Surat Pembaca

Merasa Tertipu dengan Biaya Penanganan Shopee SPayLater

Saya sangat tertipu dengan Shopee SPayLater. Saya berbelanja di Shopee dan ada voucher cashback 6% sampai dengan Rp400 ribu, tapi dengan syarat pembayaran menggunakan Shopee SPayLater. Sebelumnya saya tahu bahwa ada biaya penanganan yang dikenakan. Saya setuju dengan biaya penanganannya, karena masih tergolong tidak tinggi, yaitu 1%. Makanya saya memutuskan menggunakan Shopee SPayLater.

Namun alangkah kagetnya saya, setelah saya melihat tagihan Shopee SPayLater saya, ternyata terdapat biaya penanganan lagi sebesar 2,95%. Setalah saya cek, ternyata pembelanjaan saya lainnya yang menggunakan Shopee SPayLater, juga sama dikenakan 2,95% lagi. Saya baru mengetahui bahwa ternyata dikenakan biaya penanganan lagi, karena selama ini ada tagihan Shopee SPayLater saya langsung bayarkan, tanpa mengecek lagi. Karena nilainya hanya beberapa ratus ribu, jadi tidak terlalu terlihat bahwa ada biaya penanganan lagi.

Saya memutuskan untuk komplain ke Shopee SPayLater. kenapa dikenakan biaya penanganan lagi? Bukankah pada saat sebelum melakukan pemesanan terdapat rincian biaya jika menggunakan Shopee SPayLater? Alangkah kagetnya saya, jawaban dari pihak Shopee bahwa benar ada (dikenakan) 2x biaya penanganan. Yaitu pada saat melakukan pemesanan sebesar 1% yang memotong saldo Shopee SPayLater dan biaya transaksi 2,95% setelah melakukan pemesanan dan itu tidak ditampilkan.

Saya merasa tertipu. Ini lebih dari rentenir, kartu kredit saja biayanya tidak sebesar itu. Padahal saya tidak menggunakan pembayaran cicilan. Lebih baik berpikir ulang sebelum menggunakan Shopee SPayLater. Ingat bahwa biaya yang ditampilkan belum semuanya, akan dikenakan biaya penanganan yang lebih besar setelah kita melakukan pemesanan/pembayaran menggunakan Shopee SPayLater.

Maria Fransisca
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ada yang tau cara tutup akunnya saya malah mau tutup akun tidak bisa katanya sudah 2x tutup akun padahal akun saya itu sudah dr awal dan belum pernah tutup akun. untuk bayar nanti juga saya udh kapok

  • Bunga biaya tersebut sdh termasuk "SANGAT KECIL" dibanding paylater/Pinjol lainnya.. Dan baca SK diawal biar gk merasa tertipu..

  • Begitulah buruknya shopeepay later, jadi sebelum checkout memang kita bisa pilih bayar bulan depan atau cicilan 3,6,atau 12 bulan dg rincian yg memang sudah tertera untuk pembayaran perbulannya, tapi nanti setelah barang kita terima tagihan bulanan akan berbeda ?
    Saya awal pake pun ngerasa terjebak, tapi ya kadang tetep pake shopeepay later juga kalo barang2 receh, tapi kalo nominal gede "No" ?

  • Apa sih yg TRANSPARAN di shopi ? Jasa kirim abu² gk terbuka nama jasa ekspedisinya. Paylater harus pake dia, biaya penanganan ia ditulis 1% tp biaya bunga 2.95 dr total ga detail dcantumkan jd pembeli tau angka pasti tagihan jika 1bln, 3bln, dst. Dikasi koin juga buat apa ? Toh ga akan bisa ditukar full tu koin kecuali pembeli belanja lg >5% jumlah koin. Ga dipakai² dlm 3 bln koin hangus. Kok masih ada aja yg kejebak belanja model bgini..

  • Kata saya mah .. gak usah ngutang kalo gak mau bunga... Ngumpulin aja sebulan uangnya .. jgn maksain ngutang ???

  • Di halaman checkout emang hanya tampil biaya penanganan yg 1%. klo BNPL yaa 2,95% nya nanti include pas tagihan udah muncul cuma emang keterangannya biaya penanganan bukan bunga. Jadi serasa ada 2 biaya penanganan

  • Memang tragis jika berhubungan dengan Shopee, saya sebagai penjual dikenakan biaya ADMINISTRASI sebesar 6.5% pertransaksi berhasil.

  • Udah dibilangin dan diajarkan bahwa riba itu haram, dan sesuatu yang haram itu akan ngefek negatif pada kehidupan kita, entah pada sisi yg manapun. Belajar ngutang boleh tp jangan yg ada ribanya, ngutang juga jangan dijadiin kebiasaan. Saran ajah, STOP menggunakan paylater, kartu kredit, kta, pinjol dan sebagainya. Hidup apa adanya sesuai dengan ikhtiar kita, Tanpa riba hidup berkah dan plong rasanya. Cobain dah

  • Pake credit card saja kaka, boleh kaka kartu kreditnya bank bukopin kaka, dijamin puas kaka..

  • sama aku juga tertipu bulan lalu biaya penanganannya kecil Rp.3000 tapi pas mw jatuh tempo ada rincian tagihan tiba2 biaya penanganan lagi Rp.120.000 jadi total kena Rp.123.000 trus cicilan semula 9bulan berubah jadi 12bulan tanpa persetujuan. dan biaya penangan yg tidak diketahui seusai belanja ini juga ikut mengecawakan. jadi kapok pake spaylater, maksd hati mau ambil ongkir gratis ga twny jadi begini. penipuan sekali.. harusny diawal semuanya dilampirkan jangan pas tagihan baru dilampirkan dan konsumen tidak tau klo ada biaya lain.
    jangan deh pake spaylater