Kecewa dengan Kurir J&T yang Gak Profesional

Dengan hormat,

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menerbitkan surat saya. Saya ingin mengeluhkan layanan pengiriman kurir J&T yang gak profesional dan ngambekan. Berikut kronologinya:

Tanggal 27 April 2022, saya pesan barang di Shopee dengan metode pembayaran COD senilai Rp30 ribu. Ekspektasi saya gak muluk-muluk harus sampai cepat, karena kondisi sudah libur lebaran dan jalanan pasti macet. Lalu tanggal 28 April – 1 Mei, seller memproses dan mengirim sesuai estimasi. Nomor resi pengiriman J&T: JP1093372723.

Tanggal 2 – 6 Mei 2022, paket tertahan di gudang J&T, keterangannya menunggu jadwal pengiriman kendaraan operasional. Di sini saya maklum mungkin karena libur lebaran jadi J&T libur.

Tanggal 7 Mei pukul 11:30, paket sudah update sedang dibawa kurir. Lalu pukul 3 sore kurir hanya miscall sekali dan WA sekali. Posisi saya sedang di dalam rumah, telat baca WA dari kurir, karena sedang tidur. Pukul 4 sorenya saya baru baca WA kurir.

Sadar atas kesalahan saya, lalu saya berinisiatif WA ke dia, menanyakan posisinya biar paket saya ambil di jalan, saat kurir sedang mengantar ke tempat lain. Dia mengatakan sedang di AEON Mall yang jaraknya hanya 5 menit dari tempat saya. Namun kurir mencari alasan gak mau ditemui, karena katanya paket saya di motor dan baru keluar AEON 1 jam lagi.

Ok saya tungguin WA balasan dari dia saat sudah siap. Namun nyatanya dia gak ngabarin lagi, lalu ada update kembali di Shopee pukul 16:40, bahwa paket sedang dibawa kurir tanggal 7 Mei. Namun sampai malam saya tunggu, paket gak datang. Saya berpikir positif mungkin kurir akan mengirim lagi di keesokan harinya

Tanggal 8 Mei saya gak dapat notifikasi apa-apa dan status di Shopee masih keterangan paket sedang dibawa kurir.

Tanggal 9 Mei 2022, alangkah kagetnya saya ternyata paket saya dalam proses dikembalikan ke seller, tanpa ada pemberitahuan apa pun ke saya dan sudah berada di gudang daerah Cirebon per tanggal 10 Mei. Begitu cepatnya paket dikembalikan, tanpa konfirmasi apa pun.

Melalui surat ini saya ingin bertanya, apa begitu SOP J&T? Barang baru gagal dikirim sekali paket langsung dibawa ke seller tanpa konfirmasi ke buyer? Padahal saya sendiri sudah sabar menunggu proses pengiriman yang sempat macet dari tanggal 2-6 Mei tertahan di gudang J&T.

Lalu kelakuan kurirnya juga, masa J&T punya kurir ngambekan? Harus hati-hati memilih karyawan, jangan sampai memilih kurir yang ngambekan kayak gitu. Padahal saya sudah menawarkan diri mengambil sendiri paketnya saat kurir sedang di jalan. Kalaupun kurir menyuruh saya harus ambil ke gudang, ya saya ambil! Namun ini malah dikembalikan ke seller tanpa konfirmasi sama sekali.

Muhammad Supandi Hidayatulloh
Jakarta Timur


Update (14 Mei 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa masalah telah diselesaikan dengan para pihak terkait sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan J&T Express atas Surat Pembaca Bapak Muhammad Supandi Hidayatulloh

Sehubungan dengan surat pembaca Bapak Muhammad Supandi Hidayatulloh dengan judul “Kecewa dengan Kurir J&T yang Gak Profesional” , kami ingin...
Baca Selengkapnya

192 komentar untuk “Kecewa dengan Kurir J&T yang Gak Profesional

  • 13 Mei 2022 - (21:47 WIB)
    Permalink

    update terbaru masalah sudah diselesaikan pihak jnt dengan perwakilan jnt dan sang kurir bertemu dengan saya di tempat netral
    saya dan pihak jnt memutuskan untuk saling memaafkan dan paket saya yg non cod sudah diantar ke rumah

    terimakasih buat yg sudah komentar baik yg pro maupun yg kontra

  • 14 Mei 2022 - (13:35 WIB)
    Permalink

    Apa ea kurir berhak meretur paket pelanggan tanpa ada konfirmasi dengan penerima.

    Saya ngalamin hal yang merugikan yg dibuat oleh J&T.
    Service an saya dikembalikan ke pengirim se mau dia.

    Masalah nya sekarang yg saya alami, pihak J&T laguboti membuat pesanan dierima padahal saya belum menerima paket sama sekali.
    Saya komplain ke J&T tersebut.
    Saya tidak akan menerima paket sebelum konfirmasi pesanan diterima itu dihapus.
    kan wajar. Malah bilang otomatis pula dari sistem J&T
    Esok dan seterusnya, Ya gak respon tau nya dah diretur ke pengirim.

    Sialan banget J&T ini emang

  • 15 Mei 2022 - (16:42 WIB)
    Permalink

    Klo diliat sih emg keduanya sama2 salah : 1. konsumennya salah karna kurir datang dia lambat respon, klo mau jemput lgsg aja ke kantor terdekatnya masalah slesai.
    2. Kurir respon kurang enak, klo bs jawabnya sih gini : baik pak, besok saya kembali tolong pastikan dirumah/titip uang dirumah/tetangg. Besoknya dtg urusan selesai.
    Jangan gara2 paket 1 org gagal kirim kurir dipecat, apalagi karna paket 1 perusahaan tutup itu mustahil banget. Sebaiknya cari enaknya buang apesnya..

  • 16 Mei 2022 - (13:58 WIB)
    Permalink

    JNE tetep dihati, ekspedisi orang muslim yg hebat ny lg, bangun seribu masjid mudah2an d daerah saya dpt amiinnn

  • 19 Mei 2022 - (15:10 WIB)
    Permalink

    Cerita nya sama kayak saya, antar barang orang lagi pd sholat tarawih kebetulan sy ngak megang kes sy tf ngak mau sy suruh datang lagi hbs sholat tarawih ngak mau juga langsung pergi, hbs itu saya WA paket saya mau sy ambil besok paginya baru balas paket udah di balikin lagi ke penjual, setau sy biasanya 3 x gagal baru di balikin kok ini baru sekali udh di balikin ke seller/masih digudang, saya lihat di aplikasi pembeli menolak paket nya

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 192 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Kurir J&T yang Gak Profesional

oleh Muhammad Supandi Hidayatuloh dibaca dalam: 2 menit
192