarti buat saya. Saya harap OVO bisa mengerti atas persoalan yang saya alami ini. Untuk OVO, saya tunggu niat baik dan solusi atas musibah yang saya alami ini.

Demikianlah surat ini saya buat, dan bila ada kata-kata yang salah atau yang tidak berkenan di hati, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatian, saya ucapkan terima kasih. Sekian.

Jimmy Alfred Junior
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BCA atas Surat Bapak Jimmy Alfred Junior

Menanggapi keluhan Bapak Jimmy Alfred Junior di Surat Pembaca Media Konsumen tanggal 12 Maret 2022 dengan judul “Korban Penipuan Mengatasnamakan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • sudah jelas anda di pihak yg salah. mana ada cs bca layani pelanggan via wa kecuali sudah kenal lewat cs bca aslinya. lagian itu cara2 memindahkan bca mobile ke hp lain. masa iya ga tau, dulu pas daftar kan jg ky gitu. ovo disuruh pengembalian dana? ya ga bisa lah, kalo bisa semua pd pura2 ditipu, pura2 salah transfer. lapor polisi lah satu2nya jalan

    • OVO juga bingung.
      Karena yang ngasih akses ke rekenjng BCA nya
      Anda sendiri yang ngasih kode aktivasi.
      Kode trsebut didapat dari sendiri bukan orng lain. Terus link bank juga udah jelas aneh panjang lebar. Masih aja di isi.
      Yg bener itu bca.co.id

  • hehe ya anda orang kantor,
    otp masih di bisa di bagi :)
    pahami otp dan artinya bg...
    untuk berbaginya saya sangat setuju, secara anda mengingatkan orang orang.. tapi di akhir kata kata yang anda kelurkan sangat tidak pantas.
    itukan transaksi wajar,dan ovo hanya oenerima dana. jadi minta balikin duitnya dengan gitu aja... mas eeeeh 2022.
    ya semoga anda mendapat gantinya dari yabg lain,

  • Akun OVOnya bisa menampung dana di atas 2 juta, berarti statusnya sudah OVO premier alias terverifikasi (minimal KTP + selfie). Nomor WhatsApp Telkomsel pelakunya juga pake pascabayar Kartu Halo. Harusnya gampang melacaknya. Pelakunya masih newbie, meninggalkan jejak. ?

    • Itu mah secara tdk sadar anda menjelekkan & mempermalukan diri sendiri. Dsni jelas2 anda yg salah dgn memberikan angka keramat dan dlm sms kode OTP itu bank selalu mengingatkan waspada dgn modus penipuan. Tp anehnya, anda pnya kartu kredit yg terblokir & mau buka blokirnya knp tdk di m-banking nya langsung kan bisa. Malah anda percaya dgn OTK yg menghubungi anda dgn mengatasnamakan bank. Dmn2 kalo kartu kredit ato debit terblokir pihak bank tdk akan menghubungi kita justru kita yg harusnya menghubungi bank untuk membuka blokir

    • bener bener tidak juga sih.. masalahnya, gimana caranya si jimmy junior membuktikan bahwa nomor yang wa dia, dan nomor yang menerima uangnya di ovo, berhubungan?

      kalau saya jadi penerima ovo, saya cuma tinggal bilang, "saya tidak tahu menahu, mungkin transfer nyasar"

      kalau cuma 2 juta jg sih, percayalah, polisi dan telkomsel angkat tangan juga, tidak sebanding dengan gajinya si polisi dari pajak rakyat untuk melacak, bayangkan kerugian 2 juta, tapi pajak rakyat yang dipakai untuk menggaji, lebih dari itu

    • Duh, gmna ya jelasinnya. Ya salah bapak sendiri lah main kirim kode verifikasi ke orang lain, pihak BCA pun gaakan minta kode apapun ke nasabahnya. Dan bapaknya malah nyalahin pihak ovo suruh ngembaliin uang. Hadeh2

    • Percuma lapor polisi juga. Meski bukti kuat, gak akan ditindaklanjuti.

  • Ikhlasin aja duit segitu mah karena anda crazy rich bukan golongan pas pasan buktinya punya credit card,heheh

    • Saya gak pernah Terima telepon dari nomer yg tidak saya kenal.... Jk penting tentu akan menghubungi via WA

      • Betul..lbh hati2..dan pake aplikasi ..get contact ..dan kalo wa tdk kenal LBH skip...utk urusan bank...LBH baik nasabah hub bank lwt call center atau pergi ke bank...cs akan membantu..
        Terimakasih n semoga bermanfaat

  • Mana bs anda minta kembalikan dana dr ovo yg jelas2 anda yg slh knp mau copas link dr penipu
    Makanya hrs bnyk2 membaca dunia teknologi heheekkk

  • Rasanya sih bukan suatu kebetulan pelaku mengetahui anda punya cc yang terblokir.
    Mungkin anda sudah terkena umpan yang disebar pelaku.

    Kalau dari kronologi yang anda tulis, anda terima telepon/wa tgl 16 febuari, tapi dari screenshot chat, sudah ada komunikasi di tgl 15 febuari. Nah mungkin di tgl 15 itu anda sudah kena umpan dari pelaku.

    Kalau ditelusuri nomor pelaku tsb, dia menyebarkan umpan di facebook dengan nama BCA info dan korban akan diarahkan chat melalui wa. Mungkin anda kena jebakan batman di facebook tsb.

    Rasanya sih sulit untuk mendapatkan uang anda kembali karena semuanya murni kesalahan anda.