SiCepat Tidak Kooperatif dan Misleading

Saya sebagai seller di Shopee mengirimkan paket dengan resi Market Place menggunakan jasa SICEPAT REGULER. Paket dikirimkan tanggal 15 Juni 2022 dan estimasi sampai adalah tanggal 16-17 Juni 2022. Nomor resi adalah 004042500750.

Pada tanggal 21 Juni, penerima/pembeli menghubungi saya karena paket belum diterima. Setelah dicek resinya baru ketahuan kalau paket dialihkan ke sicepat cargo (SEMESTINYA REGULER) dan statusnya tidak update dari tanggal 17Juni. Status terakhir ada di hub Jakarta Selatan.

Karena paket bersifat urgent, saya menghubungi customer care Sicepat di nomor (021)50200050. Melalui customer service, saya menyampaikan bahwa paket harus sampai di hari itu (20 Juni). Customer service pun mengiyakan untuk paket segala dilakukan pengantaran di tanggal tersebut.

Namun nyatanya paket masih belum terupdate juga statusnya. Akhirnya saya menghubungi sicepat lagi di tanggal 21 Juni siang dan meminta supaya paket diretur saja ke saya sebagai pengirim. Saya juga memastikan paket bisa diretur dan diiyakan oleh Customer Service. Oleh karena itu, saya mengirim ulang paket dengan kurir instant lainnya dan paket pengganti pun diterima oleh pembeli dan status pesanan shopee sudah diselesaikan pembeli.

Namun ternyata, permintaan retur saya tidak benar diproses. Paket malah dikirim dan dibawa sigesit di tanggal 21. Kemudian saya harus menghubungi CS lagi untuk meminta retur paket. Pengiriman pun di-hold dan status CODA. Namun tanggal 22 paket tetap dikirimkan lagi.

Saya menghubungi lagi di tanggal 22 untuk proses retur, kemudian pengiriman di-hold kembali. Namun pada tanggal 23 pun masih dikirim lagi. Saya pun menghubungi lagi ke kurir dan secara tegas meminta paket diretur dan sudah diiyakan. Nyatanya tanggal 24 Juni paket kembali dibawa dan kali ini statusnya terkirim atau delivered.

Sampai titik ini saya bisa memaparkan ketidakprofesionalan SiCepat:

  1. Paket diubah metodenya dari REG ke CARGO tanpa persetujuan customer.
  2. Paket tidak diantar sesuai schedule dan permohonan pengiriman tidak digubris.
  3. Ketika saya meminta paket untuk retur ke pengirim, paket hanya di-hold saja.
  4. Tidak ada komunikasi yang bekerja antara CS dan bagian cabang sehingga saya harus menghubungi sicepat selama 3 hari berturut-turut agar paket tidak dikirimkan dan diretur.
  5. Ternyata meski paket sudah diminta untuk retur, dan sudah lewat 2 hari kerja, permintaan tidak digubris dan paket malah tetap dikirimkan.
  6. Customer service memberikan pernyataan yang misleading seperti mengiyakan paket akan dikirim, paket bisa diretur, butuh 2 hari kerja untuk memproses. Nyatanya tidak terjadi.

Di sini sebagai seller (pengirim) saya mengalami kerugian berupa:

  1. Materiil senilai harga paket yang tetap terkirim. Dan barang di paket adalah barang yang memiliki shelf life sehingga semakin lama tidak diretur maka semakin berkurang nilai gunanya.
  2. Materiil berupa pulsa yang harus saya habiskan untuk menghubungi CS sicepat.
  3. Waktu saya. Bayangkan saya harus menunggu berhari-hari dan menghabiskan waktu berhari-hari untuk menyelesaikan masalah ini dan nyatanya masih belum selesai.
  4. Customer’s trust. Customer atau penerima paket mengalami kekecewaan karena keterlambatan yang pada akhirnya mempengaruhi kepercayaan customer pada toko saya.

Saya hanya berharap paket saya bisa dikembalikan ke saya sebagai PENGIRIM dalam keadaan utuh dan lengkap. Apabila tidak dapat disanggupi, saya meminta refund senilai barang yang terkirim.

Monica Maya
Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai SiCepat:
[Total:6    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Monica Maya

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Monica Maya dengan judul “SiCepat Tidak Kooperatif dan Misleading” pada tanggal 25 Juni 2022,...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “SiCepat Tidak Kooperatif dan Misleading

  • 25 Juni 2022 - (17:25 WIB)
    Permalink

    Jangan di google search Sicepat Tanggul, Jember. apalagi baca ulasannya. pokoknya jangan…..

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

SiCepat Tidak Kooperatif dan Misleading

oleh monica dibaca dalam: 2 menit
1