Kecewa dengan Kurir J&T yang Gak Profesional

Dengan hormat,

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menerbitkan surat saya. Saya ingin mengeluhkan layanan pengiriman kurir J&T yang gak profesional dan ngambekan. Berikut kronologinya:

Tanggal 27 April 2022, saya pesan barang di Shopee dengan metode pembayaran COD senilai Rp30 ribu. Ekspektasi saya gak muluk-muluk harus sampai cepat, karena kondisi sudah libur lebaran dan jalanan pasti macet. Lalu tanggal 28 April – 1 Mei, seller memproses dan mengirim sesuai estimasi. Nomor resi pengiriman J&T: JP1093372723.

Tanggal 2 – 6 Mei 2022, paket tertahan di gudang J&T, keterangannya menunggu jadwal pengiriman kendaraan operasional. Di sini saya maklum mungkin karena libur lebaran jadi J&T libur.

Tanggal 7 Mei pukul 11:30, paket sudah update sedang dibawa kurir. Lalu pukul 3 sore kurir hanya miscall sekali dan WA sekali. Posisi saya sedang di dalam rumah, telat baca WA dari kurir, karena sedang tidur. Pukul 4 sorenya saya baru baca WA kurir.

Sadar atas kesalahan saya, lalu saya berinisiatif WA ke dia, menanyakan posisinya biar paket saya ambil di jalan, saat kurir sedang mengantar ke tempat lain. Dia mengatakan sedang di AEON Mall yang jaraknya hanya 5 menit dari tempat saya. Namun kurir mencari alasan gak mau ditemui, karena katanya paket saya di motor dan baru keluar AEON 1 jam lagi.

Ok saya tungguin WA balasan dari dia saat sudah siap. Namun nyatanya dia gak ngabarin lagi, lalu ada update kembali di Shopee pukul 16:40, bahwa paket sedang dibawa kurir tanggal 7 Mei. Namun sampai malam saya tunggu, paket gak datang. Saya berpikir positif mungkin kurir akan mengirim lagi di keesokan harinya

Tanggal 8 Mei saya gak dapat notifikasi apa-apa dan status di Shopee masih keterangan paket sedang dibawa kurir.

Tanggal 9 Mei 2022, alangkah kagetnya saya ternyata paket saya dalam proses dikembalikan ke seller, tanpa ada pemberitahuan apa pun ke saya dan sudah berada di gudang daerah Cirebon per tanggal 10 Mei. Begitu cepatnya paket dikembalikan, tanpa konfirmasi apa pun.

Melalui surat ini saya ingin bertanya, apa begitu SOP J&T? Barang baru gagal dikirim sekali paket langsung dibawa ke seller tanpa konfirmasi ke buyer? Padahal saya sendiri sudah sabar menunggu proses pengiriman yang sempat macet dari tanggal 2-6 Mei tertahan di gudang J&T.

Lalu kelakuan kurirnya juga, masa J&T punya kurir ngambekan? Harus hati-hati memilih karyawan, jangan sampai memilih kurir yang ngambekan kayak gitu. Padahal saya sudah menawarkan diri mengambil sendiri paketnya saat kurir sedang di jalan. Kalaupun kurir menyuruh saya harus ambil ke gudang, ya saya ambil! Namun ini malah dikembalikan ke seller tanpa konfirmasi sama sekali.

Muhammad Supandi Hidayatulloh
Jakarta Timur


Update (14 Mei 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa masalah telah diselesaikan dengan para pihak terkait sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai J&T Express:
[Total:789    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan J&T Express atas Surat Pembaca Bapak Muhammad Supandi Hidayatulloh

Sehubungan dengan surat pembaca Bapak Muhammad Supandi Hidayatulloh dengan judul “Kecewa dengan Kurir J&T yang Gak Profesional” , kami ingin...
Baca Selengkapnya

189 komentar untuk “Kecewa dengan Kurir J&T yang Gak Profesional

  • 10 Mei 2022 - (16:13 WIB)
    Permalink

    update terbaru kurirnya yg ngambekan itu ga terima saya tegor dan malah ngomong semua paket atas nama saya selanjutnya ga akan pernah dianter dan saya disuruh ambil ke gudang sendiri
    ada bukti percakapan dari dia
    kebetulan saya ada 1 paket lagi yg lain yg pengiriman lewat j&t

    tadinya saya mau nulis di surat media konsumen lagi soal kasus yg terbaru ini tapi masih menunggu tanggapan j&t

    apa begitu ya sop j&t kalo kurir ngambek customer suruh ambil sendiri di gudang

    74
    13
    • 10 Mei 2022 - (17:01 WIB)
      Permalink

      Bukannya mintaa maaf malah nambah masalah aja kurirnya. untung disini aman aja abang jnt nya๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜‚

      18
      3
      • 10 Mei 2022 - (17:01 WIB)
        Permalink

        kepala cabang atau spv nya suruh turun gan jangan mau ambil digudang udah bayar ongkir ini.

        23
        6
        • 10 Mei 2022 - (17:08 WIB)
          Permalink

          saya udah wa ke kurirnya dia bilang semua paket cod yg dateng saat momen lebaran di retur ama bagian kepala gudangnya
          tapi saat saya nanya mana nomer kepala gudangnya buat konfirmasi dia ga berani ngasi dan muter muter aja jawabnya

          semua chatnya ada sampe pas dia bilang kalo paket saya ga akan pernah dianter dan disuruh ambil sendiri di gudang

          20
          6
          • 10 Mei 2022 - (19:27 WIB)
            Permalink

            Bisa jadi sang kurir udah kelelahan mengantar barang….ya biasanya emosi dan mood kurir jadi ikut bermain he…he…

            9
            38
          • 11 Mei 2022 - (22:08 WIB)
            Permalink

            Saya juga pernah punya pengalaman kurang menyenangkan dari jnt Pamulang, males2 kurirnya, padahal dikontrakkan pasti ada orang terus tp keterangan di aplikasi selalu pembeli tidak bisa dihubungi dikirim lagi besok, malah pernah akhirnya saya ambil di gudang,

          • 11 Mei 2022 - (23:34 WIB)
            Permalink

            Klau mau belanja online tu harus siap bro,kan bisa d tracking pake nya udah d bawa kurir apa blom,ni udah d bawak kurir kau tdur pulak,,d expedisi itu ada estimasi pengiriman,klau lewat estimasi pengiriman kurir yg Ganti paket Lo tu,,

            18
            56
          • 12 Mei 2022 - (16:13 WIB)
            Permalink

            Abis lebaran kok malah sensi sih๐Ÿ˜…
            Konyol bin nyebelin kurirnya.

          • 13 Mei 2022 - (12:23 WIB)
            Permalink

            Mohon maaf kak, sebelumnya kurir JNT ada waktu Estimasi buat kirim dalam istilah ekspedisi itu adalah S.L.A. jadi per aweby jika telat terkirim dan tidak ada konfirmasi dari penerima paket maka baik kurir dan SPV dan kordinator gudang akan terkenang denda, dan paket cod biasanya bisa dikembalikan bila tiga hari tak terkirim dan tanpa konfirmasi dari penerima paket. SOPnya adalah selama 3 hari pengiriman, dengan rincian sehari 2 kali kurir ke rumah pelanggan jika paket gagal terkirim jika dalam 3 hari gagal kurir dan JNT bisa mereturkan atau
            mengembalikan pketnya

            9
            4
          • 13 Mei 2022 - (13:18 WIB)
            Permalink

            semakin kamu jelasin panjang lebar ya semakin yakin kesalahan bukan ada ama saya

            4 hari telat pengiriman apakah kesalahan saya??kan dari j&t nya sendiri libur lebaran
            lalu soal konfirmasi paket lah saya langsung konfirmasi ko itu buktinya saya menawarkan diri buat ambil paket sendiri bahkan saya bilang kalo mau ambil di gudang gpp tinggal sharelok aja lokasi gudangnya

            lalu masalah kunjungan sehari 2X itu juga ga dilakukan ama tuh kurir lah wong baru gagal kirim sekali aja langsung diretur tanpa konfirmasi ke saya
            tau tau tgl 10 barang udah di tangan seller lagi
            begitu cepatnya proses retur dari tgl 9 ke tgl 10 dengan jarak tempuh bsd tangerang ke cirebon

            5
            3
          • 13 Mei 2022 - (21:37 WIB)
            Permalink

            Alhamdulillah sih aku pake jnt COD selama ini ga ada masalah, paket tetep sampai kalo pas ga ada org di rmh paket ditinggal di dpan rumah uang nya nanti diambil lagi

        • 11 Mei 2022 - (03:12 WIB)
          Permalink

          Heheh sama ky q kmren itu..kurir tlp udj d depan kantor..cm butuh wktu 2menit pas sy kdepan kantor kurirnya udh g ad g lama dia wa ktnya udh jln lg bnyk brg yg hrus d anter…sy tny kpn d antr kmbli dia blg besok eh gtwnya brg dkembalikan ke seller dan d cancel secara sepihak….knp hny menunngu sbntr aj mreka g mw…pdhl kita kan byr..kl nunggu smpe berjam2 hak dia untuk bw pket blik .tp ini dr dia tlp dengan sy ke depan kntor cm 2 menit orgny udh g ad..๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

          22
          3
          • 11 Mei 2022 - (14:14 WIB)
            Permalink

            Kalua ada kejadian seperti itu jangan minta cod tempat dimana sama kurir, mereka itu routenya udah ditentukan dan gak bisa stay lebih dari 5 menit, saran aja kalau begitu baiknya bilang “nanti paket saya ambil sendiri digudang” BUKAN MALAH MINTA COD kek jual beli barang bekas

            12
            40
          • 11 Mei 2022 - (14:24 WIB)
            Permalink

            ada lagi orang kocak si fileku
            kurir 5 menit udah di rute lain emng tuh kurir punya kecepatan cahaya dalam waktu 5 menit udah pergi jauh
            jelas jelas di chat wa dia ada di dalem mall 1 jam harusnya bisa dong tinggal kasi tau posisi ditoko mana dalam waktu 5 menit saya sampe karena memang jaraknya deket banget

            dan itu ga sama ama cod barang bekas kalo cod barang bekas mah dicek dulu,di test dulu lah kalo gue mah tinggal bayar terus pergi

            24
            4
          • 11 Mei 2022 - (18:07 WIB)
            Permalink

            menurut saya mbak mereka tdk ada empati,thnya di gaji barang sampe padahal dalam service mereka beri,memberi pengaruh dalam kredibilitas perusahaan tmpt mereka bernaung.Kalau service level sudah turun yg jd masukan perusahaan nurun,ujung2 phk salahin perusahaan,laporin depnaker,keluh gaji telat dsb mereka ga mikir disitu kedepanny dmn kalau mereka ( kurir )kasih pelayanan baik otomatis nama perusahaan jd terangkat kan yg untung2 perusahaan dan karywanny wkwkwk susahnkal

            7
            4
          • 12 Mei 2022 - (04:09 WIB)
            Permalink

            Dear JNT mohon tanggapi kasus ini, saya sebagai seller di beberapa MP juga sudah kuak dengan return paket yang terus semakin banyak dan sangat merugikan terutama pada pola pembayaran COD, mulai saat ini saya akan menonaktifkan Jasa kirim anda dan saya harap seller lain juga agar Pihak JNT bisa berbenah dan jangan merugikan kami dengan sifat kurir anda yang sangat tidak profesional…

            23
            4
          • 16 Mei 2022 - (12:05 WIB)
            Permalink

            2 menit?? Kalau wanita ngomong 2 menit turun ke lobby sy gk percaya.. Just kidding.. Temen cewek gw omongin gini dia aja ketawa ngakak wkwkwk

          • 12 Mei 2022 - (07:33 WIB)
            Permalink

            sudah saya email ke layanan konsumen beserta kasus yg terbaru yg mana kurir ngambek dan bilang semua paket atas nama saya ga akan pernah dikirimkan lagi ama dia dan disuruh ambil sendiri di gudang
            padahal paket saya yg lain itu non cod yg secara logika sudah saya bayar beserta ongkirnya
            tapi kurirnya ga mau ngirim semua bukti chatnya sudah saya kirim ke layanan emailnya

            tapi belum ada respons dari j&t kalo 5 hari belum ada respon saya up lagi ke media konsumen chat terbaru

            14
            3
      • 10 Mei 2022 - (17:05 WIB)
        Permalink

        ga tau kenapa bisa gitu padahal saya udah sabar menunggu tuh paket ga komplain saat barang tertahan di gudang dari tgl 2-6 mei karena saya berpikir positif j&t sedang libur lebaran

        11
        4
        • 10 Mei 2022 - (17:11 WIB)
          Permalink

          Gokil, simpan aja bukti chatnya takut untuk investigasi. dipastikan bakal minta maaf dan biasanya ada kunjungan kerumah. ditunggu aja iktikad baiknya, ga pantes kurir ngomong gitu harus ambil kegudang sendiri.

          27
          3
        • 11 Mei 2022 - (16:16 WIB)
          Permalink

          Saya berkali kali pke tf bank malah sama kurir jnt nya berkali kali dititipin ke tetangga.. padahal tetangga lagi berduka ada kematian.. pernah saya tegur tapi katanya kurirnya ganti ganti..
          Padahal saya di rumah.. kurir juga tidak menghubungi.. tau tau tetangga yg bilang selang 2 hari.. kurirnya sekalian nganter barang tetangga pas ramadhan kmarin.. sejak saat itu saya pilih opsi cod biar ketemu langsung..

          4
          2
        • 11 Mei 2022 - (23:41 WIB)
          Permalink

          Mungkin paket kau tu Udah lewat estimasi,udah jelas mau lebaran kau pesan paket pulak,COD pulak tu,di expedisi itu ada estimasi pengiriman,klau lewat dari estimasi kurir yg Ganti,,potong gaji langsung,klau kau betul2 mau pesan paket, jangan COD,,

          6
          43
          • 12 Mei 2022 - (04:52 WIB)
            Permalink

            Sok tau sekali anda ini ngomongin soal estimasi. Mana ada paket yg baru dtg sehari sdh dianggap “expired” Sehingga hrs di retur. Jawaban org2 yg ngawur kmna-mna anda ini

            18
            1
          • 12 Mei 2022 - (06:02 WIB)
            Permalink

            Udah sok tau, salah pula kau ni. Omong kosong doang isinya.

          • 12 Mei 2022 - (06:28 WIB)
            Permalink

            Kayanya ini kurir nya, soalnya dari tadi ngebela diri terus!!!
            Bang saya kurir, saya juga suka pesen barang di MP, saya ngerti prosedur semua ekspedisi, tapi di saat orang yg bersangkutan tidak di rumah atau tidak ada respon pada saat itu, lalu dia respon setelah nya, saya mending janjian di jalan, soalnya bener yg di anter bukan paket dia aja tapi ada juga paket orang yg nunggu, tapi ga nyampe 1 hari langsung return ke pengirim nya, di ekspedisi saya ada yg sampe 2minggu barang ngendap, soalnya YBS konfirmasi lagi mudik atau lagi ga ada di rumah sampe tgl sekian!! Segitu aja pembelaan dari saya sebagai kurir, dan hanya 25%kurir mau balik lagi ke alamat yg di tuju ketika orang nya tidak ada di rumah, ketiduran, ga kedengeran, atau apa !!!

            11
            1
          • 12 Mei 2022 - (07:31 WIB)
            Permalink

            Cod atau gak itu hak konsumen, j&t nya aja ada opsi cod, anda ini siapa?

            6
            3
          • 12 Mei 2022 - (07:44 WIB)
            Permalink

            kalo ngomong mikir make logika
            gue udah jelasin diatas gue ga berharap barang itu cepet nyampe
            dari tgl 2-7 mei paket di gudang gue diem aja ga nyuruh atau komplain biar barang cepet dikirim

            lagian peraturan darimana kurir harus ganti barang kalo lewat estimasi??sok tau tapi ga ada logika

            9
            2
          • 12 Mei 2022 - (10:43 WIB)
            Permalink

            Serbet warteg bisa aje lu klo komen

          • 12 Mei 2022 - (17:47 WIB)
            Permalink

            Lach saya sebagai kurir baru denger lewat estimasi kurir potong gaji, ga ada hal seperti itu, selama saya ngurir, klo pun sesuai SOP itu konsumen tidak bisa dihubungi 3x24jam, ga ada istilah potong gaji, lain lagi klo barang hilang.. klo lewat estimasi kurir potong gaji, ga akan ada kurir, siapa yg mau jadi kurir, ngomong seenak perut aja

          • 12 Mei 2022 - (17:59 WIB)
            Permalink

            Sry ya tuan/ibu pintar..kalau order barang kan emang ada estimasinya..misalnya kmrn lebaran,kan estimasi nya emang di perpanjang
            Kenyataannya emang kurir jnt udah byk kasus ngambek nya..bkn 1-2x kurir yg ngambekan..gw jg udah kena kemarin..logika aja ya,mungkin ga kurir anterin barang jam 2 subuh?trs jam 4 subuh ada keterangan di shopee barang saya gagal dikirim dan dikembalikan ke pengirim

          • 14 Mei 2022 - (00:48 WIB)
            Permalink

            Sotak dan koplak juga si darah ini,,mabuk air ketuban kayaknya kamu itu. Kmu itu sok ngejelasin tapi cara yg salah.

            1
            1
          • 14 Mei 2022 - (01:14 WIB)
            Permalink

            COD itu adalah cara belanja paling aman dari modus penipuan, dan untuk seller yg kredibel mereka lebih banyak mberikan opsi COD apalagi persaingan penjualan semakin ketat. Dan kalaupun buyer pakai sistim COD mereka akan pakai uang mereka juga bukan minta uang kmu DARAH.

            2
            1
    • 10 Mei 2022 - (20:49 WIB)
      Permalink

      Coba dilaporkan lewat ini:

      Diberitakan Kompas.com, Rabu (27/10/2021), Public Relations J&T Express, Elena mengatakan, jika ada kesalahan pada pihak ekspedisi, maka J&T memastikan untuk melakukan proses pertanggungjawaban sesuai prosedur.

      Pelanggan yang merasa dirugikan bisa melaporkan kejadian itu melalui call center J&T Express melalui:

      Nomor Hotline 021-8066-1888
      Email: jntcare@jet.co.id
      WhatsApp: 0811-8466-188
      “Kami juga pastikan paket pelanggan tidak diperjualbelikan oleh oknum mana pun dan tentunya apabila pelanggan memiliki kendala ketika menerima paket dapat menghubungi call center kami untuk prosedur klaim,” ujar Elena.

      Saat melaporkan, pelanggan yang dirugikan dapat menceritakan kronologi dan resi yang diberikan.

      8
      1
      • 10 Mei 2022 - (20:59 WIB)
        Permalink

        sudah saya ke call centernya tapi ga ada tanggapan

        2
        1
    • 10 Mei 2022 - (22:52 WIB)
      Permalink

      Blow up ke sini Pak, gak usah menunggu respon JNT biar mereka bisa mengambil tindakan tegas secepatnya dan kita semua juga tau.

      7
      1
    • 11 Mei 2022 - (09:02 WIB)
      Permalink

      Kurir itu kalo ga salah dikasih 1500 perak per 1 kiriman, jadi wajar aja kalo dia kesal jika ada konsumen COD yg tidak siap saat diantarkan barangnya.
      Jangan selalu melihat dr kacamata konsumen karena sangat tidak adil bagi kurir2 tsb.. Kadang2 lucunya konsumen2 ini mereka merasa raja padahal pilih paket kirimannya pun yg paling murah. Padahal sama2 membutuhkan. Jd posisi konsumen tidak lebih tinggi dibanding kurrir. Dibutuhkan kerjasama dan saling pengertian. Gunakan kata2 sopan santun, seperti tolong, maaf dan Terima kasih.
      Sekian Terima kasih.

      35
      53
      • 11 Mei 2022 - (09:11 WIB)
        Permalink

        soal upah mah kan udah ditulis diperjanjian kerja mereka dan bukan urusan konsumen
        konsumen membayar juga sesuai harga yg tertera di aplikasi bukan mengemis
        jadi ranah upah itu diluar masalah ini itu terserah dia kalo kuat dijalanin,ga kuat ya jangan ngambekan

        dan saya sendiri sudah menawarkan solusi buat ambil barang ke tempat kurir hanya selisih 1 jam dan saya bersedia datang ke tempat kurir masih mengantar
        ga mungkin dong kurir jam 4 udah pulang

        dan apakah bahasa saya di wa masih kurang sopan?saya sudah ngomong maaf lho itu pertama kali

        40
        11
        • 11 Mei 2022 - (09:27 WIB)
          Permalink

          Ya sudah beresin aja dah.. Selamat berjuang ya ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… gara2 barang ga seberapa sampe buang2 waktu ngurusinnya

          4
          60
          • 11 Mei 2022 - (11:21 WIB)
            Permalink

            pasti ini kurir nya ๐Ÿ˜‚

            28
            1
          • 11 Mei 2022 - (17:52 WIB)
            Permalink

            Kurir curhat

            5
            1
          • 11 Mei 2022 - (20:27 WIB)
            Permalink

            orang seperti kamu akan tetap jadi sampah dimanapun berada. kamu orang gak layak dibantu

            2
            5
          • 12 Mei 2022 - (04:18 WIB)
            Permalink

            Ini kurir kebanyakan ngopi.

            3
            1
          • 12 Mei 2022 - (05:39 WIB)
            Permalink

            Cie.. satu lagi nih abg kurirr menampakkan wujud aslinya..๐Ÿ˜๐Ÿ˜

            2
            1
          • 12 Mei 2022 - (06:22 WIB)
            Permalink

            ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃkonsumen kereee pada komplain nih.. Yuk kumpul2..

            2
            17
          • 12 Mei 2022 - (18:04 WIB)
            Permalink

            Bukan masalah barang harga ga seberapa..orang ga mgkn beli barang yang tidak perlu

        • 14 Mei 2022 - (04:48 WIB)
          Permalink

          Ga kuat ya jangan baperan, paket di retur pesan lagi
          Ga kuat nunggu ? Langsng belanja di toko jgn online

          • 16 Mei 2022 - (12:19 WIB)
            Permalink

            Ada berbagai alasan knpa org beli OL. Barang tsbt tdk ada di toko2 offline, harga lbh murah, dan jarak toko offline yg jual barang tsbt jauh dari rumah.

        • 11 Mei 2022 - (12:02 WIB)
          Permalink

          ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ ada2 aja ya kalian nuduh2 kurir.. Aku mah sellernya ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ.. Hargailah profesi kurir jangan mentang2 konsumen pengennya menang sendiri.. Hadeuh ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

          6
          51
          • 11 Mei 2022 - (12:27 WIB)
            Permalink

            Ingin di hargai tanpa menghargai orang lain? Sudah bagus loh ybs menawarkan diri untuk ambil langsung ke tempat kurir berada

            29
            2
          • 11 Mei 2022 - (20:23 WIB)
            Permalink

            kamu pasti kurir

          • 12 Mei 2022 - (04:57 WIB)
            Permalink

            Dsni gada kaitannya dgn harga menghargai, tp kemauan kerja. Sdh jd resiko kurir hrs menghadapi situasi dmna konsumen yg punya pasket sulit di temui, ya hrs di antar lg bsk harinya. Anda itu lbh baik mikir dl sebelum memberikan komen.

            7
            1
          • 12 Mei 2022 - (10:41 WIB)
            Permalink

            Bisa aje lu bangku baso

      • 12 Mei 2022 - (06:40 WIB)
        Permalink

        Kak. Kita bukan nyalakan kurir ya. Kita pesen barang berapapun nilainya itu hak kita. Tugas kurir itu cuma kirim barang gak di lihat dari besar nilai barang yg kita beli. Klau gaji kurir kecil ya jgn jdi kurir. Semua kerja ada resikonya. Tugas kurir itu ngirim barang sampeai tujuan. Klau penerima tidak ada ditempat bisa dicoba keesokan harinya. Saya yakin klau orang pesen barang dan ada notif’nya barang itu akan datang hari ini. Saya yakin orang itu akan stanby ditempat. Cuma masalahnya kuta atau juga orang dirumah ada keperluan yg gak bisa ditinggal. Sementara notif cuma bilanh kurir menuju ke lokasi anda tanpa ada keterangan jam berapa akan datang. Bisa siang atau sore. Sementar kita gak bisa nunggu seharian untuk hari ini. Makanya setau saya untuk barang dari shopee atau lazada kurir kirim barang akan dilakukan pengiriman sampai 3x. Baik kurir j&t, ninja, sicepat dll sama saja sampai 3x pengiriman. Klau sampai 3x pengiriman gagal baru barang akan dikembalikan ke seller. Ada satu lgi. Ada kurir yg baik hubungi kita ada juga yg gak hubungi kita. Klsu kirir hubungi kita kan enak. Kita bisa langsung nyamperin.

        • 13 Mei 2022 - (23:45 WIB)
          Permalink

          Nah betul ini setiap pekerjaan pasti ada resiko masing2, jgn ngerasa situ doang yang paling sibuk di hari raya. Ane juga kurir, biasa ya klo sebelum antar barang konfirmasi dulu ke tujuan……klo sudah ada balasan baru kirim ke rumahnya, klo ga ada respon tinggal di skip sampe yg bersangkutan bisa di hubungi…..Gitu aja kok repot…..

      • 14 Mei 2022 - (01:00 WIB)
        Permalink

        Gk nyambung komen kmu itu broo, kewajiban kurir itu adalah mengantar barang hingga ke tangan konsumen, bukan karena nilai upah kurirnya murah lalu seenaknya paket konsumen ditelantarkan. Kalau masalah konsumen pilih harga yg paling murah itu adalah hak konsumen, karena disitu ada pilihan. Dan tidak pernah ada ketentuan menyatakan harga barang dan ongkos pengiriman minimal berapa baru bisa dilayani. Masalah pembelian barang oleh konsumen dg cara kontan atau COD itu juga suatu pilihan, COD adalah sistem belanja paling aman dari modus penipuan.

    • 11 Mei 2022 - (18:00 WIB)
      Permalink

      saya punga pengalaman bang barusan ini saya pesan produk olshop tiktok pake via jasa JNT,saya lagi kebetulan di luar jd ceritanya paketnya sdh di drop dan siap2 di kirim ke alamat saya,terus ketika sy th sdh ada kurir mau antar,karena ada urusa keluarga sy jd saya titipkan ke tetangga kalau ada kurir jnt tlg di titipin bayar,nah pas lagi ada acara gtu saya update status di lembalikan di tempat sortir tanpa pemberitahuan tlp ataupun pesan langsung di drop,agak mengecewakan emang kalau jasa pengiriman spt itu tdk ada empatinya sm konsumen yg mesan dan saya agak kecewa juga sama jasa JNT๐Ÿ˜ค,jd kalau tdk ada urgent lebih baik pilih jasa lain saja

    • 11 Mei 2022 - (18:13 WIB)
      Permalink

      Jelas2 yg salah anda, jam 11an kurir ngabarin brg dtg, anda baru bls jam 4 sore. Alesan tdr pulak. Lagian kan pembayaran cod, anda ga rugi jg klo brg diretur ke seller.
      Pesen aja lg bang. ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

      2
      19
      • 11 Mei 2022 - (19:28 WIB)
        Permalink

        kurir ngabarin datang jam 3 bukan jam 11 liat dong jam chatnya
        traking di shopee mah ga ada notif sms atau apapun paket sedang diantar atau ga
        saya baru buka trakingnya jam 4 saat baru bangun abis buka wa kurir saya baru cek trakingan
        kan sebelumnya mandek dari tgl 2-6 di gudang jadi saya kira tgl 7 masih libur

        4
        2
        • 12 Mei 2022 - (10:53 WIB)
          Permalink

          Ya anda ga rugi apa2 kan, cod mah.
          Tinggal pesen lg aja, pake uang emak lah suruh transfer, jd kurir smpe ga nunggu anda bobo wkekewk
          Cengeng amet ya, dikit2 curhat, bocil ya๐Ÿ˜‚

          3
          14
      • 12 Mei 2022 - (05:59 WIB)
        Permalink

        Jaraknya 5 menit dari rumah?
        Pake motor saat libur lebaran 5 menit itu jauh lho pak.
        Dia di AEON mall, paket di motor. Ngapain turun ambil paket, di mall dia ada kerjaan.
        Ngapain juga dia ngurusin paket Bpk, dia cuma dapet 1.500 perak tapi PAKE REPOT. Dia pikir mending balikin ke seller biar jadi PELAJARAN buat KITA yg beli lewat COD, tapi ga dirumah atau tidur atau apa lah saat paket tiba.

        Kalo beli COD harus siap! Kalo mau tidur titip sama org rumah atau tetangga. Kalo ga ada yg bisa di titipin jgn beli COD! Kan sdh ada notif dari Shopee, siapkan uang!

        Ini kurir sdh rugi lho.. Rugi waktu, rugi pendapatan, rugi pulsa buat WA, rugi bensin dll.

        Knapa Bpk ga langsung aja ambil ke gudang ketika saat itu ga bisa lewat kurirnya?
        Cegat di gudangnya! Tungguin sampe kurir pulang ke gudang! paling cuma nunggu sampe sore. Mau? Ga mau kan? Repot kan?

        Kurir juga ga mau repot untuk 1.500 perak! Apalagi sdg banyak kerjaan.
        Ingat itu.

        3
        21
        • 12 Mei 2022 - (06:11 WIB)
          Permalink

          ada lagi yg ngomong eh soal pendapatan kurir itu bukan urusan konsumen
          itu perjanjian dia dengan perusahaan
          konsumen membayar ongkir ya sesuai ketentuan di marketplace soal kurir dibayar berapa ya bukan urusan konsumen
          kalo dia kuat ya jalani ga kuat ya out

          jarak 5 menit ko dibilang jauh hadeuhhh asumsi macam apa yg bilang 5 menit jauh mau libur atau ga ya jarak rumah saya ke aeon emang cuma 5 menit
          lagian dia sendiri yg bilang dia di dalam mall 1 jam secara logika 1 jam di mall tinggal sharelok saya samperin kan dia di dalam mall 1 jam
          kalo soal ke gudang ya kalo saya tau posisi gudang dan dia nyuruh ambil ke gudang ya saya ambil tapi dia kaga nyuruh ambil ke gudang

          dan sekali lagi saya bilang pembayaran melalui cod itu bukan sesuatu yg hina karena ada fitur cod kalo kurir kurir menganggap pembayaran cod merepotkan kurir ya bilang coba ke perusahaan nya matikan pembayaran cod
          nama j&t bisa besar juga karena fitur cod
          kalo mau ngasih pelajaran bukan pada tempatnya kecuali udah 3X kirim gagal baru deh

          heran pembelaan para kurir pasti kurir cuma dibayar 1500 padahal pendapatan bulanan nya juga pasti besar sesuai dengan tanggungjawabnya

          dan ada 1 lagi yg perlu loe tau gara gara kurir ngmbek 1 paket saya yg non cod ditahan ama tuh kurir ga mau dikirim apa emang peraturannya kaya gitu
          apa emang begitu kelakuan kurir ngambek barang ditaro di gudang

          9
          1
        • 12 Mei 2022 - (11:02 WIB)
          Permalink

          Sok iye sekali anda yg kaya tau wilayah ini terjadi blg 5 menit itu lama pas liburan lebaran. Trus anda blg “pikir kurir mending balikin ke kurir biar jd pembelajaran”. Wah, pemikiran org2 yg otaknya kosong.

          2
          1
        • 12 Mei 2022 - (11:10 WIB)
          Permalink

          Wkwk. Rizal pasti kurir nih. “Kurir gamau repot cmn gara2 1500 perak.” Yg mau hd kurir siapa? Situ sendiri kan? Setiap pekerjaan ada kewajiban dan tanggung jawab. Pede bgt blg kaya gitu. Nganggur aja mas. Semoga mas e nganggur.

          Udah gitu gabisa baca lagi. Itu ybs udah nulis kalaupun disuruh ngambil ke gudang dia mau ambil. Knp ditanyakan lagi? Modal omong gapake mikir. Ckckck

    • 11 Mei 2022 - (19:34 WIB)
      Permalink

      Ya Allah aku gitu juga kak, cuman Alhamdulillah nya barangnya nyampek. Aku bingung paket lagi dikirim tapi kok gak nyampe-nyampe dan gak ada kurir yg wa ke aku, awalnya sih yaudahh maklum mungkin karena kondisi lagi lebaran ya, tapi Sampek 4 kali status pesanannya dalam perjalanan terus,, Alhamdulillah sih masih tetep nyampe

    • 12 Mei 2022 - (07:50 WIB)
      Permalink

      Bantu jawab kurir itu gajinya per paket kalo cod gk Ada orang di rumah bakal dibawa lagi Dan dikembalikan gudang itu sebenarnya paket tidak balik status tracking paket yg dikembalikan gudang jnt pasti tulisanya dikembalikan ke seller.. Paket anda itu Ada di gudang jnt blm diretur

      • 12 Mei 2022 - (08:12 WIB)
        Permalink

        per tgl 10 mei saya konfirmasi ke seller barang sudah ada di tempat dia
        sesuai dengan trakingan di shopee
        jadi bukan di gudang j&t lagi

        1
        1
    • 12 Mei 2022 - (08:31 WIB)
      Permalink

      Sama , aku juga terakhir kemaren gitu, kecewa sama kurir nya, paket maen retur aja, karena alasan tidak ada di tempat, padahal dirumah ada orang, dan aneh nya no hp saya ada, sama sekali enggak d tlp, atau stdaknya tnya ttngga, ini main retur barang aja.

      • 12 Mei 2022 - (11:18 WIB)
        Permalink

        Aku juga pengalaman kemaren. Libur lebaran baru dikirim tgl 7 mei. Dan saya anggap itu wajar karena memang ekspedisi libur. Tapi setelah itu tracking di shopee status nya dibawa kurir siang jam 11.00, trus jam 16.00 status nya berubah “barang tertahan karena pelanggan (dlm artian saya sebagai pembeli) tidak ditempat atau libur panjang”.
        Padahal alamat yg ditujukan adalah di hotel bagian reseptionis yg 24 jam ada penjaganya. Bertahun2 ngga pernah kejadian kaya gitu, baru kemaren itu status nya ky gitu. Pake jnt juga. Saya lgsg chat seller. Dan pihak shopee. Dan untungnya besok nya di tracking jalan lagi dan sore barang sampai. Herannya knp status perjalanannya mengatakan pelanggan tdk ada di tempat. Note nya pdhl dikirim ke FO hotel.

    • 12 Mei 2022 - (13:37 WIB)
      Permalink

      Saya uda 2 kali paket bkn cod dikurim ade saya ke toko saya
      Yg terima ibu saya yg pertama kurirnya bilang cod 60rbuan
      Dasarnya ibuku uda tua lupa juga,klo itu paket uda bayar bkn cod
      Trus ada paket lg dtng jarak waktunya mayan lama
      Ibu saya diminta uang katanya cod sbesar 35rb
      Pdhl ade saya uda bayar tuh paket,trus ade saya samperin ke jnt nya si kurir gak ngaku kalo dia minta uang
      Pdhl waktu itu ibu saya beneran inget bayar 35rb,mau dikasih 50rbuan tp takut ga da kembalian
      Jd di bayar 35rb
      Tp kurir gak ngaku ke adekku waktu disamperin kesana
      Kata ibukku yauda biarin klo mau mkn uang haram,gak berkah idupnya

    • 12 Mei 2022 - (15:33 WIB)
      Permalink

      Waduhh saya juga sama bahkan waktu itu paket saya ada 2 di j&t itu status nya stuck pakeg sedang dibawa kurir ke alamat tujuan tapi seminggu saya tunggu itu kurir ga pernah sampe2 ke rumah padahal dari gudang j&t ke rumah saya itu deket banget, dan alhasil karena penting saya inisiatif ke gudang nya untuk ambil langsung dan ternyata dari satpam nya aja ga bersahabat dia malah marah2 katanya saya bikin ribet barang udh di bawa kurir diambil ke gudang dan setelah pengecekan yang lama sekitar 90 menit barang saya engga ada di bag yg di bawa kurir tapi masih di rak2 antrian dan itu baru 1 paket, paket yg 1 nya lagi gada di gudang katanya masih perjalanan ke gudang DC dari gudang pusat, saya sindir aja langsung ke satpam nya sekalian mana pa katanya paket saya udh di bag kurir mau dibawa jalan tuh masih dimana katanya, di sistem nya udah di bawa kurir dalam seminggu tapi ga dateng2 juga makanya saya samperin ke gudang.

      • 12 Mei 2022 - (23:58 WIB)
        Permalink

        Banyak org yg nunggu paket lama lama, itu abang nya juga udah sabar masih aja di scam
        Coba kalo barangnya di butuhin gimana perasaannya udah di tungguin, sabar berharap paketnya dateng meski ada keperluan mendadak sebentar jadi gabisa buka HP malah di balikin gitu
        Truss juga kalo barang murah gamasalah, coba kalo yg di pesen peralatan mahal apalagi di butuhin misal kayak mesin motor ato barang buat kendaraan yg mahal dan itu perlu, riskan klo gitu broo riskan

    • 12 Mei 2022 - (19:35 WIB)
      Permalink

      Problem nya ada di anda, udah tau barang akan di kirim ke rumah, malah tidur. Kurir nya juga gk km aja, ada banyak rute nya sudah di atur. Tau sendiri kan kurir bekerja dari pagi sampai malam, dan itu dia capek bgt.
      Saya sebagai seller juga sering mendapat problem gini, kurir juga manusia, dan jangan sampai gara2 anda, dia kehilangan pekerjaan, woles saja. Jangan di bikin ribet. Lu bisa kirim kayak gini karena lu beranggapan punya power sebagai pelanggan. Tutup aibnya dan tinggal beli lagi

      2
      8
      • 13 Mei 2022 - (05:09 WIB)
        Permalink

        Gada pembelaan lain ya selain itu? Nih sy kasih cerita, sy beli barang di MP dgn status hari itu sdh di bawa kurir, sy tungguin sampe bela2in tdk tdr siang, hp yg tadinya di silent sy rubah biar kalo kurirnya nelpon kesusahan cari alamat sy, sy bs tau. Tp sampe jam 3 sy tunggu kurir blm dtg, sy berangkat kerja drpd hrs nungguin paket yg ga tau dtgnya jam brpa. Sore sy cek MP, jam 5 baru di anterin kerumah. Itu salah sy juga? MIKiR!!!!

      • 14 Mei 2022 - (06:42 WIB)
        Permalink

        Lah, kalo ketiduran (ga sengaja), kalo sakit perut, kalo ada hal2 tidak terduga lainnya di hari itu gimana? Gini aja deh, mayoritas customer ga merasa perlu diperlakukan kayak raja. Kami menghargai orang yg bisa menghargai juga, sesama manusia dan profesional aja. Kami bayar dan kami expect mendapatkan barang. Sekali lagi, profesional saja. Kami bayar, kami berharap barang sampai. Udah begitu doang.
        Kalo ga bisa, ya confirm aja, nanti kami yang usaha. Ga ada power2an, kerjasama aja. Justru kalo kelakuan dan tanggepan2nya kayak begitu kan yg merasa punya power siapa??
        Customer di atas juga sudah sopan, dan mau bekerjasama jemput barang. Power apanya?? Segitu kurang? Perlu disembah2?
        Beberapa kurir yang baik juga menulis kelakuan si oknum kurir tidak sesuai dengan SOP. (BTW makasih loh mas/mbak kurir yg sudah bekerja dgn baik. Kalian dabest!).
        “Pesan lagi aja udah” kadang ga semudah itu. Kami sbg customer punya agenda lain juga, anda kan tidak tau. Bisa jadi customer pesan barang untuk dibawa keluar kota atau untuk event apa.
        Tolong aja ini mah, kalo ada customer yg sopan, baik, dan mau bekerja sama, dihargai aja karena dengan bersikap sopan itu artinya mereka juga menghargai anda sebagai manusia dan profesi anda. Belum aja tuh ngerasain sial dapet customer COD yg viral2 kemaren itu. Orang udah baik kok ga dihargai. Power yg kemaren2 noh yg ga mau bayar.
        Masalah kerja dari pagi sampe malem, trus customer bisa apa? Ikut bantu nganterin paket biar ngurang jam kerjanya? Kan yaudah cukup kabarin “jemput di gudang”, selesai. Sekali lagi, yg bikin drama siapa? Yg power abuse siapa?

      • 14 Mei 2022 - (07:17 WIB)
        Permalink

        Benar…
        Kalau mau komplain coba tnya dulu ke kantornya,bukannya malah langsung ngadu kesini kesitu,
        30ribu lgi.

        COD itu ada aturan ketatnya, jika penjual ingin barang di tarik ,ya udh di tarik.
        Kurir ngantar paket bukan cuma 1 barang yg diantar dan mrk ada jam kerja juga.
        Kurir rata rata di bayar per paket dan itu ga seberapa dgn paket yg diantar jauh lalu gagal =ga dibayar.

        • 16 Mei 2022 - (12:56 WIB)
          Permalink

          Wkwkwk, pinter bgt nih org. Kalo cod dgn nominal 30rb trs di sepelekan gt? Hebat, bs maju semua ekspedisi kalo kurirnya spti anda. Dan satu lg, dibayar seberapapun anda, sdh tanggung jawab dia mengantarkan paket tsbt ke konsumen. Kalau ada kendala, koordinasi sama konsumen gmna baiknya. Bkn malah ngambek gara2 baru sekali di antar tp ga sukses.

    • 12 Mei 2022 - (23:47 WIB)
      Permalink

      Kurirnya ngambekan ihhh, J&T kalo gak lepas kontak tuh kurir ya kredibilitas taruhan nya. Hai J&T, ditunggu kabarnya yak, pantau terus ahh ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    • 13 Mei 2022 - (04:01 WIB)
      Permalink

      Kayaknya cma kurirnya doang yg kayak gtu soalnya klo d tmpat saya paket blm d ambil sehari tu pasti ad notif dr kantor jnt klo paket ga d ambil dlm 3hr akan d kembalikan ke seller,,tp bsoknya pasti d anter lagi ama kurir yg laen yg lagi tugas,,gtu sih klo d tmpat q,,alhamdulilah kurir d tmpat q mah baek2 dan sabar bgt orgnya

    • 13 Mei 2022 - (07:04 WIB)
      Permalink

      Jangan pakai dia lagi pak. Sy pernah dibongkar paketnya dan hilang 1 barang. Padahal di paket tertera ada 8pc barang, hilang 1 pas sy terima. Setelah itu sy hanya pakai kurir shopee express aja. Dan aman sampai hari ini

    • 13 Mei 2022 - (23:13 WIB)
      Permalink

      Sama gan saya juga kecewa berat dengan kurir jnt….karena saya order
      barang di shopee.dengan metode pembayaran sistem C.O.D…._+ seminggu jelang hari raya …statusnya padahal lagi dianter kerumah oleh kurir jnt..tetapi sehari lagi berubah statusnya kembali kegudang jnt…sampai seminggu setelah hari raya orderan saya blum juga sampai…dan akhirnya paketnya di kembalikan lagi ke sellernya…akhirnya saya tidak bisa lagi menggunakan metode pembayaran C.O.D…dari sistem shopee…..coba aja seandanya tokonya atau sellernya ada pilihan jasa pengiriman yg lain selain jnt…saya tidak akan mau menggunakan jasa mereka…( Jnt )…karena akibat kinerja mereka yg sangat mengecewakan dan buruk….paket pakaian ibu saya tidak sampai…dan …akhirnya akibat ulah dari pihak jnt….saya tidak bisa lagi mengunakan sistem pembayaran ( C.O.D)…dari sistem shopee….next mulai sekarang saya tidak akan lagi menggunakan jasa mereka ( jnt )…dan kalau order di shoppe atau toped…kalau pilihan kurirnya cuma satu pilihan (jnt ) saya nggak jadi pesan barang …atau saya batalin pesananya….( Pokoknya kecewa banget pake jasa jnt )

    • 14 Mei 2022 - (00:48 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah selama sy cod kurir ga ada yg ambekan ky gt, klo emang ga ktm hari ini akan dianter besok lagi, jd kurir mah jgn ambekan bang, lu bikin nama perusahaan jatuh aja, nnt akgirnya org akan males pake jasa J & T, setelah saya baca kejadian ini sy jd berfikir 2x utk pake jasa J&t, berarti sdh ada 2 perusahaan ekspedisi yg sy blacklist utk sy pakai kalau sy melakukan kirim ato terima barang, cb itu karyawannya di tatar dulu biar ga merugikan perusahaan

    • 14 Mei 2022 - (07:28 WIB)
      Permalink

      Situ sudah tanyakan ke kantornya belum??
      Harusnya ke kantornya,bukan disini,
      Ati ati loh… Kalau ga tau kesalahanya,lalu bikin kegaduhan di ranah publik.

      1. Untuk tanggal segitu kemarin hampir seluruh market place sudah infokan ada kendala,dan jadwal baru kurir.

      2. COD , COD ini aturanya ditelfon dan di kabari, kalau ga ada respon ya tergantung kurirnya (mau atau ga) sama si penjual,

      3. Situ harus tau,situ minta ketemuan dmna mana itu ga bisa,ada aturanya juga,mncegah tindak kejahatan, dan kalau sudah kelewat ya sudah,sadar diri jgn minta ketemuan = menghambat proses pengantaran kurirnya (harus nungguin situ,sinkron posisi ini itu, kamu kira city kurir/ojol yg mahal bayaranya) mrk ada tuntutan pelanggan lain yg minta di antar ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜….
      Dan solusinya seharunya situ jemput barangnya di kantor J&Tnya, kamu tungguin dah.

      Kalau sudah ada proses menghubungi dan kirim pesan, percuma mau ngancam, dia sudah lakuin SOPnya.

    • 14 Mei 2022 - (08:11 WIB)
      Permalink

      Kok gitu ya? Biasanya klo saya aja gak ada di tempat. Dia wa dulu. Lalu diantar besok pagi. Sampe inisiatif wa terus. Itu saya selalu make shopee standard atau gesit. Pernah waktu mau ngirim barang page jnt eh dia gak mau pick up alesannya banyak yang di pick up, padahal harusnya memang mereka yang pick up karena udah dari ketentuan shopeenya. Ampe 2 hari saya tungguin. Emang rata2 jnt itu males banget. Banyak kok seller atau cust yang udah ogah make jnt

    • 18 Mei 2022 - (20:56 WIB)
      Permalink

      Mending bang paket ane updet terakhir pagi sekitar jam 8 lagi di anter kurir jam 8 lewat paket keterang dikembalikan karena sudah lewat jam operasional

  • 10 Mei 2022 - (20:49 WIB)
    Permalink

    Lha J&T bikin aplikasi di android untuk apa ?? J&T harus ada aplikasi yang bisa nyambung ke android pembeli sesuai no telponnya, mengenai estimasi sampainya barang ke pembeli di MY ORDER >> TO ME. Jadi bukan cuma promosi J&T punya pelayanannya aja, tapi juga harus diaktifkan layanan traffic nya paket, dan ga usah input lagi nomor AWB nya, harus sudah otomatis. serta diadakan PUSH NOTIFICATION. Dan lagian pembeli juga “mustinya” install aplikasi J&T juga dong. Jadi dengan demikian pembeli tahu. J&T pakai developer IT yang wahid dong

    3
    2
    • 10 Mei 2022 - (20:59 WIB)
      Permalink

      ga perlu install aplikasi j&t juga di laporan shopee keliatan jelas ko trackingnya

  • 11 Mei 2022 - (00:17 WIB)
    Permalink

    kalau kata saya, sebaiknya kalau beli barang, jangan COD, bayar aja langsung, COD itu kan riskan, ente bayar, tapi kalau ada apa-apa kurir yang nombok, makanya kadang kurir gak mau paket COD. biasanya kalau bayar duluan, jarang tuh paket di retur. Dan kesalahan pembeli juga, udah tau paket sedang dikirim ke alamat, malah pake tidur. Saya kalau COD, sebelum paket keterima, acara apapun bahkan tidur ditunda, sampai paket keterima. Belanjanya bayar dulu aja, jangan COD. Memang kalau ada apa-apa, mau ganti kalau hilang dll, uangnya, kurir juga meminimalkan resiko.

    14
    25
    • 11 Mei 2022 - (05:15 WIB)
      Permalink

      saya saat hari itu ga liat tracingnya karena berpikir j&t masih libur
      lagipula saya juga menawarkan ambil paket sendiri saat sesudah dia datang dengan menanyakan posisi dia dulu yg jaraknya hanya 5 menit dari rumah tapi dia banyak alasan ga mau ditemui

      12
      4
    • 11 Mei 2022 - (06:09 WIB)
      Permalink

      Pembayaran lewat cod atau cas/shopee pay saya rasa gak ada bedanya… Tugas kurir itu ngantar barang gak lihat bayar cas atau cod… Klau masalah ini salah lihat salah dari kurirnya. Saya sering pesan cod di shopee atau lazada dan beberapa x saya gak ada ditempat gak ada masalah… Kurir akan mengirim barang keesok’an harinya… Mungkin klsu sampai 3x barang gagal dikirim baru sama expedisinya barang akan di kembalikan ke seller… Saya juga pernah ngalami 1x pengiriman gagal dan barang dikembalikan keseller… Waktu kurir kirim barang. Q lgi diluar. Kurir wa q tpi q gak tau. Pas q lihat ya uda lah q pikir seperti biasanya besok pasti dikirim ulang. Ternyata malam sore hari ada notif pembeli menolak barang kiriman. Padahal saya gak nolak. Kecewa bgt saya. Setelah itu saya dinotif shopee 2x lgi saya nolak cod… Cod saya akan dibekukan… Jadi saya nilai masalah ini tergantung dari watak sikurirnya… Ada kurir yg baik yg mau balek besoknya ada juga kurir yg ngambekan kayak masalah gini… Klau kurir ngambek’an ya mending gak usa dipakai aja

      15
      3
      • 11 Mei 2022 - (07:52 WIB)
        Permalink

        paket saya yg non cod ditahan di gudang ama tuh kurir ga mau anter
        jadi memang watak tuh kurir yg ngambekan dan merasa punya hak buat menahan paket di gudang punya customer yg bikin dia BT

        jadi bukan masalah cod dan non codnya tapi memang watak nya begitu

        16
        2
      • 11 Mei 2022 - (16:41 WIB)
        Permalink

        Mohon maaf kalo pake cod ya stanby dong. Bisa di track kan paket nya sampe di mana??
        Kalo emg lg gk bisa terima, bisa tlpon ke kantor buat paket di tahan.

        Kalo ini kasus nya salah di sampean .
        Karna tidak stanby..

        Jangan nyalahin kurir.
        Karna mereka punya sistem

        3
        16
        • 11 Mei 2022 - (16:48 WIB)
          Permalink

          ngomongin sistem mau nanya aja sistem ekpedisi mana yg baru gagal 1X pengiriman barang langsung dikirim ke seller lagi
          lalu sistem ekspedisi mana yg kurir ngambek karena ditegur lalu menahan paket yg non cod disuruh ambil sendiri di gudang??

          coba sebutin ekpedisi mana

          13
          2
          • 11 Mei 2022 - (19:43 WIB)
            Permalink

            kurang gaul nih, ada bos, JNE lebih parah, kadang belum nyampe pelanggan sudah di retur, dengan alasan COD, Pelanggan chat saya, tapi paket sudah dibalikin, saya jualan di Lazada. Kalau cuma baru pake J&T aja, maka kurang pengalaman ente

            2
            10
        • 12 Mei 2022 - (15:36 WIB)
          Permalink

          Engga juga sih, saya yg non cod aja udh nunggu paket yg statusnya sedang di bawa kurir tapi sampe seminggu saya nunggu paketnya ga dateng2 juga kurir nya pun gada konfirmasi padahal ada nomer telepon di situ

    • 11 Mei 2022 - (19:35 WIB)
      Permalink

      Boy, manusia hidup bukan buat nunggu paket COD. Kalo kurir punya otak, sblm ngirim bs wa dl, ada di rmh jam brp. Sayang nya terlalu banyak manusia tolol yg ga gunain otak nya, Ber argument banyan antaran, kecil bayaran, lah itu bukan derita konsumen. Kalo ga sanggup, jgn jadi kurir.

      14
      4
      • 11 Mei 2022 - (19:46 WIB)
        Permalink

        ya udah, kalau nanti ke depannya ente ambil aja langsung di gudang. Saya yakin ngeluh ke pusat pun ga akan ada tindakan apa-apa. J&T sepertinya sudah merasakan susahnya cari pekerja buat jadi kurir antar. Jadi statusnya cuma permohonan maaf doank nantinya…, coba aja. Atau barangkali ente mau jadi kurir antarnya?

        3
        7
        • 12 Mei 2022 - (05:06 WIB)
          Permalink

          Yg mau kerja itu banyak, dan yg mau tanggung jawab dgn pekerjaannya jg banyak karena emg niat tuk bekerja. Dari sini sj bs dilihat komen anda ngawur, malah ngomongin soal JNE yg ga mau ngirim paket karena itu cod.

          4
          2
      • 11 Mei 2022 - (20:00 WIB)
        Permalink

        Berarti ente blm paham sama COD, konsumen yg pesan paket COD itu harusnya paham seharusnya apa hal yg hrs dilakukan seseorang saat order paket cod, salah satunya standby dirumah jika tdk bisa standby uangnya titipkan uangnya kpd keluarga atau tetangga sebelah, klo kedua hal td gak bisa juga berarti jgn pake sistem cod tapi langsung bayar saja via transfer atau bisa lewat alfamart atau indomaret dll

        5
        3
        • 12 Mei 2022 - (05:11 WIB)
          Permalink

          Dan anda jg hrs paham gmna itu sistem pengantaran dari ekspedisi. Kalau hari pertama pengantaran tdk sukses, hrs di lakukan pengantaran yg kedua di hari berikutnya. Kalau kesal karena tdk sukses dihari pertama dgn alasan apapun dari konsumen dan tdk mau lg mengantarkan paket tsbt, jgn kerja jd kurir!!!

          5
          3
          • 12 Mei 2022 - (05:42 WIB)
            Permalink

            Kalo hari pertama ga ada orang ambil dikantor,, toh bayar ongkir cuma sekali

            1
            1
        • 12 Mei 2022 - (06:23 WIB)
          Permalink

          Pembayaran lewat cod atau transfer atau lewat shopee pay ada bedanya gak…?. Gak ada bedanya. Yg saya setuju kita klau pesen barang dan ada track barang akan datang paling gak ada keluarga ada yg dirumah. Masalahnya klau di lazada track muncul sebelum jam 9 siang. Dan kurirnya gak pasti datang jam berapa. Kan gak ngirim ketempat kita doang. Bisa datang siang atau sore… Sementara kita atau keluarga juga mungkin ada keperluan yg gak bisa stanby tinggal dirumah. Memang ada kurir yg tlp atau wa klau kita tidak ada ditempat. Tpi ada juga kurir yg gak mau tlp atau wa kita… Jadi pembayaran cod atau transfer gak ada bedanya. Itu semua tergantung kurirnya. Saya juga pernah ngalami bayar lewat shopee pay. Waktu saya gak ada dirumah. Notif pengiriman muncul jam 2 siang. Saya gak tau klau paket datang hari itu. Kurir tlp saya. Saya bilang titipkan ketetangga sebelah pak. Tpi kurirnya bilang besok saja saya kirim lgi mas. Jadi pembayaran cod atau transfer gak ada bedanya. Itu semua tergantung dari kurirnya. Kllau kurirnya baik dia bakal mau balik lgi besoknya. Klau kurirnya jahat. Barang dibawah balik lgi langsung dianggap kita nolak paket dan barang dibalekkan ke seller.

    • 11 Mei 2022 - (20:33 WIB)
      Permalink

      Paket saya malah hilang di J&T tapos depok. Posisi sudah bayar ya, bukan COD. Tgl 27 April barang dikirim dari seller di Bogor tujuan Tapos Depok, 28 April udah sampai gudang tapos depok. Tgl 1 mei nanya ke CS ko statusnya belum berubah, masih positive thinking, paket penuh jadi terlambat, tapi tgl 1 Mei sore status berubah jadi sedang diantar kurir ke alamat anda. Tapi sampai tgl 7 Mei belum sampai juga. Tanya ke CS JnT cuma dibuat nomer pengaduan, trus tiap nanya lagi untuk tau kelanjutannya ga dibalas. Tgl 9 Mei nanya ke CS Shopee biar bisa dibantu pantau. Eh, akhirnya tadi pagi paket dinyatakan hilang, dan saldo saya dibalikin. Ga ada rugi materil sih, cuma cape aja nunggu2nya. Ternyata baru dapet info dari Adik kalo j&t tapos depok itu ga punya kurir, kalo mau ya samperin sendiri. Beda banget sama J&T bekasi. (Saya tinggal di Bekasi dan J&T Bekasi utara itu gercep banget, paket tanggal 1 mei masuk gudang siang, sorenya langsung diantar) makanya saya pikir semua J&T bagus. Yg kasian seller sih, paket yg dikirim dinyatakan hilang gitu, dapet ganti ga ya..

  • 11 Mei 2022 - (06:35 WIB)
    Permalink

    Saya mah Alhamdulillah udh lama banget ga pake JnT lg.. kapok.. Kurir nya ga punya attitude
    Klo seandainya gada pilihan ekspedisi lain mendingan cancel deh..
    Masalah nya klo Cod emang blm semua ekspedisi bisa.. jd saya belain g pernah COD an.. nyari yg aman2 azaโœŒ

    • 12 Mei 2022 - (15:39 WIB)
      Permalink

      Kurir j&t pun kaya gada sop nya dalam berpakaian saat ngirim, masa pas ngirim make celana pendek sobek2 kaos biasa udh begitu aja

  • 11 Mei 2022 - (07:34 WIB)
    Permalink

    Kalo saya pernah ke j&t saya call langsung aja ke no j&t langsung pusat dan di lacak oleh pihak sana kalo belum dapat juga bisa ngadu nanti di jelasin juga sama pihak j&t kurir nya kadang ada yg ramah yg sabar kadang ada yg judes juga GK bales” wa sama sekali saya paket nyampe lama

  • 11 Mei 2022 - (08:15 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya kalau menurut sy, SOP setiap ekspedisi itu barang hrs di antarkan minimal 2x pengantaran terkait kondisi di lapangan. Dan sebelum di retur (kecuali sdh di kasih status “ditolak pembeli”), pihak ekspedisi pun hrs menghubungi pembeli. Kalau tdk ada respon, baru di retur. Itu yg sy tau

    3
    1
    • 11 Mei 2022 - (16:46 WIB)
      Permalink

      Kalo paket reguler yg bukan COD biasanya 3x antar.
      Atau sekali antar gagal misal alamat gk jelas dan tlpon gk di angkat maka paket akan di tahan sampe penerima hubungi pihak expedisi..
      Dan kalo udh lebih dari 3 hari gk ada repon makan paket kemungkinan bisa di retur.

      Itu lah penting nya alamat harus jelas dan no tlpon harus bisa di hubungi.

      1
      1
      • 11 Mei 2022 - (16:52 WIB)
        Permalink

        nah itu 3X antar kan ini 1X gagal aja langsung dibalikin ke seller dan di sistem shoppe tercatat saya ga bisa menerima paket karena udah 3X gagal kirim
        jadi kurir yg ngambek bikin laporan palsu ke koordinator gudang kalo saya menolak paket dan ama koordinator gudang malah dibalikan ke seller dengan keterangan 3X gagal kirim padahal baru 1X gagal kirim

        lalu mengenai alamat dan nomer hp alhamdulilah jelas semua kalo nomer saya ga jelas mah ga bakalan saya wa ke kurir itu buat jemput paket di tempat dia berada

      • 12 Mei 2022 - (05:29 WIB)
        Permalink

        Tiap ekspedisi punya SOP nya masing-masing. Bisa kirim link yang mengatur pengiriman tiga kali kalau gagal? Kayaknya perusahaan ekspedisi itu akan kolaps karena biaya operasional dari pemasukan dari ongkir.

        2
        1
          • 12 Mei 2022 - (11:13 WIB)
            Permalink

            Itu artinya ekspedisi yg bertanggung jawab dgn konsumennya.

        • 12 Mei 2022 - (11:12 WIB)
          Permalink

          Anda pikir SOP sebuah perusahaan itu hal yg wajib di publikasikan tuk umum pake minta segala dikirim linknya. Sana tanya lgsg ke pihak ekspedisinya, dan kalo ga mau ribet, banyak2in kenalan biar pengetahuan anda banyak. Akan kolaps karena biaya operasional naik? Wkwkwk, kurir itu sdh di kasih jatah wilayah masing2, dan pastinya tiap hari pasti akan kesitu situ jg.

          1
          1
    • 11 Mei 2022 - (19:52 WIB)
      Permalink

      SOP tinggal SOP mba, semua hal jadi kebijakan disesuaikan kurir lapangan juga pada akhirnya. Jangan kira cuma J&T, JNE COD pun sama, kayak gitu. Semua tergantung orangnya. Sepengalaman saya, COD J&T bagus, saya COD, kadang lagi ga ada di rumah, langsung disimpen depan rumah, terus WA saya, fotoin paketnya, SS nominal COD nya, dan info “ditransfer aja ya pak, paketnya sudah saya simpan di dekat pagar”. Berarti kurir juga lihat kan, siapa yang terima, orangnya kayak gimana…., bukan orang yang mencurigakan, karena kan COD banyak kejadian retur sekarang.

      • 12 Mei 2022 - (05:16 WIB)
        Permalink

        Membandingkan diri anda sama konsumen yg tdk saling kenal sama kurirnya. Mana ada kurir melakukan spti yg anda sebutkan pada konsumen yg tdk di kenalnya. Ngelawak anda ini

  • 11 Mei 2022 - (09:14 WIB)
    Permalink

    Dengan segala hormat kak. Bukan maksud menghujat, gini kak, sebagai customer kita harus selalu sigap dg menerima paket COD, karena kurir itu dalam sehari tidak mengirim paket kita saja. Kita nggak tau apakah kurir akan dikurangi gajinya atau gmn kalau dalam 1 hari tidak selesai mengirim semua paket yg dia bawa. Bahkan ada kurir yg sampe bela2in jam 11 malam nganter paket, pdhl biasanya paling malam jam 8an kalo di tempat saya, selebihnya diantar besok. Itu kan ada kesempatan kk nyamperin dia di Aeon, harapan saya kk bisa samperin dia di parkiran. Kejar aja terus, miskol, telponin dan blg kk nunggu dia di parkiran. Aeon itu sejenis supermarket/mall/toko di dalem gedung gitu kan? Perkiraan saya dia disitu muter2 cari alamat sih. Kan capek kak udh seharian nganter panas2 terus di dalem muterin mall. Tapi ngga tau lagi kl ada kebutuhan lain. Mohon maaf kak kalo saya membela kurir. Saya seller, memang biasanya saya liat kurir 2x antar ke rumah customer kalau customernya tidak ada/menolak di tempat. Tapi mikir kurir 2x ke rumah customer aja saya kasian kak, dan ini baru 1 paket yah kak, nggak tau dia dalam sehari itu ada berapa puluh paket atau bahkan sampai ratusan paket yg customernya nolak bayar. Belum lagi bensin, kita nggak tau ekspedisi mengcover bensin kurir nggak kalau mereka berkali2 ke tempat customer. Sekali lagi bukannya saya manjain kurir ya kak, di sini saya liat dia juga salah sih kok tiba2 dikembalikan aja tanpa nyoba 1x lagi. Tapi emang kurir beda2 kak, ada yg udah tau satu alamat tidak menerima paket COD ya udah abis itu tidak dia antar lagi. Saya sbg seller menyarankan anda pakai metode transfer/pinjam rekening teman/bayar di alf*mart. Pengalaman saya, saya sering sekali di kosan/rumah tidak ada org, sama kurir yg anterpaket saya ya sudah paketnya ditaro rumah, tidak dia bawa lagi. Kurang lebihnya saya minta maaf ya kak

    10
    9
    • 11 Mei 2022 - (09:47 WIB)
      Permalink

      dengan segala hormat saya tau kalo kurir gagal anter paket akan kena pengurangan poin makanya saya menawarkan solusi jemput paket ke tempat dia nganter biar dia mengalami gagal anter dan ga perlu bolak balik ke tempat saya
      kalopun jaraknya jauh juga ya gpp saya ga masalah asal jelas posisinya
      saya lho yg mau jemput kesono

      btw aeon itu mall terbesar di bsd di lt.1 yg dia bilang aja itu luas banget setidaknya dia kasi tau di lt.1 nya di sebelah mana
      masa saya harus muter muter ke sekeliling aeon buat cari kurir yg saya ga tau mukanya kaya gimana
      kalo saya nungguin di parkiran malah dicurigai ama satpam ntar 1 jam deket motor kurir ntar kalo ada yg hilang saya juga yg kena masalah

      10
      3
    • 11 Mei 2022 - (09:52 WIB)
      Permalink

      dan lagi saya ga pernah menolak paket cod itu yg perlu digarisbawahi
      kalo masalah dia bawa banyak itu termasuk resiko pekerjaan sama kaya anda sebagai seller yg mengalami gagal pengiriman karena cs menolak membayar cod

      dan alasan saya menggunakan cod ya karena memang ada fitur nya kenapa ga digunakan!!! ko kayanya hina banget ya kalo ada yg beli pake cod padahal uang masuknya sama dengan metode pembayaran lain ke seller dan ke kurir!!!
      apa kalo buyer pake fitur cod uang yg masuk ke seller dan kurir akan berkurang kan ga mungkin

      4
      7
    • 11 Mei 2022 - (19:39 WIB)
      Permalink

      Urusan bayaran, ga ada hubungan sm konsumen. Ga ada sejarah nya bayaran kurir di sangkut pautin sm konsumen. Panjang lebar lo cerita derita kurir, ga ada hubungan sm konsumen. Kalo ga terima, jangan jadi kurir. Simple. Tugas kurir antar barang-konsumen bayar, Itu hak dan kewajiban.

      6
      6
      • 12 Mei 2022 - (05:51 WIB)
        Permalink

        Kewajiban konsumen kalo ada barang harus standby dirumah,, kalo ada urusan keluar uang dititipkan keluarga dirumah atau tetangga,, kalo paket ga kekirim diretur jangan nangis

        3
        6
    • 11 Mei 2022 - (19:54 WIB)
      Permalink

      Kalau lagi banyak, COD biasanya akan diabaikan kak, prioritas akhir buat para kurir. Lainnya setuju.

      3
      2
      • 12 Mei 2022 - (05:20 WIB)
        Permalink

        Kata siapa? Sy banyak temen kenalan kurir, gada tuh peraturan spti itu. Yg membedakan prioritas tdknya suatu paket bkn dari sistem pembayaran, tp dari service yg di ambil. Sok tau sekali anda ini.

        1
        2
  • 11 Mei 2022 - (12:47 WIB)
    Permalink

    Ada yg salah dengan mindset pembayaran COD, fitur COD sebenarnya diperuntukkan buat orang yang benar2 “norak” dalam hal pembayaran online,artinya dia tidak memiliki mbanking,ataupun akun pembayaran online lainnya..COD kemudian malah disalah artikan yaitu mirip dgn pembayaran ketika jual beli di toko offline.. pdhl barang COD TIDAK BISA DIBONGKAR dahulu sblum dibayar (walau faktanya ada aja orang yg bnar2 norak..), di beberapa jasa expedisi sebenarnya jg ada aturan klo batas tunggu COD tidak lebih dr 5 menit.. mengingatkan paket yang dibawa kurir tidaklah sedikit, contoh diatas adalah slow respon konsumen yg bahkan hampir 1 jam membuat delay, bayangkan ada 17 paket COD dgn waktu tunggu spt diatas.. itu artinya paket2 lain harus rela menunggu seseorang bangun dr tidur..
    maaf sekedar opini.

    7
    9
    • 11 Mei 2022 - (12:55 WIB)
      Permalink

      dih kocak yg minta kurir nunggu siapa??
      saya ga pernah minta kurir nunggu mana ada si kurir mau nunggu 1 jam
      posisi memang tidur tapi selisih 1 jam itu saya kasi solusi saya yg menjemput paketnya ke tempat dia bukan nyuruh dia balik lagi ke tempat saya
      jadi sama sama diuntungkan dia ga mengalami gagal kirim dan saya juga mendapat barang saya
      perjalanan saya ke tempat dia ga nyampe 5 menit kalo dia emang beneran di aeon mall
      saya aja nunggu tuh barang dari tgl 2-6 mei ga masalah dan maklum karena berpikir positif j& libur
      dan orang tertidur di jam 2-3 siang itu manusiawi bos posisi sedang santai menikmati libur dan menonton tv pintu juga saya buka ga saya tutup terbangun jam 4 sore itu normal
      dan saat itu juga saya ga liat traking karena berpikir j&t masih libur

      7
      3
      • 11 Mei 2022 - (13:50 WIB)
        Permalink

        Pada ga bisa baca kali orang2 masa udah berkali2 di jelasin udah mau ngasih solusi mau disamperin kurirnya biar sama2 enak masih aja ad yg komen aneh2

        11
      • 11 Mei 2022 - (20:00 WIB)
        Permalink

        di posisi ini, anda tau nggak, tuh kurir naruh paket anda yang gagal kirim dimana? bisa jadi dia masukin lagi ke paling bawah. Kalau anda samperin, terus paket dikeluarin dari karungnya dia, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bongkar pilih paket, handle pembayaran, terus masukin lagi paket. itu kurang lebih akan memakan waktu 30 menit, plus waktu antarannya dia juga di tempat itu, kalau lewat 1 jam, sudah kena parkir dll, saya rasa disini yang salah itu anda, karena ada history dia antar ke tempat anda, kalau ga ada sama sekali, okelah…, full salah kurir. Sebelum salahin kurir, mohon bisa instrospeksi diri dulu.

        6
        7
        • 11 Mei 2022 - (23:44 WIB)
          Permalink

          Mau cod mau bkn, seharusnya di antar lg bsknya, kalo tuh kurir tdk bersedia mengantarkan lg, dia bs konfirmasi ke yg punya paket kalo paketnya bs di ambil di kantor jnt, dan yg punya paket bersedia akan hal itu. Di pahami baik2 isi tulisan TS

          5
          2
          • 12 Mei 2022 - (05:54 WIB)
            Permalink

            Kalo sekali ga ketemu si biasanya suruh ambil kantor,, toh kita bayar ongkir cm sekali,, kasihan kurirnya sama” Pengertian

            2
            5
  • 11 Mei 2022 - (13:10 WIB)
    Permalink

    Berpikir positif aja…mgkn dia ngambek krn THR ngga turun2…jd ngerembet ke nganter paket๐Ÿ˜

  • 11 Mei 2022 - (15:11 WIB)
    Permalink

    Kayaknya jnt emang lg bermasalah deh. Coba aja cari info nya.

    Mending pakai ekspedisi lain dulu.

    • 11 Mei 2022 - (16:55 WIB)
      Permalink

      ambil di gudang pun saya ga masalah asal jelas
      ini kan hanya selisih 1 hari dari gagal kirim paket malah diproses retur tanpa konfirmasi lagi dan tanpa ada percobaan pengiriman ke 2
      nah sekarang saya ada paket 1 lagi non cod ama tuh kurir ditahan di gudang ga mau dikirim apa bisa dikatakan profesional tuh kurir yg doyan ngambek begitu?

      • 12 Mei 2022 - (02:16 WIB)
        Permalink

        Ngapain ngurusin satu paket yg gak jelas, mending kirim paket yg alamat jelas dan sudah pasti diterima, kurir juga mengejar target kirim paket, kelihatan banget yg tulis artikel orang ribet,

        3
        8
        • 12 Mei 2022 - (05:23 WIB)
          Permalink

          Ribet? Malah si penulis ingin mempermudah tuh kurir dgn opsi dia ambil ke gudang, nunggu lg paket di antar besoknya.

          5
          1
  • 11 Mei 2022 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Kalian jangan maksa penulis harus pakai pembayaran bank. Kalau penulis menganggap bank dan cicilan itu haram bgm? Jadinya wajar donk penulis pakai COD?

    Aneh lu kalian komentator yang gak pakai otak

    • 11 Mei 2022 - (23:46 WIB)
      Permalink

      Aneh anda ini, melarang org tdr. Di pembeli jg ga tau kan jam brpa tuh kurir mau kerumahnya. Agak smart dikit ya kalau mau komen

      6
      1
      • 11 Mei 2022 - (23:58 WIB)
        Permalink

        Kalau dia nggak tidur kan nggak berlarut sampai begini. Saya hanya menganjurkan jangan tidur kalau ada COD, ini ada alasannya, bukan melarang serta merta. Anda yang be smart.

        2
        7
        • 12 Mei 2022 - (05:27 WIB)
          Permalink

          Berlarut-larut apanya? Sdh dijelaskan kalau konsumen itu tdk tau jam brpa kurir akan mengantarkan paket tsbt, jd tdk ada salahnya konsumen melakukan apa yg dia ingin kerjakan. Eh, anda malah menyalahkan konsumen karena dia tidur. Jgn memberikan alasan yg terlihat konyol lah.

          4
          1
          • 12 Mei 2022 - (06:12 WIB)
            Permalink

            Berlarut larut maksud saya memanjang sampai ada istilah ‘ngambek’, yang menurut saya bukan ngambek. Menurut saya si penulis sudah ‘ditandai’ sebagai orang khusus, track record nya dilihat dari history pengiriman.
            Tidak ada salahnya memang konsumen melakukan kegiatan pribadi, tapi untuk hal ini dia terikat aturan kesepakatan bersama bahwa dia siap menerima dan membayar COD pada saat diantar. Sudah tahu track info 11.30, status barang, di datangi, ditelpon dan di WA baru dibaca setelah satu jam.
            Memang salah konsumen, dia melanggar aturan. Aturan ditungguin malah tidur.
            Tidak ada kewajiban bagi kurir untuk menunggu sampai penerima barang bangun, tidak ada kewajiban kurir balik lagi atau janjian ketemu di suatu tempat, tidak ada kewajiban bagi ekspedisi untuk mengirim ulang jika ada respon dari penerima.
            Kalau sistem ekspedisi ada opsi, dan kurir memilih ‘penerima tidak berada di tempat, atau tidak ada respon’, apakah sistem bisa dicancel? Yang ada malah error, gara gara orang orang yang tidak siap dengan sistem jual beli Online.

            2
            8
        • 12 Mei 2022 - (05:52 WIB)
          Permalink

          Lah lucu nih orang, justru karena ketiduran si pembeli itu udah ngasih opsi mudah yaitu ambil paket di gudang dan jelas lebih mempermudah kurir juga, gw ini lebih pengalaman, gw mau pake ekpedisi manapun apalagi kurir baru kalo biasanya gagal karena gak ada orang ya tinggal konfirmasi ke kurir di ambil di gudang dan kurirnya nge bolehin semua tuh, ini mah emang kurirnya si pelapor aja tuh yg bermasalah, udah ada opsi lain ๐Ÿฅด

          6
          2
          • 12 Mei 2022 - (06:26 WIB)
            Permalink

            Lucu memang si penerima barang dan anda.
            Tidak ada salahnya memang konsumen melakukan kegiatan pribadi, tapi untuk hal ini dia terikat aturan kesepakatan bersama bahwa dia siap menerima dan membayar COD pada saat diantar. Sudah tahu track info 11.30, status barang, di datangi, ditelpon dan di WA baru dibaca setelah satu jam.
            Memang salah konsumen, dia melanggar aturan. Aturan ditungguin malah tidur.
            Tidak ada kewajiban bagi kurir untuk menunggu sampai penerima barang bangun, tidak ada kewajiban kurir balik lagi atau janjian ketemu di suatu tempat. Berapa lama waktu yang akan terbuang untuk bertemu di suatu tempat? Sementara masih ada banyak paket yang harus diantar.
            Harap dipahami bahwa sebelum berangkat, si kurir sudah mempersiapkan diri dengan sortir barang, pemetaan rute, sambil mempertimbangkan kondisi jalan, sekalinya terjadi kendala seperti ini, bukan tidak mungkin dapat mengacaukan semuanya.

            1
            6
          • 12 Mei 2022 - (08:19 WIB)
            Permalink

            udah berapa kali dijelasin saat tgl itu saya ga ngecek trakingan di shoppe beda ama lazada kalo lazada saat barang sudah dibawa kurir ada notif sms nya kalo shoppe ga ada
            dan saya juga bukan tipe orang yg doyan ngecek trakingan

            saya baru cek trakingan saat abis baca wa kurir lalu buru buru wa ke kurirnya

            karena dari tgl 2-6 barang stag di gudang saya memaklumi karena libur ya saya mana tau jadwal kurirnya masuk kapan

        • 12 Mei 2022 - (08:34 WIB)
          Permalink

          lucu sekali pembelaannya padahal udah dibilang berkali kali kalopun harus ambil di gudang ya ga masalah tinggal sharelok doang lokasi gudangnya dimana karena saya ga tau gudang di j&t yg mana

          lucu juga anda masih menggunakan argumen pembeli sudah ditandai berdasarkan history pengiriman lah saya selama ini ga ada history aneh aneh kalopun ada paket dan saya ga ada di rumah karena kerja uang saya titip kan ke tetangga dan ga ada masalah dari shoppe ekspres,lazada,tokped
          pembelian online saya udah banyak dari berbagai macam MP mau itu yg cod atau yg via TF
          pake cod dan TF sama aja jumlah bayaran yg diterima seller dan kurir

          malah jangan menutup mata tips dari cod itu banyak saya sendiri suka ngasi tips buat kurir cod
          jadi yg bilang kurir hanya ngandelin gaji dari paket itu orang orang yg……………ah sudahlah ntar dibocorin malah ngambek lagi

        • 12 Mei 2022 - (09:12 WIB)
          Permalink

          Kalau di tandai khusus oleh kurir itu tuk pembeli yg sdh beberapa kali menyusahkan kurir dgn alasan2 ga jelas/gada kabar. Mana ada pembeli yg baru sekali gagal dan sdh dikasih jalan keluarnya di tandai khusus oleh kurir. Dan gada tuh konsumen terikat peraturan hrs standby dirumah seharian nungguin paket. Bnr2 ngaco pembelaan anda ini.

  • 12 Mei 2022 - (02:09 WIB)
    Permalink

    Kamu pikir kurir nganter paket cuma ke alamat kamu saja, kurir juga ada waktu terbatas, misal ada kendala kamu kan bisa ambil sendiri paketnya ke kantor JNT terdekat, tinggal konfirmasi saja sama kurirnya, ini nih typical pembeli semena mena egois mentang” Belum bayar, kebanyakan pesanan metode pembayaran COD pasti return karena kesalahan sipemesan, atau gak gitu gak ada dana buat bayar.

    5
    12
    • 12 Mei 2022 - (06:19 WIB)
      Permalink

      gimana mau ambil ke kantor terdekat lah wong dia aja g ngasi tau disuruh ambil di gudang mana
      dan saya ga tau posisi gudangnya dimana

      dia di dalam mall katanya 1 jam lagi akan keluar dia sendiri lho yg bilang logikanya tinggal sharelok atau janjian di dalam mall saya ambil
      jarak dari rumah saya ke aeon mall hanya 5 menit kalo dia di dalam mall 1 jam ya ga akan menggangu kerjaannya dia

      • 12 Mei 2022 - (16:12 WIB)
        Permalink

        Kalau saya biasanya browsing dulu diinternet kak, cabang pusatnya dimana dan gudang terdekatnya dimana. Ada kontak yg bisa dihubungi atau tidak, misal email, wa atau googletalk. Kalau di daerah kami itu biasanya di 1 kecamatan kak. Kalau nanya ke front officenya gudangnya mana juga biasanya mereka selalu dgn ramah menjawab tempatnya..soale selain sebagai konsumen, q jg sebagai penjual online. kalau mengadu ke cs nya langsung atau ke perusahaannya langsung bolak balik sebelum 1×24 pasti saya selalu ditanggapi itu sama jnt. Kakak didaerah mana to kak? Moga pengaduannya segera ditanggapi, kalau nggak kakak jg coba aktif chat ke cs shopee dan penjual biar ketemu titik terang terbaik. Tetap semangat ya kak, semoga kedepan hal yg sama tdk terjadi lg.

  • 12 Mei 2022 - (05:03 WIB)
    Permalink

    Sprtinya jnt ada praturan baru tuk paket cod. 1x antar dgn alamat GK lengkap sudah males ngantar paket atw telp buyer/seller. (ada bbrp kurir baru yg GK punya paket data/pulsa, bisa jadi kehabisan amunisi tuk wa/telp.bisa juga buyer tanpa ngasi alamat lengkap trutama RT/RW). 2x paket GK akan d antar meskipun seller/buyer sudah konfirmasi via wa Cs, ( sudah ada prmohonan maaf) bukti GK sy lampirkan. PENGALAMAN PRIBADI SBGAI SELLER. geram dgn kurir sprti ini. Sy sangat respek dgn kurir yg mau telp/wa seller/buyer apabila ada masala dlm antar paket.

    Sbgai seller tentu aktifkan semua expedisi yg mendukung / dekat dgn lokasi seller. Target 1 bulan seleksi sendiri mana yg layak pake buat kerjasama jangka panjang.

    2
    1
  • 12 Mei 2022 - (07:42 WIB)
    Permalink

    heran ko malah pada menyangkutpautkan dengan bayaran kurir yg rendah
    itu ga ada sangkutpautnya ama kasus ini kalo soal bayarannya rendah ya konsumen ga tau menau kan itu perjanjian kalian dengan perusahaan
    sama kaya para kurir yg ga tau konsumen harus kerja keras dulu agar bisa beli paket dipikir konsumen duit tinggal metik kali
    konsumen bayar ongkir 10 ribu sesuai yg tertera di aplikasi

    lalu yg masih pada bela coba komen soal kasus yg berlanjut ini
    paket saya yg non cod ditahan di gudang akibat ulah kurir ngambek dan dia juga bilang ga akan pernah kirim barang atas nama saya lagi dan disuruh ambil sendiri gudang
    logikanya saya itu non cod udah bayar beserta ongkirnya tapi dia merasa punya kuasa dengan ga mau kirim sama sekali !!!apa pantes kelakuan kaya gitu??

    1
    1
  • 12 Mei 2022 - (16:02 WIB)
    Permalink

    Semoga aduannya segera ditanggapi. Saya termasuk pengguna setia jnt dan sampai saat ini saya masih setia. Alkhamdulillah babang kurir jnt ditempatq baik banget dan setiap ditanya selalu menjawab dan merespon dengan sangat baik dan ramah. Dan di daerah lain di sini juga sama, ga di front officenya ga dibagian gudang juga mereka sangat kooperatif sekali. Lebaran ini saya pesan lewat shopee juga ampe puluhan order lancar2 jaya saja..Kalaupun biasanya ada yg cod, babang kurirnya wa duluan sebelum datang dan kalau ga bisa ketemu juga bisa selalu dikomunikasikan dengan sangat baik. Ada yg kurang dipahami atau satu paket ketinggalan juga jawabnya sangat enak dan ramah menyenangkan hati. Babang kurir jnt di saya no. 1 kalau menurut saya. Biasanya saya berkomunikasi ke cs 2 arah selain ke pihak kurir, kak. Kalau ada kasus spesial selain kw pihak ekspedisi juga ke cs aplikasi. Kalau kakak berarti perlu juga menghubungi pihak penjualnya menurutq..sabar dulu kak,.mungkin pihak jnt sedang mencari data dan konfirmasi dan klarifikasi. Tunggu saja 1 atau 2hr lg. Semoga pengaduan kakak segera ditanggapi ya,.syukur2 barangnya bisa sampai ke tangan kakak. Semangat kakak, sehat selalu dan sukses terus buat Jnt.๐Ÿ‘

  • 12 Mei 2022 - (17:18 WIB)
    Permalink

    Lah baru gagal kirim sekali aja gitu, toh yg beli jg mau ambil digudang. Emang kurirnya yg bermasalah kalo menurut gue, untungnya ditempat gue kurir j&t nya ga model kaya gitu..

  • 12 Mei 2022 - (20:27 WIB)
    Permalink

    Saya pernah juga mengalami hal yang sama,pas setahun yang lalu. Pengiriman melalui J&T
    Permasalahan awal ketika isi paket nya panjang 2M
    Jadi susah dibawa pake motor
    Jadi saya putuskan untuk mengambil ke gudang
    Ternyata sampai di gudang antri dari jam 15:00 sampai jam 18:00 WIB
    Sampai kantornya tutup jadi saya minta tolong carikan paket saya
    Saya ninggalkan no resinya supaya nanti bisa dicarikan & di SMS” kata orang gudangnya
    Sudah beberapa hari menunggu.
    Akhirnya dana dikembalikan.
    Sementara paket pesanan saya sudah ada di gudang itu
    Tidak bisa ambil tanpa no resi
    Dan paker saya dikembalikan ke sallernya

  • 13 Mei 2022 - (01:58 WIB)
    Permalink

    Lu nya aja ngak yang lalai, harus lu bisa mikir emang lu doang paket yang di anter kurir…mikirrr pake otak jangan peke dengkul waktu 1 menit aja itu sangat penting buat kurir, lu udah tau ada paket yang lu pesen malah ngak stanbay dan lu udah tau cek posisi paket mau datang …lu punya otak ngak sih…

    • 13 Mei 2022 - (05:22 WIB)
      Permalink

      Wkwkwk, org tholol komen. Anda pikir dia pengangguran ga punya kegiatan apa2 sampe hrs seharian stanby nungguin paket?

    • 13 Mei 2022 - (05:43 WIB)
      Permalink

      waktu 1 menit berharga lah gue nunggu dari tgl 2-6 santai aja
      dan kalo waktu 1 menit berharga tuh kurir ngapain di mall ampe 1 jam ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ
      dan kalo waktu 1 menit berharga emang dia bisa gerak secepat apa emang dia abis nganter ketempat gue langsung anter ke bogor gitu

      kurir itu ada zonanya dan ga mungkin jauh jauh dari zona itu
      mikir pake otak makanya

  • 13 Mei 2022 - (11:17 WIB)
    Permalink

    Harusnya kurirnya bisa tektokkan ke penerima paket,,jadi simbiosis mutualisme sama-sama untung.

    • 14 Mei 2022 - (05:10 WIB)
      Permalink

      J&T? Haha….
      Paket retur saya saja sudah 3 bulan belum kembali (saya penjual, cod ditolak oleh calon pembeli). Sejak paket retur kembali ke DC wilayah saya, kurir sama sekali tidak memberitahu (boro-boro diantar). Saya inisiatif ke DC, tapi setelah dicari paket saya tidak ada ๐Ÿ˜‚. Saya coba ajukan pengembalian ke Shopee, tapi Shopee minta surat keterangan dari J&T. Saya kontak pihak J&T, minta tunggu validasi dulu dan menghilang begitu saja. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 189 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Kurir J&T yang Gak Profesional

oleh Muhammad Supandi Hidayatuloh dibaca dalam: 2 menit
189