Merasa Tertipu dengan Biaya Penanganan Shopee SPayLater

Saya sangat tertipu dengan Shopee SPayLater. Saya berbelanja di Shopee dan ada voucher cashback 6% sampai dengan Rp400 ribu, tapi dengan syarat pembayaran menggunakan Shopee SPayLater. Sebelumnya saya tahu bahwa ada biaya penanganan yang dikenakan. Saya setuju dengan biaya penanganannya, karena masih tergolong tidak tinggi, yaitu 1%. Makanya saya memutuskan menggunakan Shopee SPayLater.

Namun alangkah kagetnya saya, setelah saya melihat tagihan Shopee SPayLater saya, ternyata terdapat biaya penanganan lagi sebesar 2,95%. Setalah saya cek, ternyata pembelanjaan saya lainnya yang menggunakan Shopee SPayLater, juga sama dikenakan 2,95% lagi. Saya baru mengetahui bahwa ternyata dikenakan biaya penanganan lagi, karena selama ini ada tagihan Shopee SPayLater saya langsung bayarkan, tanpa mengecek lagi. Karena nilainya hanya beberapa ratus ribu, jadi tidak terlalu terlihat bahwa ada biaya penanganan lagi.

Saya memutuskan untuk komplain ke Shopee SPayLater. kenapa dikenakan biaya penanganan lagi? Bukankah pada saat sebelum melakukan pemesanan terdapat rincian biaya jika menggunakan Shopee SPayLater? Alangkah kagetnya saya, jawaban dari pihak Shopee bahwa benar ada (dikenakan) 2x biaya penanganan. Yaitu pada saat melakukan pemesanan sebesar 1% yang memotong saldo Shopee SPayLater dan biaya transaksi 2,95% setelah melakukan pemesanan dan itu tidak ditampilkan.

Saya merasa tertipu. Ini lebih dari rentenir, kartu kredit saja biayanya tidak sebesar itu. Padahal saya tidak menggunakan pembayaran cicilan. Lebih baik berpikir ulang sebelum menggunakan Shopee SPayLater. Ingat bahwa biaya yang ditampilkan belum semuanya, akan dikenakan biaya penanganan yang lebih besar setelah kita melakukan pemesanan/pembayaran menggunakan Shopee SPayLater.

Maria Fransisca
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

110 komentar untuk “Merasa Tertipu dengan Biaya Penanganan Shopee SPayLater

  • 20 April 2022 - (03:49 WIB)
    Permalink

    Lebih baik gunain kredivo lebih transparan dari pada Shopee, lebih fleksible.. Dan pernah telat pembayaran karena keuangan lg down tp yg di tagih nomor random semua yg ada di kontak. Shopee paylatter ga transparan dan udah kayak pinjol illegal penagihannya.

    1
    1
  • 20 April 2022 - (04:00 WIB)
    Permalink

    Intinya pihak Shopee tidak mau terbuka menyampaikan bahwa akan ada biaya bunga berjalan jika kita pakai shopee Paylater dengan pembayaran cicilan, liat tuh GO-JEK Paylater, sejak awal sudah dikasih tau kalo ambil limit sekian biaya bulanan nya sekian jadi kita bisa ukur kemampuan kita untuk pakai dan bayar berikut biayanya saat melunasi nya.

    Kalo saya walaupun sudah ditulis dalam S&K nya, saya selalu telpon CS nya dan menanyakan langsung apakah ada biaya lain-lain lagi atau gimana lalu bagaimana proses pengembalian nya, jika dibayar dalam sebulan bagaimana dan jika di cicil bagaimana, jika CS nya ngga terbuka, saya NGGA AKAN BAYAR biaya tambahan yang timbul walaupun katanya di S&K sudah tertulis.

    Makanya sampai hari ini saya putuskan TIDAK MAU PAKAI APLIKASI SHOPEE, mau promo dapat gunung emas sekalipun saya sudah muak sama penipuan gaya baru.

    • 20 April 2022 - (04:23 WIB)
      Permalink

      Kebiasaan beli2an ngutang ya? Wkwkwkwkwk, sy pakai shopee biasa2 tuh karena sistem bayar cod dan transfer bank. Dan setiap transaksi yg sy lakukan dstu ada biaya penanganannya, sy tdk merasa di tipu sama shopee.

  • 20 April 2022 - (05:45 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya pihak shopee menampilkan juga biaya bunga itu di faktur pembayaran. Jadi 100% transparasi di S&K & Rincian Pembayaran.

  • 20 April 2022 - (14:20 WIB)
    Permalink

    Ya itulah yg jadi masalah saat ini wkwkwk

    Itulah yg dikomplain orang² hahaha

    Jdi simpel nya gni
    Abg punya limit 10jt
    Abg pake 1x transaksi
    10jt + layanan 1%+ layanan 2.95%
    Ini sih its ok, udah murah banget

    Tapi ketika dari total 10jt nya abg bagi 10x transaksi.
    dengan nominal sekali transaksi 1jt
    Hitungan kami di aplikasi jadinya bgini

    1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
    1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
    1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
    1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
    1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
    1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
    1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
    1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
    1jt + layanan 1% + layanan 2.95%
    1jt + layanan 1% + layanan 2.95%

    Rincian diatas adalah berdasarkan aplikasi spaylater yg saya gunakan

  • 20 April 2022 - (23:00 WIB)
    Permalink

    Syukur aku udah insyaf ngutang…
    Tinggal 1 aja cc yg nyisa ? tu juga ga dipake…buat jaga jaga aja…
    Apalagi pinjol nya marketplace…ogah banget dah,ending beli cash2an aja,,

  • 21 April 2022 - (06:11 WIB)
    Permalink

    Ada yang tau cara tutup akunnya saya malah mau tutup akun tidak bisa katanya sudah 2x tutup akun padahal akun saya itu sudah dr awal dan belum pernah tutup akun. untuk bayar nanti juga saya udh kapok

  • 21 April 2022 - (15:27 WIB)
    Permalink

    Bunga biaya tersebut sdh termasuk “SANGAT KECIL” dibanding paylater/Pinjol lainnya.. Dan baca SK diawal biar gk merasa tertipu..

  • 21 April 2022 - (20:32 WIB)
    Permalink

    Begitulah buruknya shopeepay later, jadi sebelum checkout memang kita bisa pilih bayar bulan depan atau cicilan 3,6,atau 12 bulan dg rincian yg memang sudah tertera untuk pembayaran perbulannya, tapi nanti setelah barang kita terima tagihan bulanan akan berbeda ?
    Saya awal pake pun ngerasa terjebak, tapi ya kadang tetep pake shopeepay later juga kalo barang2 receh, tapi kalo nominal gede “No” ?

  • 22 April 2022 - (04:15 WIB)
    Permalink

    Apa sih yg TRANSPARAN di shopi ? Jasa kirim abu² gk terbuka nama jasa ekspedisinya. Paylater harus pake dia, biaya penanganan ia ditulis 1% tp biaya bunga 2.95 dr total ga detail dcantumkan jd pembeli tau angka pasti tagihan jika 1bln, 3bln, dst. Dikasi koin juga buat apa ? Toh ga akan bisa ditukar full tu koin kecuali pembeli belanja lg >5% jumlah koin. Ga dipakai² dlm 3 bln koin hangus. Kok masih ada aja yg kejebak belanja model bgini..

  • 22 April 2022 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Kata saya mah .. gak usah ngutang kalo gak mau bunga… Ngumpulin aja sebulan uangnya .. jgn maksain ngutang ???

  • 23 April 2022 - (19:17 WIB)
    Permalink

    Di halaman checkout emang hanya tampil biaya penanganan yg 1%. klo BNPL yaa 2,95% nya nanti include pas tagihan udah muncul cuma emang keterangannya biaya penanganan bukan bunga. Jadi serasa ada 2 biaya penanganan

  • 30 April 2022 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Memang tragis jika berhubungan dengan Shopee, saya sebagai penjual dikenakan biaya ADMINISTRASI sebesar 6.5% pertransaksi berhasil.

  • 1 Mei 2022 - (15:18 WIB)
    Permalink

    Udah dibilangin dan diajarkan bahwa riba itu haram, dan sesuatu yang haram itu akan ngefek negatif pada kehidupan kita, entah pada sisi yg manapun. Belajar ngutang boleh tp jangan yg ada ribanya, ngutang juga jangan dijadiin kebiasaan. Saran ajah, STOP menggunakan paylater, kartu kredit, kta, pinjol dan sebagainya. Hidup apa adanya sesuai dengan ikhtiar kita, Tanpa riba hidup berkah dan plong rasanya. Cobain dah

  • 1 Mei 2022 - (16:00 WIB)
    Permalink

    Pake credit card saja kaka, boleh kaka kartu kreditnya bank bukopin kaka, dijamin puas kaka..

  • 16 Juni 2022 - (13:42 WIB)
    Permalink

    sama aku juga tertipu bulan lalu biaya penanganannya kecil Rp.3000 tapi pas mw jatuh tempo ada rincian tagihan tiba2 biaya penanganan lagi Rp.120.000 jadi total kena Rp.123.000 trus cicilan semula 9bulan berubah jadi 12bulan tanpa persetujuan. dan biaya penangan yg tidak diketahui seusai belanja ini juga ikut mengecawakan. jadi kapok pake spaylater, maksd hati mau ambil ongkir gratis ga twny jadi begini. penipuan sekali.. harusny diawal semuanya dilampirkan jangan pas tagihan baru dilampirkan dan konsumen tidak tau klo ada biaya lain.
    jangan deh pake spaylater

  • 28 September 2022 - (23:24 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf menyimpang,spertinya saya jga kena tipu.beberapa hari yg lalu saya tergiyur bimbingan jualan onlen.saya diarahkan oleh mentor untuk mengaktifkan Spaylater,dan sya mengikutinya.stlah Spaylater saya aktif saya dsuruh scan QRs yg diberikan olh mentor.saya mengikuti semua arahannya.dan Spaylater saya hbis limitnya.dan saya hrus membayar cicilan bulan depan.saya mau tanya brang kali ada yg bsa bantu saya, bisa gak ya pembayaran itu dibatalkan.dan spaylater itu dibatalkan? Mohon bantuannya. Terima kasih

    • 28 September 2022 - (23:27 WIB)
      Permalink

      Maaf lnjut di sini. Setelah melakukan pembayaran itu saya diarahkan juga untuk mendownload aplikasi pinjol juga. Nah disini saya berfikir ini penipuan atau memang begitu langkah2nya ya. Mohon penjelasannya dan infonya teman2. ??

  • 28 September 2022 - (23:29 WIB)
    Permalink

    Maaf lnjut di sini. Setelah melakukan pembayaran itu saya diarahkan juga untuk mendownload aplikasi pinjol juga. Nah disini saya berfikir ini penipuan atau memang begitu langkah2nya ya. Mohon penjelasannya dan infonya teman2. ??

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPayLater?

Ada 110 komentar sampai saat ini..

Merasa Tertipu dengan Biaya Penanganan Shopee SPayLater

oleh Maria dibaca dalam: 1 menit
110