Surat Pembaca

Kecewa dengan Kurir J&T yang Gak Profesional

Dengan hormat,

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menerbitkan surat saya. Saya ingin mengeluhkan layanan pengiriman kurir J&T yang gak profesional dan ngambekan. Berikut kronologinya:

Tanggal 27 April 2022, saya pesan barang di Shopee dengan metode pembayaran COD senilai Rp30 ribu. Ekspektasi saya gak muluk-muluk harus sampai cepat, karena kondisi sudah libur lebaran dan jalanan pasti macet. Lalu tanggal 28 April – 1 Mei, seller memproses dan mengirim sesuai estimasi. Nomor resi pengiriman J&T: JP1093372723.

Tanggal 2 – 6 Mei 2022, paket tertahan di gudang J&T, keterangannya menunggu jadwal pengiriman kendaraan operasional. Di sini saya maklum mungkin karena libur lebaran jadi J&T libur.

Tanggal 7 Mei pukul 11:30, paket sudah update sedang dibawa kurir. Lalu pukul 3 sore kurir hanya miscall sekali dan WA sekali. Posisi saya sedang di dalam rumah, telat baca WA dari kurir, karena sedang tidur. Pukul 4 sorenya saya baru baca WA kurir.

Sadar atas kesalahan saya, lalu saya berinisiatif WA ke dia, menanyakan posisinya biar paket saya ambil di jalan, saat kurir sedang mengantar ke tempat lain. Dia mengatakan sedang di AEON Mall yang jaraknya hanya 5 menit dari tempat saya. Namun kurir mencari alasan gak mau ditemui, karena katanya paket saya di motor dan baru keluar AEON 1 jam lagi.

Ok saya tungguin WA balasan dari dia saat sudah siap. Namun nyatanya dia gak ngabarin lagi, lalu ada update kembali di Shopee pukul 16:40, bahwa paket sedang dibawa kurir tanggal 7 Mei. Namun sampai malam saya tunggu, paket gak datang. Saya berpikir positif mungkin kurir akan mengirim lagi di keesokan harinya

Tanggal 8 Mei saya gak dapat notifikasi apa-apa dan status di Shopee masih keterangan paket sedang dibawa kurir.

Tanggal 9 Mei 2022, alangkah kagetnya saya ternyata paket saya dalam proses dikembalikan ke seller, tanpa ada pemberitahuan apa pun ke saya dan sudah berada di gudang daerah Cirebon per tanggal 10 Mei. Begitu cepatnya paket dikembalikan, tanpa konfirmasi apa pun.

Melalui surat ini saya ingin bertanya, apa begitu SOP J&T? Barang baru gagal dikirim sekali paket langsung dibawa ke seller tanpa konfirmasi ke buyer? Padahal saya sendiri sudah sabar menunggu proses pengiriman yang sempat macet dari tanggal 2-6 Mei tertahan di gudang J&T.

Lalu kelakuan kurirnya juga, masa J&T punya kurir ngambekan? Harus hati-hati memilih karyawan, jangan sampai memilih kurir yang ngambekan kayak gitu. Padahal saya sudah menawarkan diri mengambil sendiri paketnya saat kurir sedang di jalan. Kalaupun kurir menyuruh saya harus ambil ke gudang, ya saya ambil! Namun ini malah dikembalikan ke seller tanpa konfirmasi sama sekali.

Muhammad Supandi Hidayatulloh
Jakarta Timur


Update (14 Mei 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa masalah telah diselesaikan dengan para pihak terkait sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan J&T Express atas Surat Pembaca Bapak Muhammad Supandi Hidayatulloh

Sehubungan dengan surat pembaca Bapak Muhammad Supandi Hidayatulloh dengan judul “Kecewa dengan Kurir J&T yang Gak Profesional” , kami ingin...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Berpikir positif aja...mgkn dia ngambek krn THR ngga turun2...jd ngerembet ke nganter paket?

  • Kayaknya jnt emang lg bermasalah deh. Coba aja cari info nya.

    Mending pakai ekspedisi lain dulu.

    • ambil di gudang pun saya ga masalah asal jelas
      ini kan hanya selisih 1 hari dari gagal kirim paket malah diproses retur tanpa konfirmasi lagi dan tanpa ada percobaan pengiriman ke 2
      nah sekarang saya ada paket 1 lagi non cod ama tuh kurir ditahan di gudang ga mau dikirim apa bisa dikatakan profesional tuh kurir yg doyan ngambek begitu?

      • Ngapain ngurusin satu paket yg gak jelas, mending kirim paket yg alamat jelas dan sudah pasti diterima, kurir juga mengejar target kirim paket, kelihatan banget yg tulis artikel orang ribet,

        • Ribet? Malah si penulis ingin mempermudah tuh kurir dgn opsi dia ambil ke gudang, nunggu lg paket di antar besoknya.

  • Kalian jangan maksa penulis harus pakai pembayaran bank. Kalau penulis menganggap bank dan cicilan itu haram bgm? Jadinya wajar donk penulis pakai COD?

    Aneh lu kalian komentator yang gak pakai otak

    • Aneh anda ini, melarang org tdr. Di pembeli jg ga tau kan jam brpa tuh kurir mau kerumahnya. Agak smart dikit ya kalau mau komen

      • Kalau dia nggak tidur kan nggak berlarut sampai begini. Saya hanya menganjurkan jangan tidur kalau ada COD, ini ada alasannya, bukan melarang serta merta. Anda yang be smart.

        • Berlarut-larut apanya? Sdh dijelaskan kalau konsumen itu tdk tau jam brpa kurir akan mengantarkan paket tsbt, jd tdk ada salahnya konsumen melakukan apa yg dia ingin kerjakan. Eh, anda malah menyalahkan konsumen karena dia tidur. Jgn memberikan alasan yg terlihat konyol lah.

          • Berlarut larut maksud saya memanjang sampai ada istilah 'ngambek', yang menurut saya bukan ngambek. Menurut saya si penulis sudah 'ditandai' sebagai orang khusus, track record nya dilihat dari history pengiriman.
            Tidak ada salahnya memang konsumen melakukan kegiatan pribadi, tapi untuk hal ini dia terikat aturan kesepakatan bersama bahwa dia siap menerima dan membayar COD pada saat diantar. Sudah tahu track info 11.30, status barang, di datangi, ditelpon dan di WA baru dibaca setelah satu jam.
            Memang salah konsumen, dia melanggar aturan. Aturan ditungguin malah tidur.
            Tidak ada kewajiban bagi kurir untuk menunggu sampai penerima barang bangun, tidak ada kewajiban kurir balik lagi atau janjian ketemu di suatu tempat, tidak ada kewajiban bagi ekspedisi untuk mengirim ulang jika ada respon dari penerima.
            Kalau sistem ekspedisi ada opsi, dan kurir memilih 'penerima tidak berada di tempat, atau tidak ada respon', apakah sistem bisa dicancel? Yang ada malah error, gara gara orang orang yang tidak siap dengan sistem jual beli Online.

        • Lah lucu nih orang, justru karena ketiduran si pembeli itu udah ngasih opsi mudah yaitu ambil paket di gudang dan jelas lebih mempermudah kurir juga, gw ini lebih pengalaman, gw mau pake ekpedisi manapun apalagi kurir baru kalo biasanya gagal karena gak ada orang ya tinggal konfirmasi ke kurir di ambil di gudang dan kurirnya nge bolehin semua tuh, ini mah emang kurirnya si pelapor aja tuh yg bermasalah, udah ada opsi lain ?

          • Lucu memang si penerima barang dan anda.
            Tidak ada salahnya memang konsumen melakukan kegiatan pribadi, tapi untuk hal ini dia terikat aturan kesepakatan bersama bahwa dia siap menerima dan membayar COD pada saat diantar. Sudah tahu track info 11.30, status barang, di datangi, ditelpon dan di WA baru dibaca setelah satu jam.
            Memang salah konsumen, dia melanggar aturan. Aturan ditungguin malah tidur.
            Tidak ada kewajiban bagi kurir untuk menunggu sampai penerima barang bangun, tidak ada kewajiban kurir balik lagi atau janjian ketemu di suatu tempat. Berapa lama waktu yang akan terbuang untuk bertemu di suatu tempat? Sementara masih ada banyak paket yang harus diantar.
            Harap dipahami bahwa sebelum berangkat, si kurir sudah mempersiapkan diri dengan sortir barang, pemetaan rute, sambil mempertimbangkan kondisi jalan, sekalinya terjadi kendala seperti ini, bukan tidak mungkin dapat mengacaukan semuanya.

          • udah berapa kali dijelasin saat tgl itu saya ga ngecek trakingan di shoppe beda ama lazada kalo lazada saat barang sudah dibawa kurir ada notif sms nya kalo shoppe ga ada
            dan saya juga bukan tipe orang yg doyan ngecek trakingan

            saya baru cek trakingan saat abis baca wa kurir lalu buru buru wa ke kurirnya

            karena dari tgl 2-6 barang stag di gudang saya memaklumi karena libur ya saya mana tau jadwal kurirnya masuk kapan

        • lucu sekali pembelaannya padahal udah dibilang berkali kali kalopun harus ambil di gudang ya ga masalah tinggal sharelok doang lokasi gudangnya dimana karena saya ga tau gudang di j&t yg mana

          lucu juga anda masih menggunakan argumen pembeli sudah ditandai berdasarkan history pengiriman lah saya selama ini ga ada history aneh aneh kalopun ada paket dan saya ga ada di rumah karena kerja uang saya titip kan ke tetangga dan ga ada masalah dari shoppe ekspres,lazada,tokped
          pembelian online saya udah banyak dari berbagai macam MP mau itu yg cod atau yg via TF
          pake cod dan TF sama aja jumlah bayaran yg diterima seller dan kurir

          malah jangan menutup mata tips dari cod itu banyak saya sendiri suka ngasi tips buat kurir cod
          jadi yg bilang kurir hanya ngandelin gaji dari paket itu orang orang yg...............ah sudahlah ntar dibocorin malah ngambek lagi

        • Kalau di tandai khusus oleh kurir itu tuk pembeli yg sdh beberapa kali menyusahkan kurir dgn alasan2 ga jelas/gada kabar. Mana ada pembeli yg baru sekali gagal dan sdh dikasih jalan keluarnya di tandai khusus oleh kurir. Dan gada tuh konsumen terikat peraturan hrs standby dirumah seharian nungguin paket. Bnr2 ngaco pembelaan anda ini.

  • Kamu pikir kurir nganter paket cuma ke alamat kamu saja, kurir juga ada waktu terbatas, misal ada kendala kamu kan bisa ambil sendiri paketnya ke kantor JNT terdekat, tinggal konfirmasi saja sama kurirnya, ini nih typical pembeli semena mena egois mentang" Belum bayar, kebanyakan pesanan metode pembayaran COD pasti return karena kesalahan sipemesan, atau gak gitu gak ada dana buat bayar.

    • gimana mau ambil ke kantor terdekat lah wong dia aja g ngasi tau disuruh ambil di gudang mana
      dan saya ga tau posisi gudangnya dimana

      dia di dalam mall katanya 1 jam lagi akan keluar dia sendiri lho yg bilang logikanya tinggal sharelok atau janjian di dalam mall saya ambil
      jarak dari rumah saya ke aeon mall hanya 5 menit kalo dia di dalam mall 1 jam ya ga akan menggangu kerjaannya dia

      • Kalau saya biasanya browsing dulu diinternet kak, cabang pusatnya dimana dan gudang terdekatnya dimana. Ada kontak yg bisa dihubungi atau tidak, misal email, wa atau googletalk. Kalau di daerah kami itu biasanya di 1 kecamatan kak. Kalau nanya ke front officenya gudangnya mana juga biasanya mereka selalu dgn ramah menjawab tempatnya..soale selain sebagai konsumen, q jg sebagai penjual online. kalau mengadu ke cs nya langsung atau ke perusahaannya langsung bolak balik sebelum 1x24 pasti saya selalu ditanggapi itu sama jnt. Kakak didaerah mana to kak? Moga pengaduannya segera ditanggapi, kalau nggak kakak jg coba aktif chat ke cs shopee dan penjual biar ketemu titik terang terbaik. Tetap semangat ya kak, semoga kedepan hal yg sama tdk terjadi lg.

  • Sprtinya jnt ada praturan baru tuk paket cod. 1x antar dgn alamat GK lengkap sudah males ngantar paket atw telp buyer/seller. (ada bbrp kurir baru yg GK punya paket data/pulsa, bisa jadi kehabisan amunisi tuk wa/telp.bisa juga buyer tanpa ngasi alamat lengkap trutama RT/RW). 2x paket GK akan d antar meskipun seller/buyer sudah konfirmasi via wa Cs, ( sudah ada prmohonan maaf) bukti GK sy lampirkan. PENGALAMAN PRIBADI SBGAI SELLER. geram dgn kurir sprti ini. Sy sangat respek dgn kurir yg mau telp/wa seller/buyer apabila ada masala dlm antar paket.

    Sbgai seller tentu aktifkan semua expedisi yg mendukung / dekat dgn lokasi seller. Target 1 bulan seleksi sendiri mana yg layak pake buat kerjasama jangka panjang.

  • heran ko malah pada menyangkutpautkan dengan bayaran kurir yg rendah
    itu ga ada sangkutpautnya ama kasus ini kalo soal bayarannya rendah ya konsumen ga tau menau kan itu perjanjian kalian dengan perusahaan
    sama kaya para kurir yg ga tau konsumen harus kerja keras dulu agar bisa beli paket dipikir konsumen duit tinggal metik kali
    konsumen bayar ongkir 10 ribu sesuai yg tertera di aplikasi

    lalu yg masih pada bela coba komen soal kasus yg berlanjut ini
    paket saya yg non cod ditahan di gudang akibat ulah kurir ngambek dan dia juga bilang ga akan pernah kirim barang atas nama saya lagi dan disuruh ambil sendiri gudang
    logikanya saya itu non cod udah bayar beserta ongkirnya tapi dia merasa punya kuasa dengan ga mau kirim sama sekali !!!apa pantes kelakuan kaya gitu??

    • Lu nya aja kaga punya pikiran paket udah datang, masa ia di tlpn kuping lu ngak denger budek kali lu

  • Semoga aduannya segera ditanggapi. Saya termasuk pengguna setia jnt dan sampai saat ini saya masih setia. Alkhamdulillah babang kurir jnt ditempatq baik banget dan setiap ditanya selalu menjawab dan merespon dengan sangat baik dan ramah. Dan di daerah lain di sini juga sama, ga di front officenya ga dibagian gudang juga mereka sangat kooperatif sekali. Lebaran ini saya pesan lewat shopee juga ampe puluhan order lancar2 jaya saja..Kalaupun biasanya ada yg cod, babang kurirnya wa duluan sebelum datang dan kalau ga bisa ketemu juga bisa selalu dikomunikasikan dengan sangat baik. Ada yg kurang dipahami atau satu paket ketinggalan juga jawabnya sangat enak dan ramah menyenangkan hati. Babang kurir jnt di saya no. 1 kalau menurut saya. Biasanya saya berkomunikasi ke cs 2 arah selain ke pihak kurir, kak. Kalau ada kasus spesial selain kw pihak ekspedisi juga ke cs aplikasi. Kalau kakak berarti perlu juga menghubungi pihak penjualnya menurutq..sabar dulu kak,.mungkin pihak jnt sedang mencari data dan konfirmasi dan klarifikasi. Tunggu saja 1 atau 2hr lg. Semoga pengaduan kakak segera ditanggapi ya,.syukur2 barangnya bisa sampai ke tangan kakak. Semangat kakak, sehat selalu dan sukses terus buat Jnt.?