Gagal Pasang Indihome Karena Tidak Ada Tiang Mengarah ke Rumah

Kepada
Yth. Telkom Indonesia,

Pada tanggal 17 Mei 2022, saya mengajukan pemasangan IndiHome melalui aplikasi myIndiHome dengan nomor registrasi: MYIRX-1652839196366. Kemudian tanggal 18/05/22, saya dihubungi oleh teknisi yang katanya mau survey ke rumah saya dan dilakukan survei oleh tim dari IndiHome ke rumah.

Hasil dari pengecekan tersebut didapatkan bahwa tidak bisa memasang jaringan, dikarenakan tidak adanya tiang untuk pemasangan kabel jaringan IndiHome yang mengarah ke seberang jalan ke tempat saya. Padahal tetangga depan rumah saya sudah terpasang IndiHome.

Saran dari teknisi harus mengajukan ke Telkom untuk penanaman tiang IndiHome. Ketika ditanya kira-kira kapan proses pengajuan tiangnya selesai, katanya tidak bisa mengestimasikan berapa lama selesai. Saya juga menghubungi IndiHome lewat twitter dan facebook dan mereka mengatakan masih dalam proses.

Yang menjadi pertanyaan, kenapa tetangga saya tersebut bisa dipasang fiber optic-nya sedangkan saya tidak bisa?, Apakah harus menunggu untuk pemasangan tiang baru?harus berapa lama. Untuk ODP dekat di rumah saya ada 2, slotnya juga masih kosong.

Tolong pihak Telkom Indonesia Regional Purwakarta untuk menindaklanjuti surat ini.

Terima kasih.

Amim Sulaeman
Purwakarta, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:42    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Telkom Regional III atas Surat Bapak Amim Sulaeman

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Amim Sulaeman pada 25 Mei 2022 dengan judul...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Gagal Pasang Indihome Karena Tidak Ada Tiang Mengarah ke Rumah

  • 25 Mei 2022 - (18:47 WIB)
    Permalink

    @Amim
    Pak, bukannya di Purwakarta sdh banyak ISP? Kalau telkom ga bisa melayani ya berarti dia males investasi tiang. Biasanya musti ada 10 orang cln konsumen.
    Mending gini, cari isp di purwakarta yang bisa handling. Kalaupun rumah bapak gak tercover secara administrasi, secara teknis bisa. Itulah swasta . Pokonya bisa diakalin deh sama swasta mah.
    Ok semoga membantu.

    • 27 Mei 2022 - (14:01 WIB)
      Permalink

      Saya purwakarta nya daerah citeko (plered), kalau boleh tahu isp yg lain yag ada apa aja?

    • 28 Mei 2022 - (21:34 WIB)
      Permalink

      Kaya ga paham aja pak mereka mau duit pak pasti cepet kerjanya
      Berbelit2 tanda2 cari duit..
      Orang indo ya gitu kerjanya
      Kurang sejahtera kali kerja di telkom banyak OS nya

  • 26 Mei 2022 - (14:21 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah begitu, memang tetangga biasanya udah ada tapi jatahnya/slotnya biasanya udah penuh.
    Jadi ya yg sabar aja, kalo mau seenggaknya ajak tetangga, daftar sbyk 5 KK psti bkal langsung di bikinin.
    Karena dari pihak indihome sendiri, udah memperhitungkan kalo bkin port baru tp pelanggannya cuma atu aja, yg ada malah rugi.
    Saran saya coba aja daftar ke provider lain.
    Kalo masih penasaran coba aja cari marketing indihome lain, kalo setelah di usahakan ga bisa, artinya harus nunggu di bangun port baru/nunggu pelanggan indihome sblumnya berhenti berlangganan.
    Saya juga dlu gitu, ngajuin ke marketing pertama, udh d cek g da port nganggur, 2x balikan.terus saya coba manggil marketing lainnya, hasilnya sama aja.akhirnya nyerah, eh 6 bulan kmudian ada port baru, langsung d hubungi sama matketing pertama, akhirnya daftar deh.
    Intinya sih pihak indihome, ogah banget bkin port baru klo konsumennya cuma satu, tp klo udh byk br di buatin.

  • 26 Mei 2022 - (15:56 WIB)
    Permalink

    Suami saya malah hubungi teknisi langsung, dikatakan bisa tapi bayar ke teknisi sejumlah panjang kabel krn port disana sudah penuh, jadi ditarikkan ke port lain sekitar 600rb. Sudah bayar 300rb untuk beli kabelnya. Nah kebetulan ini tidak bilang saya krn baru pindah rumah.
    Lalu saya ke telkom untuk urus, dari pihak telkom dikatakan tidak bisa krn sudah penuh. Harus ada minimal 5 orang yg mau daftar.. Jadi yg di tawarkan teknisi ternyata jalur ilegal. Ya langsung saya hentikan yg di teknisi walau hangus uang 300rb. Saya ganti pakai orbit. Sudah 5bulan pakai malah enak, jadi lebih hemat.

  • 26 Mei 2022 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Pernah mengalami kasus yg sama.
    Awalnya menghubungi marketing luar (bkn penguasa wilayah gampangnya). Ga bisa, alasan tidak ada tiang. Hubungi marketting lain yg penguasa lokal, besoknya selesai dipasang.

    • 28 Mei 2022 - (02:09 WIB)
      Permalink

      Ini k3jadian sama kayak saya. Saya pernah langganan indihome. Sudah sukses terpasang. Taoi beberapa bulan saya putus. . Terus beberapa bulan lagi mau pasang baru. Pas di survey ternyata tiang yg dulu saya pake kondisi penuh. . Jadi ga bisa proses. Harus nunggu dulu penambahan tiang atau ada yg mau putus. Nunggu 3 bulan lebh. Trus yg terakhir di survey ada tiang posisi jauh. Sekitar beda 3 gang di belakang rumah. Kira” 30mtr lebih. Akhirnya di tarik kabel 30 mtr biar bisa terpasang di rumah saya

  • 27 Mei 2022 - (06:46 WIB)
    Permalink

    Yg jadi pertanyaan, tetangga anda narik kabel fiber dari mana? Apa ada tiang nya?
    Dan kalaupun ada tiang+kabel, biasanya koutanya udh penuh dan harus nambah kabel/tiang lgi.. Kalaupun anda memaksakan dipasang, apakah rela kalau berlangganan mahal tapi speed nya lelet?

  • 27 Mei 2022 - (07:07 WIB)
    Permalink

    Walaupun kabel fiber bisa dipakai 1 km lebih. Resikonya kecepatan menurun jika jangkauan 150 meter. Makanya dibutuhkan ODP/repeater baru. Saya pakai provider lain yang pusatnya ditempat usaha disambungin ke rumah jarak 200 meter. Itu menurun dengan catatan nggak ada yang pakai. Pas test di speedtest waktu itu. Awalnya 75 mbpsdipusat(tempat usaha)dirumah cuman 45 Mbps. Apalagi 1KM, kalau pengen murah sambungin aja kerumah tetangga yg langganan terus paketnya dinaikan. Tinggal patungan perbulan, kalau 100 meter pakai kabel STP/ftp sama aja dgn UTP tapi portnya cuman lebih panjang 150 meter jangkauan terus pakai repeater tenda/tplink

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Gagal Pasang Indihome Karena Tidak Ada Tiang Mengarah ke Rumah

oleh amim dibaca dalam: 1 menit
13