Merasa Tertipu dengan Biaya Penanganan Shopee SPayLater

Saya sangat tertipu dengan Shopee SPayLater. Saya berbelanja di Shopee dan ada voucher cashback 6% sampai dengan Rp400 ribu, tapi dengan syarat pembayaran menggunakan Shopee SPayLater. Sebelumnya saya tahu bahwa ada biaya penanganan yang dikenakan. Saya setuju dengan biaya penanganannya, karena masih tergolong tidak tinggi, yaitu 1%. Makanya saya memutuskan menggunakan Shopee SPayLater.

Namun alangkah kagetnya saya, setelah saya melihat tagihan Shopee SPayLater saya, ternyata terdapat biaya penanganan lagi sebesar 2,95%. Setalah saya cek, ternyata pembelanjaan saya lainnya yang menggunakan Shopee SPayLater, juga sama dikenakan 2,95% lagi. Saya baru mengetahui bahwa ternyata dikenakan biaya penanganan lagi, karena selama ini ada tagihan Shopee SPayLater saya langsung bayarkan, tanpa mengecek lagi. Karena nilainya hanya beberapa ratus ribu, jadi tidak terlalu terlihat bahwa ada biaya penanganan lagi.

Saya memutuskan untuk komplain ke Shopee SPayLater. kenapa dikenakan biaya penanganan lagi? Bukankah pada saat sebelum melakukan pemesanan terdapat rincian biaya jika menggunakan Shopee SPayLater? Alangkah kagetnya saya, jawaban dari pihak Shopee bahwa benar ada (dikenakan) 2x biaya penanganan. Yaitu pada saat melakukan pemesanan sebesar 1% yang memotong saldo Shopee SPayLater dan biaya transaksi 2,95% setelah melakukan pemesanan dan itu tidak ditampilkan.

Saya merasa tertipu. Ini lebih dari rentenir, kartu kredit saja biayanya tidak sebesar itu. Padahal saya tidak menggunakan pembayaran cicilan. Lebih baik berpikir ulang sebelum menggunakan Shopee SPayLater. Ingat bahwa biaya yang ditampilkan belum semuanya, akan dikenakan biaya penanganan yang lebih besar setelah kita melakukan pemesanan/pembayaran menggunakan Shopee SPayLater.

Maria Fransisca
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee SPayLater:
[Total:843    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

106 komentar untuk “Merasa Tertipu dengan Biaya Penanganan Shopee SPayLater

  • 19 April 2022 - (09:13 WIB)
    Permalink

    Tertipu dri mana sblom cekout jg ud jelas ada detail2 rincian2 ada biaya penanganan+biaya bunga sopepaylater
    Anda nya yang kurang teliti

    34
    61
    • 19 April 2022 - (11:41 WIB)
      Permalink

      Horang kaya kek gini mana teliti di awal ,klik klik aja semaunya komplain kemudian,

      21
      17
      • 19 April 2022 - (14:50 WIB)
        Permalink

        Sebelum pake sesuatu tuh dibaca dulu syarat dan kebijakannya ya!! https://help.shopee.co.id/portal/article/73455-%5BSPayLater%5D-Apa-Syarat-&-Ketentuan-Pembayaran-dengan-SPayLater%3F?previousPage=other+articles

        1. Disitu udah jelas biaya penanganan awal penggunaab SPaylater itu 1%
        2. Biaya bunga atau biaya penanganan di akhir itu 2,95%

        Dari awal saya pake SPaylater juga ga pernah bermasalah tuh. Ya terima resiko ada bunga segitu. Udah minjem tapi berasa jadi korban / ditipu, aneh.

        36
        9
        • 20 April 2022 - (04:25 WIB)
          Permalink

          Itu sudah jelas di picture 1, rincian nya. Tapi saat tagihan beda dengan di rincian awal. Dia pakai BAYAR NANTI yg secara bunga 0%. Faham sampai sini??

          15
          1
          • 20 April 2022 - (12:49 WIB)
            Permalink

            Saya Cuma pakai Spayletter cuma sekali doang, habis itu kapok!!!
            Mending pakai PL toko ijo dan biru aja 😝🤭

          • 21 April 2022 - (00:56 WIB)
            Permalink

            Mana ada paylater dgn bunga 0℅

          • 22 April 2022 - (07:25 WIB)
            Permalink

            Tinggal dilihat, barang yg dibeli buyer itu memang lagi ada promo cicilan 0%, atau tidak?
            Kalo tidak, ya memang segitu ribanya, 2,95% x nilai barang.

            Dan memang ketika bayar pake paylater, saldo paylater dipotong sesuai harga barang. Dan baru ketahuan ada ribannya setelah transaksi selesai.

            Bagi pembeli awam, mungkin anggapan dia ga ada riba. Padahal kan bisa dicek dulu, pas mau bayar pake paylater

          • 29 April 2022 - (19:13 WIB)
            Permalink

            sejak kapan spayalater bayar nanti gak kena bunga? berkali2 saya pakai metode itu memang kena bunga 2.95%.
            anda tu paham dari mana?

    • 19 April 2022 - (17:55 WIB)
      Permalink

      Iya bener tuh, emang biaya penangan 73rb tapi pas pembayaran kan ditotal sama bunga paylaternya!! Dan total jadi 217rb..
      Lagian pas mau chekout juga ada rincian total pembayaran, harusnya pembeli cek dulu selisih total pembayaran paylater dengan total belanja normalnya boskuh..

      15
      2
    • 20 April 2022 - (01:43 WIB)
      Permalink

      Gini bang mksdnya yg komplen itu beda,, jadi biaya penanganan ada 2, pertama pas checkout itu emg ada biaya penanganan 1% dr nilai transaksi, dan biaya penanganan yg kedua ini yg tidak tertulis pas proses checkout, adanya pas kita sudah bayar transaksi kita menggunakan spaylater ,ini yg jd masalah karena ga ditampilkan pas proses sebelum checkout.

      42
      2
    • 20 April 2022 - (02:02 WIB)
      Permalink

      Biaya yg di tampilkan sebelum checkout jauh berbeda sama biaya saat pas kita mau bayar shopeepay later, dan itu memang seperti penipuan jatuhnya.. Karna biaya final produk yang kita beli tidak di tampilkan sebelum checkout. Klo beli nya produk masih di bawah 500rb memang tidak terlalu besar perbedaan nya, tapi tetep saja biaya yang di tampilkan sebelum checkout itu jauh berbeda.

      25
      1
    • 20 April 2022 - (06:31 WIB)
      Permalink

      Sy ga pernah pake yg paylater2 mulai dr shop..gop..lebih jelas pake CC bayar penuh bulan depan tanpa bunga dan biaya admin…atau klo mau cicilan 0% juga bs biaya nya jauh2 lebih murah bisa 12 bulan lagi 😁

      4
      1
      • 21 April 2022 - (06:36 WIB)
        Permalink

        Berarti kamu ga paham cara kerjanya kak. Saya sudah sering kok pake shopee pay later. Di awal sebelum checkout itu memang biaya penanganan 1%, simulasinya akan dutampilkan saat kita memilih metode pembayaran & berapa bulan cicilan. Kemudian setelah kita menyetujui, terus checkout & yg kakak maksud hasil akhir itu adalah yg bisa kita cek di bagian “Jumlah yg harus dibayar” & itu adalah rincian setiap pesanan + bunga + (termasuk biaya penanganan). Coba deh sebelum checkout kakak screenshot dulu, kemudian cicilan perbulan itu kakak akumulasikan dg berapa lama waktu cicilan pasti akan sama hasilnya dg total akhir yg kakak permasalahkan. Silakan dicoba.

        2
        3
      • 29 April 2022 - (17:15 WIB)
        Permalink

        Wkwkwkw biasanya yg pake paylater gak punya cc, entah blacklist apa lah bgtu. Paylater cm modal ktp sm nyengir. Kalo cc kan susah approve nya buat yg suka ngutang tapi gak bayar bang 😂😂😂😂

    • 20 April 2022 - (11:43 WIB)
      Permalink

      Makanya sebelum komen coba dulu pake spaylatter. Spaylatter itu emng kyk gitu rincianya tidak detail seperti yg kamu pikirkan. Rincian pembayaran + bunganya nanti akan muncul di tagihan setelah barang di terima, walaupun bayar nanti bungnya itu tetep gede kg seperti yg lain.

  • 19 April 2022 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Jgn disamakan splater sama kartu kredit.Splater ini ya hampir sama dgn pinjol.Ibu punya cc knp belanja ngak pake cc saja bu?Tapi klu di itung2 ya anggaplah impas sama cashback yg di berikan shopee.HeHe

    12
    9
    • 19 April 2022 - (12:13 WIB)
      Permalink

      Emang gede bunganya kalau bayar dalam 1 bulan,jadi ga ada bedanya sama bayar dalam 12 bulan

      10
      1
      • 29 April 2022 - (19:17 WIB)
        Permalink

        udh pernah pake spayalater blm? spaylater bayar nanti itu lebih murah dr pada cicilan 3, 6, 12 bulan. coba dulu baru komen

        2
        1
    • 29 April 2022 - (13:26 WIB)
      Permalink

      Pake CC Mega itu, nunggak tagihan siap2 berhadapan sma Eksternal Maluku/Indo Timur wkwkwk

  • 19 April 2022 - (09:37 WIB)
    Permalink

    https://help.shopee.co.id/portal/article/73455-%5BSPayLater%5D-Apa-Syarat-&-Ketentuan-Pembayaran-dengan-SPayLater%3F?previousPage=other+articles

    ada di syarat dan ketentuan g sih?

    kalo ada yang mau bilang, “ngapain baca S&K segala, daftar ya daftar, siapa yang pernah baca gituan”:

    1. kalo g baca jatuh nya ya gini
    2. anda daftar anda setujui tuh S&K, anda baca g baca anda setuju sudahan, dalam arti disaat anda komplain, anda tidak bisa apa2, anda sendiri yang setuju

    kalo anda bilang anda g baca tapi juga g setuju, ga gitu ceritanya, anda sudah bilang anda setuju dan sudah membaca

    kalo ga setuju gimana? ya jangan daftar dari awal, jangan daftar2 setuju2 iya2, ujungnya bilang “saya merasa tertipu!!!”

    23
    8
    • 20 April 2022 - (12:37 WIB)
      Permalink

      Jebakan RIBA… gak ada yang gratis, kl bisa dijebak lebih dalam pasti akan dilakukan oleh yang memberi riba.. krn itu adalah tangan setan..

      6
      2
    • 21 April 2022 - (02:16 WIB)
      Permalink

      Dri dlu kmna aja bambang??? Ente bkn kaga tahu sih mnrt q mah, mngkn waktu itu anda pake blnja msh dibatas wajar dibwh 500k-1000k,
      Knpa q bilang gtu, skrng logikanya limit Spylater anda aja udah trmasuk paling gede loh , tdk mngkn klo pemaen bru pke Spylhope bisa dpt limtspylater nympe 7jt bkn lbh

      2
      1
  • 19 April 2022 - (09:58 WIB)
    Permalink

    Ya bener.. Ini sh ga kterbuka, harusnya di tampilkan di pertama kali pas cek out, bukan di belakang pas udh pembayaran selesai..
    Gila, dengan kata lain pertama kali aja udh kena 5% nnti tambah lagi bulanannya..

    30
    4
    • 19 April 2022 - (11:41 WIB)
      Permalink

      Saya sdh ga mau pake shopee paylater krn jebakan batman begini ada biaya tersembunyi. Kitanya tergiur promo vouher yg ditawarkan dengan syarat pembayaran spaylaternya, eh taunya tipu². Harusnya semua biaya ditampilkan diawal sementara utk bunga tambahan 2.95% tdk pernah diinfo sewaktu checkout, saya banyak paylater dari berbagai penyedia hingga kartu kredit ada 4, cuma shopee paylater yg tdk transparan masalah biaya. Utk masalah s’k cc jg ada ketentuan bunga 2.25% tp lebih seringan malah kita dpt bunga 0% utk belanja di marketplace kecuali shopee tdk berlaku.

      23
      2
  • 19 April 2022 - (10:09 WIB)
    Permalink

    Memang jebakan betmen sih Spaylater ini, mw dapet freeongkir dan Cashback tp kudu pake Shopeepay/Paylater. Memang intinya cashback/ongkir yg didapatkan itu akan ditutupi dr biaya penanganan.

    Dan biaya penanganan yg ke-2 itu, tidak disimulasikan pas waktu check-out (ada tapi bentar banget, cenderung disembunyikan).

    Belanja di Shopee klo emang tokonya ga punya akun selain di situ. Emang lebih2 dr KK sih.

    13
    2
  • 19 April 2022 - (11:27 WIB)
    Permalink

    parah ya shopee,
    harusnya transparan dong biaya yanh dikeluarkan pas checkout,
    ini kesannya disembunyikan..
    parah sih menurutku caranya..

    20
    3
  • 19 April 2022 - (11:27 WIB)
    Permalink

    kebiasaan org indo kalo disuruh baca syarat ketentuan yg panjang bikin ngantuk akhirnya diskip. giliran ga sesuai sm pemikirannya, dirinya merasa tertipu. capek deh

    11
    13
    • 19 April 2022 - (11:47 WIB)
      Permalink

      Situ karyawan shopee ya🤭,,
      Sebelumnya itu konsumen itu hanya dikenakan biaya 1% cuma belakangan ini jadi ada tambahan lg biayanya sebesar 2.95% yg pas checkout tdk pernah diberitahukan utk kedepannya berapa yg harus dibayarkan konsumen. Sementara paylater lainnya itu di marketplace lain semua biaya diinfokan diawal begitu om.

      21
      6
      • 19 April 2022 - (12:22 WIB)
        Permalink

        Sdh diberitahukan kok pas s&k 😂 tapi anda benar ditambahkannya pas mau bayar paylater nanti, itu salahnya shopee

        11
        1
      • 21 April 2022 - (06:29 WIB)
        Permalink

        Ada yang tau cara tutup akun shopee saya coba tutup akun sendiri tidak bisa. Saya tanya Cs katanya sudah 2x melakukan penutupan akun jadi akun tidak bisa ditutup. Padahal akun yg mau saya tutup belum pernah tutup akun sebelumnya.Alasan saya mau tutup akun karena sudah tidak mau menggunakannya lagi.

  • 19 April 2022 - (11:47 WIB)
    Permalink

    Iya sih saya juga baru ngeh beberapa bulan terakhir. Sekarang kalau mau belanja di shopee kalau sudah top up saldo dulu. Gak dikit dikit spaylater. Kecuali emang mendesak.

  • 19 April 2022 - (12:08 WIB)
    Permalink

    terima kasih bu untuk infonya… saya gak pernah pakai pay later tapi buat info cukup tahu aja…mendingan gak usah dinyalain aja itu pay later kayaknya kok gak ada gunanya yah…

    13
    1
      • 20 April 2022 - (00:10 WIB)
        Permalink

        Memang sangat mulus didalam menjebak orang, sy pun pernah mengalami. Intinya tdk ditampilkan secara transparan diawal

      • 21 April 2022 - (06:07 WIB)
        Permalink

        Saya bantu, sebetulnya shopee tidak melakukan penipuan. Soalnya saat sebelum check out, saat milih bayar nanti, harga yg tertera sudah beda dengan harga checkout. Saat pilih bayar nanti dan 3 bulan juga beda. Saat bayar nnti + 2,95%, saat 3 bulan jadi + 3×2,95%.
        Jadi pembeli harus teliti, bkn lihat total pembayaran saat checkout, tpi lihat nominal nya saat milih bayar nanti.
        Bunga pinjol mmng mahal sktr 2,5-4% /bulan. Saya pernah coba 3 bulan dgn harga brng 500rb di shopee, jatuh nya byr hmpr 600rb karena bunga 18% + 1%. Dihitung2 rugi sih, bunganya sangat tinggi. Klo mampu mending cash aja, kecuali mmng untuk kebutuhan mendesak/pembelian yg menghasilkan. Saya sendiri udh gk pakai, ngeri lihat bunga nya yg sebesar itu 3% + 1%/1 bln atau 36% + 1%/tahun.

  • 19 April 2022 - (12:21 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya sdh tertulis sih 2++% itu di s&k

    Jadi nanti kita yg make paylater kena 2x bayar
    1% pas checkout, 2,9% pas bayar paylater

    Emng aneh sih 2,9% gk dimasukin pas checkout masalahnya jadi bikin org2 yg gk was2 kek anda rugi

    12
    1
  • 19 April 2022 - (13:20 WIB)
    Permalink

    Dulu awal2 (bbrp tahun lalu) sih gak ada namanya tambahan bunga yang 2,95%. Kalau biaya layanan 1% memang ada. Jadi seolah2 sama pemakaiannya dengan kartu kredit (kalo skrg beda karena cc gak kena biaya layanan).

    dan s&k nya shopeepaylater juga dulu awal2 ya masih kurang jelas. Tahunya kita bayar mundur persis cc, gak ada info bunga kecuali dicicil jelas dibunga.
    Saya dulu ya merasakan persis lah seperti yang penulis di atas ceritakan ketika sopi mulai ubah s&k menjadi kena bunga dll.

    Kalau sekarang sih, saya sudah sangat paham dengan 1% plus 2,95%…
    Jadi kalau promo cashback atau diskonnya gak gede banget ya saya ogah pake SPayLater hehehe dan sebisa mungkin transaksi setelah tanggal 25 supaya mundur bayarnya jauh sebulanan

    Demikian komentar saya.

    10
    1
    • 29 April 2022 - (13:13 WIB)
      Permalink

      Kelemahan SPAYLATER ITU CUMA PEMBAYARAN TAGIHAN BAYAR NANTI/BUKAN CICILAN, adalah TIDAK bisa dilunasi per Transaksi. Jika Anda menghabiskan semua limit untuk berberpa TRX, Ketika klik selesai semua TRX itu akan NUMPUK menjadi tagihan-tagihan sesuai limit yang dihabisakan. Dan itu celakanya CELAH JEBAKAN, apa yang sering diberitakan sebagai HOROR TEROR DC PINJAL-PINJOL. Bayangkan jika anda baru mempunyai duit minim di saku tapi punya niat melunasi tagihan, tetapi terbetur kenyataan tagihan2 itu sudah DITOTAL sesuai limit terpakai. Akan sangat memberatkan. U/orang yang butuh perputaran modal.
      Oleh karena itu sudah SEHARUSNYA dibuatkan SISTEM tagihan per-TRX. MAKA ketika yang utang baru punya uang sekian ia bisa bayar trx mana yang pas dengan duit ia punya. Tapi logikanya dari mana PEDAGANG2 UANG (baca fintech, bank, leasing dll) itu dapat UNTUNG klo ga bisa ngambil dari BUNGA kesalahan kreditur telat BAYAR sesuai JAPO!!!.

  • 19 April 2022 - (13:43 WIB)
    Permalink

    Yang di atas bilang gak teliti gak baca s/k dll Itu fix kalian gak ngerti…. Saya juga mengalami hal serupa dengan pertanyaan ibu/bapak ini dulu saya trx under 100k jadi nambah berapa ribu dan oke lah gak akan saya pakai lagi solusinya gitu… Pengguna ini trx di atas 500k pasti jelas terasa perbedaannya ketika ada penambahan lebih diluar rincian…. Saya juga memiliki pertanyaan yang sama kenapa bisa apa yang kita bayar di pelunasan paylater berbeda (lebih besar) jika dibandingkan dengan rincian simulasi pembayaran biaya pas cekout yang padahal di sana sudah tertera termasuk rincian biaya penangannya…

    14
    2
    • 19 April 2022 - (14:27 WIB)
      Permalink

      Anda sudah bca s&k belum?? Disitu tertera biaya penanganan beda dengan bunga bulanannya, lagian dimana2 kalo nilai hutang semakin besar, psti semakin besar bunganya.. Pdahal menurut saya bunga di spaylater termasuk rendah, dan sangat membantu karena produk di shopee termasuk sangat lengkap..

      6
      20
    • 19 April 2022 - (14:44 WIB)
      Permalink

      Shopee paylater itu pihak ketiga, jd sama kaya pinjol dan pasti ada bunganya. Kalo cm bayar biaya penanganan, mereka dpt duitnya drmna?
      Aneh nih org2 yg cm bisa pake tuk fasilitas tp ga ngerti ttg fasilitas tsbt.

      5
      9
    • 19 April 2022 - (22:17 WIB)
      Permalink

      yang bilang kita yang suruh baca S&K tidak paham, kamu yang duluan tidak paham

      pahami ya, shopee pay later dan shopee kesannya pasti satu payung di mata orang seperti anda, tapi kenyataan nya mereka PT berbeda, dalam arti mereka entitas berbeda
      tidak ada istilahnya bahwa transaksi antar entitas itu bisa gratis!
      kalau tidak paham jangan asal ngomong,
      spaylater dibawah PT Commerce Finance
      shopee itu dibawah PT Shopee International Indonesia

      “apa sih beda nya kan sama-sama shopee sih, pemiliknya kan pasti sama, kan di aplikasi yang sama?”
      ya omongan gitu itu yang bikin kalian kelihatan g paham, intinya beda PT beda entitas, tidak peduli pemilik nya punya hubungan apa

      https://help.shopee.co.id/portal/article/71956-%5BSPayLater%5D-Apa-itu-SPayLater?previousPage=search%20recommendation%20bar

      “terus kenapa harus ditarik biaya segala? terus kenapa kok disembunyikan biaya nya”
      ya ditarik biaya abanggg, tidak ada yang gratis dan TIDAK ADA YANG DISEMBUNYIKAN, akan tetapi lebih kearah BEDA PENERBIT BIAYA

      1% diterbitkan oleh shopee, 2.95% diterbitkan oleh spaylater

      sudah paham ya skrg? kenapa kok muncul nya dibelakang untuk 2.95% nya? karena biaya itu dibebankan oleh perusahaan lain, bukan shopee nya sendiri, ya ga ada urusannya shopee nampilin di check out

      “ribet amat sih bang”
      gvlok jangan cerewet, memang ribet, lu aja yang g paham

      “ya gimana-gimana kan tetap kesannya menyembunyikan dan kayak nipu bang, gini kan yang rugi kita pemakainya”
      1. tidak ada yang memaksa kalian pakai, kalian sendiri yang mau, dan setuju untuk semua S&K nya yang sudah tertera pada saat anda daftar
      2. iya gvlok, kesannya jelas seperti itu, dan semua orang pasti paham, mereka kan cari untung, bukan amal, nyari amal ngemis BLT aja sama pemerintah
      akan tetapi, intinya adalah mereka tidak salah, karena prosedur,hukum,aturan,S&K sudah membenarkan mereka

      saking gemesnya, sini yang dibilang g paham

      17
      11
      • 20 April 2022 - (02:02 WIB)
        Permalink

        Ga gtu maksudnya bang, maksudnya gini
        Waktu checkout maunya, ditulis biaya bunga + layanan. Jadi orang² yang tadinya mau transaksi udah tau berapa yang akan dibayar.

        Selama ini, trx 2.899k
        Nah itu waktu checkout pakai spaylater ditulis menjadi 2927k, disitu ditulis ” BIAYA PENANGANAN 29k”. Nah si konsumen td pasti berfkir bahwa itu adalah biaya dari spaylater,

        karena ketika si konsumen pilih metode pembayaran shopeepay. Biaya penanganannya ” 0 ” artinya orang² akan berfkir bahwa biaya penanganan diatas adalah biaya penanganan karena menggunakan metode spaylater

        Kemudian, waktu si konsumen mau bayar spaylater nya. Nominal nya menjadi 3.015k
        Artinya, ada penambahan diluar persetujuan konsumen waktu checkout.

        Karena disaat checkout ditulis 2927k ( dengan biaya layanan *29k ), tetapi ketika ingin membayar, menjadi 3015k
        Ada biaya layanan tambahan sebesar 88k yang bahkan konsumen mau tidak mau harus membayar, dengan dasar sudah setuju S&K

        Saya rasa orang² tidak masalah dengan itu, namun harusnya lebih baik jika, biaya layanan & bunga langsung ditampilkan pada saat konsumen akan checkout. Jadi konsumen tau berapa biaya yang nantinya akan mereka bayarkan

        Ada jutaan orang yang mungkin bahkan tidak menyadari hal ini termasuk saya sendiri
        Selama ini saya berfikir biaya layanan adalah hanya yang tertulis pada saat checkout. Jadi ketika pembayaran. Saya langsung top up tanpa melihat kembali detail transaksi saya

        Trik marketing yang cukup bagus, namun sayang. Terlihat menjebak

        19
        • 20 April 2022 - (08:27 WIB)
          Permalink

          Kan sudah saya jelasin bang kenapa g ditulis biayanya

          Ada 2 hal ya
          1. Kenapa tidak ditulis
          2. Kenapa harus dibebankan 2 kali

          Jawabannya cm 1, spaylater dan shopee beda perusahaannnn.. Uang nya itu masuk 2 orang berbeda.. Sudah d jelasin panjang lebar masih ngetek lg, keadaan itu sudah anda setujui, anda setuju s&k 2 kali emang, daftar shopee daftar spaylater

          3
          7
          • 20 April 2022 - (12:34 WIB)
            Permalink

            Iya bang, bener yg dibilang. Smua krn udh setuju s&k berlaku. Dan konsumen juga udh stuju waktu daftar.

            Yang saya masih bingung, kenapa pihak shope meminta biaya layanan padahal kita ngutang nya ke pihak paylater ? Padahal itu kan beda perusahaan

            Toh juga pihak shopee udh dibayar secara full oleh pihak paylater

            Yaudalah, aturan tetaplah aturan
            Karena ada mediakonsumen, saya bisa lebih selektif memilih paylater mana yang lebih banyak memberi keuntungan

          • 20 April 2022 - (12:45 WIB)
            Permalink

            Biaya penanganan itu perjanjian antara kedua belah pihak tersebut, itu mah urusan nya mereka ada atau tidak nya biaya tersebut

            Urusan anda kan anda setuju pakai jasa tersebut tidak mengetahui hal itu

            Cara tahunya gmn? Ya baca s&k, yang sudah anda setujui

        • 20 April 2022 - (11:59 WIB)
          Permalink

          Ini bener penjelasannya, banyak orang aksi komen si pelapor tidak baca sk dll nya… karena mereka enggak ngerti pokok masalahnya… anyway, ini penjelasan yang bisa menjelaskan kenapa si pelapor merasa tertipu, kalau saya di posisi pelaporpun saya pun alan merasa tertipu…. ada beberapa yang begitu pas saya main saham, lalu saya tanya detail karena di awal dan di akhirnya beda dan tidak ada dalam penjelasan awal.

      • 20 April 2022 - (02:14 WIB)
        Permalink

        Ini tuh bukannmasalah bunga nya, tapi masalah simulasinya… Sebagai pembeli apa yang kita lihat itu adalah simulasi bayar pas checkout, terutama yang ngegunain fitur “beli sekarang, bayar nanti” atau 1x cicilan pasti akan sangat terkecoh dengan rincian “TOTAL PEMBAYARAN” di menu checkout, harusnya jangan ditulis total pembayaran, karena belum jadi total pembayaran karena belum termasuk bunga… Ini bukan masalah bunga nya, ini menurut saya masalah simulasi bayarnya terutama yang 1x bayar pasti bakalan sangat terkecoh

        Solusi, harusnya sih menurut ane simulasinya lebih detail lagi pas checkout nya, dan kalo gak mau nampilin detail pas dengan dalih “beda perusahaan (alasan gak logis menurut ane karena harusnya ada koordinasi)” harusnya di hilangkan “total pembayaran” karena belum jadi total pembayaran terutama buat yang “beli sekarang, bayar nanti”

        12
        • 20 April 2022 - (04:17 WIB)
          Permalink

          Ga perlu mempermasahkan simulasinya kalau emg anda tau gmna S&K nya dari spaylater. Biaya penanganan itu berlaku tuk semua transaksi, jd bkn hanya pembayaran dgn sistem bayar nanti. Seharusnya pikir, masa iya bayar nanti hanya di kenakan biaya penanganan. Org mana yg mau ngutangin uangnya tanpa bunga.

          3
          9
          • 20 April 2022 - (06:46 WIB)
            Permalink

            Lah buat apa ada simulasi bayar yang mencantumkan “TOTAL PEMBAYARAN” kalo bukan buat dipake acuan rincian pembayarannya… Mau ngitung sendiri boss pake kalkulator??? Simulasi pembayaran yang mencantumkan total pembayaran harusnya jadi acuan… Yang di permasalahkan itu simulasinya gak sesuai atau ada yang gak dimasukan jadi bayar sama simulasi itu beda… Disini harusnya shopee berbenah… Dia nyantumin “TOTAL PEMBAYARAN” Loh boss…

          • 20 April 2022 - (10:06 WIB)
            Permalink

            Total pembayarn itu untuk yg di tagihkan dari pihak shopee saat transaksi, saat penagihannya jelas akan di masukan jg bunganya. Ini yg tdk di pahami kalian kalau kalian sendiri tdk paham dgn S&K nya. Sekali lagi dsni, pahami dl S&K nya

          • 20 April 2022 - (15:31 WIB)
            Permalink

            Cape ah jelasinnya wkwkwkw baca aja lagi keatas gan

          • 21 April 2022 - (01:01 WIB)
            Permalink

            Capek atau ga mau terima kebenarannya.

      • 22 April 2022 - (07:57 WIB)
        Permalink

        Emang gemes banget tipe orang kaya gitu.

        Merasa dizalimi, padahal dia yg ga ngerti.
        Lagian mana ada utang tanpa bunga. Kecuali ada promo cicilan 0%. Nah kalo itu baru beneran cuma kena biaya penanganan 1% doang

        • 22 April 2022 - (08:12 WIB)
          Permalink

          Jangan terkecoh dengan total pembayaran ketika mau klik buat pesanan. Itu mah nominal yg akan memotong saldo paylater.

          Yg bener itu pas anda pilih barang, lalu klik masukin ke keranjang/ beli sekarang. Nanti disitu ada pilihan paylater 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, setahun. Itu yg akan anda bayar. Atau pas cekout, lalu klik metode pembayaran. Disitu tertulis jelas nominal yg akan anda bayar, mau sebulan, 3 bulan, dst.

          Jadi jangan berpatokan dengan total pembayaran pas klik buat pesanan. Itu info buat motong saldo paylater.

          Kalo masih belum faham, masih merasa dizolimi, saya nyerah jelasinnya.

          Berfikir sederhana aja. Beli barang sejuta, nyicil sebulan, 3 bulan, setahun, ga mungkin kan bayarnya sejuta juga???
          Pasti ada ribanya

  • 19 April 2022 - (14:24 WIB)
    Permalink

    Apa anda baca S&K sebelum pakai spaylater?? Mending baca dulu, sebelum komentar ini itu.. Kebanyakan yg posting kayak gini gak baca s&k, merasa dirinya sudah paham sistem, begitu ada selisih dari hitungannya, teriak sana sini merasa pling bner..

    5
    11
  • 19 April 2022 - (14:59 WIB)
    Permalink

    logikanya gini aja si mana ada fintech yg hanya menagih bunga 1% dari total pembelanjaan
    bunga spaylater udah paling rendah dibanding kredivo/akulaku

    kalo dulu cuma dikenakan biaya 1% ya karena masih dalam tahap promosi atau istilah kerennya bakar uang buat menarik minat konsumen buat pake spaylater ditambah dengan bintang bintang iklan artis terkenal Indonesia dan korea buat mempromosikan yg pasti menghabiskan banyak dana

    sekarang udah banyak yg pake ya subsidi itu dicabut dan dialihkan ke biaya penanganan dan S&K nya sudah berubah yg baru
    pilihan hanya ada 2 buat konsumen mau terima ya lanjut kalo ga mau nerima S&K yg baru ya jangan pake fasilitas Spaylater belanjanya ntar aja kalo ada uang lebih

    hal yg simpel sebenernya tapi dibikin ribet ama orang yg merasa sok paling paham sistem

    10
    4
    • 19 April 2022 - (22:19 WIB)
      Permalink

      penjelasannya simple kok, betul km orang2 aja yang tidak paham

      intinya adalah shopee dan spaylater itu beda PT

      1% itu biaya dari shopee, 2.95 itu biaya dari spaylater

      tapi orang2 ini aja yang menolak paham

      3
      1
  • 19 April 2022 - (15:42 WIB)
    Permalink

    sy pke shopeepay later tiap hari blanja brg buat jualan dh lama,baru sadar 1tahunan klo pke itu di kenakan bunga.pdhl rincianya sblm chekout tdk ada.dr perkiraan utang 7jt bs jd 10jt lebih klo mw di slesaikan..
    parah betul.sperti teknik marketing tp menipu …blm lg biaya penangananny…dh berapa itu ,,

    8
    1
    • 19 April 2022 - (17:37 WIB)
      Permalink

      Saya pemakai spaylater sejak masih bernama shopeepaylater dan sejak pertama kali muncul.

      Saya juga sempat terjebak seperti yang dikomplain penulis. Bukan saya tidak membaca S&K, dulu shopeepaylater menggratiskan biaya penanganan, mungkin karena masih promo, masih ada popup/bubble word/notifikasi di saat kita bayar dg kalimat “pakai Shopeepaylater, gratis biaya penanganan!! “, nah selama ini pakai terus, tiba-tiba suatu hari kena biaya penanganan yang baru bisa ketahuan nilainya di saat pembayaran sudah dilakukan, padahal Bubble Word promo “gratis biaya penanganan!!” masih terus muncul.

      Ini sebenarnya kelemahan Shopee yang kurang sinkron systemnya.
      Parahnya nilai biaya penanganan /bunga hanya muncul setelah pembayaran, tp skr malah lebih parah, setelah barang diterima baru muncul angka bunganya.

      Tapi sisi bagusnya Spaylater, membantu kita memutar usaha, pintar-pintar kita manfaatkan, sekarang saya hanya pakai spaylater di saat ada promo cicilan 0% (tanpa biaya penanganan) dan promo cashback koin

      8
      1
  • 19 April 2022 - (16:34 WIB)
    Permalink

    Jangan pakai shopeepaylater kalau merasa rugi. Non aktifin aja. Hari ini, masih bersyukur dapat utangan langsung cair tanpa kartu kredit dan hal yang berbelit.

    Tapi bagi yang ga peduli. Biaya penanganan cuma segitu, dibandingkan harus minjem bank dkk yang entah diterima atau ga. Itu termasuk enak.

    Gue kadang pakai tuh shopeepaylater kalau lagi beli barang barang agak mahal. Misal kurang 3 juta atau 4 juta. Lumayan. Bisa langsung dibayar bulan besok.

    Kena 200/400k ga masalah. Karena terbantu dan ga harus nunggu lama cair. Ga ribet.

    Cuma, kalau ngeluh soal paylater. Kelak kalianpas kepepet, yakin dah. Pasti nelan ludah sendiri. Kalau dah butuh, ya akhirnya makai juga

    2
    7
    • 20 April 2022 - (01:43 WIB)
      Permalink

      Iya kalau pakai 3 – 4 juta its okay bro. Hitungannya ya murah

      Kalau paylater nya seperti saya, digunakan untuk auto debet pembayaran wifi, listrik, air. Ya mending pake paylater sebelah. Cuma bayar 1x sbulan biaya layanannya

      Jadi lebih bijak aja sih menggunakannya untuk hal yang mana yg lebih baik

    • 21 April 2022 - (04:25 WIB)
      Permalink

      Intinya si pelapor ini cuma minta transparant biaya pelayanan + bunga d info saat check out walaupun uda ada S&K tp beberapa org emang ga aware dgn ini jadilah sasaran empuk trick marketing. Apalagi kalau pelapor pernah merasakan manfaat paylaternya kredivo, lazada dan tokped yang benar2 tanpa bunga 0%. Sayang nya di medkom ini tiap ada yang ngelapor masalah apa aja selalu ada golongan2 paling pinter yg demen nya ngebully wkwk. Padahal mungkin ini bisa jadi perbaikan utk pihak yang di complaint biar lebih transparan buat yang masih awam.

  • 19 April 2022 - (17:07 WIB)
    Permalink

    terlampir di agreementnya biaya penanganan 1% dan bunganya 2,95% memang lebih besar dibandingkan dengan Kredivo.memang harus dibaca dengan detail S&K dan Agreement utang Piutang biar tidak terjebak oleh utang.

    4
    2
  • 19 April 2022 - (20:32 WIB)
    Permalink

    Wah akhirnya ada yg buka suara ya..
    Saya pengguna shopeepylater udah lama. Seingat saya dulu biaya penanganan cuma 1% Dan kalau tidak ada cicilan tidak ada bunga. Sangat membantu.
    Beberapa bulan terakhir baru sadar ternyata nilai tagihan beda Dari nilai checkout. Ternyata oh ternyata sekarang sudah dikenakan bunga MINIMAL 2.95% Dari TOTAL TRANSAKSI walaupun bukan cicilan, tp entahlah memang tidak ada notifikasi pemberitahuan atau saya yg missed pemberitahuan nya, masalahnya bunga tersebut muncul nya setelah barang sampai padahal tagihan dibayar lunas begitu muncul tagihan (bukan cicil). Kesannya kayak sengaja ditutupi.
    Saya pakai paylater kalau memang kepepet atau ada Cashback yg gede (Dan syaratnya wajib pakai paylater).

    Harapan saya shopee melihat keluhan ini Dan jadi evaluasi kedepannya. Sewajarnya semua biaya ditunjukkan di muka sebelum ada akad, bukan setelah transaksi selesai.

    Buat orang2 yg komentar penulis ga baca s&k.. Mungkin penulis pengguna spaylater lama spt saya. Ada perubahan jg ntah ada notifikasi pemberitahuan nya atau tidak yg membuat Kita tidak aware tentang Hal itu. Kalau transparan semua biaya muncul diawal akan lebih baik.

  • 19 April 2022 - (22:26 WIB)
    Permalink

    🤔🤔🤔 bukannya udah dari dulu mmg kena 2x charge? Pertama pas pembelian 1%, kemudian ketika jatuh tempo 2,++%. Mending pakai shopeepay drpd splater.

  • 19 April 2022 - (23:21 WIB)
    Permalink

    Sdh lama nggak pakai sophee, selama ini pakai Toped dan baik baik saja, th lalu total cashback hampir 10 jt

    • 21 April 2022 - (02:53 WIB)
      Permalink

      Sama.. Saya juga akun Shopee ditutup per 4 September 2020. Sekarang pakai Toped, Pembayaran pakai apapun dapat gratis ongkir, dan pastinya Cashback. Walaupun sampai detik ini baru terkumpul 1.1juta koin 🤗

  • 20 April 2022 - (00:12 WIB)
    Permalink

    Pinjol Shopeepaylater kok dibandingkan dengan kartu kredit bu…
    Jelas pinjol vs kartu kredit itu sudah beda kelas, bu Maria.

    1
    2
  • 20 April 2022 - (01:37 WIB)
    Permalink

    bginilah org yg doyan ngutang tp ga mo baca S&K utangnya.. ngutang ga mo kena bunga sih, ya utang aza sm bapakmu.. gda S&K kl pinjem sm ortu.. wkwkwk…

    1
    3
  • 20 April 2022 - (01:40 WIB)
    Permalink

    Lah iya bener yak, saya baru perhatiin punya saya. Setelah dihitung ternyata lumayan banyak hahaha

    Selama ini saya fkir biaya penanganan itu hanya pada saat checkout. Stiap bayar paylater saya gak pernah ngecek ulang. Langsung topup dan bayar. Ternyta biaya penanganan beda dgn waktu pembayaran paylaternya ya

    Jadi biaya penanganan pertama itu buat apa ?
    Terus biaya penanganan kedua itu apa lagi ?
    Mana bunga mana biaya layanan ? Kurang transparan sih kayanya

    Selama ini saya aktifin paylater untuk auto debet pembayaran wifi, pln, pdam. Ternyata stlah saya hitung, gede juga biaya penanganannya.

    Terimakasih mba, saya sudah stop auto debet
    Mending pake gopaylater aja deh untuk pembayaran tagihan listrik, wifi, air.

    Shopepaylater nya akan saya gunakan untuk belanjaan murah murah saja yg biaya layanannya dibawah 10k

    • 20 April 2022 - (04:20 WIB)
      Permalink

      Saya user shopeepay later dari Mei 2019. Dari dulu memang udah gitu kok. Kan memang ada biaya perbulannya sesuai tenor yg dipilih. Klo 1 bulan ya kena 2.95% 1x dst. Saya rasa Anda pas daftar gk dibaca seksama ya? Pastika daftar apapun seperti ini dibaca dulu ya

      • 20 April 2022 - (12:36 WIB)
        Permalink

        Waktu checkout barang ada biaya layanan 2.95 % pas pembayaran paylater tambahan lagi 2.95% ? Total nya 5% lebih
        Sesuai s&k kah ?

        • 20 April 2022 - (13:22 WIB)
          Permalink

          Yuk kita diskusi sama sama.

          Harga barang 7.290.000
          Biaya kirim kena 25.000 (diskon 20k)
          Total barang 7.315.000
          Biaya penanganan 1% total 73.150
          Total = 7.388.150

          Biaya paylater 2.95% dari Total = 217.950

          Total harus bayar 7.388.150 + 217.950 = 7.606.100

          (7.388.150 / 7.606.100)*100 = 2.87%
          Atau
          Dibandinginnya menggunakan 7.315.000 = 3.98%

          Lalu, 5% dimananya ya?

          5% itu denda keterlambatan bayar setau saya.

          Kalo pake paylater harusnya sebagai user harus bijak, disesuaikan dengan kemampuan financial bulanan kita. Harusnya punya financial planning juga (RAB).

          • 20 April 2022 - (13:31 WIB)
            Permalink

            Ga perlu dijlasin saya rasa semua disini juga faham kok

            Intinya menurut saya bunga nya bukan 2.95% / bulan

            Melainkan 2.95% / transaksi

            Artinya jika memiliki limit 10jt
            Lalu melakukan transaksi 20x dengan nominal 500k
            Berarti 1+2.95*20 = ??

            Dah gtu aja

        • 20 April 2022 - (13:59 WIB)
          Permalink

          2.95%/transaksi itu= 2.95%/bulan

          kenapa?
          misal 1 transaksi saja ya bulan ini, dengan nilai spaylater nya 1.000.000(ini satu juta sudah total pembayaran dari shopee, dalam arti 1% sudah termasuk di satu juta nya, untuk kemudahan saja)

          1.000.000* 2.95%= 29.500

          1 transaksi itu 29.500 berarti 1 bulan itu juga 29.500, karena cm 1 transaksi di 1 bulan ini

          kalau 5 transaksi 1 bulan gmn? anggep 1 juta *5 transaksi ya

          1.000.000* 2.95%= 29.500 * 5 = 147.500

          dan sama kalo kita bilang 1 bulan 5 transaksi ya biaya 2.95% ini dalam 1 bulan cuma 147.500, karena total dari 5 transaksi= 5.000.000

          5.000.000* 2.95%= 147.500

          yang dikali itu bukan persenan nya dong jelas, mana ada matematika kayak gitu

          WKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKWK
          dah gtu aja

          • 20 April 2022 - (14:03 WIB)
            Permalink

            Kenyataannya di aplikasi nya bgitu bang wkkwkw

        • 20 April 2022 - (14:10 WIB)
          Permalink

          lah ya g masuk akal bang

          ngikutin cara hitung anda ya,

          masih misal 1 transaksi nya 1 juta

          20 transaksi berarti 20 juta, 20.000.000+(2.95%*20*20.000.000)= 31.800.000

          nda ada yang mau pake tuh bang aplikasi, nyatanya orang tidak bodoh dan mau pakai, karena jelas itungan nya tidak seperti itu bang WKWKWKWKWKWKWKWKWKWK

          • 20 April 2022 - (14:23 WIB)
            Permalink

            Orang² bukan bodoh, tapi ga menyadari hal tersebut

            Saya juga awalnya berfkir seperti apa yang abg tuliskan diatas, makanya setiap bayar saya tidak pernah ngecek ulang

            Ternyata knyataannya di aplikasi sperti itu

          • 20 April 2022 - (14:27 WIB)
            Permalink

            Ya itulah yg jadi masalah saat ini wkwkwk

            Itulah yg dikomplain orang² hahaha

            Jdi simpel nya gni
            Abg punya limit 10jt
            Abg pake 1x transaksi
            10jt + layanan 1%+ layanan 2.95%
            Ini sih its ok, udah murah banget

            Tapi ketika dari total 10jt nya abg bagi 10x transaksi.
            dengan nominal sekali transaksi 1jt
            Hitungan kami di aplikasi jadinya bgini

            1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
            1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
            1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
            1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
            1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
            1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
            1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
            1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
            1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
            1jt + layanan 1% + layanan 2.95%

            Rincian diatas adalah berdasarkan aplikasi spaylater yg saya gunakan

        • 20 April 2022 - (14:38 WIB)
          Permalink

          lah ya itu bener bang,

          itu arti nya sama abangggggg coba itung deh

          10 juta + 1% + 2.95%= 10.397.950

          10 kali transaksi satu juta an?
          1 juta + 1% + 2.95%= 1.039.795
          1 juta + 1% + 2.95%= 1.039.795
          1 juta + 1% + 2.95%= 1.039.795
          1 juta + 1% + 2.95%= 1.039.795
          1 juta + 1% + 2.95%= 1.039.795
          1 juta + 1% + 2.95%= 1.039.795
          1 juta + 1% + 2.95%= 1.039.795
          1 juta + 1% + 2.95%= 1.039.795
          1 juta + 1% + 2.95%= 1.039.795
          1 juta + 1% + 2.95%= 1.039.795

          total berapa tuh? ya 10.397.950 , SAMA AJA TUH 10 JUTA 1 TRANSAKSI, 1 JUTA X 10 TRANSAKSI, UJUNGNYA BIAYA NYA ITU TOTAL 397.950 SAMA AJA DI AKHIR BULAN

          YA AMPUNNNNNNNNN WKWKWKWKWKWKWK
          MALU BANG KOMEN TIDAK BISA DIHAPUS

          • 20 April 2022 - (14:45 WIB)
            Permalink

            Ya kenapa harus malu ? Ya bagus ga bisa dihapus
            Jadi orang² yang mungkin kurang faham

            akan mengerti gimana tinggi nya bunga paylater 30 hari yg diberikan shope

            Dan orang² bisa lebih selektif memilih mana produk yang baik untuk mereka, karena saat ini yg memiliki fitur paylater bukan hanya shopee saja

            Jadi dengan adanya komentar saya yang tidak dapat dihapus, se engga nya membantu ke semua konsumen untuk lebih faham mengenai besaran bunga dari spaylater nya sendiri

            Dan saya ucapkan terimakasih buat abg yg udh mau susah payah menghitung karena sudah membuat saya jauh lebih sadar untuk menggunakan paylater lain saja untuk transaksi tagihan bulanan (*bukan belanja)

        • 20 April 2022 - (14:54 WIB)
          Permalink

          masalahnya adalah, anda bilang

          10juta 1 transaksi biaya penanganan nya rendah

          dan anda bilang

          1 juta 10 transaksi biaya penangan nya tinggi

          padahal biaya nya sama persis

          terus di sini anda bilang lagi biaya nya tinggi, padahal ya sama aja biaya nya mau gimana pun, gimana anda bisa awal nya bilang rendah, itungan nya di salahkan terus tiba2 jadi bilang tinggi?

          kan g masuk akal bang, bilang aja dari awal anti

          1
          1

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPayLater?

Ada 106 komentar sampai saat ini..

Merasa Tertipu dengan Biaya Penanganan Shopee SPayLater

oleh Maria dibaca dalam: 1 menit
106